Fujiko F Fujio, Ayah Doraemon

2 years ago
Karakter karangan Fujiko F Fujio (koi-nya.net)

Bro sis, kenal sama Fujiko F Fujio nggak?

Dikasih clue deh…Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini, ingin itu, banyak sekali…

Buat yang masih kejamanan, pasti tahu kalo kalimat itu adalah penggalan lagu Doraemon. Nah, siapa sih orang di balik Doraemon yang tersohor di seluruh dunia itu? Dia adalah Fujitomo Hiroshi, atau yang kerap dikenal dengan Fujiko F. Fujio. Mangaka Jepang ini sudah berkecimpung di dunia manga sejak tahun ’50-an.

Fujimoto Hiroshi (alabn.com)

Nah, gimana sih cerita lahirnya Doraemon?

Manga Doraemon lahir pada Desember 1969 lewat 6 majalah lokal, yaitu Yoiko (Anak Baik), Yochien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), dan Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD). Kemudian sejak 1973, di majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Jangan kaget, cerita di setiap majalah itu berbeda. Jadi bisa dibayangkan, setiap kali terbit Fujiko F. Fujio harus mempersiapkan enam cerita berbeda.

Doraemon menceritakan tentang anak pemalas bernama Nobi Nobita yang didatangi oleh robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Kantong Doraemon bisa mengeluarkan benda-benda ajaib untuk membantu Nobita. Majalah Doraemon disukai anak-anak. Maka di tahun 1970, muncul ide untuk membuat Doraemon dalam bentuk animasi kartun. Versi animasi yang dibuat, membuat Doraemon semakin dikenal dan mendunia.

Di tahun ke-17 tepatnya pada tahun 1990, Doraemon masuk pasaran Indonesia. Doraemon dikenal dalam versi komik, film, dan souvenir.

Chapter pertama komik Doraemon (wikipedia.com)

Selain Doraemon, Fujiko F. Fujio telah membuat 26 komik/ manga. Salah satunya Perman, di Indonesia serial animenya berjudul P-Man. Sosok berbakat ini terus mendedikasikan diri untuk berkarya.

Doraemon dan Perman (P-Man) (doraemon.wikia.com)

Sang Pencipta lah yang berencana. Fujiko meninggal pada 1996 karena penyakit kanker. Meski begitu, karya-karyanya masih tetap hidup hingga sekarang. Dan sebagai penghargaan, Museum Doraemon atau Museum Fujiko telah resmi dibuka sejak 3 September 2011 di Kawasaki, Jepang.

Selamat jalan Fujiko F. Fujio (Akibanation.com)

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

Menjadi gamer yang punya prinsip. Sumber gambar: digitaltrends.com

Mengukur Penting Tidaknya Pengaruh Sebuah Review Di Video Game

Sebenarnya penting nggak sih, sebuah review? Apa review memang berpengaruh pada pengambilan keputusan bro sis?.. more

Kehancuran Xandar Pasca ‘Avengers ; Infinity War’, Bisakah Kita Melihat Nova Prime di MCU?

Mungkin untuk yang belum pernah baca komik Marvel, nggak akan tahu siapa Nova Prime yang dimaksud ini. Tapi sebagian fan.. more

00-d-era-heisei

Era Heisei Jepang Akan Berakhir Setahun Lagi

Dengan turunnya kaisar Akihito dari takhtanya, maka usia dari era Heisei yang dimulai sejal wafatnya kaisar Hirohito aka.. more

Sumber: CIAYO Comics / Vigilante

Vigilante, Komik Detektif Terbaru di CIAYO Comics

Seperti komik-komik detektif yang sudah ada, karakter utamanya memiliki kemampuan menganalisa yang tajam sehingga mampu .. more

(Sumber: youtube.com)

Manga Romance Comedy Watashi ni xx Shinasai Mendapat Adaptasi Serial dan Film Live-Action

Watashi ni xx Shinasai, manga bergenre romance comedy ala novelis yang siap untuk ditonton versi Live Action-nya!.. more