Dimaz Sadewa Menguak Sejarah Batavia Lewat Komik

9 months ago

Inspirasi cerita komik bisa dari mana aja. Yang paling banyak menginspirasi, pasti cerita keseharian atau pengalaman diri sendiri dan orang lain. Tapi sempet kepikiran nggak, kalau latar belakang sejarah dan hal-hal serius juga bisa diangkat jadi cerita yang menarik. Tak jarang, perlu dilakukan riset untuk membuat cerita komik yang memiliki unsur sejarah. Hasilnya nggak selalu bikin dahi berkerut kayak waktu kita belajar sejarah kok. Dengan media komik yang menarik untuk dibaca, pengetahuan-pengetahuan dan nilai sejarah bisa diserap dengan cara menyenangkan. Maria Megayanti (MM) dari tim Blog CIAYO Comics berkesempatan mewawancara Dimaz Sadewa (DS). Dia adalah satu komikus CIAYO Comics yang sudah malang melintang di kancah perkomikkan Indonesia, juga internasional.

Jangan salah, Dimaz Sadewa adalah salah satu komikus yang perlu diperhitungkan. Komiknya yang berjudul Kroewel, memenangkan Golden Winner 1 di ajang Kompetisi Komik Indonesia 2014.

Komik Kroewel, pemenang Golden Winner 1

Bahkan dia juga meraih penghargaan manga internasional di Jepang. Komik Woelan berhasil meraih perunggu di International Choice Manga ke-10. Dari sekian banyak komikus internasional yang turut serta dalam ajang penghargaan ini, Dimaz Sadewa adalah salah satu perwakilan komikus Indonesia yang berhasil mendapatkan penghargaan.

Komik Woelan, pemenang perunggu di International Choice Manga ke-10

Salah satu halaman komik Woelan

Langsung aja yuk, mengenal sosok Dimaz Sadewa lebih dekat. Maria Megayanti pake kata ganti kamu-saya. Soalnya Dimaz anaknya serius. Hehe…

MM: Buat Dimaz, komik tuh apa sih?

DS: Komik adalah salah satu media sihir.

MM: Kamu kan suka banget sama hal-hal yang berbau sejarah. Apa yang membuat Kamu konsisten mengangkat tema-tema itu dalam karya Kamu?

DS: Saya suka sekali dengan tema sejarah kecil sehari-hari (bukan sejarah pahlawan atau sejarah dalam bentuk urutan tahun), karena sejak kecil, kakek saya sering bercerita tentang kehidupan jaman itu. Namun bukan berarti saya hanya mau mengangkat komik-komik dengan tema tersebut. Yang membuat saya masih konsisten mengangkat tema itu, selain karena suka, tapi juga karena ada peluang di tema itu dan komikus lain belum mengangkat secara dalam. Tema sejarah kolonial itu memiliki tema yang luas dan bisa diterapkan di berbagai cerita. Tema yang bagi saya epic, karena memiliki kekhasan yang sangat kental – yang di jaman dan negeri lain tidak ada. Lagi menurut saya, pasar tersebut bisa mengena di Indonesia yang punya rasa ingin tahu tentang sejarah yang besar dan memang sejarah Indonesia menarik. Era kolonial Hindia Belanda menciptakan budaya tersendiri, yang Belanda dan Indonesia sendiri sekarang tidak memilikinya.

MM: Boleh diceritakan kapan pertama kali berkarya?

DS: Saya sudah hobi menggambar sejak kecil. Namun untuk berkarya komik secara profesional (dan membuat komik selesai), saya baru mulai menjalaninya ketika ada lomba-lomba komik seperti Kompetisi Komik Indonesia (KKI). Dari lomba-lomba itu saya mulai mengenal tokoh-tokoh komikus Indonesia. Lalu dari situ bisa mendapat channel-channel untuk bekerja secara profesional.

MM: Suka baca komik nggak, komik apa yang pertama kali dibaca?

DS: Saya tidak ingat apa komik yang pertama kali saya baca, tapi komik yang sangat mempengaruhi saya sejak kecil adalah Dragon Ball-nya Akira Toriyama. Saya sering membuat ulang cerita-cerita dan menambah tokoh-tokoh di cerita Dragon Ball saya sendiri. Saya membuat ulang cerita dan karakter Dragon Ball bersama kakak saya yang memang jago gambar.

MM: Dengan kesibukan yang dijalani, ada hobi lain yang disukai nggak? Masih ada waktu untuk keluarga atau berkumpul dengan teman-teman kah?

DS: Hobi lain saya adalah plesir. Baik di tempat wisata atau pun tempat menarik yang tidak banyak orang tau. Saya juga selalu berusaha mengoptimalkan waktu bersama keluarga. Ketika saya pulang, pasti saya beri waktu penuh untuk keluarga. Begitu juga dengan teman. Ketika plesiran juga, saya hampir selalu mengajak saudara dan keluarga.

MM: Sepanjang karier di dunia komik, karya mana yang paling membuat Dimaz puas dan happy?

DS: Setiap kali selesai berkarya saya pasti merasa bangga sekaligus kecewa dengan komiknya. Selalu ada bagian yang melebihi ekspektasi dan ada bagian yang jauh dari harapan. Namun boleh saya akui, seperti Disney punya Mickey dan Ghibli punya Totoro sebagai anak emas dan maskotnya, saya punya komik “Kroewel” (2014). Karena dari situ saya seperti menemukan jati diri saya dalam berkomik. Terlepas dari prestasi yang didapat dari komik itu, saya memang suka komik saya yang satu itu.

Salah satu halaman komik Kroewel

Di CIAYO Comics, Dimaz juga berkontribusi bikin komik berjudul Wonder Boven Wonder. Tak mau lepas dari unsur sejarah, Wonder Boven Wonder mengisahkan suasana Batavia dan Indonesia di masa Hindia-Belanda.

Wonder Boven Wonder (ciayo.com)

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. Now she is a part of our team. She also loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel.

Comments

Most
Popular

Sumber: m.blog.naver.com

Mengenal Lebih Dalam Tentang WAIFU

Akhir-akhir ini di dunia maya khususnya di media sosial dan blog-blog para pecinta manga dan anime, banyak ditemuin deba.. more

Sabrina – Chapter 12: Dari Mana Sifat Serakah Manusia Berasal?

Sabrina mengulet, membuka matanya, sambil masih belum sadar benar. Perjalanan yang tidak terlalu lama tadi tetap bisa me.. more

Heboh Langit Berpetir di Instagram Marcelino, Ini Penjelasannya

Lama vakum dari layar kaca, aktor berbadan tegap Marcelino Lefrandt tetap berkiprah di dunia hiburan. Namun, kini ia leb.. more

Teriakan Berdarah – File 003 Dia Kembali

Apakah ingatan masa lalu akan membuatmu lega? Setelah sekian lama sibuk dengan keseharianku, dia kembali... more

(dw9to29mmj727.cloudfront.net)

Boruto: Pewaris Naruto Seorang Anak Pembangkang?

Siapa yang tak kenal Naruto, sosok ninja ceria yang populer dalam serial anime. Lalu, siapa Boruto? Artikel ini akan men.. more