Andreas Paskalis: Di Balik Komik Sapi Terbang yang Absurd

5 months ago

Bro sis ada yang pernah tahu sapi terbang? Pengen tahu kira-kira terinspirasi dari mana author-nya saat membuat judul The Flying Cow? Salah satu komik komedi anti mainstream ini lawakannya emang bener-bener absurd! Menurut sang author, Andreas Paskalis, dia pengen buat komik humor yang humornya ga kayak komik buatan Indonesia biasanya. Komik The Flying Cow ini juga kabarnya  merupakan tulisan pertamanya loh! Penasaran gimana ceritanya Andreas Paskalis yang awalnya ga punya background nulis trus jadi bisa nulis komik. Yuk langsung aja!

SF: Hai Andreas, kamu mendeskripsikan diri Kamu tuh kaya gimana?

AP: Hai. Gua orangnya simpel aja. Saking simpelnya, gua anti sama orang ribet. Gua suka nyobain segala macam yang aneh dan unik asal jangan bikin ribet. Di waktu kerja (luang) gua suka browsing Youtube, Reddit, dan main Game. Gua juga suka baca atau nonton analisis orang tentang film, game, komik, dll. Jadi yang terpenting buat gua adalah hidup dibawa santai aja, jangan diribetin.

SF: Suka baca komik apa?

AP: Banyak banget. Manga kayak One Piece, Eyeshield 21, Toriko. Manhwa kayak The gamers, Tower of God. Komik Amerika sih kayaknya cuman suka Civil War nya Marvel. Banyak banget juga komik di instagram kayak @rocketthumbkomix, @theawkwardyeti, dan @extrafabulous_comics

SF: Kenapa kepikiran buat judul The Flying Cow?  Dari mana kepikiran sapi terbang, ada pengalaman istimewakah dengan sapi?

AP: Karena sapi adalah hewan terimut yang ada di game Harvest Moon dan karena dia adalah Dewa, maka dia harus bisa terbang. Pengalaman gua dengan sapi yang paling intim ya di game Harvest Moon itu. Di dunia nyata sih, pegang aja gak pernah.

SF: Apa sih yang menginspirasi Kamu menulis komik The Flying Cow?

AP: Kalau secara inti dari cerita, gua terinspirasi oleh @thesquarecomics dan beberapa komik instagram barat lainnya. Dan juga gua pengen bikin komik buatan orang Indonesia yang humornya nggak kayak komik-komik buatan orang Indonesia lainnya.

Komik Flying Cow (instagram @flyingcowcomic)

SF: Sebelumnya pernah nulis ga? Kalo pernah, boleh diceritain dong karya-karyanya apa aja?

AP: Nulis-nulis doang mah sering. Nulis buat pesen makan, nulis alamat kirim paket, nulis nama di kertas ujian, dll. Kalau nulis bikin cerita nggak pernah. Paling jauh juga nulis esai buat cari nilai kuliah.(Aelahh!!)

SF: Bisa diceritain background Kamu awalnya apa sih? Gimana ceritanya bisa jadi penulis komik?

AP: Awalnya ikut workshop menulis karakter oleh Tessa YP (Penulisnya Reverie dan Heartbeat). Di saat itu gua langsung tertarik untuk menulis cerita komik strip komedi. Setelah bikin 4 cerita singkat dan rough sketchnya, gua diskusiin sama Editor CIAYO Comics. Setelah mereka ketawa maksa, gua makin bertekad untuk melanjutkan cerita ini jadi puluhan chapter. Lalu tiba-tiba jadilah penulis komik.

SF: Gimana reaksi teman dan keluarga terdekat Kamu saat membaca The Flying Cow?

AP: Ada yang bilang jayus, ada yang berekspresi datar, ada yang senyum-senyum. Belum pernah liat ada yang ketawa ngakak sih.

Komik strip Flying Cow (instagram @flyingcowcomic)

SF: Ada rencana selanjutnya di dunia komik? kira-kira bakalan bikin judul baru ga?

AP: Gua pribadi masih tertarik sih untuk nulis komik strip, tapi untuk cari partner gambar yang sesuai mungkin agak susah ya. Jadi bagi yang tertarik untuk membuat komik, silahkan kirim CV Anda ke saya.

SF: Apa prinsip yang selama ini Kamu pegang teguh dalam hal kerjaan atau kehidupan?

AP: Yang pertama, kalau minta tolong ke seseorang, dan dia nggak melakukan sesuai harapan kita, jangan ngomel atau marah-marah. Kalau mau sesuai harapan ya lakuin sendiri. Kedua, semua persoalan akan lebih cepat selesai bila semuanya nggak sungkan-sungkan. Lastly, Sit up nggak bakal bikin perut kamu kecil/kurus.

SF: Minta saran dong buat pemula yang pengen jadi penulis untuk pertama kalinya.

AP: Enngggg… Langsung nulis aja kali ya? Jangan lupa tulis alur cerita yang jelas aja. Oh ya, kalau nulis komedi, kasih keterangan arti bercandaan kamu itu apa, karena orang lain belum tentu bisa menvisualisasikan joke kamu dengan baik. Kecuali kalau udah jago, ya udah gak usah pake keterangan.

Sketsa pertama Andreas. (Sumber: Andreas Paskalis)

Sketsa Sapi Terbang (Sumber: Andreas Paskalis)

SF: Menurut pandangan Kamu, gimana cara me-manage IP agar bisa sukses?

AP: IP owner percaya kepada management dan IP management jangan ngebohongin IP owner. IP owner juga harus konsisten dengan IP nya, jangan sebentar komedi, sebentar horor, sebentar romance, dll. Dan jangan lupa, IP owner harus terus berkarya sesuai dengan IPnya, kalau yang bikin aja berhenti di tengah, gimana yang baca/nonton/denger?

Wah hebat! baru pertama kali mencoba nulis cerita, tulisannya uda bisa dijadiin komik! Pengen kayak Andreas? Ayo salurin kemampuan menulis Kamu dengan berpartisipasi di CIAYO Stories Challenge. Selain bisa mendapatkan hadiah berupa tab, cerita Kamu bisa diadaptasi jadi komik loh. Untuk informasi lebih lanjut mengenai challenge ini, kamu bisa lihat di sini. Pengen berkecimpung di dunia komik ga harus bisa gambar. Kalo Kamu suka bikin cerita, dan pengen cerita kamu diadaptasi jadi komik yuk buruan submit! Bdwei, buat yang penasaran dengan komik The Flying Cow, bro sis bisa baca komiknya di CIAYO ComicsStay in touch!

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Dragon Ball dan One Piece (Sumber: qygjxz.com)

Dragon Ball & One Piece – Dua Anime Yang Masih Bertahan Dari Era Awal Millennium

Jika bro sis membaca artikel sebelumnya soal anime Bleach yang tidak bertahan lama, disana saya ada menyebutkan soal “.. more

Poster Akira (redbubble.com)

Parodi Poster Akira Yang Sekeren Aslinya!

Buat yang udah lama suka baca komik, pasti kenal sama Akira. Selain komiknya yang fenomenal, posternya juga menginspiras.. more

Sabrina – Chapter 7: Pulau Dewata

Sabrina sampai di Pulau Dewata. Saat itu bulan Oktober. Panas menyeruak, 32 derajat celcius... more

(Sumber: wildheartwithasoftspot)

Kepercayaan dan Mitos Kebudayaan Jepang yang Patut Kamu Ketahui

Pernah nonton film ‘Memoirs of Geisha’ ? Yap, film yang berkisah tentang Geisha ini memang sangat menyentuh dan mem.. more

Ternyata Banyak Unsur Indonesia di Manga Dragon Ball lho!

Dragon Ball, siapa yang gak tau dengan komik legendaris ciptaan Akira Toriyama ini? Nah, ternyata di manga ini banyak un.. more