Borton Liew: CIAYO Comics is About Making a Sustainable Business

6 months ago

Acara CIAYO Comics Club 2 yang diadakan pada 21 Desember 2018 di rooftop Dragon Building, markas kebanggaan CIAYO, berlangsung ramai dan meriah. Sebagai platform komik online pertama di Indonesia, CIAYO Comics berkembang pesat dan memberikan warna baru bagi para pembaca komik online, khususnya di wilayah Indonesia. Saya Grad pun berhasil mewawancarai Borton Liew, CEO CIAYO Corp, sosok di balik kesuksesan CIAYO Comics. Berikut petikan perbincangannya.

Baca Juga: CIAYO Comics Club #2: CIAYO Comics Belum Kehilangan Taji

Chit-chat with Borton Liew

Selamat sore Pak Borton. Selamat atas diadakannya CIAYO Comics Club 2. Oh iya, menurut Pak Borton sendiri, dari acara CIAYO Comics Club yang sudah diadakan kedua kalinya ini, adakah perbedaannya dengan yang terdahulu?

Terima kasih. Untuk perbedaannya, pasti ada. Kalau yang pertama itu kebanyakan adalah author CIAYO Comics yang diundang, sedangkan untuk yang kedua ini, banyak partner bisnis dari berbagai vendor yang datang. Karena tahun depan itu CIAYO mau monetize ke banyak macam. Ada merchandising, licensing, bikin movie, animasi, dan berbagai produk turunan lainnya.

(Sumber: Borton Liew)

(Sumber: Borton Liew)

Di antara CIAYO Comics Club 1 dan 2, CIAYO sendiri juga banyak kegiatan, mulai dari Pak Borton sendiri juga sempat seleksi penulis, ada juga CIAYO Comiconnect Tour, dan masih banyak lagi. Itu rata-rata untuk merangkul author dan mencari potensi baru dari author yang tersebar di pelosok Indonesia. Apakah sudah tercapai atau masih banyak yang harus dirangkul lagi?

Untuk sumber daya komikus yang ada sekarang, sepertinya untuk CIAYO sudah menjangkau sekitar 90-95% komikus, baik pro ataupun newbie. Nah, yang kita harapkan adalah tahun depan kita akan bikin open challenge, jadi ada yang terkurasi ataupun tidak terkurasi. Mudah-mudahan dengan adanya open challenge itu kita bisa meningkatkan minat author yang tadinya belum ngomik menjadi ingin ngomik, yang tadinya nggak tahu IP (intellectual property) menjadi tahu IP.

Saya juga bikin workshop mengenai IP. Jadi, siapapun kamu, harapannya yaitu kamu tahu tujuan kamu ngomik itu untuk apa. Bukan sekadar ngomik. CIAYO Comics is not only about comics. CIAYO Comics is about making a sustainable business, IP business. Komik itu cuma salah satu media perantara. Komik itu kami pilih karena merupakan media yang cukup efektif dan efisien dalam menyampaikan pesan IP. Ketika menyampaikan pesan IP, berarti itu adalah iklannya. Film, game, komik, itu adalah iklan. Ketika ada iklan, berarti ada produknya. Apa produknya? Ya itu tadi.

Kalau kita bilang itu ada 17 sektor di industri ekonomi kreatif, ya itu produk CIAYO nanti ke depannya. Saya sudah bagi di timeline saya, bisa dicari di laman Facebook Borton Liew.

(Sumber: Borton Liew)

(Sumber: Borton Liew)

Di Facebook Pak Borton banyak membahas tentang Engage. Tempo hari juga sempat dibahas di CIAYO Comiconnect Tour Jakarta. Bisa dijelaskan mengenai engage dan manfaatnya bagi para author?

Algoritma medsos itu sekarang sudah berubah. Mereka bisa berubah setiap hari, setiap minggu, setiap bulan. Kami melihat, medsos sendiri sebenarnya nggak begitu baik untuk media komik, karena medsos dibuat bukan untuk komik. Medsos bahkan sekarang ada marketplace, buat jualan, buat berita. Untuk media sendiri juga sudah kurang bagus.

Setahu saya, Google dan Facebook itu secara algoritma juga tebang pilih. Ada beberapa akun yang dibikin bagus algoritmanya, misalkan akun public figure, pemangku kepentingan negara, lebih diutamakan. Untuk media komik itu harus berjuang. Misalkan kamu bikin akun fanpage komik, bisa nggak kamu kumpulin seribu subscriber tanpa boost page, tanpa boost post? Mungkin, tapi sulit.

Nah, di CIAYO Comics sendiri, yang notabene ini platform baru, kamu bisa dengan mudah mengumpulkan seribu subscriber bahkan sebelum komiknya ditayangkan. Dibayar lagi. Kamu nggak perlu keluar uang untuk boost post dan semacamnya.

Meskipun begitu, ada bagusnya juga, algoritma yang sekarang ada pengkhususan. Kalian bisa ngomik di akun komik, kalau mau pencitraan di akun personal, kalau mau bikin fanpage dan keluar duit, silakan bikin. Tapi kalau nggak mau keluar duit dan lebih sustainable, conversion rate juga lebih bagus, kamu masuk aja ke platform komik. Kamu harus masuk ke platform komik. Kalau nggak, kamu akan mati konyol di medsos.

Salam Engage (Sumber: CIAYO Pictures)

Salam Engage (Sumber: CIAYO Pictures)

Yang dibutuhkan oleh para author sendiri itu kan pengumpulan massa. Itu gimana?

Untuk komik, kalau kamu mau punya massa, kamu harus bikin premis yang bagus, cerita yang bagus, karakter yang bagus, IP yang bagus, yang memang pasar akan makan komik itu. Tergantung kamu, mau masuk pasar lokal atau global.

Ada satu IP dari CIAYO Comics, misalkan Crush. Itu udah ketahuan, pasar lokal oke, pasar global juga oke. Bisa dilihat dari engagement medsosnya. Tapi kadang kita nggak bisa samakan yang lokal dengan yang global. Kita harus pisahkan. Karena banyak IP lokal yang mau go global tapi belum memikirkan go globalnya. Jadi kita harus pikirin, kalau go global, ya sudah, bikin IP buat global. Itu beda dengan yang lokal.

Beberapa IP di CIAYO Comics (Sumber: CIAYO Comics)

Beberapa IP di CIAYO Comics (Sumber: CIAYO Comics)

Jadi kalau orangtua kalian nanya masa depan kalian sebagai komikus, kalian jangan bilang komikus, bilang kalau masa depan kalian di bisnis IP. Game, komik, blog, stream, film, itu cuma sebagai media. Fokus utama adalah bisnis IP sendiri, karena IP itu scalingnya infinite, tidak terbatas, bisa masuk ke ranah manapun.

Kalau mau tahu bedanya bikin IP lokal dengan global, kalian harus ikut workshop saya, The Ultimate God Mode. Di situ saya ajarkan kalian untuk melihat IP sebagai bisnis dan bagaimana kalian menjalankan bisnis itu.

(Sumber: Borton Liew)

(Sumber: Borton Liew)

Selama Pak Borton memimpin CIAYO, awalnya kan arahnya mau ke media sosial, tetapi kemudian beralih ke pengembangan IP. Bisa diceritakan, mengapa beralih?

Orang Indonesia sendiri itu gemar bermain medsos, cuma kita lihat, kita harus head-to-head dengan Facebook. Bahkan tahu sendiri, sudah banyak platform medsos yang mati. Jadi kami merasa nggak worth it untuk invest waktu, tenaga, dan pikiran ke situ.

Lebih baik kita bikin satu platform yang memang punya peluang untuk scaling, untuk berkompetisi, untuk mengembangkan platform tersebut dengan lebih sehat. Saya lihat platform komik di Indonesia belum ada, jadi kita masuk ke situ. Sekarang bisa kita lihat, CIAYO Comics adalah satu-satunya platform komik digital dari Indonesia yang memiliki sertifikat TKDN dari Sucofindo. Menurut saya itu suatu gebrakan pencapaian yang luar biasa untuk Indonesia, karena untuk dapat sertifikat itu nggak gampang. Itu juga dipersembahkan oleh tim CIAYO. Dengan sertifikat itu menandakan kalau kita sudah mampu bikin, kita juga dapat pengakuan, kita juga eligible untuk berpartner dengan manufaktur IT.

Ke depannya, kalian akan melihat aplikasi ataupun konten-konten CIAYO Comics yang sudah pre-installed di beberapa device.

Baca Juga: Buka Rahasia Author Tajir Melintir Lewat Workshop God Mode!

(Sumber: Borton Liew)

(Sumber: Borton Liew)

Terakhir, pesan untuk para author di Indonesia?

A3 = 3I + 3B + 3K

Author, A+, Attitude. Itu bisa didapatkan dari:

Inovasi, bikin cerita-cerita yang lebih bagus dari episode sebelumnya. Bikin plot menarik, storytelling harus dipertajam.

Inisiatif, harus mengembangkan IP kamu. Bikin desain produk yang bagus, yang groundbreaking, anti-mainstream, ataupun mainstream juga nggak apa-apa, tapi yang bisa dikomersilkan.

Independensi, harus membuat bisnis dari IP kamu. Beberapa pengelola IP nggak butuh investor karena mereka tahu, mereka berbisnis IP. Mereka nggak perlu produksi IP sendiri.

Belajar, harus selalu open minded ke teknologi baru, hal baru. Apapun yang lagi trending, ikuti. Jangan terlalu idealis.

Berlatih, pensil itu jangan lupa digunakan. Asah kemampuan. Misalkan, ada Inktober, bisa digunakan untuk berlatih.

Berkarya, produksi terus. Jangan pernah berhenti berkarya.

Komitmen, nggak boleh melanggar komitmen yang sudah ditetapkan sejak awal. Selesaikan apa yang sudah dimulai sejak awal.

Konsistensi, tetap pada kualitas yang sudah ada. Bila perlu remake, ubah seluruhnya supaya bisa lebih baik lagi.

Kedisiplinan, buat jadwal. Stick to your plan, stick to your schedule. Eventually, you will succeed if you can defeat yourself in following your own rule.

Musuhnya author itu dirinya sendiri, bukan orang lain, author lain, platform lain, bisnis lain. Ingat itu. Ketika kamu bisa mengalahkan dirimu sendiri, kamu bisa berkolaborasi dengan yang lain. Karena bisnis ini bukan bisnis kompetisi. Bisnis ini bisnis kolaborasi.

Oke, terima kasih atas perbincangan dan masukannya, Pak Borton.

Sama-sama.


Nah, itulah hasil dari perbincangan dengan Borton Liew, yang menekankan kepada para author untuk terus selalu berkarya. Apalagi, pada 2019 CIAYO akan membuka CIAYO Open Challenge yang bisa diikuti oleh para author. Makanya, ayo berkarya dan submisi ke CIAYO Comics!

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

brightside.me

Komik Strip Lucu 2017, Kesukaan Kamu Yang Mana?

Perkembangan Komik di Indonesia semakin pesat. Perkembangan komik ini juga didukung oleh munculnya komik strip di berbag.. more

(Sumber gambar: Billboard)

Music Video K-Pop TVXQ Sengaja Menghilangkan Jepang dari Peta Dunia?

Sudah lihat music video terbaru boyband TVXQ? Ternyata ada yang hilang, loh! .. more

Sumber: savingcountrymusic

Grammy Awards Di Boikot? Ini Kata Para Musisi

Pada umumnya musisi terlepas dinominasikan atau tidak, merasa antusias ketika musim penghargaan tiba, termasuk saat ajan.. more

HOTARU ITB: CIAYO Comics Datang Lagi ke Bandung!

Setelah mendatangi Bandung minggu lalu, CIAYO Comics akan balik lagi ke Bandung buat menghadiri HOTARU 6!.. more

your turn to kill

Dorama Jepang Your Turn to Kill Segera Tayang di GEM

Your Turn to Kill, serial drama yang diperankan Tomoyo Harada dan Kei Tanaka, segera tayang di GEM setiap hari Rabu puku.. more