Adelia Maghfira: Ciri Khas Komik Indonesia Ada di Cerita

3 weeks ago
00-maghfirare-comiconnect

Kesuksesan CIAYO dalam menggelar acara CIAYO COMICONNECT Tour 2018 tak lepas dari peranan para komikus yang mengisi acaranya. Komikus muda berbakat, Adelia Maghfira—biasa dikenal dengan nama Maghfirare—pun juga didaulat untuk menjadi bintang tamu di acara CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta yang diselenggarakan pada 24 November 2018 lalu. Di sela-sela acara, CIAYO Blog berhasil mengajak Adelia Maghfira untuk berbincang santai mengenai berbagai hal. Berikut petikan perbincangannya.

Chit-chat Bersama Adelia Maghfira

(Sumber: CIAYO Pictures)

(Sumber: CIAYO Pictures)

Halo, Adel. Di usia yang masih sangat muda, bisa diceritakan mengapa awalnya memilih terjun di bidang komik?

Kenapa dibilang memilih dunia komik? Karena memang suka baca komik sejak kecil. Aku udah tertarik sama kultur Jepang dari dulu. Aku suka nonton anime, baca manga, dan aku juga suka Jepang secara general. Jadi, pertama dari rasa suka itu sih, yang menimbulkan perasaan aku tuh pengen bisa gambar komik, pengen bisa bikin komik sebagus komik-komik yang bikin aku terinspirasi dulu. Jadi, aku terus-terusan belajar gambar supaya bisa bikin komik yang baik, dan sekarang, here I am.

Berarti tertarik dengan dunia komik udah benar-benar dari kecil ya?

Iya, dari TK aku udah belajar gambar.

(Sumber: CIAYO Pictures)

(Sumber: CIAYO Pictures)

Komik yang paling suka apa?

Kalau sekarang aku paling suka Oyasumi Punpun karya Asano Inio, komikus Jepang. Ceritanya lumayan dark sih, tapi bagus kok.

Kalau komik Indonesia?

Kalau Indonesia aku suka komiknya mas Sweta sama komiknya Anisa Nisfihani. Untuk ukuran komik Indonesia itu kualitasnya bagus banget. Semua aspek yang aku suka ada di dalam komik itu. Jadi ya wajar aja kalau aku suka itu.

Kesulitan ketika baru memulai terjun di komik Indonesia itu apa sih?

Kesulitannya waktu sih. Dulu waktu awal aku mulai ngomik itu tahun 2015 kan, waktu masih SMK. Yang paling susah adalah nyeimbangin waktu sekolah dan ngerjain tugas sama ngomik. Karena dulu kan udah lumayan banyak terima job kayak bikin buat majalah, bikin iklan untuk di Instagram atau Facebook, itu semua butuh waktu.

Aku harus ngebagi waktu sama PR aku yang tugasnya nggak selesai dalam hitungan jam. Aku kan dulu SMK Tata Busana, ngejahit kan, jadi tugasnya susah banget, jadi harus bagi waktu. Kadang waktunya pun nggak cukup, jadi aku lihat yang mana yang harus diselesaikan dulu. Jadi sorting by deadlines.

Adelia Maghfira bersama para author cantik di atas panggung CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta (Sumber: CIAYO Pictures)

Adelia Maghfira bersama para author cantik di atas panggung CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta (Sumber: CIAYO Pictures)

Nggak nyangka lho kalau Adel sekolah jurusan Tata Busana, kirain benar-benar ngambil jurusan yang sejalur.

Dulu emang pengen masuk ke yang berhubungan dengan animasi. Waktu SMK pengen masuk Multimedia, tapi waktu itu nilainya nggak cukup, jadi karena kupikir di busana masih ada gambar-gambarnya, ya udahlah, di busana aja. Eh, banyakan ngejahit, hehehe.

Menurut Adel, gimana perkembangan CIAYO Comics?

CIAYO udah semakin besar. Lumayan bangga ada platform komik asli Indonesia yang bisa nyaingin keberadaan platform yang lain, tau kan yaaa, platform tetangga. CIAYO benar-benar dimulai dari nol, nggak ada sponsor dari manapun, sekarang udah sebesar ini dan minat pegiat seni muda semakin gede untuk masukin komiknya ke CIAYO.

Kemarin waktu aku ngejuriin untuk lomba CIAYO Comic Challenge 3, komiknya bagus-bagus banget. Aku nggak nyangka, mereka tuh percaya sama CIAYO. Kalau mereka punya konten berkualitas gitu, harusnya berani aja ngasih ke tetangga sebelah yang mungkin namanya udah lebih besar, tapi mereka milih CIAYO buat ngembangin potensi mereka. Jadi, aku bangga.

Di CIAYO Comics Challenge Vol. 3 kali ini, Adel punya jagoan nggak?

Ada dong, rahasia. Nanti kan ada pengumumannya tanggal 8 Desember, lihat aja nanti.

Baca Juga: Know Your Judges #3: Adel Maghfirare

(Sumber: CIAYO Pictures)

(Sumber: CIAYO Pictures)

Untuk ciri khas sendiri, komik Indonesia kan kelihatannya masih mengikuti style manga, manhwa, ataupun komik eropa. Kira-kira Indonesia bisa bikin style sendiri nggak?

Yang kita tahu secara luas, style manga, style eropa, kayak gitu. Kita nggak tahu style komik asli Indonesia itu kayak apa, tapi menurut aku semua komik Indonesia punya style tersendiri. Jadi apa yang dikeluarkan oleh komikus Indonesia, itu komik Indonesia.

Segi penceritaan pasti beda. Karena Indonesia memiliki kultur, itu kelebihan kita daripada Jepang, Eropa, Korea. Tapi makin kesini makin banyak komik Indonesia yang nggak sebatas ngangkat cerita wayang doang tapi kita tau itu Indonesia banget. Di CIAYO Comics Challenge 3 sendiri aku lihat komik yang mengangkat budaya Indonesia. Ketika baca itu, kita bisa tahu kalau itu komik Indonesia.

Harapan ke depannya bagi perkembangan komik di Indonesia?

Semoga makin banyak platform yang menampung komik-komik Indonesia, nggak cuma CIAYO, Webtoon, Comico. Makin banyak lagi, supaya komikus-komikus Indonesia bisa hidup dari ngomik. Semoga semakin banyak karya-karya luar biasa yang dihasilkan dari anak muda. Nggak kalah sama yang impor ya.

(Sumber: CIAYO Pictures)

(Sumber: CIAYO Pictures)

Ada pesan-pesan untuk pembaca CIAYO Comics?

Hargain komikusnya yang udah bekerja keras. Banyak yang udah mati-matian begadang dan ngorbanin social life mereka untuk update komik seminggu sekali. Jangan dituntut lebih dari itu lah, hehehe. Kalau ada konten yang berbayar, beli konten kita, karena dengan membeli, kita menghargai karya konten Indonesia dan bisa mensupport langsung.

Ada saran untuk para author?

Jangan baca komen deh, biar nggak baper, hehehe. Berkarya untuk berkarya. Jangan berkarya untuk disukain. Bikinlah sesuatu yang kamu suka. Supaya nanti pas ngerjainnya kamu seneng. Gitu aja.

Oke, terima kasih banyak, Adel.

Sama-sama.


Berikut petikan obrolan singkat dengan Adelia Maghfira, yang juga sedang disibukkan dengan kuliah dan beberapa project terbarunya. Bagi kalian yang ingin seperti Adelia Maghfira, ayo submit karyamu ke CIAYO Comics. Jika terpilih masuk official, kalian bisa menjadi author di usia muda!

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

sumber: www.the-arcade.ie

Blunder George Clooney Lewat Suburbicon Soal Rasisme dan Pembunuhan Paling Keji

Suburbicon, film kombinasi antara Coen Bersaudara dengan George Clooney yang terbilang rasis. .. more

(source 1: m.korea.net)

Seberapa Penting Olympic Winter Games untuk Korea Selatan?

Korea Selatan lagi giat-giatnya mempromosikan Olympic Winter Games yang ke-23. Kompetisi olahraga ini nantinya bakal dia.. more

00-d-city-hunter

Film Anime City Hunter Kembali Hadir di Tahun 2019

Sunrise akan merilis film anime City Hunter di bulan Februari 2019. Pemeran asli City Hunter 20 tahun yang lalu akan kem.. more

(Sumber : https://www.facebook.com/WaltzLatte/)

Lumen Cordis : Kisah Dewi Cinta Menyelamatkan Dewa Keadilan yang Patah Hati

Ada komik baru di CIAYO Comic nihh. Buat bro sis pecinta komik romance, wajib banget baca komik yang satu ini. Judul kom.. more

Aktor dengan reputasi multi peran Shun Oguri. Sumber gambar: aosora.info

Shun Oguri: Aktor Ganteng Multi Peran Asal Jepang

Untuk penggemar film maupun drama televisi Jepang (alias J-Dorama) sepertinya nama “Shun Oguri” sudah tidak asing la.. more