Faza Meonk: Saya Tidak Punya Role Model Khusus

1 year ago

Rubrik Chit Chat kali ini kita kedatangan Faza Meonk!

Bro sis punya role model nggak? Mungkin kalau buat para pria, role model kalian kayak CR7, Pewdiepie, atau bagi kaum hawa bisa Kylie Jenner atau Taylor Swift. Yah wajar lah ya, biasanya kita akan “mengikuti” jejak si role model. Eits, tapi gak cuma bro sis yang punya role model, komikus  juga mempunyai panutan atau role model loh!

Tapi siapa sangka, kalau Faza gak punya role model. Menurut Faza sendiri, dia tidak punya role model khusus. Dia mengaku belajar dari banyak orang dan banyak hal. Jadi tidak ada yang cukup spesial. Siapa sih yang nggak tau sama Faza Meonk? Sang author dari komik terkenal Si Juki, yang sudah berhasil mengocok perut para pembacanya. Ditambah lagi dengan hadirnya karakter Mang Awung yang semakin memeriahkan cerita.

(CIAYO Comics)

(CIAYO Comics)

Kali ini Chika dari CIAYO Blog behasil tanya – tanya sama Faza. Penasaran? Yuk, simak!

Chika: Hai Faza, sekarang lagi sibuk apa?

Faza: Hai, sekarang sedang banyak sekali kesibukan, dari ngurusin produksi Si Juki the Movie, bikin komik, ngurusin event, dan hal – hal yang berkaitan dengan bisnis dan partnership PIONICON.

Chika: Sejak kapan sih Kamu mulai tertarik untuk membuat komik?

Faza: Sejak SD saya sudah membuat komik, dijual ke teman – teman sekolah dalam format fotokopian. komikus merupakan salah satu cita – cita saya dari kecil.

Chika: Kenapa lebih suka diberi panggilan visual entertainer?

Faza: Ya, karena saya tidak hanya membuat komik, tapi juga membuat hal – hal yang menghibur dalam media visual seperti animasi, film, komik, illustrasi dan lainnya. Jadi basically saya orang yang menghibur lewat karya visual.

(juki.com)

(juki.com)

Chika: Siapa sih role model Kamu? Kenapa?

Faza: Mungkin terdengar konyol, tapi saya tidak punya role model khusus. Saya belajar dari banyak orang dan banyak hal. Tidak ada yang cukup spesial.

Chika: Biasanya Kamu tertarik dengan genre seperti apa?

Faza: Akhir – akhir ini saya lebih suka konten dengan genre misteri, sci-fi, thriller, dan tentunya genre komedi.

Chika: Untuk Si Juki sendiri dari mana sih idenya?

Faza: Ide bisa dari mana saja, curhatan teman, kejadian yang sedang happening di Indonesia, atau kegiatan sehari – hari yang sederhana.

Si Juki & Mang Awung di CIAYO Comics (CIAYO Comics)

Si Juki & Mang Awung di CIAYO Comics (CIAYO Comics)

Chika: Apa rencana ke depannya? Selain mungkin membuat komik.

Faza: Selain komik, saya mau membuat banyak hal seperti film animasi, brand fashion, event, memproduseri musik, video klip dan lainnya.

(Instagram.com/jukihoki)

(Instagram.com/jukihoki)

Chika: Gimana sih cara me-manage IP supaya bisa bertahan dan eksis sampai sekarang? Ada kiat khusus gak?

Faza: Kunci paling dasar adalah “konsisten”. Setelah itu baru keunikan karya, metode promosi dan pemilihan media yang tepat untuk market yang dituju.

(Instagram.com/fazameonk)

(Instagram.com/fazameonk)

Chika: Boleh minta tips atau saran untuk pembuat komik pemula? Misalnya pemilihan ide cerita, tokoh atau visualnya.

Faza: Buatlah konten yang terlihat “fresh” dan unik agar mudah merebut hati pembaca baru. Konsistensi merupakan hal terpenting jika karya kita ingin terus diingat pembaca. Kalau memang serius menggeluti industri komik, buatlah komik untuk dibaca banyak orang, bukan diri sendiri dan sekitar saja.

Maka dari itu, riset dalam sebuah pengkaryaan adalah hal yang sangat penting.

Wah, bermanfaat banget ya nasehat dari Faza Meonk. Gak heran kalau dia bisa sukses seperti sekarang. Nah buat bro sis yang masih mentok inspirasi, langsung aja deh terrapin nasehat dari Faza. Siapa tau bisa sesukses dia. Jangan lupa juga baca update-an terbaru dari komik  Si Juki & Mang Awung di CIAYO Comics ya.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

(Google Playstore)

Kreativitas Platform Komik Indonesia

Kemajuan teknologi membuat semua di lingkungan sekitar kita ikut berubah. Termasuk dengan komik... more

Sabrina – Chapter 2: Berapa Lama Aku Harus Menunggu?

Siapa sih yang suka nunggu? Nggak ada yang suka nunggu lama-lama. Sabrina nyoba buat ngelatih kesabarannya. Tapi berapa .. more

Sumber: CIAYO Pictures

Kemeriahan Inari Matsuri IPB, Ajang Lomba Pecinta Jejepangan

Inari Matsuri IPB telah berlangsung di tanggal 10 Desember kemarin. Walaupun begitu, acara ini masih tetap meninggalkan .. more

00 arnold desktop

Hey Arnold: The Jungle Movie – Ending Bahagia Si Kepala Lonjong

Hey Arnold: The Jungle Movie nggak cuma sekedar kelanjutan dari kartun yang tamat 13 tahun lalu, namun juga memberikan s.. more

Sumber: netdna-cdn

[Review] The Post, Skandal Perang Vietnam yang Membungkam Kebebasan Jurnalistik

Nah, melihat kesamaan yang ada tersebut, apakah di penghargaan 90th Academy Awards tanggal 4 Maret 2018 mendatang, film .. more