COPi Bandung Hadirkan Parade One Piece di Setiap Event Jejepangan

1 year ago

Bro sis yang demen sama cosplay, pernah denger COPi Bandung belum? Waktu CIAYO Comics sempet ikutan event Hotaru di ITB, tim CIAYO Blog sempet ketemu sama salah satu komunitas cosplay di Bandung, COPi namanya. Maria Megayanti (MM) berkesempatan interview Mas Febri (F). Yuk, simak obrolannya.

MM: Halo Mas Febri, di COPi Bandung ini bertindak sebagai apa?

F: Halo juga Kak. Kalo ditanya soal bertindak sebagai apa, anak-anak biasanya suka manggil saya “senchou (kapten)”. Hehe…

Alhamdulillah di grup saya diberi kepercayaan lebih. Intinya saya di sini bertindak sebagai koordinator, agar COPi bisa berlayar dengan baik hingga menghasilkan karya-karya hebat sepanjang perjalanannya.

MM: Udah gabung di COPi Bandung sejak kapan?

F: Hmmm dari awal berdiri COPi. Hahaha…Kita awalnya hanya 3 orang dan sekarang alhamdulillah sudah ada sekitar 22 anggota di grup. Dan saya sangat senang sekali, suka duka sudah kami lewati selama ini dan bagi saya mereka adalah keluarga, walaupun terkadang saya bawel marah-marah, sering ngomel juga. Hahaha…. karena satu tujuan saya, ingin COPi kompak dan sukses, juga bisa dikenal banyak orang.

Tim Cosplay COPi Bandung

Tim Cosplay COPi Bandung

MM: COPi Bandung berdiri sejak kapan, dan apa tujuan atau visi/misi komunitas ini?

F: COPi bandung berdiri sekitar tahun 2015, dan sekarang sudah mau menginjak dua tahun. Untuk visi dan misi tentunya ingin menjadi sebuah wadah bagi para pecinta One Piece supaya mereka bisa menyalurkan hobi dengan cara ber-cosplay. Selain itu, COPi sangat mengedepankan rasa kekeluargaan agar para anggota betah di komunitas ini.

Kebersamaan member COPi Bandung

Kebersamaan member COPi Bandung

MM: Kalo nama COPi, terinspirasi dari mana?

F: Untuk nama, pada awal dibentuk namanya bukan COPi, tapi Cosplay Onepiece Bandung. Tapi pas dipikir-pikir namanya terlalu panjang. Jadi akhirnya dari salah satu anggota, kami sebut saja “mamih” tidak sengaja di group chat nyeletuk nama COPi. Hahaha…kepanjangan dari Cosplay One Piece. Dan tentunya ga boleh ketinggalan, di belakang nama COPi kami menyertakan kota asal COPi dibentuk yaitu Kota Bandung, dan pada akhirnya kami sepakat memberi nama komunitas Cosplay kami dengan nama COPi BANDUNG.

MM: Biasanya apa aja kegiatan atau kumpul-kumpul rutin yang diadain COPi Bandung?

F: Biasanya kami selalu kumpul di café kesayangan kami yaitu Goncaf (Gonzo Anime Café) atau ke Balkot kalau mau latihan.

Kumpul-kumpul COPi Bandung

Kumpul-kumpul COPi Bandung

Biasanya kita kalau kumpul lebih banyak sharing tentang cosplay masing-masing, selebihnya kangen-kangenan sih. Namanya juga keluarga, jadi kalo lama dikit ga ketemu ya gitu deh. Hehehe. Oh iya, akhir-akhir ini kita lagi bahas project perfom buat next event. Mudahan-mudahan bisa terlaksana. Aamiin…

Kalo kumpul rutin ga ada jadwal khusus sih. Biasanya kita nyesuain sama kondisi anggota. Kalau ada yang bisa kumpul ya kumpul, kalau ada yang berhalangan hadir dimaklumi juga. Soalnya anggota COPi dari berbagai generasi, hahaha. Sebagian ada yang masih sekolah, ada yang kuliah, ada yang udah kerja, malah ada yang udah nikah dan lagi nunggu lahiran penerusnya. Hehehe…

Yang pasti, dalam satu bulan pasti ada kumpul-kumpul bareng.

MM: Apa aja biasanya event-event yang suka diikutin sama COPi Bandung?

F: Untuk event, biasanya kita lebih sering ke event jepang-jepangan yang digelar dari komunitas sekolah atau kampus  yang ada acara cosplay-nya.

COPi Bandung di event JAP ITB

COPi Bandung di event JAP ITB

MM: Dari event-event yang udah diikutin, prestasi apa aja yang udah diraih sama member-member COPi Bandung?

F: Untuk prestasi, alhamdulillah kami pernah jadi juara 1 cosplay team di UIN Matsuri. Selain itu anggota kita pernah juara 1 untuk cosplay hijab di UIN juga, juara 3 cosplay individu di festival citylink dan selebihnya juara cosplay parade di beberapa event.

MM: Kalo mau gabung di COPi Bandung, gimana caranya? Ada syarat-syarat atau ketentuan khusus nggak?

F: Untuk masuk ke COPi ga ada persyaratan khusus, yang terpenting punya niat untuk cosplay One Piece. Dan yang ga kalah penting, pastinya harus memiliki rasa kekeluargaan, solidaritas yang tinggi, no drama-drama. Satu lagi, harus mau berjalan bersama dengan COPi, mau susah senang pokoknya setia dengan komunitas ini, karena kami ingin sukses bareng-bareng.

Photo session di hotaru ITB

Photo session di hotaru ITB

MM: Apa rencana COPi Bandung ke depannya? Sampein juga dong Mas harapan-harapan para member dengan adanya komunitas cosplay ini.

F: Rencana COPi ke depan, pastinya ingin selalu menampilkan yang terbaik, dan ingin lebih banyak lagi perform di berbagai acara cosplay di Bandung.

Dengan adanya komunitas ini, para member berharap komunitas cosplay selalu dipandang baik dan mendapat support dari berbagai pihak. Karena banyak sekali generasi-generasi bangsa yang kreatif dan memiliki skill-skill yang terampil  di dalam komunitas cosplay ini.

Usopp - Luffy - Brooke versi COPi Bandung

Usopp – Luffy – Brooke versi COPi Bandung

MM: Menurut Mas Febri sebagai perwakilan dari COPi Bandung, bagaimana sih perkembangan cosplay di Indonesia saat ini? Apakah masih ada hype atau geregetnya?

F: Tentu masih ada gregetnya, karena sudah banyak sekali cosplayer perwakilan dari Indonesia khususnya dari Bandung yang sudah menjuarai berbagai kejuaraan bukan hanya di dalam negeri, tetapi di luar negeri juga. 

MM: Khusus di Bandung, apakah ada support juga dari berbagai pihak untuk kegiatan-kegiatan buat para cosplayer?

F: Support untuk kegiatan cosplayer secara khusus keliatannya belum ada. Support satu-satunya mungkin acara-acara yang digelar dari komunitas sekolah atau kampus sebagai wadah cosplayer. Selebihnya untuk kostum dan lain-lain kami persiapkan sendiri.

Begitulah ngobrol-ngobrol bareng Mas Febri, pentolan COPi Bandung. Buat cosplayer Bandung yang demen perform dengan kostum One Piece, bisa gabung komunitas ini. Temen-temen yang punya komunitas cosplayer yang nggak kalah kece dan pengen dimuat profilnya di CIAYO Blog, monggo kirim surat cinta ke hallo@ciayo.com.

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

Sumber: Meka Medina

Kami Mencoba Semua Game Tabrak Tiang Listrik Di Google Play! Mana Yang Terbaik?

Dari semua game tiang listrik ini, manakah yang paling keren?.. more

!! 800 x 400 tau ga sih anthony bourdain blog MAIN BANNER-01

Anthony Bourdain: “Comics Are My First Love”

Kematian mendadak Anthony Bourdain mengejutkan banyak orang. Banyak orang mengenalnya sebagai koki inspiratif, namun tak.. more

Sumber: The Japan Times (https://www.japantimes.co.jp/news/2017/11/04/world/social-issues-world/deterrence-force-crashes-libyas-comic-con-seizes-organizers-alleged-attack-morals/#.WgAgWmhL-Uk)

TERCYDUK, Event Comic Con Di Libya Digerebek Kelompok Paramiliter!

Baru-baru ini beredar berita di Libya, bahwa event Comic Con nasional yang diselenggarakan di ibu kota Tripoli diberhent.. more

Joged Bumbung, Warisan Budaya yang Dicap Negatif. Mengapa Bisa Demikian?

Pernah dengar Joged Bumbung? Mengapa orang tua yang seharusnya mengawasi anak-anaknya, malah membiarkan anaknya ikut men.. more

Sumber gambar: interactive.org

Mengenal Sosok Penting Desainer Hardware Nintendo: Genyo Takeda

Desain yang bagus akan menjadikan sebuah video game menarik. .. more