Editor Komik Idaman Versi Author CIAYO Comics

4 weeks ago

Dalam sebuah komik, peran editor sangat penting. Tugas editor adalah memeriksa seluruh aspek komik sebelum diterbitkan, mulai dari cerita, paneling, hasil akhir, dan masih banyak lagi. Tugas editor bukan hanya mengoreksi komik, tetapi mengarahkan komik agar solid dari berbagai macam aspek. Ini adalah kunci utama menjadi editor komik idaman para author.

Mungkin kamu penasaran, seperti apa sih sosok editor yang baik itu? Karena pekerjaan editor banyak tersembunyi di balik layar, sayangnya tidak banyak yang tahu seperti apa pekerjaan editor dan bagaimana mereka berkolaborasi dengan author komik.

Untuk jadi editor komik idaman, seorang editor harus bisa berkolaborasi dengan komikusnya. Sumber: CIAYO Pictures
Untuk jadi editor komik idaman, seorang editor harus bisa berkolaborasi dengan komikusnya. Sumber: CIAYO Pictures

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, CIAYO Blog ketemu sama beberapa author komik CIAYO Comics. Pertanyaan yang diajukan ke mereka sangat sederhana: Seperti apa sih editor komik yang baik itu? Sebagai author yang sudah lama bekerja dengan editor mereka, tentunya cerita dari para author komik CIAYO Comics bakalan menarik dan juga bermanfaat. Siapa tahu kamu juga bisa mengambil banyak pesan moral dari cerita mereka!

Tanpa basa-basi lagi, langsung saja disimak kriteria editor komik idaman versi author komik CIAYO Comics!

Baca Juga: Tips Membuat Komik One Shot Dalam Format Webtoon

Editor Komik idaman Menurut Author Komik CIAYO Comics

Johanes Park (Wonder Sweet)

Sumber: Gula Comic
Sumber: Gula Comic

Editor komik yang baik itu netral, terbuka pikirannya, mempunyai banyak referensi dan tidak bias terhadap selera dan ambisi sendiri, huhu…

FairyDemon (Rika si Preman Sekolah, Pinkmosphere)

Kakaknya Edo ganti dari Rika jadi Suzakura, hehe. Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Editor komik yang baik itu editor yang lebih condong ke membimbing: membantu nunjukin kesalahan komikusnya dan ngasih tahu apa yang sebaiknya diperbaiki, ketimbang editor yang nyuruh rombak konsep komiknya dan ujung-ujungnya malah jauh dari kehendak komikusnya. Beda cerita kalo konsepnya udah ditolak dari awal karena ngaco, itu salah komikusnya berarti.

Fei Rizani (Imaginarium)

Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Editorkomik idaman itu yang mengerti isi, maksud, dan tujuan karya anaknya dan mau mengarahkan ke arah sana. Bisa melihat kekurangan dan kelebihan anaknya dan menyesuaikan editorial dengan mindset itu. Keep the author in track dan ngingetin kalau suatu saat si author keluar dari jalur dan tujuannya. Punya balance yang baik antara pemenuhan keinginan pasar dan idealisme author. Intinya menambal yang kurang dan mengasah yang lebih biar makin tajamzzz…

Snow Rexilium (Jakarta Titik Nol)

Keegoisan manusia akan menjadi senjata makan tuan. Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Yang ngebimbing, nggak maksain untuk ngeubah cerita sesuai seleranya (dalam artian mungkin sampe kek ambil alih, “Eh yg bikin cerita gw apa elu?”), tetapi ngasih masukan dan mengarahkan secara konstrutif sampai tahap decision. Bisa diajak diskusi dan nggak mengintimidasi.

Mas Hiro (Linked Soul)

Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Mampu memberi jalan tengah antara ideologi platform dan idealisme komikus. Memberi motivasi, dorongan mental, serta nasehat tentang bagaimana menghadapi permasalahan-permasalahan di dunia profesional (termasuk cara menyikapi komentar pembaca, sikap di sosmed, cara baca kontrak, HAKI, dll)

Dini Marlina (Blue Serenade)

(Sumber : CIAYO Comics)
Sumber : CIAYO Comics

Yang beneran kasih saran dan masukan dengan cara yang baik. Jadi harus netral, bisa ambil titik tengah dari banyak ide entah dari komikus/penulis. Jangan egois sama pendapat pribadi (duh jadi inget yg dulu. haha). Yang jelas sih bisa ngarahin alur ceritanya supaya lebih menarik.


Itu dia gambaran editor komik idaman versi author komik CIAYO Comics. Mudah-mudahan bisa memberikan gambaran seperti apa tugas para editor komik, ya. Dan buat kamu yang pingin ngomik di CIAYO Comics, nggak usah takut ketemu editor-editor yang galak dan ngeselin. Tim editorial CIAYO Comics asik banget buat diajak kerja bareng dan pastinya profesional serta tahu segala ilmu dan teknik untuk bikin komik kamu makin oke.

Penasaran gimana caranya submit komik ke CIAYO Comics? Klik link ini untuk cari tahu tata caranya.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Ketagihan main Games? Hati-hati, Itu Termasuk Gangguan Mental loh!

Nah, sebelum kamu parno, apalah kamu mengidap gaming disorder atau engga. Yuk, kenali dulu gejalanya. .. more

Sumber: www.hdwallpapers.in

Red Sparrow: Bahkan Jason Matthews Pun Tak Mampu Mengawal Naskah Ini Untuk Jadi Baik

“Red Sparrow” bercerita tentang perempuan bernama Dominika. Seorang ballerina yang punya kesempatan untuk bersinar d.. more

00-d-anime-baru-ponimu

Koleksi Anime Baru Ponimu Tayang 17 September

Empat judul anime baru Ponimu Indonesia: Canaan, Tari Tari, dan dua film Higashi no Eden bisa ditonton mulai 17 Septembe.. more

Anime Matsuri X CIAYO Comics

CIAYO Comics, sebagai salah satu platform komik digital pun turut berpartisipasi di event Anime Matsuri kali ini. .. more

Rekomendasi Komik Romantis yang Extraordinary

5 komik romantis ini punya cerita yang sangat extraordinary dan berbeda dengan komik romantis yang biasanya. Penasaran?.. more