Ario Anindito, Pengalaman Baru di San Diego Comic Con

4 months ago
ArioSDCC_Banner

Setelah 2 tahun, akhirnya Tim CIAYO Blog bisa nyapa Kang Ario lagi, nih. Kalo yang suka baca komik dan sudah lama berkecimpung di dalamnya, pasti sudah gak asing dengan nama komikus keren ini. Laki-laki bernama lengkap Ario Anindito ini sudah sering melanglang buana di berbagai acara pop culture (khususnya komik) di Indonesia. Karya-karyanya sangat khas bahkan jam terbangnya sudah sampai ke publisher kenamaan termasuk Marvel!

Baca juga: Ario Anindito: Dunia Komik Adalah Rumah Saya

Tim CIAYO Blog (CB) gak sengaja mengintip media sosial Kang Ario (AA) yang baru saja update dari San Diego Comic Con. Langsung deh kami kepoin ke orang bersangkutan. Hehe. Kira-kira seperti apa yang pengalaman pria lulusan Universitas Parahyangan ini? Yuk, simak terus sampai akhir!

ArioSDCC_Instagram
Sumber: https://www.instagram.com/arioanin/

CB: Halo Kang Ario, Apa kabarnya sekarang?

AA: Halo, alhamdulillah kabar baik.

CB: Denger-denger kemarin kang Ario sempet mampir ke San Diego Comic Con, dalam rangka apa? Kalau lihat dari media sosial, katanya diundang langsung oleh BEKRAF, ya?

AA: Iya, benar. Sebetulnya yang mengundang saya untuk berpartisipasi di SDCC adalah Marvel, tempat saya bekerja saat ini. Lalu, saya memutuskan untuk bekerja sama dengan BEKRAF. Agar kelak ketika saya sudah pulang dari SDCC, kita bisa bersama-sama membagi pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti event SDCC tersebut, ke teman teman komikus Indonesia lainnya.

BEKRAF mendukung saya, dan alhamdulillah semuanya dilancarkan dan akhirnya saya bisa berangkat, mengikuti event SDCC. Pastinya kembali dengan selamat dan membawa pengalaman yang sangat berharga.

ArioSDCC_Ario Anindito
Sumber: marvel.fandom.com

CB: Kang Ario bawa misi khusus gak ke SDCC kali ini?

AA: Misinya adalah mencari pengalaman, ilmu, dan koneksi yang bisa dibawa ke tanah air untuk mendukung teman teman komikus Indonesia dan industri komik Indonesia. Itu adalah misi saya dan BEKRAF. Komik Indonesia harus lebih maju lagi!

CB: Kang Ario sebelumnya sudah pernah ke SDCC? Ada gak sih persiapan khusus untuk ke SDCC? 

AA: Belum pernah. Ini kunjungan pertama saya ke SDCC. Persiapan khususnya hanya melihat rekaman event SDCC dari tahun tahun sebelumnya di internet. Lalu membuka website SDCC guna mengetahui rangkaian program yang mereka rencanakan di event nanti.

ArioSDCC_Nametag
Sumber: https://www.instagram.com/arioanin/

CB: Selama di SDCC, Kang Ario sudah ngapain aja?

AA: Saya tentunya berkutat di booth Marvel, kemudian signing komik di berbagai booth dan toko yang menjual komik-komik saya di sana. Saya juga berbincang dengan petinggi Marvel disana untuk mengundang beliau ke Indonesia. Tidak lupa juga berkenalan langsung dengan komikus-komikus professional yang selama ini hanya saya baca dan lihat karyanya.

Dari booth booth publisher, saya mengumpulkan kartu nama agar bisa mendapatkan channel dan kontak yang bisa dibagikan ke teman teman di sini.

Baca juga: Bagaimana Perkembangan Industri Komik Indonesia di Tahun 2018? Yuk, Simak Pendapat Para Kreator!

CB: Hal apa sih yang sedang ramai dibicarakan atau menjadi perhatian banyak orang di SDCC 2019?

AA: SDCC kemarin adalah peringatan 50 tahun event SDCC. Banyak sekali acara kejutan di panel-panel film dan tv series dengan menghadirkan para pemerannya. Terutama di panel Marvel Cinematic Universe (MCU). Selain itu, juga peringatan 80 tahun Batman, yang diramaikan dengan berbagai acara khusus di booth Warner Bros/DC.

CB: Kalau dari Kang Ario sendiri ada gak yang mencuri perhatian kang Ario selama di sana?

AA: Bagi saya, keseluruhan penyelenggaraan eventnya sendiri sangat mencuri perhatian. Bagaimana mendesain sebuah acara pop culture terbesar di dunia dengan lancar, dan meriah. Lalu deretan artist komik yang namanya mendunia, dan karya karya originalnya yang bisa kita lihat langsung.

CB: Bagaimana tanggapan Kang Ario mengenai SDCC 2019 secara keseluruhan? Lalu bagaimana perkembangannya? Karena kan ibaratnya SDCC ini adalah salah satu festival komik, film, televisi dan video games terbesar di dunia. Dan menjadi semacam “acuan” bagi festival sejenis.

AA: Secara keseluruhan menurut saya SDCC 2019 berjalan dengan sangat sukses, lancar dan tertib. Saya akhirnya mengerti kenapa SDCC layak disebut sebagai perhelatan comic con terbesar di dunia.

ArioSDCC_ComicCon
Sumber: https://www.comic-con.org/cci

Kalau bicara perkembangan, tentunya saya tidak bisa menilai secara pasti karena saya tidak menghadiri dan melihat langsung SDCC di tahun-tahun sebelumnya sebagai perbandingan. Apa yang bisa kita lihat di youtube sama sekali tidak bisa mewakili event tersebut, karena sangat amat berbeda bila dilihat dan dihadiri secara langsung.

Namun bila membaca dari artikel-artikel yang ada, bahwa tadinya SDCC hanya berawal dari sebuah event komik kecil kecilan, tentunya perkembangannya sangat luar biasa hingga bisa sampai di titik sekarang ini.

CB: Sebagai Professional comic artist, menurut Kang Ario bagaimana sih perkembangan festival-festival semacam ini? Secara saat ini dalam setahun acara-acara sejenis bisa diadakan lebih dari 5 kali.

AA: Menurut saya perkembangannya bagus dan pesat. Hal ini sangat baik untuk profesi kita sebagai komikus. Karena event semacam ini, bila digarap dengan serius dan benar, akan menambah exposure dan channel dalam berkarya sekaligus memasarkan karya kita ke publik.

ArioSDCC_Signing
Sumber: https://www.instagram.com/arioanin/

CB: Sebagai sosok yangs udah lama berkecimpung di area ini, menurut Kang Ario, ditengah ramainya platform komik digital, apakah prospek sebagai “komikus” kedepannya akan semakin menjanjikan atau justru persaingan ketat membuat prospek seorang komikus baru itu “susah” ?

AA: Saya rasa semakin banyak platform komik digital, justru semakin bagus untuk komikus. Karena ada banyak pilihan untuk menyajikan karyanya. Ini jelas lebih baik daripada di jaman saya kuliah dulu. Hampir tidak ada platform komik digital sama sekali. Sehingga untuk memperlihatkan karya saja sulit sekali.

Kalau soal persaingan, susah dan gampang, itu semua tergantung kemampuan kita dan kualitas karya kita. Jika kita mampu membuat karya yang baik, bagus dan berkualitas, maka kita akan unggul dalam persaingan. Banyaknya platform komik digital justru akan semakin mendukung karya yang baik untuk mendapatkan exposure yang luas.

CB: Boleh dong kasih sedikit bocoran, apa rencana Kang Ario ke depannya? Mungkin kolaborasi dengan BEKRAF dan artist lain?

AA: Rencana kedepannya, saya masih punya jadwal membuat komik untuk Marvel hingga bulan Februari 2020. Selain itu juga masih akan mendesign collectible statues untuk XM Studios.

Saya juga ada jadwal syuting untuk sebuah acara tv dalam waktu dekat ini, dan akan menghadiri beberapa event komik lain di luar negeri.

ArioSDCC_Karya
Sumber: CIAYO Blog

Dengan BEKRAF, saya berencana mengadakan sharing professional untuk membagi pengalaman saya ketika di SDCC, dan juga dalam hal hal yang berkaitan dengan proses pembuatan komik pada umumnya.

Untuk kolaborasi dengan artist lain, saya selalu terbuka bila ada project yang cocok, dan waktu yang pas. Tentunya saya akan sangat senang bila dapat berkolaborasi dengan banyak artist lain, karena bisa jadi akan menjadi sebuah pengalaman yang menarik dan menghasilkan karya yang unik.


Nah, itu dia bincang singkat dengan pemuda Indonesia yang tidak hanya berhasil di kancah Nasional namun juga Internasional. Seru banget ya ternyata. Gak heran sih, kalau nama Kang Ario selalu menjadi panutan dan diingat bagi para seniman sejenis. Ada yang ingin seperti Kang Ario juga? Atau kalian ada yang pengen ke San Diego Comic Con juga?

Sebelum jauh-jauh ke sana, buat kamu warga Bandung dan sekitarnya mending merapat. Soalnya tanggal 25 Agustus nanti bakal ada CIAYO COMICONNECT Tour 2019 yang juga menjadi rangkaian dari tour CIAYO Comics tahun ini. Penasaran, kan? Makanya pantengin terus CIAYO Blog. Jangan sampai ketinggalan untuk datang ke event yang super seru ini!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

(etonline.com)

Kematian Chester Mengguncang Generasi 90an

Generasi 90an pasti ikut terguncang dengan berita mengejutkan tentang kematian vokalis Linkin Park, Chester Bennington. .. more

Source 1: engadget.com

Sarahah: Platform Untuk Secret Admirer?

Kalau kamu penasaran kenapa ada banyak orang yang mengambil screenshot dari sebuah aplikasi bernama ‘Sarahah’, harus.. more

(from : hdbackgroundpictures.com)

[DISTURBING KONTEN, KHUSUS 21+] 9 Serial Anime Tersadis Sepanjang Masa

Anime gore memang tidak terlalu banyak disukai oleh para anime lovers. Namun tidak sedikit pula yang menyukai genre satu.. more

Sumber: Comic Book

Antologi Anime Horor Junji Ito Tayang Januari 2018, Bakal Membuatmu Merinding Ketakutan!

Di tahun 2018 nanti, sebentar lagi bakalan ada anime terbaru dari Junji Ito loh bro sis... more

Teriakan Berdarah – File 001 Terbangun

Hal yang tak terduga dapat muncul kapan saja. Antara nyata dan fana, aku bahkan tak bisa mempercayainya... more