Author Soul of Neko: Amsal Samuel Punya Beragam Inspirasi untuk Berkreasi!

5 months ago
Amsal Samuel

Kalian pernah dengar komik Soul of Neko? Pasti dong, komik komedi online ini sukses bikin orang ketawa nyesek karena tingkah tokohnya yang absurd derta ekspresi Oto yang bikin ngakak. Nah, kali ini tim CIAYO Blog berkesempatan untuk wawancara dan chit-chat dengan kak Amsal Samuel, kreator komik komedi Soul of Neko asal Kalimantan. Kalau belum pernah baca komik Soul of Neko, jangan lupa untuk cek komiknya yah setelah baca artikel ini! Karena tak kenal maka tak saying, yuk simak obrolan kita!

Gani: Awal mula membuat komik gimana ceritanya Kak? Apa yang membuat kakak memutuskan untuk terjun ke industri komik?

Amsal: Saya sejak kecil memang hobi menggambar dan meniru gambar kartun/anime. Tahun 2013 saya mulai belajar membuat komik dan mempublishnya di berbagai platform komik yang menyediakan fitur upload komik buatan sendiri secara gratis. Dari situlah saya mulai berkarya. Saya terjun ke industri komik ini karena mulai munculnya berbagai platform webtoon yang memudahkan komikus lokal untuk menjadi kontributor tanpa persyaratan yang sulit. Bisa menjadikan hobi sebagai pekerjaan adalah impian saya sejak dulu.

Gani: Dalam membuat karakter-karakter dari Soul of Neko seperti Oto, Lolita dll kakak mendapat inspirasi dari mana Kak?

Amsal: Nama Oto sendiri berasal dari cerpen yang dulu saya baca waktu masih SMP, judulnya Oto dan Wiwik. Selain Oto dan Nyaw, karakter yang lain tidak saya desain dengan betul-betul, dalam artian ketika ceritanya sampai pada titik tertentu dan membutuhkan seorang karakter, disitu saya membuatnya secara random menyesuaikan cerita yang berjalan. Jadi kalo ditanya inspirasinya dari mana, ya, bisa dari macam-macam film, anime, atau kartun random yang dulu saya tonton, dan ngasih ide random untuk saya.

Sumber: Soul of Neko Chapter 1

Sumber: Soul of Neko Chapter 1

Gani: Ada banyak sekali Komik komedi di industry komik Indonesia ini, apa yang membuat Soul of Neko unik Kak?

Amsal: Soul of Neko punya cara yang dinamis dalam menyampaikan cerita. Kadang bisa serius, kadang bisa absurd, kadang memparodikan karakter atau adegan tertentu dari anime, film, dan games, membuat komik ini bisa dinikmati oleh siapa saja, baik yang anime lover, gamers, atau kamu yang sedang duduk membaca artikel ini dan ngga tau mau ngapain 😀

Sumber: Soul of Neko Chapter 1

Sumber: Soul of Neko Chapter 1

Gani: Kalau boleh tahu, biasanya Inspirasi dari jokes yang kakak masukkan ke dalam Soul of Neko itu berasal dari mana kak?

Amsal: Dari meme, topik seru di medsos, acara/iklan di TV, film dan anime lawak. Tapi inspirasi terbesar saya adalah film-film komedi buatan Stephen Chow.

Sumber:Soul of Neko Chapter 6

Sumber:Soul of Neko Chapter 6

Gani: Sebelum membuat Soul of Neko versi CIAYO Comics, kakak kan pernah membuat versi Facebook, apa perbedaan terbesar dari kedua versi?

Amsal: Selain formatnya yang berbeda, Soul of Neko versi ciayo adalah penyempurnaan dari versi facebook, baik dari cerita maupun karakter agar lebih seru dan mudah dinikmati oleh pembaca.

Sumber: Instagram Amsal Samuel

Sumber: Instagram Amsal Samuel

Gani: Selama membuat komik, apa tantangan terbesar yang harus dilewati?

Amsal: tantangannya dulu sebelum menjadi kontributor adalah sulitnya membagi waktu untuk ngomik dan bekerja. Juga kurangnya dukungan dari orang tua yang masih memandang sebelah mata profesi komikus. Tapi kini semuanya telah teratasi.

Gani: Apa pendapat Kakak terhadap perkembangan industri komik di Indonesia?

AS: Semakin hari semakin baik. semakin banyak platform komik yang keren bermunculan dan menjadi kontributor pun lebih mudah. Apalagi profesi sebagai komikus kini tidak lagi dipandang sebelah mata. Tahun ini adalah masa keemasan komik lokal. Saya sangat bangga.

Sumber: Soul of Neko Chapter 7

Sumber: Soul of Neko Chapter 7

Gani: Apakah ada pesan kesan terhadap orang-orang yang baru mau mulai terjun kedalam industri ini?

Amsal: Platform komik berjejer siap menanti karya kamu, jadi tunggu apalagi? keluarkan komikmu dan SUBMIT! Jangan terlalu banyak mikir “ah gimana kalau”, “ah entar kek gini”, itu urusan nanti. pede aja 😀

Gani: Soul of Neko masih akan sangat panjang perjalanannya, apa yang bisa kita harapkan dari Soul of Neko kedepannya Kak?

AS: Semoga makin banyak yang baca dan bisa menghibur pembaca setia CIAYO Comics.

Terima kasih atas kesediaannya untuk diwawancarai Kak Amsal Samuel! Sukses terus untuk komik Soul of Neko-nya! Saya nge-fans! hehe

Nah bro sis, jangan lupa cek komik Soul of Neko yah! Dijamin bakal ngakak! Langsung cek di sini. Selamat membaca!

About Author

Gani

Gani

Seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang agar bisa lulus, baik tepat waktu maupun tidak (preferably tepat waktu). Penulis rookie yang terinspirasi dari karya Lemony Snicket dan tragedi di kehidupan sehari hari.

Comments

Most
Popular

Melinie: Cheers! (CIAYO Pictures)

Melinnie Angela Memberi Warna Pada Chammyland

Meski udah suka bikin komik dari kecil, Melinnie Angela belum pernah menggeluti dunia komik secara profesional. Chammyla.. more

Iron Man akan tewas di Avengers: Infinity War? (sumber: hdqwalls)

Iron Man, Mengapa Kemungkinan Besar Si Playboy Miliarder yang Akan Tewas di Avengers Infinity War?

Kalian pastinya sudah mendengar kabar yang mengatakan kalau di Avengers: Infinity War, bakalan ada sosok superhero Marve.. more

Sumber gambar: interactive.org

Mengenal Sosok Penting Desainer Hardware Nintendo: Genyo Takeda

Desain yang bagus akan menjadikan sebuah video game menarik. .. more

Sumber: CIAYO Pictures

Wahai Para Komikus Dan Pembaca Komik Di Seluruh Indonesia

Buat semua yang lagi baca artikel ini, saya mau bertanya. Menurut kalian, sudah sejauh mana perkembangan industri komik .. more

Sumber: nyblueprint.com

Call Me By Your Name: Kisah Cinta yang Dinodai Setetes Tinta Abu-Abu

Diadaptasi dari novel Ande Aciman dengan judul yang sama, “Call Me by Your Name”, berhasil menciptakan ruang-ruang a.. more