Gundam Malang, Tempat Kumpulnya Perakit Gundam Jawa Timur

8 months ago
00-d-gundam-malang

Para penyuka pop culture nggak hanya ditemukan di kota besar saja, namun tersebar di berbagai daerah dan kota kecil seluruh Indonesia. Biasanya para fans membentuk komunitas regional yang ternyata sangat solid dan inspiratif. Salah satunya adalah komunitas Gundam Malang.

01-gundam-malang

Sumber: CIAYO Pictures

Saya berkesempatan untuk menyaksikan event Gundama Challenge 3.0 yang diadakan oleh Gundama, singkatan dari Gundam Malang, dalam acara Daisuki Japan Festival 2018 di UMM Dome minggu lalu. Di sana berjejer ratusan model Gundam yang nggak cuma sebatas dirakit, tapi juga dipoles dan dimodifikasi sehingga nggak kelihatan kayak Gundam biasa.

Hasil karya yang ditampilkan ternyata sangat memukau. Kualitas hingga detilnya mampu menyaingi karya-karya buatan perakit Gundam dari kota besar hingga luar negeri. Apalagi dengan fakta bahwa para pesertanya berasal dari sekitar Malang dan Jawa Timur, patut diapresiasi. Bahkan di daerah sekalipun, ada peminat dan perakit Gundam berbakat.

Untuk lebih jelasnya, saya mewawancarai Edwin Dewanto, ketua dari komunitas Gundam Malang. Edwin berbaik hati membagikan cerita-cerita tentang Gundam Malang dan kompetisi Gundama Challenge ini. Yuk kita simak bersama!

02-gundam-malang

Sumber: CIAYO Pictures

ME: Bisa dijelakan komunitas apakah Gundama ini?
ED: Gundama ini adalah komunitas yang mengakomodir hobi Gundam. Jadi, Gundam itu awalnya dari anime tetapi ada pula action figure-nya, sebuah model kit yang banyak disukai. Mengingat ada banyak teman-teman (di Malang) yang menyukai Gundam, akhirnya terkumpul menjadi satu komunitas.

ME: Lalu apa sih acara Gundama Challenge?
ED: Acara ini adalah kegiatan tahunan kita. Setiap tahun kita mengadakan lomba, kompetisi build (merakit) Gundam. Gundam ini bisa dikatakan sebagai seni, jadi di sini kita mempertandingkan kesenian merakit Gundam.

03 gundam malang

Sumber: CIAYO Pictures

ME: Apa saja yang dipertandingkan di Gundama Challenge?
ED: Ada tiga kategori: pertama Clean Build, kedua Repaint, ketiga Custom. Clean Build ini maksudnya merakit Gundam biasa sebersih mungkin. Kalau Repaint, Gundam-nya dirakit kemudian dicat ulang. Yang Custom berarti setelah dirakit kemudian Gundam dimodifikai sedemikian rupa dengan tema tertentu supaya membentuk sebuah bentuk Gundam baru.

ME: Seperti apa kriteria penilaiannya?
ED: Rata-rata dari kerapihan, tema, pose, kemudian dan detil modifikasi.

04-gundam-malang

Sumber: CIAYO Pictures

ME: Seperti apa tanggapan peserta di tahun ini?
ED: Lebih dari target. Jumlah pendaftar meningkat 20% dari tahun sebelumnya.

ME: Lalu bagaimana dengan kualitas rakitan peserta tahun ini?
ED: Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, dari kuantitas cukup sama tapi kualitasnya jauh lebih bagus dari lomba tahun sebelumnya.

05-gundam-malang

Sumber: CIAYO Pictures

ME: Para peserta datang dari Malang atau ada juga dari luar kota?
ED: Sebenarnya lomba ini se-Jawa Timur. Ada dari Malang, Kediri, Surabaya, Jombang, Madiun, dan Gresik.

ME: Selain Gundama Challenge, apa saja aktivitas yang dilakukan komunitas Gundama?
ED: Setiap bulan kita mengadakan gathering, setiap hari Minggu di minggu ke-2. Kita kumpul-kumpul, sharing, kemudian membahas masalah Gundam, jual beli, dan segala macam. Yang penting kita berkumpul dan silaturahmi.

06-gundam-malang

Sumber: CIAYO Pictures

ME: Selain Gundama Challenge, apakah Gundama memiliki project lainnya?
ED: Biasanya kita ikutan event-event Jejepangan, lalu event lain seperti jalan-jalan di car free day. Lalu jika ada bencana alam, kita menggalang dana bareng-bareng. Selebihnya, kita ada jadwal satu tahun rutin mengadakan Gundama Challenge.

ME: Bagaimana kesan-kesan Gundama selama mengikuti Daisuki Japan Fest?
ED: Karena partisipannya dari seluruh Jawa Timur, (acara ini) jadi kesempatan kita untuk meningkatkan animo terhadap Gundam, mengenakan komunitas Gundama supaya lebih besar, serta menyajikan sebuah atraksi lomba yang dapat memberikan kesan kepada pengunjung.

07-gundam-malang

Sumber: CIAYO Pictures

Itu dia wawancara CIAYO Blog dengan komunitas Gundam Malang. Kalau kamu penasaran, kamu bisa cek akun Instagram mereka di @gundammalang. Kamu juga bisa bergabung di grup Facebook mereka di https://www.facebook.com/groups/gundamalang/. Terus sukses bagi komunitas Gundama Malang!

About Author

Meka Medina

Meka Medina

Penulis cerita untuk circle Rimawarna. Biasanya suka bolak-balik antara Bandung-Jakarta, namun bisa juga teleport ke Tenggarong. Jangan tanya kenapa.

Comments

Most
Popular

00-d-wotaku-ni-koi-wa-muzukashii

Review Anime Wotaku ni koi wa Muzukashii: Ketika Otaku Jatuh Cinta

Bekerja di kantor sama, cowok-cewek ini ternyata menyadari jika mereka adalah otaku! Simak selengkapnya di Wotaku ni Koi.. more

Laporan CES 2018: VR Headset Terbaru Kerjasama Google & Lenovo

Laporan CES 2018: VR Headset Terbaru Kerjasama Google & Lenovo

Di CES 2018 ini, beberapa items yang dipajang memang termasuk ‘stand out’ sehingga menarik perhatian pengunjung. Sal.. more

Sumber: irishfilmcritic.com

The Ritual, Atmosfer Luar Biasa untuk Cerita Usang yang Klasik

“The Ritual” merupakan contoh film horror yang punya skenario klasik dengan menampilkan atmosfer mencekam yang terja.. more

Lihat Karakter Anime Favoritmu Bernyanyi Menari Bergembira di 10 Drama Musikal Adaptasi Anime!

Nah, drama musikal ternyata juga pilihan bentuk karya seni yang populer bagi adaptasi anime, umumnya menggabungkan unsur.. more

Sumber gambar: newegg.com

AMD akan Meningkatkan Produksi Graphic Card untuk Mengatasi Kelangkaan Akibat Cryptomining Seperti Bitcoin

Situasinya mungkin tidak terasa oleh publik (jika dibandingkan misalnya dengan kelangkaan bahan makanan pokok) tapi kela.. more