Interview Sweta Kartika: Membumi, Untuk Karya Komik Mendunia

2 years ago

Sweta Kartika adalah seorang komikus lulusan S2 FSRD ITB. Ia mulai menggeluti dunia komik sejak SD, terinspirasi dari komik Amerika, Manga, dan komik Eropa. Ia selalu memasukkan unsur Indonesia di setiap karyanya. Sweta paling suka dengan komik buatannya: The Dreamcatchers, karena komik tersebut merupakan karya original hasil riset alam bawah sadar dan stimuli mimpi. Sweta banyak belajar mengenai dunia mimpi dalam kajian Neurosynapsis serta belajar mitos-mitos mimpi untuk menghasilkan cerita The Dreamcatchers.

Sweta Kartika (facebook)

Beberapa waktu lalu, Maria Megayanti (MM) dari Tim Blog CIAYO Comics berkesempatan mewawancarai Sweta Kartika (SK). Yuk, simak bincang-bincangnya.

MM: Sweta adalah salah satu komikus Indonesia yang cukup produktif saat ini. Karya Anda bisa ditemui hampir di mana saja. Hampir semua genre dirambah. Hal apa yang memotivasi Sweta?

SK: Dalam dunia perkomikan, saya tidak hanya suka mengkaryakan komiknya, tapi juga ingin mempelajari industrinya. Tujuan saya sederhana, saya ingin komik indonesia mendunia. Dengan saya berkarya di banyak “rumah“, saya bisa belajar banyak tentang sistemnya, orang-orangnya, pasarnya, dan lain-lain.

MM: Boleh diceritakan kapan pertama kali berkarya?

SK: Pertama kali masuk ke industri komik secara profesional pada tahun 2011. Waktu itu komik saya diterbitkan oleh Koloni Gramedia dengan judul the Dreamcatchers dan komik Wanara yang terbit secara online di Makko. Setelah itu, saya terus mencoba masuk ke berbagai media komik, termasuk Facebook. Saya bergabung dengan Kolam Komik menerbitkan komik H2O:Reborn tahun 2015 akhir. Sementara Padepokan Ragasukma saya bentuk secara independen bersama Alex Irzaqi dengan mengangkat beberapa komikus junior untuk dijadikan murid padepokan, bersama-sama membuat komik dengan genre silat sejak tahun 2013.

H2O Karya Sweta Kartika (facebook.com)

MM: Suka baca komik nggak, komik apa yang pertama kali dibaca, dan apa yang menginspirasi karya-karya komik selama ini?

SK: Komik yang pertama dibaca saya tidak terlalu ingat, mungkin Donal Bebek. Tapi yang paling berkesan adalah Tiger Wong. Inspirasi ada banyak sumbernya. Saya termasuk orang yang tidak membatasi diri akan sumber inspirasi. Bisa dari film, baca komik, novel, sandiwara radio, teater. Semua pernah saya selami untuk menambah sumber inspirasi. Saya termasuk yang tidak sepakat akan adanya perdebatan gaya ngomik karena bagi saya keberhasilan komik bukan semata dari gaya gambar, melainkan dari teknik penceritaan.

MM: Dengan kesibukan yang dijalani, apa hobi lain yang disukai dan biasanya apa yang dilakukan untuk refreshing?

SK: Saya hobi nonton dan travelling. Dengan kesibukan yang ada pun, saya masih sering melakukan keduanya. Pintar-pintar bagi waktu aja.

Pusaka Dewa Karya Sweta Kartika (ragasukma.com)

MM: Komik menurut Kak Sweta, apa sih? Lalu bagaimana tanggapan Kak Sweta terhadap perkembangan komik di Indonesia, khususnya komik webtoon yang berkembang cukup pesat?

SK: Komik itu sama seperti film, musik, novel, dan game. Semua itu adalah media penyampai konten. Hanya saja, komik bermain di komponen sequential art, atau gambar yang berurutan untuk menyampaikan ide komikusnya. Saat ini, perkembangan komik webtoon sangat mencuri pasar karena menawarkan media dan teknik baca baru. Kuncinya adalah bagaimana satu judul komik tampil menjadi hype di tengah kerumunan karya lain yang diterbitkan. Webtoon sama halnya dengan media lain, statusnya hanya sebagai kanal pemajang karya. Fokusnya tetap ada di kontennya. Tentu model bisnisnya juga harus dipertimbangkan, khususnya jika harus membahas monetasi nya. Karena antara media komik cetak dan digital mempunyai cara pemasaran yang berbeda.

MM: Apa pesan untuk para komikus yang baru meniti karir di dunia komik?

SK: Jangan ragu memulai berkarya. Jagalah semangat berkarya agar tak padam di tengah jalan. Fokus dan disiplin adalah kunci keberhasilan ngomik.

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

presdir nintendo d

Profil Presiden Baru Nintendo: 11 Tahun Tinggal Di Jerman

Di bulan Juni tahun 2018 nanti, jabatan prestisius Presiden Nintendo Co. Ltd akan dipegang oleh Shuntaro Furukawa, eksek.. more

Batman = Overrated Superhero, Apakah Memang Demikian?

Walaupun sangat dipuja, nyatanya tak sedikit orang awam maupun fans  yang menganggap Bruce Wayne alias Batman adalah s.. more

Nostalgia 90an Lewat Anak Kemaren Sore

Ada yang udah tahu belum, siapa Anak Kemaren Sore? Yuk, kenalan!.. more

00-d-anime-baru-ponimu

Koleksi Anime Baru Ponimu Tayang 17 September

Empat judul anime baru Ponimu Indonesia: Canaan, Tari Tari, dan dua film Higashi no Eden bisa ditonton mulai 17 Septembe.. more

Sumber : CIAYO Comics

Pakdhe & Geng Bhinneka, Problematika Indonesia yang Dikemas dengan Santai

Pakdhe dan Geng Bhinneka, komik lokal yang membahas problematika di Indonesia. .. more