Felice Blanc Hadirkan Karakter Buatan Sendiri ke Dunia Nyata

11 months ago
felice blanc

Saat CIAYO Comics berpartisipasi di event Mangafest Mythophobia November lalu, Maria Megayanti (MM) dari tim CIAYO Blog ketemu sama salah satu cosplayer yang cukup mencuri perhatian dengan kostumnya. Saat berkenalan, kami bertukar akun Instagram dan menemukan nama Broken Blanc. Lalu kemudian lebih sering dikenal dengan Felice Blanc (FB). Buat kenal lebih lanjut, yuk simak Chit Chat nya.

Rotten Apple di Booth CIAYO Comics (CIAYO Pictures)

Rotten Apple di Booth CIAYO Comics (CIAYO Pictures)

MM: Halo…kalo boleh tahu, Felice itu memang nama asli kamu?

FB: Nama asli Oktavia. Dulu nama pena-ku Via Bakura, tapi karena terlalu wibu akhirnya pas temen baikku ganti nama, aku pun sekalian. Aslinya nama pena-ku BrokenBlanc. Tapi karena namanya ga diterima Facebook, dan kalau panggil pun gaenak, akhirnya jadi Felice Blanc yang lebih bersahabat. Felice itu nama karakter original (Felicity). Blanc dari BrokenBlanc.

Felicity (Instagram @brokenblanc)

Felicity (Instagram @brokenblanc)

MM: Kalo mulai jadi cosplayer, sejak kapan?

FB: Awalnya 2013, ya. Waktu itu kelas 1 SMK dan masih bener-bener cosplay seenaknya (yang penting aku cosplay, dinotis alhamdulillah, ga dinotis yasudah). Aku masih ingat cosplay pertamaku jadi Jill daro Harvest Moon yang hanya modal kaos dan celana jeans. Dulu sih mikirnya jangan sampai aku beli wig buat cosplay. Mahal. Hahaha. Tapi sekarang malah ingin koleksi wig. Hehe.

Rotten Apple (Declownra Version), photo by Syaeful Maeda

Rotten Apple (Declownra Version) (Sumber: Syaeful Maeda)

MM: Apa yang bikin kamu suka jadi cosplayer?

FB: Kalau dulu sih ingin menjadi karakter yang aku suka. Dulu aku pernah coba crossdress jadi Aoba (Dramatical Murder) meski fail. Pernah juga ingin jadi Yami Bakura (Yu-Gi-Oh!), meski belum terwujud.

A Fish with Ripped Mouth, photo by Story Photography

A Fish with Ripped Mouth (Sumber: Story Photography)

Kalau sekarang, karena aku bisa berbuat usil tanpa orang tahu siapa aku sebenarnya. Maksudku, di mana lagi aku bisa berlari-larian, ngusilin foto orang (photobomb), bahkan tiduran di suatu event dan dianggap wajar. Because…hey, I’m supposed to be crazy, creepy, and cute as a clown here.

Ishokuhada Decora (A Japanese Fashion Style and Make Up), photo by Ryandoo Herly Aprilianto

Ishokuhada Decora (A Japanese Fashion Style and Make Up) (Sumber: Ryandoo Herly Aprilianto)

MM: Karakter apa saja yang biasa kamu cosplay-kan?

FB: Rotten Apple! The most creepy cute clown in the world!

Rotten Apple, photo by Story Photography

Rotten Apple (Sumber: Story Photography)

Rotten Apple, photo by Story Photography

Rotten Apple (Sumber: Story Photography)

Si badut kecil inilah yang membawa namaku jadi yah, lumayan dikenal orang. Dia OC (Original Character)-ku, dan punya ceritanya sendiri. Mungkin suatu hari nanti aku akan buat komiknya, sementara ini novel dulu sih.

Senang aja rasanya ketika OC-mu jadi dikenal banyak orang. Meski orang awam sering sebut dia mirip Annabelle. Hahaha. Selain si Apple, aku pernah cosplay jadi Lady Doki (Koneko-Chan) dan Beldum/Other Mother (Coraline).

Lady Doki, photo by Belacclagi

Lady Doki (Sumber: Belacclagi)

Lady Doki, photo by Belacclagi

Lady Doki (Sumber: Belacclagi)

Yang lain hanya yah, aku sebut make up, fashion, atau apa ya. Skull, Sugar Skull, Ishokuhada, Scarecrow, Scary Rabbit, Pop Art Zombie, dan lain-lain. Gatau sih, itu bisa disebut cosplay atau engga. Hehe.

Sugarskull

Sugarskull (Sumber: Kiki Elfian)

Pokoknya kalau liat cewek pendek yang memakai make up (terutama face painting) di event dan suka lari-larian, mungkin saja itu aku!

MM: Pernah ikut lomba cosplay nggak? Apa prestasi atau raihan yang bikin kamu bangga dengan jadi cosplayer?

FB: Sementara ini hanya coswalk sih karena nggak semua cosplay competition nerima cerita original (meski ada). Dulu pernah kepikiran mau ikut cosplay competition pakai Apple, tapi masih kepentok gimana cara … emm …  yah, ada teknik yang belum bisa dikuasai. Kalau coswalk sendiri pernah menang beberapa kali sih, tapi gak banyak juga. Hahaha. Make up-ku ga bisa ngalahin “armor” yang super detail atau karakter super imut, sih. Aku pun masih harus belajar menguasai panggung karena penampilanku masih jelek juga.

Pop Art Zombie, photo by Story Photography

Pop Art Zombie (Sumber: Story Photography)

MM: Apakah kamu juga nerima request, jika ada yang butuh talent dan ingin kamu jadi cosplayer-nya?

FB: Tentu saja! Meski aku stage performer yang ga bagus-bagus amat, but if you want me to haunt your event, feel free to contact my Facebook or Instagram!

MM: Hal-hal seru apa yang bikin Kamu suka datang ke acara-acara pop culture?

FB: Ngisengin cosplayer lain! Serius, aku suka ngerusak foto orang soalnya, ahahaha! Dan karena kerjaanku di depan komputer terus, bisa dibilang ini semacam olah raga. Tahu sendiri kan apa yang kulakukan, berlarian dan tertawa seperti orang gila.

Scary Rabbit, photo by Fathography

Scary Rabbit (Sumber: Fathography)

MM: Biasanya kostum yang Kamu pakai di desain sendiri, atau request desainer untuk dibuatkan?

FB: Desain sendiri! Lebih tepatnya, merombak pakaian yang sudah ada sehingga menjadi kostum yang sesuai. Pertama aku sketsa dulu kostum apa yang aku ingin dan make up-nya. Garis besarnya saja, misalnya “atasannya harus kaos lengan panjang warna cerah motif garis.” atau “roknya bertumpuk-tumpuk pendek.” Setelah itu baru aku obrak-abrik lemari, atau pergi ke pasar baju bekas (emm bahasanya di sini itu awul-awul, ga tau kalau di tempat lain) dan menemukan pakaian yang paling cocok untuk dijadikan kostum.

Entah itu nanti dirobek, dicat, atau dilumuri dengan darah. Cosplay is about creativity, right? Ga harus keluar duit banyak untuk buat kostum, apalagi kalau kostummu kamu sendiri yang mendesainnya. (Bilang aja ga modal, Fel!)

Meski ini gabisa disebut desain juga sih, karena lebih ke mix and match. Suatu hari nanti, aku pasti buat desain impianku sendiri menjadi nyata kalau sudah cukup budget-nya, hahaha.

Scary Rabbit, photo by Ipoenk

Scary Rabbit (Sumber: Ipoenk)

MM: Selain jadi cosplayer, apa kesibukan lainnya?

FB: Aku punya toko online. Kusebut diriku “mbak mbak olshop” kalau sedang bercanda dengan teman. Selain itu, hmm, bisa disebut freelance, kah? Kadang aku membuka commission baik berupa gambar ataupun make up. Sambil cari-cari juga sih, siapa tahu ada studio yang mau menerimaku. Hehe.

MM: Kamu kan asalnya dari Semarang, ke kota mana aja biasanya kamu datang untuk menjadi cosplayer?

Event luar kota pertama yang aku datangi itu di Jakarta. Pas prakerin SMK dulu sih. Hehe. Lalu aku pernah ke Surabaya untuk bekerja. Ke Malang dua kali (karena dekat dengan Surabaya). Salatiga, Batang, dan Yogyakarta masing-masing sekali. Doakan saja aku punya uang lebih atau siapa tahu diundang sebagai GS (AAMIIN DEH HAHAHAHA) untuk jalan-jalan ke kota kalian!

MM: Apa pesan kamu untuk teman-teman yang juga menyukai dunia cosplay?

Ingat teman-teman, tetaplah berada di jalan setan! (Fel, pls)

Apa ya … hmm …. “Do what you want, what you love.” Ada yang bilang cosplay is fun, cosplay is creativity, cosplay is effort, dan lain-lain. Ga ada salah, kok. Just…ikuti kemauanmu.

Karena ada saatnya kita harus mendengar masukan, dan ada juga saatnya kita harus tutup telinga terhadap makian. Toh kita pakai uang sendiri, kan? Karena ada saatnya nanti, cosplay kita akan berkembang dan diakui orang.

Wiiihh…salut ya sama totalitas Felice demi hobinya. Kalo udah cinta sama sesuatu, pasti hasilnya bisa melebihi bayangan sebelumnya. Sukses terus buat Felice! Semangat buat para cosplayer pemula buat terus berkarya dan memunculkan kreasi-kreasi unik lainnya!

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

00-d-jkt48

JKT48 Bubar? GM Melody Rombak JKT48 Seperti AKB0048

GM JKT48 Melody Nurramdhani memutuskan bahwa JKT48 bubar dan menggantinya dengan konsep baru. Meski radikal, ternyata ad.. more

Sumber gambar: digitaltrends.com

Deretan Game-Game Top PlayStation 4 & Xbox One yang Akan Rilis 2018

Geliat awal tahun terasa di berbagai sisi industri entertainment. Franchise lama maupun IP baru mulai bermunculan dan me.. more

00-m-the-sims

The Sims, Fantasi Kehidupan Sempurna, dan Membuang Waktu

Bagi beberapa orang, The Sims menjadi tempat untuk mewujudkan fantasi kehidupan sempurna mereka. Bagi beberapa orang lai.. more

00-d-comicsphere-2018

Comicsphere 2018 Ramaikan Pasar Komik Indonesia

Comicsphere 2018 merupakan sebuah acara Indie Market yang memfokuskan pada penjualan karya komik, novel, dan zine yang b.. more

20 Film Yang Bersaing Di Golden Globe Dengan Kategori Berbeda. Ada Favoritmu?

Tahun ini acara penghargaan untuk insan perfilman dunia yaitu Golden Globe Awards memasuki tahun ke 75. Akan banyak film.. more