Fairydemon & Decoco: Author Rika dan My Heart My Soul Bicara Soal Komik Slice of Life

2 months ago
chit-chat-FAIRY-DEMON-&-DECOCO-desktop

Komik slice of life banyak diminati pembaca komik. Selain karena kisahnya yang ringan, komik slice of life punya unsur komedi yang kuat serta momen-momen yang sangat relatable dengan kehidupan pembacanya. Begitu pula dengan dua komik CIAYO Comics satu ini, Rika si Preman Sekolah serta My Heart My Soul.

Rika si Preman Sekolah bercerita tentang Rika, si… preman sekolah. Bersama teman-temannya, Rika menjalani kehidupan sekolah yang tidak patut jadi panutan. Sementara itu, My Heart My Soul mengisahkan usaha ayah single parent Daniel yang ingin lebih dekat dengan anaknya, Milka. Kedua komik punya berbagai momen menarik, baik itu dalam suka maupun duka.

CIAYO Blog berkesempatan untuk ngobrol asyik bersama author Rika si Preman Sekolah, Fairydemon, serta author My Heart My Soul, Decoco. Mereka membagikan banyak hal, mulai dari awal mula karir mereka hingga hal yang menginspirasi komik mereka. Penasaran? Langsung dicek saja, oke?

Chit-chat Bersama Fairydemon dan Decoco, Author Rika si Preman Sekolah dan My Heart My Soul

Berawal Dari Doujinshi

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Bagaimana awalnya kalian terjun ke dalam dunia komik?

Fairydemon: Dari doujin ya. Sebelum terjun komik official, beberapa author komik mulai dari dunia doujin. Doujin itu otomatis jadi portfolio untuk komik. Barulah dari situ ada yang mencoba terjun ke dunia komik atau langsung ditarik. Kalau saya sendiri bikin doujin jenis fanwork, yang lain mungkin ada juga yang bikin doujin original atau keduanya.

Decoco: Kalau saya juga sama ya, nge-doujin barengan sama Fairydemon. Kita awalnya bermula dari doujin, dan itu pertama kalinya saya bikin komik.

Memangnya apa sih fandom favorit kalian?

Decoco: Banyaknya Hetalia, terus belakangan sering bikin Zootopia. Tapi sekarang lebih sering bikin komik strip.

Fairydemon: Kalau saya pertamanya mulai dari anime Free. Dalam waktu dua tahun pertama bikin tiga doujin Free, disusul Big Hero 6, kemudian Adventure Time. Sisanya sama, bikin komik strip juga.

Darimana kalian menemukan influence untuk ngomik?

Fairydemon: Masashi Kishimoto. Belajar style ngomik pertamanya gara-gara nonton Naruto sih. Semangat ngomik tiap orang itu beda-beda, tapi kalau saya sih awalnya dari Naruto, tapi makin kesini mulai terpengaruh style lain.

Decoco: Awal-awalnya saya terinfluence Tetsuya Nomura yang bikin Kingdom Hearts, dulu itu fandom terlama saya. Udah itu, influence terbesar saya Hidekaz Himaruya yang bikin Hetalia. Sampai sekarang itu yang jadi influence terbesar. Untuk cerita, karena saya nggak suka sad ending jadi sukanya cerita slice of life yang punya humor juga.

Fairydemon: Mau nambah, saya juga punya influence dalam nulis cerita, apalagi pacenya: Mizu Sahara, terutama komiknya Running Bus (Bus Hashiru).


Keseharian di Tanah Sunda

fairydemon

Sumber: CIAYO Pictures

Lalu apa saja sih yang menginspirasi cerita Rika?

Fairydemon: Kalau untuk Rika sendiri udah jelas ya, inspirasinya dari kehidupan SMA saya sendiri. Saya punya satu-dua teman yang memang jadi teman bangor (nakal) saya. Setiap percakapan dan jokes yang kasar inspirasinya dari situ, soalnya untuk persahabatan cewek-cewek jarang banget ada yang ngomongnya kayak gitu. Bukannya mau ngajarin yang nggak bener, tapi kalau bolos membolos contohnya itu juga termasuk inspirasi.

Komik Rika mengambil setting di Bandung dengan pengaruh Sunda yang kental. Apa yang jadi latar belakang memasukkan dialog-dialog berbahasa Sunda?

Fairydemon: Enak dijadiin dialog, loh. Ini mungkin lebih relate buat orang Sunda, mungkin orang lain juga bisa, tapi dialognya Rika itu enak kalau dibacain. Kayak, “Heu atuh bal, sia teh (kamu ini, bagaimana sih).” Yang namanya dialog kayak gitu tuh susah dijelasinnya, tapi enak aja kalau dibacain.

rika si preman sekolah

Sumber: Fairydemon

Bagaimana caranya memasukkan unsur muatan lokal (bahasa dan budaya daerah) ke dalam komik Rika dengan kemasan yang kekinian? Kenapa muatan lokal ini bisa masuk di Rika namun tidak di beberapa komik lain?

Fairydemon: Kalau menurut saya sih itu tergantung authornya. Kalau authornya kaku, mungkin nggak bakal bisa kayak begitu. Saya cuma bisa bilang begitu aja sih, kalau dia kaku nggak bakal bisa memasukkan muatan lokal dengan luwes.

Tapi sebenarnya ada nggak sih tips dan trik agar bisa memasukkan muatan lokal ke dalam komik tanpa terlihat maksa?

Fairydemon: Masukin aja dialog keseharian kalian ke dalam komik. Kalau dalam komik Rika, beberapa dialognya itu asli pernah diomongin. Kuncinya, jangan pernah membohongi pembaca.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Pernah merasa takut nggak sih kalau omongan kasarnya Rika bakal ditiru orang-orang?

Fairydemon: Takut sih, cuman itu ya tergantung orangnya. Udah tahu itu bahasa kasar, ngapain disebutin? Di awal komiknya juga ada peringatan, kan?

Season 3 komik Rika saat ini kan sedang ongoing. Cerita apa aja yang bakal muncul di sana?

Fairydemon: Hmmm… Air mata, dan cinta-cintaan. Ada juga pengkhianatan.

Baca Juga: Rika Si Preman Sekolah Siap Menghancurkan Masa Indahmu!


Hubungan Terbuka Ayah dan Anak

decoco

Sumber: CIAYO Pictures

Apa yang menginspirasi cerita My Heart My Soul?

Decoco: Cerita My Heart My Soul terinspirasi dari papa saya. Jadi curhat nih, hahaha. Kalau dibandingkan dengan orang tua teman-teman lain, papa saya sedikit beda dari cara mendidik anaknya, nggak begitu mengekang. Dan menurut saya orang tua seperti itu jarang ditemui. Mungkin suatu saat bisa dijadiin contoh mendidik anak yang baik. Lebih terbuka dengan anaknya, nggak mengotak, “Saya orang tua, kamu anak, harus nurut.” Untuk jokesnya, saya banyak mengambil dari kehidupan sehari-hari dan memperhatikan komedian Indonesia, termasuk receh-recehnya.

Dalam merancang cerita My Heart My Soul, apakah melalui proses riset terlebih dahulu?

Decoco: Iya. Jadi mulai sumbernya dari papa saya, juga meriset dari orang lain seperti Fairydemon sendiri, hahaha. Lingkungan pergaulan saya kurang lebih berbeda dengan yang ia jalani. Saya juga perhatikan bagaimana orang tua lain bersikap.

Sumber: Decoco

Sumber: Decoco

Siapa yang jadi inspirasi karakter Milka?

Decoco: Milka itu dari awal memang karakter fiksi. Awalnya dia itu seperti binatang, tapi dimanusiakan atas saran dari editor. Awalnya berdasarkan cerita-cerita pribadi yang nggak dishare dengan siapapun.

Apa pendapat kamu tentang cerita drama bertema keluarga?

Decoco: Drama keluarga punya suka-dukanya. Memang biasanya mengulas kehidupan sehari-hari, tapi ada juga yang mengena. Untuk dramanya sendiri, intinya nggak pernah jauh dari kehidupan kita.

Pernah nggak mendapat komentar dari pembaca yang juga seorang orang tua?

Decoco: Kalau secara langsung, belum. Tapi saya suka bacain komen-komen pembaca secara diam-diam. Kadang suka ketemu yang kayak, “Coba punya papa seperti punya Milka.” Jadi dari situ saya bisa melihat kalau beberapa pembaca masih punya orang tua yang mungkin lebih… ketat atau kaku. Ternyata masih banyak orang tua yang demikian.

my heart my soul

Sumber: CIAYO Comics

Artinya, pembaca lebih relate ke sosok Milka?

Decoco: Iya, karena dia karakter utamanya.

Dengar-dengar season 2 My Heart My Soul lagi dikerjakan. Punya beberapa bocoran seperti apa cerita Milka kedepannya?

Decoco: Expect sesuatu yang bisa bikin Milka marah-marah lagi, jadi galak dan pekok lagi. Nanti juga bakal ada seseorang yang bitchy.


Jangan Lupa Nurut Editor

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Sebutkan 3 komik favorit masing-masing, baik komik luar maupun CIAYO Comics!

Decoco: Komik CIAYO Comics; James & Martha, The Librarian, dan Tekad. Komik luarnya School Babysitters, Gekkan Shoujo Nozaki-kun, dan My Hero Academia.

Fairydemon: Dari CIAYO Comics ada Timoon, terus The Witch’s Throne dan Patchwork. Dari luar Naruto, Deadpool, dan To Love Ru.

Kalian punya pesan-pesan untuk author komik yang baru mulai/sedang membuat komik baru?

Fairydemon: Nurut sama editor!

Decoco: Kalau mau cepat terkenal, bikin karakter loli.


Itu dia Chit-chat CIAYO Blog bareng Fairydemon dan Decoco. Kamu bisa baca kelanjutan kisah Rika dan kawan-kawan di season ke-3 Rika si Preman Sekolah. Nantikan pula lanjutan keseharian Milka dan ayahnya di season ke-2 My Heart My Soul; semuanya hanya di CIAYO Comics!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Menguak Asal Usul Komik

Kamu-kamu yang suka baca komik udah pada tahu belum asal-usul komik? Tim Blog CIAYO Comics bakal flashback ke masa awal .. more

Sumber: savingcountrymusic

Grammy Awards Di Boikot? Ini Kata Para Musisi

Pada umumnya musisi terlepas dinominasikan atau tidak, merasa antusias ketika musim penghargaan tiba, termasuk saat ajan.. more

00-d-valthirian-steam

Baru Dirilis, Valthirian Arc Berjaya di Tangga Game Steam Inggris!

Kurang dari 24 jam setelah rilis, Valthirian Arc: Hero School Story besutan dev Agate berhasil menduduki posisi 2 chart .. more

(Sumber: youtube)

Gaming Dengan Home Console vs Gaming Dengan PC, Pilih yang Mana?

Video game dulu berfungsi sebagai permainan hiburan di pusat perbelanjaan / keramaian. Yang sukses besar pada masanya ad.. more

00-d-ceo-ciayo-comics

Dicari CEO CIAYO Comics Untuk Sehari!

Punya ide-ide oke untuk memajukan CIAYO Comics dan industri komik Indonesia? Kenapa nggak coba jadi CEO CIAYO Comics seh.. more