Gula Comic – Sajikan Pesan Berwarna Dalam Komik Wonder Sweet

2 months ago
00-d-gula-comic

Pernah nggak merasakan momen saat kamu baca komik atau nonton film, kamu ngerasain ada makna yang dalam banget dari ceritanya yang terlihat simpel dan sederhana? Kalau kamu baca komik Wonder Sweet dari Gula Comic, kamu bisa ngerasain hal yang sama loh.

Wonder Sweet menceritakan keseharian Gula Gulali, seorang magical girl dengan kemampuan mengubah benda menjadi makanan manis. Gula menjalani hari-harinya bersekolah bersama temannya Yoga dan rival Sally. Di balik ceritanya yang sederhana, Wonder Sweet menyembunyikan berbagai pesan moral dan pelajaran menarik tentang persahabatan dan keharmonisan!

Sumber; CIAYO Comics

Sumber; CIAYO Comics

Untuk mengupas cerita Wonder Sweet, yuk kita cari tahu langsung dari authornya! CIAYO Blog berkesempatan untuk ngobrol-ngobrol bersama Johanes dan Jessica selaku author dari Gula Comic. Apa sih yang jadi inspirasi dari Wonder Sweet? Apa pesan moral yang ingin mereka sampaikan?

Chit Chat With Gula Comic

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Pertama, tolong kenalkan diri kalian! Siapa sih orang di balik Gula Comics?

Johanes: Halo, nama saya Johanes. Saya yang membuat lineart dan coloring, serta saya juga menciptakan konsep story-nya.

Jessica: Saya Jessica, saya yang bikin name, desain karakter, dan background.

Apa sih yang jadi inspirasi dari karakter Gula dan komik Wonder Sweet?

Jessica: Kalo dari karakter Gula, dia ide awalnya dari permen gulali. Namanya Gula aja kan Gula Gulali. Terus permen cotton candy kan warnanya pink, itu asal dari warna rambutnya Gula.

Johanes: Kalau dikuncir, rambutnya jadi kembang. Kembang gula, hahaha. Lalu untuk Wonder Sweet sendiri dulu sudah ada konsepnya, magical girl, tapi belum ada ceritanya. Belum ada plot kalau Gula bisa merubah benda jadi makanan manis. Kemudian kita berunding bersama editor bareng-bareng untuk ngembangin cerita baru, kemampuan Gula jadi seperti yang sekarang.

Kenapa memilih tema magical girl?

Johanes: Tema magical girl itu masih jarang rasanya di Indonesia. Lebih spesifik lagi, magical girl yang memasukkan unsur lokal itu masih jarang. Jadi, kita bisa mengangkat itu. Ada keunikan tersendiri.

Jessica: Unsur lokal di sini maksudnya bukan kayak, ada makanan dijadikan makanan lokal. Unsur lokal ini sederhana saja, seperti seragam sekolah misalnya. Kalau berpikir soal magical girl biasanya terbayang yang seperti Sailor Moon dengan model seragam Jepang. Seperti itu sih.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Apa saja tantangan dalam merancang cerita magical girl dengan unsur lokal dan karakter anak-anak?

Johanes: Pertama bikin monsternya. Kita mau buat monsternya yang unik, tapi tetap lucu dan disukai semua kalangan.

Jessica: Seperti yang disebutin sebelumnya, memasukkan unsur lokal untuk monsternya itu yang sederhana saja. Sesimpel menamakan monster itu dengan nama Indonesia itu sudah cukup. Misalnya monster siput yoghurt (dari Wonder Sweet episode 7), digabungkan keduanya namanya jadi Yoput.

Johanes: Terus interaksi karakternya juga, nama sekolah, nama lokasi… Gula tinggal di kota Manakarta, plesetannya Jakarta. Jadi memasukkan unsur lokal nggak harus bener-bener lokal, yang penting interaksinya. Kayak Yoga, dia ekskulnya pencak silat. Itu lebih natural.

Apakah kalian mencoba memasukkan pesan moral ke dalam cerita Wonder Sweet, mengingat karakter komiknya masih anak-anak?

Johanes: Kita melihat masalah-masalah yang relatable buat anak-anak. Sebenarnya orang dewasa juga punya masalah-masalah yang sama, bedanya mereka lebih rumit. Misalnya iri hati, rasanya asin. Unik ya, rasa di lidah juga bisa dirasa di hati.

Jessica: Rasa kan bisa termasuk perasaan di hati dan rasa di lidah. Dan mungkin untuk lebih simpelnya, kita bikin begini. Contoh, karakter Sally kan antagonis, di setiap akhir komik pasti ada konsekuensi dari setiap tindakan yang ia pilih.

Baca Juga: TEKAD: Agen Rahasia Menyusup Ke Sekolah Berandal

Sumber: Gula Comic

Sumber: Gula Comic

Bicara soal Sally, kenapa dia dijadikan antagonis yang tingkahnya keterlaluan buat ukuran anak seusianya? Apa cerita di balik penciptaan Sally?

Johanes: Karakter Sally dibuat untuk mengimbangi karakter Gula. Dia kan naif, kesannya baik dan positif. Jadi Sally dibuat untuk menyeimbangkan Gula. Lalu inspirasi Sally itu mungkin dari pengalaman teman dan pribadi. Kadang kita merasa ditekan, di-bully, tapi bukan ditonjokin. Umumnya karakter antagonis itu ditampilkan dengan main fisik kan. Kita ingin tonjolkan sisi antagonis itu dari pikiran licik dan secara verbal. Itu jauh lebih realistis dibanding adu jotos. Sarkasme juga, anak kecil sebenarnya tanpa tahu istilah sarkasme bisa juga melakukan hal itu.

Jessica: Soal anak-anak nge-bully, mungkin anak itu sebenarnya nggak tahu kalau yang mereka lakuin itu namanya nge-bully.

Jadi di komik Wonder Sweet kalian juga mencoba mengangkat isu bullying?

Johanes: Iya, tapi bukan yang ada di pikiran banyak orang. Bullying itu bukan cuma kekerasan fisik. Kalau bullying di komik-komik jadul itu kayak dibawa ke pojokan sekolah terus digebukin.

Jessica: Kalau diperhatiin di prolog Wonder Sweet, isu yang ingin diangkat itu bukan bullying, tapi rasisme.

Johanes: Cara orang lain mempengaruhi kita, sampai mendapatkan label dan stigma tertentu. Sally mempengaruhi teman-teman Gula supaya mereka benci sama Gula. Menurut saya itu lebih realistis dibanding digebukin. Orangnya dikucilkan, padahal Gula-nya nggak kenapa-kenapa. Jadi bisa jadi banyak orang yang merasa, “Wah, apa aku juga pernah digituin, ya?”

Sumber: Gula Comic

Sumber: Gula Comic

Pertanyaan ringan: sebutkan film kartun Minggu pagi favorit kalian semasih kecil!

Johanes: Doraemon.

Jessica: Masih kecil… Minggu pagi? Sailor Moon dong.

Apa kalian mengambil inspirasi dari kartun-kartun tersebut untuk Wonder Sweet?

Jessica: Pasti terpengaruh sih.

Johanes: Bahkan termasuk kartun-kartun pagi sebelum berangkat sekolah, kayak The Law of Ueki. Itu ada pengaruhnya juga ke Gula. Ueki bisa merubah sampah menjadi pohon, Gula bisa merubah benda menjadi makanan manis. Terus ada lagi kartun-kartun yang nggak sadar terbawa inspirasinya ke komik Gula. “Wah, Gula sama Yoga mirip Wanda sama Cosmo (dari Fairly Odd Parents),” warnanya kan pink dan hijau. Padahal kan itu nggak sengaja.

Jessica: Dari alam bawah sadar.

Johanes: Tadinya Yoga itu nggak ada. “Si Gula perlu karakter pendamping nih, kayak gimana ya?” Maunya cowok, terus dibikinlah Yoga. Tapi kebetulan warna rambutnya hijau jadi mirip Wanda sama Cosmo. Itu nggak sadar, loh. Kayaknya sudah terpatri karena sudah akrab dengan image-nya.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Itu dia chit-chat CIAYO Blog bareng Gula Comic! Penasaran kan gimana kehidupan Gula dan kawan-kawan? Jangan lupa untuk baca Wonder Sweet setiap hari Minggu pukul 19:00 WIB di platform baca komik online CIAYO Comic! Kamu sendiri jika punya kekuatan seperti Gula, ingin merubah benda menjadi makanan manis seperti apa?

Banner Komik Slice of Life

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

Keluarga Naruto (pinterest.com)

Inilah Alasan Kenapa Naruto Tidak Menikah Dengan Sakura

Pada ending manga "Naruto", Naruto menikah dengan Hinata. Tapi kenapa Naruto tidak menikah dengan Sakura yang lebih akra.. more

Audiobook Ready Player One. Sumber gambar: kissmywonderwoman.com

Mengupas Trailer Ready Player One yang Seru Banget!

“Ready Player One” sejatinya bukanlah film yang berasal dari video game. Elemen video game di film ini adalah tema. .. more

Sumber: Oscar.go.com

5 Nominasi Oscar Kategori Film Pendek Animasi Ini Wajib Kamu Tonton Semuanya!

Nah, ada film pendek animasi apa aja yang berhasil masuk nominasi Academy Awards tahun ini?.. more

Sumber: youtube.com

Makna Tersembunyi Dalam Film Ready Player One

Tak hanya easter egg, film Ready Player One juga punya banyak pesan tersembunyi yang terselip dalam karakter dan duniany.. more

00-d-ponimu-5-anime

5 Anime Hit Ini Akan Segera Hadir di Ponimu Indonesia!

Ponimu Indonesia akan hadirkan 5 anime baru: Girls und Panzer, Tari Tari, Canaan, Polyphonica Crimson S, serta dua film .. more