Eno Bening dan Board Game: Gue Senang Ketika Orang Tertipu

3 months ago
eno bening

Banyak orang tentu tahu sosok Eno Bening sebagai seorang Youtuber populer di Indonesia. Namun, mungkin hanya segelintir orang saja yang mengenalnya sebagai seorang fans board game. Kecintaan Eno terhadap board game bukan sebuah rahasia sebenarnya. Video Youtube-nya menampilkan Eno bermain board game dengan teman-temannya. Media sosial Eno pun menunjukkan kesukaannya bermain board game di waktu senggangnya.

Penasaran nggak dengan hobinya Eno Bening yang satu ini? Tim CIAYO Blog nggak sengaja ketemu Eno Bening di acara reopening Castle8 Board Game Café. Sambil main board game bareng, CIAYO Blog iseng-iseng ngelempar beberapa pertanyaan tentang hobinya ini.

Chit-chat Bareng Eno Bening

Eno Bening bermain board game bersama teman-teman. Sumber: CIAYO Pictures
Eno Bening bermain board game bersama teman-teman. Sumber: CIAYO Pictures

Halo! Mas Eno Bening ternyata suka main board game juga, ya?

Wah, suka banget. Hidup gue adalah board game.

Pertama kali mulai main board game sejak kapan?

Dari kecil kayaknya. Ular tangga termasuk board game, kan?

Tapi ular tangga istilahnya board game yang umum ya. Untuk yang lebih seriusnya mulai sejak kapan?

Werewolf termasuk board game? Awalnya gue kenal Werewolf dari Komunitas Standup Semarang. Terus dari Werewolf gue diajak main board game lainnya. Udah lama juga, kayaknya 5 tahun yang lalu tapi yang pasti mulainya dari Semarang.

Board game favoritnya apa by the way?

Avalon, men. Karena gue tidak suka menipu orang di dunia nyata, jadi gue lampiaskan itu di dalam board game. Gue senang ketika orang tertipu dan mukanya itu priceless banget. Gue bisa ngatain mereka, pokoknya the best.

Wah, berarti jago banget main Avalon ya.

Gue nggak mau bilang gue yang paling jago sih. Tapi kalo main di Castle8, kalau ada Avalon pasti diundang karena orang tahu gue pengen main Avalon. Pokoknya seru banget main Avalon kalo ada gue.

Lalu ada nggak sih board game yang paling nggak disukai? Board game dimana tiap kali dimainin selalu kalah?

Apa ya? Sebenarnya bukan soal kalah, tapi gue nggak suka board game yang jenisnya co-op. Menurut gue co-op itu nggak terlalu menyenangkan, dimana lu kerja sama ngelawan NPC. Kembali lagi, ini preferensi gue ya. Tapi buat gue ini (co-op) menghilangkan esensi dari board game itu sendiri dimana kita berkompetisi dengan lawan yang ada di depan kita. Karena kalau co-op itu gue ngerasain bisa main secara autopilot. Maksudnya orang lain bisa mainin bidak gue, gak bisa nunjukkin ego gue gitu. Padahal gue berharap gue bisa bermain sesuka hati gue dan ngerjain orang di depan gue.

Menurut mas Eno, board game yang bagus itu seperti apa?

Kalo preferensi gue, board game yang bagus pastinya kompetitif, dimana inti dari board game yaitu interaksi terasa banget. Contohnya Avalon, Werewolf, Dixit, Concept, Decrypto, itu gue suka banget. Karena kehadiran lu itu dibutuhkan. Lu harus nebak mimik wajah temen lu, nebak petunjuk dari nada, dan sebagainya. Itu inti dari board game yang gak bisa tergantikan sama game-game internet. Lu harus dateng, men. Itu yang menjadikan sebuah game itu board game.

Eno Bening mencari interaksi manusia yang genuine melalui board game. Sumber: CIAYO Pictures
Eno Bening mencari interaksi manusia yang genuine melalui board game. Sumber: CIAYO Pictures

Apa sih sensasi yang dicari mas Eno saat bermain board game?

Interaksi manusia itu semakin nggak genuine, karena melalui perantara yang lebih padat lagi. Bukan berarti itu salah, ya. Gue suka ketemu orang, ngobrol sama orang, dan berbicara langsung tanpa perantara Discord, Line, Whatsapp, dan sebagainya. Itu yang gue cari di board game. Hal itu yang ga bisa gue temui di tempat lain, dan board game merupakan alternatif buat gue lari dari dunia yang serba simulasi dan hyper-realita. Gue benar-benar hilang; bisa jadi siapapun dan bisa lebih brengsek.

Di internet lu nggak ketemu orang, jadi kalo kesel nggak bakal ditonjok di tempat. Kalo di sini, karena main board game, kita sama-sama kesel bareng dan kalau sepakat kita bisa saling ngata-ngatain tapi habis itu kembali main lagi. That’s the fun of board game. Lu ngumpul sama temen lu atau bahkan yang bukan temen. Gue sering banget nggak kenal orang tahu-tahu main board game di sini, dan orang asik-asik aja. Itu yang seru sih.


Gimana, tertarik untuk mencoba board game setelah mendengar cerita Eno Bening barusan? Tak ada salahnya mulai main dengan mengajak teman atau datang langsung ke board game café untuk menjajal berbagai board game di sana. Jangan lupa juga buat nyoba CHIPS: Heroes Uprising begitu board game ini rilis di pasaran!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Jessica Kholinne : Melanglang Buana dari DC Comics Hingga Marvel

Dalam interview kali ini, Jessica Kholinne banyak berbagi tentang pengalaman dan tantangannya sebagai colorist profesion.. more

Sumber: comicvine.com

Benarkah Hawkeye Akan Berubah Menjadi Ronin di Avengers: Infinity War?

Belakangan ini kita sering kali melihat meme-meme yang menyindir Hawkeye karena dia tidak terlihat di poster Avengers: I.. more

00-d-film-pariban

Rap dan Musik Batak Bersatu di Soundtrack Film Pariban

Siantar Rap Foundation merilis dua lagu untuk film Pariban Idola dari Tanah Jawa, yang menampilkan Ganindra Bimo dan Ati.. more

Anime Fall 2018 - thumb

TV Anime Jepang Pilihan untuk Musim Gugur 2018!

Saat ini di Jepang sedang dalam suasana musim gugur atau Fall. Dan seperti biasanya, ada beragam anime musim panas yang .. more

Nintendo Kembali Kena Tuntutan Hukum!

Gamevice menuntut Nintendo karena desain Joycon dari Nintendo Switch meniru desain produk mereka. Tuntutan mereka tidak .. more