Cosuki, Basecamp-nya Cosplayer Malang

2 years ago
Member Cosuki Malang dengan kostum masing-masing

Kali ini tim blog CIAYO Comics bakal bahas tentang Cosuki. Eh, tapi sebelum itu…bro sis sekalian, pasti udah khatam dong ya sama yang namanya cosplay. Cosplayer Indonesia tuh pada niat banget loh. Ngoleksi kostum, ikutan kompetisi, atau sekadar datang ke event-event dengan dandanan cosplay yang niat. Bro sis yang memang rajin dan aktif di event-event cosplay gitu, biasanya juga punya komunitas yang punya hobi sama.

Cosuki. Mereka ini adalah salah satu komunitas cosplay di Malang. Member-membernya rajin ikutan berbagai event cosplay. Bahkan nggak cuma eksis, banyak di antaranya yang udah ngeraih prestasi. Maria Megayanti (MM) dari tim Blog CIAYO Comics berkesempatan mewawancarai Yudha Prawira (YP) sebagai ketua Cosuki. Langsung aja simak wawancaranya.

 

MM: Halo Yudha, sejak kapan Kamu dipercaya jadi ketua Cosuki?

YP: Baru sekitar setengah tahun, Kak.

 

MM: Kalo Cosuki sendiri, sejak kapan berdiri? Kenapa dikasih nama Cosuki?

YP: Sejak 22 Mei 2007. Cosuki itu singkatan dari ‘cosplay’ dan ‘daisuki’. Artinya suka/ senang cosplay. Karena kami merupakan sekumpulan orang-orang yang senang bercosplay. Awal terbentuknya, dari beberapa orang yang punya hobi sama yaitu bercosplay, yang kemudian merasa butuh sebuah naungan, sebuah wadah untuk temen-temen yang punya hobi sama untuk bisa berkumpul.

 

MM: Apa aja kegiatan yang dilakukan Cosuki?

YP: Kami ngadain gathering rutin seminggu sekali di sasana UM. Biasanya bahas agenda event, evaluasi event, dan agenda project.

Gathering rutin Cosuki Malang

MM: Dari event-event yang udah diikutin, prestasi apa aja yang udah diraih sama member-member Cosuki?

YP: Juara Cosplay Cabaret CLAS:H Surabaya (2014), Asia Cosplay Competition The Best Kawaii (2014), Asia Cosplay Competition The Best Kakkoii (2014), Asia Cosplay Competition The Best Armor (2014), Juara I Cosplay SarJo (2014), Juara Favorite Cosplay Single Chocodays (2014), Juara I Cosplay SarJo (2015), Best Community Daisuk Japan V (2015), Juara II Cosplay Ganbatte II (2015), Juara I CoswalkJ-Sphere (2015), Juara II & Juara III CLAS:H Regional Surabaya 2016.

Prestasi member Cosuki di Clas:H Surabaya 2016 (2nd winner & best costume. 3rd winner & best performance)

 

Member Cosuki di Event Cosplay Competition (Liem Fei, Nanda Krist, Avin Vaany)

MM: Kalo mau gabung di Cosuki, gimana caranya?

YP: Tinggal dateng aja ke gathering rutin Cosuki di Sasana Budaya Universitas Negeri Malang setiap Rabu sore.

Member Cosuki Malang in action

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kepribadian Yandere, Is It Real?

kepribadian, kepribadian yandere, otaku, sasaeng fans, penyakit jiwa, attached, sakit jiwa, gila, ocd, yandere.. more

Sumber: irishfilmcritic.com

The Ritual, Atmosfer Luar Biasa untuk Cerita Usang yang Klasik

“The Ritual” merupakan contoh film horror yang punya skenario klasik dengan menampilkan atmosfer mencekam yang terja.. more

00 d hari komik dan animasi nasional

20 Tahun Hari Komik dan Animasi Nasional: Momentum Peringatan Dengan Segala Pro dan Kontra

Sejak tahun 1998, tanggal 12 Februari diperingati sebagai Hari Komik dan Animasi Nasional. Apa latar belakang gerakan na.. more

3D Kanojo Real Girl - Cover

Review Anime 3D Kanojo Real Girl: Romansa Hingga Akhir

Gimana jadinya kalau seorang game otaku disukai sama gadis populer? Kayaknya cuma ada di anime 3D Kanojo Real Girl... more

Sumber: Dok. Pribadi (Meka Medina)

TERBONGKAR!! Osama bin Laden Meninggalkan Komputer Berisi Game, Anime, dan Film Bajakan!

Ternyata, isi dari komputer bin Laden dipenuhi berbagai jenis file yang nampak tidak lazim. Apakah terlintas di pikiranm.. more