Bincang Santai Bersama Deruu, Lead Author Komik Deadly 7 Inside Me

6 months ago
00-deruu-deadly-7

Acara CIAYO Comics Club #2 yang diadakan pada tanggal 21 Desember 2018 berlangsung meriah. Tidak hanya author komik CIAYO Comics yang diundang, ada pula perwakilan dari platform komik lain yang turut hadir. Dari author yang berkesempatan datang menghadiri, Saya Grad berkesempatan untuk berbincang santai bersama Deruu, lead author dari komik Deadly 7 Inside Me dan komik Shio Café yang akan segera tayang di CIAYO Comics! Penasaran? Berikut petikan obrolannya.

Baca Juga: Inilah Para Pemenang CIAYO Comics Comic of the Year 2018!

Chit-chat With Deruu

Selamat sore, bisa memperkenalkan diri dulu?

Selamat sore, saya biasa dipanggil Deruu, pertama kali bikin komik yaitu Deadly 7 Inside Me.

Ini pertama kalinya datang ke CIAYO Comics Club?

Iya, baru tahun ini, dikasih tahu sama Johanes dan Jessica (author Wonder Sweet)

Deadly 7 Inside Me (Sumber: Komunitas Indonesian Webtoon)

Deadly 7 Inside Me (Sumber: Komunitas Indonesian Webtoon)

Dalam komik Deadly 7 inside me, berposisi sebagai apa?

Saya berposisi sebagai lead author.

Rencananya akan ada komik yang ditayangkan di CIAYO Comics, bisa diceritakan?

Komiknya berjudul Shio Café, sama dengan yang di Deadly 7 Inside Me, saya spesialisasinya ada di Monster Creator, tapi yang lucu-lucu temanya, yang chibi atau kesannya moe.

Kalau yang di Deadly 7 Inside Me itu personifikasi antara dosa dan kebajikan, sedangkan yang Shio Café itu personifikasi dari kedua belas hewan shio yang ada. Diceritakan kalau mereka terdampar di bumi dan nggak bisa kembali ke tempat asal mereka, jadi mereka membuat café supaya punya uang cukup dan bisa kembali. Genrenya Slice of Life Comedy.

Deruu bersama Johanes dan Jessica, Author Wonder Sweet (Sumber: CIAYO Pictures)

Deruu bersama Johanes dan Jessica, Author Wonder Sweet (Sumber: CIAYO Pictures)

Karena CCC hanya untuk tamu undangan, sebelumnya ada ekspektasi akan diundang ke acara ini atau nggak?

Saya nggak tahu sama sekali kalau diundang karena jarang cek e-mail, sampai ketika Johanes meminta saya cek e-mail untuk memastikan undangan. Ternyata pas dilihat, ada undangannya. Mungkin kalau saya nggak diminta cek e-mail, saya nggak tahu kalau diundang.

Untuk proses submisi ke CIAYO Comics, bisa diceritakan dari awal?

Sewaktu bikin Deadly 7 Inside Me, lalu didatangi oleh kak Tessa (CEO Kisai Entertainment) dan menawarkan untuk mengajukan komik ke CIAYO Comics. Saya setuju, tetapi meminta kalau bisa komiknya yang strip, supaya nggak terlalu panjang karena masih kerja di Desime (Deadly 7 Inside Me).

Setelah itu ketemu dengan kak Fahmi, lalu diserahkan ke kak Adesa selaku editor, baru kita diskusi mau bikin apa. Awalnya ada ide pertama tetapi tidak jadi dipakai, karena mungkin ingin yang lebih baik lagi, jadi di situ baru saya saranin, bagaimana kalau bikin dua belas personifikasi Shio? Kak Adesa ingin membicarakan dulu dengan atasan, dan ternyata disetujui.

Dari komik Deadly 7 Inside Me dan Shio Café, bagaimana kendala selagi proses pengerjaan?

Kalau udah membuat 2 komik, kan capek. Jadi sudah bikin persetujuan di awal, kalau boleh, nggak pakai masa tayang tetapi saya minta pihak CIAYO Comics untuk tidak membayar saya dulu sebelum komiknya saya selesaikan. Jadi, saya nggak terlalu terbebani dan komiknya juga bisa lebih matang dalam pengerjaannya, apalagi harus membuat masing-masing personifikasi dari dua belas shio. Saya juga harus membagi waktu karena masih ada deadline mingguan untuk Deadly 7 Inside Me.

Nah, dua belas personifikasi shio itu kan rumit, bagaimana jadinya?

Deruu  : Tadinya berencana membuat 8 panel komik strip per-episode, nggak tahunya cerita lebih kompleks sehingga menjadi 24 panel, termasuk panjang untuk ukuran komik strip.

Deadly 7 Inside Me punya fanbase yang kuat (Sumber: https://instagram.com/desime_fanbase)

Deadly 7 Inside Me punya fanbase yang kuat (Sumber: https://instagram.com/desime_fanbase)

Karena sudah pengalaman membuat komik dan dikejar deadline, kira-kira ada saran untuk komikus yang baru ingin terjun ke dunia komik profesional?

Cari teman yang bisa bantu kalau memang nggak kuat bikin sendiri. Namanya komikus tuh pengennya cerita bikin sendiri, gambar sendiri, semuanya sendiri. Mungkin kalau yang dimaksud ego komikus itu salah satunya ya itu, ingin mengerjakan semuanya sendiri. Naruto aja komik yang udah terkenal, pasti asistennya banyak.

Nah, kalau masih awal-awal, kan nggak ada dana untuk bayar asisten, gimana dong? Nah, itu untungnya teman. Meanwhile, kalau emang nggak bisa punya, ya mau nggak mau harus pintar bagi waktu. Saya dari awal aja udah cari teman yang bisa bantu sedikit-sedikit.

Jangan dikejar-kejar pula, harus tayang dalam sehari. Kalau kayak gitu, banyak risikonya. Mulai dari kualitas yang kurang bagus, hingga bisa masuk rumah sakit.

Nah, pemula yang baru terjun ke dunia komik, biasanya terpancing dengan ide-ide yang mainstream, seperti romance, karena ingin cepat terkenal. Komikus pasti memiliki pride, ingin dikenal. Tapi kita jangan mencari pasar mana yang bisa membuat kita cepat terkenal. Kita harus menggali potensi diri kita sendiri, cocok berkarya dengan genre apa. Cari yang benar-benar kita suka, supaya senang ketika mengerjakannya.

Kouw, Shio guguk dalam komik Shio Café (Sumber: https://instagram.com/deruuyo)

Kouw, Shio guguk dalam komik Shio Café (Sumber: https://instagram.com/deruuyo)

CIAYO Comics bisa dibilang platform komik yang usianya masih muda. Menurut Deruu, kira-kira kelebihannya di mana?

Ada satu kelebihan yang sebenarnya nggak orang-orang perhatikan, tetapi sebenarnya ini potensi besar. Di aplikasi CIAYO Comics, orang bisa pakai avatarnya di bagian komen. Itu salah satu teknik supaya fandom terbentuk. Di samping namanya terpampang avatar sebagai identitas.

Selain itu, CIAYO juga memiliki blog, yang meliput apa saja yang berkaitan dengan pop culture. Ada juga CIAYO Games, yang memproduksi sendiri. Dari editorialnya CIAYO Comics pun benar-benar dibimbing, mulai dari nol dan tidak mengerti soal komik, masuk ke CIAYO Class, kemudian bisa tembus Official.

Apa harapan ke depannya untuk CIAYO Comics?

Karena ada CIAYO Games, dan kebetulan komik saya soal Shio Café, barangkali bisa dibikinin game. Minimal sudah ada dua belas karakter unik dan fandomnya sudah terbentuk. Contohnya tadi, saya baru posting salah satu karakter di Instagram deruuyo, sudah ada orang yang cepat-cepat klaim akun pakai nama karakter itu dan sudah roleplay sendiri. Saya nggak terlalu kuat  di detail tetapi saya memiliki fandom base dan mereka senang roleplay karakternya. Ko Victor ( Victorio Permadi-CTO), bikinin gamenya, hehehe.

CIAYO Comics juga pintar melirik komik-komik Indonesia yang memiliki potensi untuk berkembang dan seleksinya nggak ketat gila-gilaan. Seperti motto Spiderman, Your Friendly Neighborhood. CIAYO Comics lebih merangkul para komikus.

Deruu ketika berkunjung ke acara CIAYO Comics Club (Sumber: CIAYO Pictures)

Deruu ketika berkunjung ke acara CIAYO Comics Club (Sumber: CIAYO Pictures)

Untuk tips dan trik kolaborasi, adakah yang mau ditambahkan?

Kalau saya dengan penulis sih untungnya nggak idealis, jadi editor bisa lebih mudah membantu mengarahkan. Kalau kami merasa idenya bisa dipakai, why not?

Komunikasi juga penting, kami masih berdebat mengenai ide dan setiap yang dikemukakan harus ada alasan logis. Kalau komunikasi lancar dan nyambung, kolaborasi bisa berjalan dengan baik.

Wah, terima kasih atas waktu dan pendapatnya. Selamat sore.

Selamat sore.


Begitulah percakapan santai di sela-sela acara CIAYO Comics Club #2 bersama Deruu. Ada yang sudah membaca Deadly 7 Inside Me ataupun ingin menunggu komik Shio Café ditayangkan di CIAYO Comics? Pantau terus platform komik online kesayangan kalian ini yaaa…

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

coco awards

Coco Masuk 13 Nominasi Annie Awards 2018

Salah satu film animasi yang beruntung masuk nominasi Annie Awards adalah Coco. Gak tanggung-tanggung nih, Coco mendapat.. more

Resident Evil 6 (Sumber: Evil Resource)

Resident Evil 6 Adalah Seri RE yang Buruk? Tidak Juga Kok!

Dan menurut saya, game memanglah harus demikian. Alias, harus bisa membuat kita serius tapi tetap terasa fun di saat yan.. more

icinc 2019

Lewat ICINC, BEKRAF dan 88rising Mencari Rich Brian Baru

Lewat ICINC 2019, Badan Ekonomi kreatif dan 88rising mencari talenta musisi Indonesia yang mampu mengorbit di blantika m.. more

CIAYO Comics

Komikman, Komik Terabsurd 2017

Kalau ada penghargaan komik terabsurd, mungkin Komikman bisa jadi salah satu nominasinya atau malah pemenangnya. Gimana .. more

00-challenge-miniseries-winner

Inilah Pemenang Miniseries CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

Pemenang miniseries CIAYO Comics Challenge Vol. 3 telah ditemukan. Baca komik-komik serial pendek bertema Rediscover di .. more