Diskopantera Ajak Fans Nostalgia Disko Era 80-90an

2 years ago
chit-chat-FAIRY-DEMON-&-Diskopantera-desktop

Tanggal 26 September lalu, CIAYO Comics kedatangan Diskopantera dan tiba-tiba semua orang kena demam 90an.

Dengan brandingnya sebagai DJ musik jadul, Diskopantera memutarkan set lagu-lagu era 80-90an dari dalam dan luar negeri. Mulai dari Rindu Ini-nya Warna hingga Uptown Girl dari Westlife dan Las Ketchup dengan one hit wonder mereka Asereje.

diskopantera

Sumber: CIAYO Pictures

Tak hanya dari pilihan musik, Diskopantera juga menjiwai mix yang ia buat lewat penampilannya. Boxer pendek, kaos ketat, fingerless gloves, fanny pack, dan topi lucu? It can’t get any more retro than that! Apalagi kehadirannya hari itu bersama tim Bodypack Party After Office ditemani dengan lampu disko yang memancarkan cahaya psikedelik yang membawa jiwa kembali ke penghujung abad 20.

Namun siapa sih sebenarnya Diskopantera ini? Kenapa dia memilih musik 80-90an? Seperti apa pandangannya tentang bangkitnya pop culture retro ini? CIAYO Blog punya kesempatan untuk ngobrol santai bareng Diskopantera. Penasaran?

Chit-chat Bareng Diskopantera

diskopantera

Sumber: CIAYO Pictures

Bagaimana awalnya Diskopantera berkiprah sebagai seorang DJ? Kenapa memilih lagu 90an?

Diskopantera mulai di tahun 2012. Gig pertamanya ada di acara teman yang temanya memang 80-90an. Dia ngajakin main karena tahu referensi musik gua lumayan lengkap di era itu. Mau nggak mau membawakan lagu 80-90an.

Apa sih yang spesial dari lagu 80-90an?

Spesial karena era itu masih era analog. Menurut gua lagu 90an ke bawah lebih ada jiwanya, karena ketika sudah era digital menurut gua kayak kosong aja. Nggak ada jiwanya, karena udah pakai software semuanya. Tapi kalau era 80-90an masih pakai analog, jadi orang bener-bener ngasih jiwa mereka sepenuhnya ke lagu itu.

Ada nggak kesulitan dalam me-mix lagu 80-90an yang berbeda-beda nuansanya?

Kalau dibilang sulit ya pasti ada kesulitan. Pada dasarnya, semua lagu bisa di-mix dalam genre apapun. Cuman yang mungkin dibilang sulit yaitu merubah mood-nya. Misanya dari pop tiba-tiba ke dangdut, atau dari rock ke pop. Intinya merubah mood itu cukup sulit, tapi dasarnya semua lagu bisa di-mix.

Siapa artist 80-90an favorit Diskopantera?

Boyband udah pasti New Kids on the Block. Kalau band new wave suka New Order. Dari dalam negeri gua suka banget Jingga. Siapa lagi ya? Banyak banget!

Sejauh ini dalam setiap gig, ada orang tua yang ikutan nonton?

Makin kesini biasanya makin sering ketemu orang tua di acara pensi sekolah. Guru-guru sama orang tua muridnya yang ikutan nonton.

diskopantera

Sumber: CIAYO Pictures

Apa pendapat Diskopantera tentang bangkitnya pop culture jadul seperti musik, fashion, dan lain-lain?

Semua era pasti akan begitu pada masanya, karena history repeats itself. Semua akan muter, mulai fashion sampai musik, semuanya muter balik. Kayak era sixties-seventies, semua orang pake celana cutbray, cewek-cewek pake baju flowers/hippies. Ketika 10-20 tahun kemudian, semua itu balik lagi, muter lagi. 10-20 tahun ke depan mungkin pop culture era sekarang akan muncul lagi.

Diskopantera lagi punya proyek yang lagi dikerjakan? Misanya original song

Kalau proyek, sekarang lagi belum nih. Terakhir bantuin Thomas Ramdhan bassistnya GIGI di satu lagu. Ke depan pengen rampungin materi sendiri, tapi waktunya belum ada.

diskopantera

Sumber: CIAYO Pictures

Kamu bisa ikutin kapan aja gigs Diskopantera selanjutnya lewat Facebook atau Instagram. Lain kali kalau kamu ketemu Diskopantera, ikuti saja euforianya dan pasrah berdansa dengan iringan musik jadul. Pokoknya lemesin, jangan dilawan!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-fakta-deadpool

Fakta Menarik Deadpool Yang Harus Kamu Tahu

Mumpung filmnya masih ada di bioskop ini dia berbagai fakta Deadpool yang harus kamu tahu sebelum masuk ke bioskop!.. more

Anime Matsuri X CIAYO Comics

CIAYO Comics, sebagai salah satu platform komik digital pun turut berpartisipasi di event Anime Matsuri kali ini. .. more

Sumber: youtube.com

[SPOILER ALERT] The Greatest Showman, Film Musikal Terbaik Di Penghujung Tahun 2017

Film musikal The Greatest Showman terbukti menjadi kejutan di akhir tahun 2017 dan mampu menyaingi film lain seperti La .. more

Sumber gambar: listas.20minutos.es

Razzie Awards 2018, Penghargaan Untuk yang Terburuk di Dunia Perfilman. Berikut Nominasinya!

Untuk Golden Raspberry Awards 2018 nominasi sudah diumumkan dan film-film yang dinominasikan memang terkategori buruk di.. more