Bincang-Bincang Santai Dengan Anggota Forum Komik Jogya

11 months ago
(Sumber : Koleksi foto Forum Komik Jogya)

Kalau denger kata “Yogyakarta” apa yang ada dipikiran bro sis? Makanan, tempat wisata, tempat belanja, situs budaya, dan lain-lain. Pokoknya banyak banget deh, yang bisa di explore di kota pelajar ini. Selain itu, Yogyakarta juga dikenal sebagai salah satu kota tempat lahirnya para seniman. Nah, seperti salah satu forum ini, yang dijadikan sebagai tempat berkumpulnya para seniman komik di kota Yogyakarta. Nama forum tersebut adalah FKJ (Forum Komik Jogya). Kali ini Nanda (NA) dari tim CIAYO Blog berhasil ngobrol bareng sama Adhitama Yoga (AY) yang merupakan salah satu pengurus FKJ. Yuk simak obrolannya di kolom chitchat dibawah ini.

NA : Halo Kak Adhitama, sebelumnya bisa dijelaskan, FKJ itu tentang apa?

AY : FKJ merupakan sebuah forum yang berisikan teman-teman dari berbagai organisasi maupun komunitas yang bergerak dibidang kreatif, salah satunya komik. FKJ kurang lebih dapat dikatakan sebagi wadah bagi teman teman di Jogja maupun di luar Jogja untuk saling berbagi infomasi seputar perkembangan komik (misal info lomba, kegiatan pameran, launching komik, event komik, info komik terbaru, maupun pelatihan dan gathering).

NA : Mungkin dapat diceritakan awal mula FKJ bisa terbentuk?

AY : Sejak dulu, di Jogja banyak sekali penggiat komik dengan karya-karya yang bisa diacungi jempol. Namun sayangnya banyak yang tidak saling kenal, dan jika ada info-info seputar komik pun tidak tersebar merata. Oleh karena itu, awalnya FKJ dibuat untuk mewadahi teman teman di Jogja agar bisa saling bertukar pikiran maupun informasi. (Akan tetapi saat ini anggota yang berasal dari luar jogja juga sudah banyak)

NA : Sejak kapan terbentuknya ?

AY : Sekitar tahun 2012, ditandai dengan dibentuknya group FKJ di FB (yang saat itu sebagai media sosial paling banyak digunakan, sehingga bisa menjaring banyak teman teman untuk bergabung) dan saya sendiri merupakan admin generasi ke 5 dan satu satunya admin yang asli Jogja ha ha.

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

NA: Secara garis besar, tujuan dari organisasi ini untuk apa?

AY: Sebagai wadah untuk memfasilitasi teman-teman khususnya dibidang komik dan menyambung tali silatuhrami sesama komikus maupun pecinta komik baik yang sudah senior maupun yang masih baru.

NA: Berapa jumlah anggota FKJ saat ini?

AY: Sekitar 1900-an (dari dalam maupun luar Jogja).

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

NA: Kegiatan rutin apa sih yang biasa dilakukan oleh FKJ ?

AY: Karena kegiatannya lumayan banyak, kita list-in aja ya,

  1. Mengikuti pameran, event komik di Jogja maupun di luar kota.
  2. Mengenalkan karya komik teman teman di Jogja.
  3. Bekerja sama dengan Disbud dan JCA (tahun kemarin dan tahun ini mengikuti popcon dengan membawa komik karya teman teman jogja sebanyak +- 50 judul dan laris wkwkwk).
  4. Mengadakan  Jogja Comic Camp (pelatihan komik untuk teman teman di Jogja, sudah berjalan selama 2 tahun, tahun kemarin di Kaliurang dengan pembicara Matto Haq, Kurnia (komikus koel) dan pak Terra (dosen ISI) serta 4 orang mentor ahli dan bekerja sama dengan JCA (Jogja Creative Asosiation). Tahun ini, Jogja Comic Camp mengambil tema komik 24 jam, dengan peserta 24 orang. Selain membuat komik, ada juga sesi sharingsharing seputar teknik-teknik atau pengalaman dalam berkomik. Setiap Jogja Comic Camp, menghasil 1 buah kompilasi. Sekarang sudah ada 2 kompilasi dari Jogja Comic Camp.
  5. Kumpul Komik, acara membahas tentang komik dengan narasumber yang berbeda beda (yang pernah diundang K Jati, Aji Prasetyo, Haryadi komikus kostum, para komikus web komik, editor komik, dll) biasanya berbagi ilmu dari para penggiat industri perkomikan mulai dari author, editor, dll diadakan sebulan sekali.
  6. Launching komik dari temen temen di Jogja.
  7. Membuat kompilasi, sudah ada 3 kompilasi yang dibuat mulai dari komik strip, komik pendek sampai komik 24 jam.
(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

NA : Komunitas ini kan khusus untuk di kota Yogyakarta, nah kalian pernah gak sih kumpul bareng komunitas lainnya yang ada di luar kota Yogyakarta ?

AY : Forum sih lebih tepatnya, soalnya di dalam FKJ banyak anggotanya dari berbagai komunitas komik dan sebenarnya anggota FKJ banyak yang di luar Jogja juga. Tetapi kita memang fokus kegiatannya untuk teman-teman yang ada di Jogja. Untuk kumpul bareng dengan komunitas di luar Jogja, setiap ada event di Jogja atau di luar kota biasanya kita kumpul-kumpul sekalian mencari teman baru ^^ atau kalau ada yang liburan ke Jogja biasanya juga sering kumpul-kumpul.

NA : Biasanya kalau lagi kumpul kalian ngapain aja ?

AY : Sharing, ngobrol santai tentang komik atau topik-topik di luar itu, kadang sih nge-gosip juga sih hahaha.

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

NA : Bagaimana cara untuk bergabung dengan komunitas ini? Ada syarat khususnya gak ?

AY : Tidak ada syarat khusus, hanya dengan bergabung di group Facebook FORUM KOMIK JOGYA pun sudah dianggap sebagai anggota.

NA : Apa ada event yang akan dibuat oleh FKJ untuk waktu terdekat ini ?

AY : Tahun ini yang pasti bakal ada kumpul komik dan Jogja Comic Camp. Mungkin juga akan ada event lain, tetapi masih dibicarakan dahulu ke teman-teman FKJ.

NA :Menurut kalian apa sih hal terpenting dalam pembuatan suatu komik ?

AY : Ide, komik menarik karena ada sesuatu yang ingin disampaikan ke pembaca.

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

NA : Ada niat gak untuk bikin event di luar kota seperti Jakarta?

AY : Untuk waktu dekat ini belum, karena memang fokus kami untuk teman-teman di Jogja. Tetapi tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang mungkin bisa diselenggarakan.

NA : Harapan FKJ di tahun 2018 ini apa ?

AY : Teman-teman semakin produktif dalam berkarya dan banyak bibit-bibit komikus baru yang muncul, dan tentu saja semoga perkomikan Indonesia semakin maju.

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

(Sumber : Facebook @forumkomikjogya)

Walaupun hanya sebuah forum yang berdomisili di Yogyakarta, ternyata FKJ juga menjalin silaturahmi dengan komunitas serta forum-forum yang ada di luar kota Yogyakarta. Kegiatan mereka juga ternyata banyak lho. Jadi bro sis yang tertarik untuk gabung bisa langsung join di sini karena mereka tidak memiliki syarat khusus untuk menjadi anggota di forum tersebut. Perluas koneksi yuk! Agar bisa saling sharing, bertukar pikiran dan mendapatkan ilmu.

About Author

Nanda Agustin

Nanda Agustin

"A person who never make a mistake, never tried anything new" - Albert Einstein

Comments

Most
Popular

Tohoku Kizuna Matsuri: Festival Tentang Persaudaraan Antar Daerah Utara Jepang

Semangat warga wilayah Tohoku saat menghadapi bencana dan selepas bencana terasa kuat dan menginspirasi. Hal ini terliha.. more

Sumber: redbubble.com

Tren Web Movie di Korea Selatan dan Kabar Terbaru dari EXO Sehun!

Sebuah tantangan bagi sutradara untuk membuat film berkualitas tinggi dengan budget terbatas. .. more

(Sumber : https://developer.apple.com/design/awards/#splitter-critters)

iPhone Game Of the Year 2017

Pada ajang Apple Design Award, terdapat beberapa kategori award. Salah satunya adalah iPhone Game of the Year 2017 yang .. more

Fireworks ini adapatasi dari drama Jepang di tahun 1953 (Sumber: tumblr)

Anime Fireworks: Sebuah Kisah Tentang Perbedaan Perspektif (Should We See from the Side or the Bottom)?

Film anime Fireworks alias Uchiage Hanabi mengisahkan hubungan antara sepasang remaja dan perbedaan perspektif di antara.. more