Adelia Maghfira : Berkarya dengan Tujuan ‘Berkarya’, Bukan untuk Nyari Uang

5 months ago
maghfirare

Bro sis suka baca komik strip di Instagram ? Pastinya udah tau akun Instagram-nya Maghfirare, kan. Siapa sih yang gak terhibur setelah baca komik-komiknya. Bro sis yang biasanya cuma bisa baca, like, komen dan share komik-komik stripnya Maghfirare pastinya penasaran kan sama sosok di balik komik strip tersebut.

(Sumber : Instagram @maghfirare)

(Sumber : Instagram @maghfirare)

Nah kali ini Nanda (NA) dari CIAYO Blog berhasil interview bareng Adelia Maghfira (AM), nih. Langsung simak, yuk di kolom Chit Chat berikut.

NA: Halo Adelia, saat ini kesibukaan Kamu apa saja?

AM: Halo, Kak salam kenal! Kesibukanku saat ini sih sekitar daftar kuliah dan ngegarap buku bersama Re:On Comics aja.

NA: Sejak kapan suka gambar ?

AM: Aku suka gambar sejak kecil banget, sejak TK tepatnya

NA: Saat ini kan Kamu lebih terkenal dengan gambar-gambar di media sosial Instagram, biasanya dapat idenya dari mana?

AM: Hmm.. Ide aku bisa dapet dari mana aja sih. Biasanya dari percakapan sehari-hari sama temen, meme-meme yang aku liat online, kejadian-kejadian sehari-hari, sampe dari pikiran absurdku sendiri, hahahaha.

(Sumber : Instagram @maghfirare)

(Sumber : Instagram @maghfirare)

NA: Biasanya komik strip yang Kamu buat bergenre apa sih ? Kenapa?

AM: Aku lebih fokus ke komedi sama romance sih, kenapa? Ya karna itu spesialis aku aja, lebih ringan dibaca, bener-bener bertujuan untuk menghibur pembaca.

NA: Pernah kepikiran untuk bikin gambar dengan genre lain gak ?

AM: Oh pastinya, aku selalu pengen bisa nguasai segala genre. Sejauh ini genre selain komedi dan romance, yang udah aku coba itu horror dan thriller (walau masih on progress). Suatu saat aku pengen bikin action, dan psychology juga, hehehe.

NA: Selain gambar, Kamu punya hobi apa lagi sih ?

AM: Aku suka main game, dengerin lagu, masak, baca komik, dan main kucing <3.

(Sumber : Instagram @maghfirare)

(Sumber : Instagram @maghfirare)

NA: Apa menurut Kamu, gambar bisa jadi penghilang stres ?

AM: Bisa banget, walau sekarang ini aku bekerja sebagai komikus full time yang kerjanya ya gambar terus, tapi pelarian aku dari stress karna kerjaan ya tetep ngegambar juga.

 

NA: Kamu kan terbilang masih muda, bagaimana tanggapan orang sekitar dengan kegiatan saat ini?

AM: Jujur karna usia aku yang masih segini ya, orang-orang sekitar aku justru semakin mengapresiasi apa yang aku kerjakan. Mereka salut dengan aku yang udah konsisten ngomik dari sekolah, jadi apa yang aku tekuni saat ini (terutama keluarga dan teman) mereka sangat mendukung.

(Sumber : Instagram @maghfirare)

(Sumber : Instagram @maghfirare)

NA: Bagaimana cara menjaga agar followers tetap menyukai gambar yang Kamu buat?

AM: Dengan terus menyempatkan diri buat update dan memberi konten yang fresh agar ga dibilang “gitu2 aja”.

NA: Ada tips-tips khusus gak sih bikin komik strip biar mudah disukai oleh masyarakat?

AM: Buatlah cerita yang unik tapi ringan, jangan terus-terusan membuat komik dari sesuatu yang ngetrend aja demi dapet followers. Terus gapapa kalo kalian ga bisa gambar yang bagus banget ala manga/ marvel comics, at least komik kalian harus dikemas dengan visual yang menarik agar pembaca juga ga bosen liatnya.

NA: Kamu kan sekarang sudah terkenal, ada gak perbedaannya saat masih merintis sampai sekarang? Mungkin dari cara orang lain menanggapi karya Kamu?

AM: Yang paling aku syukuri adalah orang-orang jadi sangat aware dengan karya aku dan ‘aku’nya sendiri. Kaya kalo aku ngegambar di luar komik, mereka langsung ‘ngeh’ kalo itu gambar aku, dan  misalnya aku lagi pergi ke mana, ada aja yang nyadar kalo aku “maghfirare” itu, aku seneng sih. Hahaha.

(Sumber : Instagram @maghfirare)

(Sumber : Instagram @maghfirare)

NA: Apa rencana ke depannya?

AM: Aku mau bikin webcomic pastinya, serial, ngga seperti yang biasa aku bikin. Aku juga mau nyoba menerbitkan bukuku sendiri, karna selama ini aku hanya jadi illustrator aja buat buku orang lain.

NA: Sebenernya apa cita-cita Kamu? Apakah menjadi komikus handal?

AM: Karna dari kecil aku emang udah suka menggambar ya, jadi yup. Cita-citaku sedari dulu adalah ingin menjadi komikus yang karyanya dikenal di mana-mana <3.

NA: Boleh kasih pesan untuk teman-teman yang masih muda dan mau berkarya tapi masih bingung?

AM: Buat temen-temen, kalian jangan takut untuk nyoba. Berkaryalah dengan ikhlas, alias berkarya dengan tujuan ‘berkarya’, bukan untuk nyari uang. Dengan begitu kalian pasti lebih semangat untuk jadi lebih baik di karya-karya kalian ke depannya. Terus jangan ragu buat selalu kasih 100% kemampuan kalian dalam semua hal, karna dengan itu insya Allah kita bakal dapat balasan 100% juga buat kerja keras kita.

(Sumber : Instagram @maghfirare)

(Sumber : Instagram @maghfirare)

Wah gimana bro sis, jadi lebih kenal dengan sosok Adelia Maghfira kan. Ternyata pemilihan tema cerita yang unik dan ringan serta dengan menampilkan visual yang menarik menjadi salah satu trik Adelia untuk membuat komik strip yang disuka oleh pembacanya. Bro sis yang belum follow akun Instagramnya, bisa langsung follow Instagram-nya @maghfirare. Dijamin bakal ketawa-tawa sendiri deh baca komik stripnya.

About Author

Nanda Agustin

Nanda Agustin

"A person who never make a mistake, never tried anything new" - Albert Einstein

Comments

Most
Popular

Terdengar Fun, Tapi Kok Namanya Black Friday Ya?

Ada tiga alasan dibalik sebutan Black Friday... more

Sumber: ScreenRant

5 Fakta Keren Film Maze Runer: The Death Cure, Yang ke-3 Bikin Merinding!

Yuk kita simak lima fakta behind the scene keren (fun fact) dari film ini... more

http://www.geeksleague.com.br/

Captain Marvel akan Muncul di Avengers: Infinity War! Sudah Tahu Siapa Dia?

Avengers : Infinity War sudah dikonfirmasi akan tayang pada tanggal 25 April 2018, dan merupakan crossover pertama yang.. more

Hana & Mr. Arrogant. Sumber: CIAYO Comics

List Komik Romantis Jepang yang Harus Kamu Baca!

Yuk, daripada berlama-lama, berikut merupakan empat list komik romance yang sangat amat penulis rekomendasikan untuk dib.. more

(Sumber: youtube.com)

Rencana Penerapan Teknologi VAR di Piala Dunia 2018 dengan Segala Kelemahannya

Katanya Piala Dunia tahun ini akan kedatangan sesuatu yang baru, yaitu teknologi VAR. Kira-kira akan seperti apa, ya?.. more