Kenalan Dengan Cika Mustika, CEO CIAYO Comics Untuk Sehari

4 months ago
00-ceo-sehari-interview

Sebagian dari kalian mungkin sudah pernah mendengar tentang kontes CEO CIAYO Comics Untuk Sehari yang pernah diadakan beberapa bulan lalu. Dari kontes tersebut, didapatkan dua pemenang untuk posisi CEO dan CTO sehari. Mereka adalah Cika Mustika sebagai CEO dan Agus Wahyu sebagai CTO.

Bertepatan dengan acara CIAYO Comics Club #2, Cika dan Agus datang ke kantor CIAYO Comics untuk menjalankan tugas mereka. Keduanya menjalani berbagai aktivitas layaknya CEO dan CTO CIAYO saat ini, Borton Liew dan Victorio Rahmadi.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Penasaran nggak gimana CEO CIAYO Comics untuk sehari ini menjalankan tugasnya? Yuk langsung kepoin Cika Mustika yang gantiin posisinya CEO Borton!

Chit-chat With Cika Mustika, CEO CIAYO Comics Untuk Sehari

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Boleh perkenalkan diri kamu? Nama, asal dari mana, dan kesibukannya apa saja?

Nama aku Cika Mustika, aku aslinya dari Jawa Barat dan sekarang stay di Jakarta. Sehari-hari masih kuliah semester 7 di Universitas Budi Luhur.

Di luar kuliah kamu punya hobi atau kesibukan lain?

Aku kuliah malam, jadi aku suka nulis cerita untuk komik. Kemarin sempat ikut CIAYO Comics Challenge Volume 3. Aku juga aktif di vocal group.

Kenal CIAYO Comics dari mana/siapa?

Dari adik, dia udah satu tahun lebih kenal CIAYO. Terus dia cerita, “Ini ada platform komik lokal dari Indonesia.” Terus aku coba-coba baca komiknya. Awalnya aku cuma tahu platform komik yang rame itu dari Korea, ternyata CIAYO Comics juga gak kalah menarik. Bahkan bisa dibilang seimbang dari segi story maupun artnya. Sampai sekarang masih baca komiknya, sampai nge-stalk Youtube-nya

Kenapa kamu suka CIAYO Comics, dan apa komik favorit kamu di CIAYO Comics?

Keren dan kece! Apalagi karena buatan author Indonesia. Pertama kali yang dikasih tahu adik itu Blue Serenade. Seterusnya kenalan dengan banyak komik baru seperti Luminous, My Heart My Soul, Between Hearts, dan Komplek Tanpa Faedah… Hampir semuanya suka baca sih.

Siapa role model atau sosok yang kamu teladani?

Aku suka anime-manga jadi aku mengidolakan Masashi Kishimoto, karena suka sama Naruto. Dari dalam negeri ada Dini Marlina, Annisa Nisfihani, juga pengarangnya Sweet Escape, Kiyoshin.

Program kerja Cika Mustika sebagai Pemenang CEO CIAYO Comics untuk sehari. Sumber: Cika Mustika

Program kerja Cika Mustika sebagai Pemenang CEO CIAYO Comics untuk sehari. Sumber: Cika Mustika

Dari mana kamu tahu tentang kontes CEO CIAYO Comics untuk sehari ? Kenapa kamu tertarik?

Aku tahu dari Facebook pastinya, dari FB-nya mas Borton. Karena disuruh nulis review dan aku juga bisa nulis, jadi aku coba. Kenapa tertarik, karena lucu aja. Soalnya nggak ada yang melelangkan posisinya selama satu hari.

Gimana perasaan kamu terpilih menjadi CEO CIAYO Comics untuk sehari ? Gimana pula reaksi dari teman dan keluarga?

Pertama kali di-DM tim sosmed CIAYO Comics lewat Instagram, karena saya nulis review di Instagram dua, sisanya tiga di Facebook, dengan komik yang berbeda. Sebulan sejak itu udah gak pernah review lagi karena lupa sebenarnya, hahaha. Sibuk tugas kuliah soalnya. Terus habis itu dikontak via Instagram dan aku bingung terus kaget. “Ini serius?” makanya aku sempat nanya.

Sehabis itu ngomong juga ke adik dan dia langsung histeris. “Demi apa kak? Demi apa?” Mama dan papa juga, tadi pagi juga diantar papa ke sini.

Sebelumnya kamu sudah punya pengalaman organisasi atau semacamnya untuk mempersiapkan diri?

Ada. Dulu sempat jadi leader vocal group di kampus selama satu tahun. Ada juga berbagai event yang pernah kita buat. Misalnya charity, juga acara nyanyi bareng.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Selama satu hari, apa saja yang sudah dilakukan?

Pertama aku kenalan dan salam-salaman dengan semua karyawan CIAYO. Terus meeting dengan para kepala divisi tentang program, jelasin program selama setahun. Sempat berargumen juga, tapi senang karena diberi pendapat sama para expert yang sudah ahli. Karena di sini aku juga belum apa-apa, jadi sekalian belajar juga.

Tadi juga sempat ke divisi komik dan editorial, banyak ngobrol sama editor. Ternyata bikin komik itu dan ngeditnya ga segampang itu. Biasanya kan suka dianggap sebelah mata, dan pembacanya juga senang nagih. Saya juga bikin komik dan itu pun nggak gampang.

Saat pertama kali datang ke kantor CIAYO Comics, bagaimana kesan pertama kamu?

Cool, keren! Begitu masuk ke dalam, kesannya terbuka. Biasanya ruangan CEO kan tertutup, tapi di sini terbuka sehingga bisa memantau para karyawan. Orang-orang di sini juga humble.

Setelah mengenal suasana kantor CIAYO Comics dan budaya kerja-nya, bagaimana ekspektasi kamu?

Pertama kali bingung ya, karena belum pernah ke sini. Tapi setelah kenalan dengan para karyawan, terus mengetahui jobdesknya, aku ngerasa banyak dapat ilmu di sini.

Menikmati malam penghargaan CCC 2018 bersama CTO sehari dan crew CIAYO Corp. Sumber: CIAYO Pictures

Menikmati malam penghargaan CCC 2018 bersama CTO sehari dan crew CIAYO Corp. Sumber: CIAYO Pictures

Bagian mana yang jadi favorit kamu selama menjadi CEO CIAYO Comics untuk sehari ?

Ngobrol banyak sama editor komik. Lalu waktu meeting tadi.

Menurut kamu, apa yang bisa ditingkatkan dari CIAYO Comics?

Koordinasi tim dan manajemen-nya.

Setelah menjadi CEO CIAYO Comics untuk sehari , apa harapan kamu untuk CIAYO Comics di masa depan?

Pastinya nggak kalah dengan platform dari luar negeri. Bisa membangun banyak fitur dan inovasi, dan semoga menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Apa saja yang kamu dapatkan selama menjadi CEO CIAYO Comics untuk sehari ? Dan apa saja yang harapannya bisa kamu gunakan di masa depan?

Pastinya dapat ilmu, pengetahuan, dan pengalaman. Pengalaman kan harus dirasakan sendiri. Dan di meja editor aku belajar gimana bikin karakter yang menarik dan bisa menarik minat pembaca. Di tiap genre juga ada triknya masing-masing.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Itu dia chit-chat bareng CEO CIAYO Comics untuk sehari kita, Cika Mustika. Semoga pengalamannya di CIAYO Comics bisa bermanfaat di masa depan, juga memiliki dampak positif bagi perkomikan Indonesia! Kalau kamu mau kepoin beberapa tulisannya Cika, bisa cek langsung di di sini, di sini, dan di sini.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Si Nopal

Si Nopal: Karakter Chubby yang Bikin Geli

Hari ini rubrik Chit Chat akan membahas salah satu komikus yang lagi ngetrend di Instagram nih yaitu Si Nopal!.. more

Plant Lily, Chit Chat Bareng Cosplayer Dari Vietnam

Jika ada yang bertanya “Eh gimana sih rasanya bertemu idola secara langsung, bisa duduk bareng dan ngobrol dalam suasa.. more

00-d-honor-9i

Ini Dia Smartphone Favorit Samantha “Heartbeat”

Sebagai remaja kekinian dan style conscious, Samantha butuh smartphone yang keren dan punya kamera oke. Pilihannya jatuh.. more

star wars resistance d

Star Wars Resistance: Serial Animasi Baru Star Wars

Diumumkan tidak lama setelah serial Star Wars Rebels berakhir, saat ini Star Wars Resistance baru atau sedang dalam pros.. more