Clover Yuuki: Semangat Dari Pembaca yang Jadi Sumber Kekuatanku

12 months ago
clover yuuki

Ayo disini siapa yang ngefans berat sama Reyza dari komik Hana & Mr. Arrogant, angkat tangannya bareng-bareng! Kali ini tim CIAYO Blog berkesempatan untuk chit-chat dengan kreator dari komik Hana & Mr. Arrogant, Clover Yuuki. Meskipun kadang suka menonton drama Korea, komikus satu ini gak selalu menggambar karya buatannya berdasarkan tokoh boyband Korea kok. Clover Yuuki sempat berbagi kalau ia memang sudah lama menyukai gambar atau seni dengan genre semi realis (genre yang sering dipakai dalam membuat fan-art). Tim CIAYO juga sempat kepo-kepo mulai dari siapa aja inspirasi Clover Yuuki saat membuat komik sampai berandai-andai gimana kalau komik Hana & Mr. Arrogant dibuat live action­-nya. Penasaran kan? Yuk simak obrolannya!

Sumber: @clover_yuuki instagram acc

Sumber: @clover_yuuki instagram acc

LS: Hai Kak! Kesibukan apa yang sedang Kakak jalani saat ini?

CY: Kesibukan aku saat ini tidak banyak, hanya fokus mengerjakan komik Hana & Mr. Arrogant saja. Karena aku mengerjakan komik sendirian, rasanya cukup sulit juga, jadi aku tidak punya banyak waktu untuk mengerjakan hal lain.

LS: Sejak kapan Kakak kepikiran untuk mulai membuat komik?

CY: Aku suka menggambar sudah sejak SD. Pas SMP sudah mulai belajar menggambar komik, awalnya belajar dari mencontek dulu. Saat masuk SMA sampai kuliah aku terus menggambar komik, meskipun hanya untuk iseng-iseng saja. (Maaf, aku menyebutnya iseng karena sama sekali tidak pernah berniat untuk menunjukkannya kepada siapapun. jadi cuma aku nikmati sendiri) Aku merasa sangat malu jika orang lain membaca komik iseng buatanku.

Dan sekarang komikku malah dibaca banyak orang. Dan aku masih tetap saja merasa malu. hehehe :’D

LS: Siapa inspirasi kamu dalam membuat karakter dalam komik buatanmu?

CY: Dulunya sih suka terinspirasi dari teman-teman sekolah dan kuliah, sekarang lebih terinspirasi dari karakter-karakter game seperti Final Fantasy XV dan juga dari karakter anime-anime favorit.

LS: Sebelumnya, apa saja karya yang sudah pernah Kakak buat?

CY: Tidak ada. Hana & Mr. Arrogant adalah komik pertamaku yang berhasil terbit.

LS: Apakah Kakak memiliki komikus lain sebagai idola yang menginspirasi karyamu? Kalau ya, siapa saja?

CY: Tentu saja ada. Hiroyuki Asada, dan Takeshi Obata. Kalau komikus indo yang menginspirasiku adalah Lovadoki, Lifina, Qoni, Xzbonbon dan Didiwalker.

Sumber: EXO Xiumin from @clover_yuuki instagram acc

Sumber: EXO Xiumin from @clover_yuuki instagram acc

LS: Kalau dilihat dari tokoh di komik buatanmu (Reyza Ann dll), ada beberapa traits yang mengingatkan pembaca akan visual dari idol. Apakah kamu salah satu fans dari boyband Korea atau Jepang?

CY: Sebenarnya aku tidak tertarik dengan idol apapun. Tetapi baru-baru ini aku tergila-gila dengan EXO XIUMIN. Dia seperti Levi Ackerman (Shingeki no Kyojin) dengan versi yang memiliki sopan santun. hahaha

LS: Kalau idol lainnya,  Kakak nge-fans sama siapa saja?

CY: Aku suka One Ok Rock dan B’z. Ah! Ada ding idol jepang yang aku suka, Momoiro Clover Z.

LS: Oh iya, kalau Hana & Mr. Arrogant dibuatkan versi live action-nya, kira-kira siapa aktor dan aktris yang cocok memerankan karakter Reyza dan Hana?

CY: Karena drama korea sangat populer dan diminati, aku ambil aktornya dari korea saja yah. Aku tidak tau banyak nama-nama aktor korea, jadi aku memilihnya dari yang populer saat ini. Aku bukan fans BTS, tetapi dari yang aku lihat sepertinya Kim Taehyung cocok untuk memerankan Reyza. Lalu, yang cocok untuk memerankan Hana aku rasa IU, karena badannya mungil dan wajahnya polos.

Sumber: Taehyung BTS fansite, Crescendo.

Sumber: Taehyung BTS fansite, Crescendo.

Sumber: IU fansite, 台灣capa.

Sumber: IU fansite, 台灣capa.

LS: Siapa karakter favorite di Hanamaro?

CY: Sepertinya karakter favorit aku Reyza, deh. Mungkin karena sifatnya sedikit mirip denganku, hehehe

Sumber: Reyza from clover_yuuki insta acc

Sumber: Reyza from clover_yuuki insta acc

LS: Siapa karakter seseorang dalam hidupmu yang menginspirasi ketika membuat komik dan apa alasannya?

CY: Aku tidak terlalu banyak mengenal orang-orang di sekitarku. Tapi teman-teman seperjuangan yang juga lagi sama-sama ngerjain webtoon saat ini, mereka selalu menginspirasiku. Mereka penuh semangat, karyanya bagus, dan juga sangat produktif.

LS: Apa saja hobi yang Kakak punya selain membuat komik di sela kesibukanmu?

CY: Menjahit, nyanyi, nonton film, membaca novel, kepo-kepo soal Xiumin. hahaha.

LS: Bagaimana cara Kakak untuk nggak stuck dan selalu mendapat inspirasi dalam membuat cerita baru?

CY: Mendapatkan inspirasi itu sebenarnya tidak sulit dan bisa didapat dari banyak hal. Sambil bersantai, tiduran kemudian menjelajahi pikiran dan berimajinasi sambil dengarin musik, dengan cara seperti itu juga sering muncul inspirasi atau ide. Begitu muncul inspirasi atau ide baru, aku selalu menulisnya atau menggambarnya agar tidak lupa. Ketika aku menyalurkan ide itu, ide lain malah bermunculan jadi seperti tidak ada habisnya.

LS: Apa projek atau rencana Kakak selanjutnya?

CY: Aku ingin menulis novel dan membuat komik strip komedi.

Sumber: @clover_yuuki insta acc

Sumber: @clover_yuuki insta acc

LS: Punya pesan untuk pembaca/penggemar dari komikmu?

CY: Aku tidak ingin dimarahi pembaca lagi karena terlalu sering meminta maaf. Jadi aku akan lebih sering mengucapkan terima kasih kepada semua pembaca setia Hanamaro. Terima kasih banyak sudah membaca komik pertama aku Hana & Mr. Arrogant! Meskipun komik ini masih banyak kekurangan, namun kalian selalu menyemangati dan mendukungku sampai saat ini, dan itu menjadi sumber kekuatan bagiku. Terima kasih juga karena sudah mendoakan kesehatan dan kesuksesanku.

Aku akan terus berusaha sebaik-baiknya dalam menyelesaikan karya ini.

LS: Kemarin CIAYO Comics baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke-1. Punya kesan dan pesan untuk CIAYO Comics?

CY: Selamat ulang tahun yang ke-1 CIAYO Comics. Semoga kedepannya semakin sukses dan jaya terus. Meskipun aku tidak bisa menghadirinya, aku sangat senang acaranya berjalan lancar. Mudah-mudahan dikesempatan lain aku bisa ikut memeriahkannya.

Sumber: @clover_yuuki insta acc

Sumber: @clover_yuuki insta acc

Terima kasih atas kesediaannya untuk diwawancarai ya Kak Clover Yuuki! Terus sukses dan semangat mengerjakan series Hanamaro ya! Karyamu sangat amat menghibur kita semua Kak! Terima kasih banyak!

About Author

Lisa

Lisa

Lisa is a journalist student from Jakarta who always find writing as a very amusing hobby. She believes that even when the writer's soul is staying, a writing can travels anywhere. Lisa is on her way to achieve a bachelor degree and her own life bucket list."

Comments

Most
Popular

00-d-lisensi-uefa-untuk-pes

Setelah 10 Tahun, Lisensi UEFA Untuk PES Tidak Dilanjutkan

Setelah pertandingan final Liga Champions di akhir Mei nanti, game PES akan kehilangan lisensi liga-liga kasta tinggi da.. more

(Sumber: animefestival.jp)

Nominator Tokyo Anime Award Festival 2018. Ada yang dari Republik Czech!

Ada pula “Tokyo Anime Award Festival” yang sebentar lagi akan digelar di Ikebukuro, Tokyo Jepang. Acara ini sebenarn.. more

sumber: www.actucine.com

A Quiet Place, Sebuah Paku Tak Pernah Seseram Ini

“A Quiet Place” film pembuka bulan April yang penuh dengan kengerian. .. more

Sumber: dualshocker.com

Celeste, Mendaki Gunung Depresi

Banyak game yang terinspirasi dari game - game platformer legendaris, namun pada akhirnya tidak memiliki banyak perbedaa.. more

thumb-starisborn

A Star Is Born – Dua Sisi Kehidupan Tentang Kebangkitan & Keterpurukan

A Star is Born kembali ke layar lebar. Kali ini dibintangi oleh penyanyi terkenal, Lady Gaga. Seperti apa ya aktingnya?.. more