Mengintip Dunia Cosplay Korea Selatan Bersama Aza Miyuko

4 weeks ago
aza miyuko

Cosplay bukan sekedar kebudayaan asli Jepang. Kini semua orang di seluruh dunia bercosplay menjadi karakter favorit masing-masing. Tak terkecuali Aza Miyuko, salah satu cosplayer top asal Korea Selatan. Aza mengkombinasikan penampilan menariknya dengan kualitas kostum yang tak tertandingi. Tak heran Aza diundang ke berbagai negara sebagai cosplayer.

CIAYO Blog berkesempatan untuk ngobrol dengan Aza Miyuko dalam acara fanmeetingnya di Ennichisai 2019. Di acara tersebut, Aza menyapa para fansnya dengan cosplay Ahri dari League of Legends. Namun sebelum acara fanmeeting dimulai, Aza menyempatkan diri untuk berdandan ala virtual Youtuber Kizuna Ai. Kepada CIAYO Blog, Aza membuka seperti apa suasana dunia cosplay di negeri gingseng dan seperti apa perbedaannya dengan di Indonesia. Penasaran? Simak saja langsung di bawah ini.

Baca Juga: Aza Miyuko Fan Meeting di Ennichisai 2019

Aza Miyuko. Sumber: CIAYO Pictures
Aza Miyuko. Sumber: CIAYO Pictures

Ini pertama kalinya Aza mengunjungi Ennichisai? Bagaimana kesan-kesannya?

Belum sempat berkeliling, tapi suasananya sangat menyenangkan.

Seberapa besar animo fans Indonesia sehingga acara fanmeeting ini diadakan?

Karena lokasi acaranya di Ennichisai yang didatangi banyak orang, nanti bisa dipastikan tidak hanya fans saja yang akan hadir, tapi juga pengunjung lainnya.

Aza Miyuko di acara fanmeeting Ennichisai 2019. Sumber: CIAYO Pictures
Aza Miyuko di acara fanmeeting Ennichisai 2019. Sumber: CIAYO Pictures

Selama Aza berkecimpung di dunia cosplay dan bolak-balik Indonesia, apakah menemukan perbedaan antara cosplay di sini dengan di Korea Selatan?

Untuk sekarang di Korea nggak banyak acara cosplay karena ada aturan-aturan yang cukup mengekang. Jadi kebanyakan cosplay di Korea dilakukan di sesi photoshoot atau acara-acara khusus. Sementara di Indonesia, masih banyak acara-acara Jejepangan yang ramai dan menarik.

Memangnya apa saja pantangan-pantangan dalam cosplay di Korea?

Misalnya properti atau senjata cosplay berukuran besar, senjata api mainan tanpa orange tip, itu nggak boleh. Untuk pakaian pun sama, nggak boleh terlalu terbuka. Kalau bagian atas atau pinggang terbuka harus ditutup. Intinya nggak boleh terlalu seksi.

Aza berbagi pengalamannya selama berkecimpung di dunia cosplay. Sumber: CIAYO Pictures
Aza berbagi pengalamannya selama berkecimpung di dunia cosplay. Sumber: CIAYO Pictures

Korea Selatan punya banyak IP menarik dari kartun, komik, game, dan lain-lain. Apakah banyak cosplay dari karakter IP tersebut?

Memang di Korea ada banyak IP animasi, game dan lain sebagainya. Namun untuk orang Korea sendiri lebih banyak mengikuti tren. Misalnya bulan ini trennya di game ini, lalu bulan selanjutnya komik ini. Kalau sudah demikian, cosplay yang ditampilkan bakalan total di situ. Sekarang ini yang menjadi tren adalah novel-novel Korea serta webtoon, jadi cosplaynya kebanyakan dari segmen tersebut.

Ngomong-ngomong seri yang sekarang lagi ngetren di Korea dan banyak di-cosplaykan apa saja?

Kebanyakan dari novel-novel Korea dengan rating 19 tahun ke atas ya. Untuk judul-judulnya menurut saya agak sayang dimention karena trennya cepat bergerak. Bisa jadi bulan depan trennya sudah beda lagi.

Menjawab pertanyaan fans. Sumber: CIAYO Pictures
Menjawab pertanyaan fans. Sumber: CIAYO Pictures

Cosplay sudah menjadi kebudayaan yang mendunia. Bagaimana pandangan Aza terhadap hal itu?

Cosplay itu tempat menampilkan sisi lain dari diri kita, dimana kita bisa lepas dari kehidupan yang biasanya. Menurut saya kenapa cosplay bisa mendunia adalah karena hal tersebut. Jujur saya merasa iri dengan orang-orang yang lebih bebas memilih tema cosplay mereka. Di Korea, ada segala aturan dan juga tren yang cepat bergerak. Sementara itu di luar sana banyak orang yang bisa memilih cosplay yang mereka sukai. Misalnya ada yang suka karakter A, kalau dia mau cosplay menjadi A selamanya itu nggak masalah.

Menurut Aza, apa hal positif dari kegiatan cosplay?

Bisa menjadi karakter yang disukai, mendalami sifatnya, dan melakukan berbagai hal yang dilakukan karakter itu.

Indonesia merupakan salah satu negara yang punya fanbase Aza Miyuko yang kuat. Sumber: CIAYO Pictures
Indonesia merupakan salah satu negara yang punya fanbase Aza Miyuko yang kuat. Sumber: CIAYO Pictures

Aza punya pesan-pesan untuk para cosplayer di Indonesia?

Tetap berkarya di dunia cosplay dan tetap sukai apa yang kamu lakukan. Meskipun sekarang cosplay sudah sangat mendunia, tapi harapannya semoga orang lebih menyukai karakter-karakter yang di-cosplaykan. Sehingga nanti kebahagiaan yang disebarkan menjadi berkali-kali lipat.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Komikus Indonesia Kembali Meraih Penghargaan Silent Manga Audition 8!

Untuk kesekian kalinya komikus Indonesia berhasil meraih penghargaan dalam kompetisi komik internasional Silent Manga A.. more

Sabrina – Chapter 13: The Name on the Glass

Sabrina terbangun dan langsung membuka laptop. Ia merevisi beberapa detail, menambah aksen di sana-sini, dan voila!.. more

(from : wccftech.com)

Visceral Games Ditutup, Proyek Game Star Wars Tetap Jalan

Electronic Arts (EA) telah menutup studio Visceral Games-nya dan membuat perubahan besar pada proyek Star Wars, khususny.. more

Festival Mesin Waktu

Naik Mesin Waktu Bersama Generasi 90an

Bro sis yang ngaku generasi 90an, gimana rasanya kalau diajak nostalgia ke jaman dulu nih? Masih ingat gak kira-kira keb.. more

Presiden Amerika Serikat fiktif dari game “Metal Wolf Chaos”. Sumber gambar: twitter.com/devolverdigital

Presiden Amerika Serikat Fiktif Dalam Pop Culture, Yang Mana Favoritmu?

Presiden Amerika Serikat sering digambarkan dalam pemberitaan sebagai karakter penting dunia... more