Chit Chat With Jasmine Surkatty, Author Komik Ga Jelas

7 months ago
00-jasmine-surkatty

Pernah nggak kamu baca satu komik strip, dan kemudian kamu ngerasa, “Komik ini gak jelas banget sih?” Jika demikian maka selamat, kamu baru aja baca Komik Ga Jelas buatan Jasmine Surkatty.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Jasmine Surkatty jadi salah satu bintang tamu di acara CIAYO COMICONNECT TOUR Jakarta. Ia terlihat rapi memakai kemeja dengan ilustrasi efek dan wajah tokoh Komik Ga Jelas. Jasmine juga hadir bersama Budi, tokoh dari Komik Ga jelas. Sang creator Komik Ga Jelas baru saja mengisi sesi Sharing Session With Author Cantik di acara CIAYO COMICCONNECT Tour Jakarta 2018.

CIAYO Blog mendapat kesempatan untuk wawancara dengan Jasmine di venue CIAYO COMICONNECT Tour Jakarta, Cocowork Fillateli. Penasaran dengan chit-chat bersama Jasmine? Akankah wawancara ini menjadi wawancara ga jelas?

Chit-chat With Jasmine Surkatty

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Komik Ga Jelas sudah mencapai vol.3 dan rilis perdana di Indonesia Comic Con, dan terpilih sebagai top 5 IP Katapel untuk hadir di Hong Kong Licensing Show. Bisa tolong diceritakan bagaimana perasaannya?

Perasaannya senang banget, saya juga merasa ini sebagai starting point bagi saya.

Ada persiapan khusus untuk menghadiri Hong Kong Licensing Show?

Ya, pastinya sudah disiapkan bersama dengan pihak katapel, nanti rencananya kami juga akan membawa komik, merchandise, dan ini, si Budi (Jasmine menunjukkan boneka Budi yang turut menemani sesi wawancara)

Selain menulis komik Ga Jelas, Anda juga turut membuat komik dan ilustrasi di luar Komik Ga Jelas. Bisa bagi tipsnya dalam membagi waktu?

Kalau untuk passion project, selalu ada waktu, kalau komik Ga Jelas kan ini lebih ke projek komersil, tapi namanya juga seniman ya, selalu ingin berkarya, kalau ada waktu atau pekerjaan sudah selesai, maka waktunya untuk passion project.

Baca Juga: Jasmine Surkatty, Sosok Kartini Muda yang Menggugah Hati Lewat Komik

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Kalau boleh tahu, ritual apa yang biasa Anda lakukan saat membuat karya anda?

Kayang, haha, gak sih (Kami berdua tertawa) Biasanya saya di kamar sendirian, menyiapkan podcast atau musik yang disukai sebelum saya bikin komik. Saya juga kadang datang ke tempat teman karena atmosfirnya mirip dengan komik Ga Jelas.

Peralatan dan software yang biasa dipakai saat membuat komik?

Biasanya pakai tablet Intuos, sudah agak lama saya pakai, dan Photoshop CS6, kadang saya sketsa digital atau sketsa pakai HP kalau lagi ada ide pas lagi jalan.

Sketsa pakai HP? Biasanya pakai jari atau pentab?

Kalau saya nih, maaf, bukan maksudnya untuk promosi suka pakai Samsung Galaxy Note untuk bikin sketsa, pakai pentabnya karena enak dipakai.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Tadi sudah maju, sudah sharing di Session With Author Cantik, gimana perasaannya? Tegang gak?

Nggak juga sih alhamdullilah soalnya anak-anaknya seru semua.

Ada rencana untuk mengembangkan IP Komik Ga Jelas ke media lain?

Sebenarnya kita udah mau launching Desember ini game tebak gambar Komik Ga Jelas habis itu, rencana tahun depan kita mau rilis animasi untuk televisi.

Kalau boleh tahu, nama studionya yang membuat gamenya?

Gambir Studio dari Yogyakarta.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

Apa perbedaan saat Anda masih merilis komik di medsos dengan di CIAYO Comics?

Yang pasti jadwal dan aku bisa beli makanan, terbayar hasil kerja kerasnya, nggak cuma dibayar  “like” . Habis itu asyik juga sih di CIAYO Comics, karena di CIAYO Comics aku nyoba eksperimental, aku nyoba bikin komik bersambung ceritanya.

Bisa ceritakan target di masa mendatang?

Yang pasti ingin Go International dengan Komik Ga Jelas, kita kepingin develop lebih banyak medium-mediumnya dan juga ada beberapa IP lain yang ingin aku lakukan, tahun depan masih banyak projek yang belum bisa ku announce.

Bagaimana menurut Anda kesan COMICCONNECT Tour Jakarta? Ada pesan untuk para peserta?

Aku senang banget  sama acara COMICCONNECT ini karena bisa mengkonek creator, wannabe creator, dan para pembaca. Aku juga berharap kita bisa sama-sama menginspirasi, bukan hanya kita yang menginspirasi yang datang, tapi yang datang sebenarnya juga menginspirasi kita dan aku harap ke depannya acara COMICONNECT seperti ini, mungkin ada workshop yang lebih intimate dengan para kreatornya , jadi sharing ilmunya tidak hanya sekedar di depan saja. Aku berharap dengan acara ini semua jadi lebih semangat berkarya.

Jasmine Surkatty bersama Marchella FP (Generasi 90an). Sumber: CIAYO Pictures

Jasmine Surkatty bersama Marchella FP (Generasi 90an). Sumber: CIAYO Pictures

Senang sekali mendapat kesempatan untuk mewawancarai salah satu kreator Indonesia yang sukses dengan IPnya. Semoga lewat chit-chat bersama Jasmine Surkatty kamu juga bisa terinspirasi untuk terus berkarya!

About Author

Barhan

Barhan

Kontributor circle Rimawarna. Senantiasa mencari inspirasi untuk menjadi lebih baik. Sering bolak balik dari Jakarta ke Bekasi.

Comments

Most
Popular

vandaria anthology

Vandaria Anthology: 3 Komik Vandaria Rilis Serentak di CIAYO Comics!

Nggak hanya satu komik, tapi tiga komik baru! Vandaria Anthology adalah kumpulan komik Vandaria Saga ciptaan komikus yan.. more

Game terbaru Hokuto no Ken berjudul Hokuto ga Gotoku. Sumber gambar: gematsu.com

Game Fist of The North Star Terbaru Akan Dibuat Oleh Developer Game Yakuza

Berita yang sedang beredar cukup mengejutkan para gamers, terutama fans dari serial Hokuto no Ken alias Fist Of The Nort.. more

header alex desktop

Who Killed Captain Alex – Bukti Kalau Film Asyik Bisa Dibuat Dengan Dana Terbatas

Who Killed Captain Alex dibuat dengan budget kurang dari 3 juta Rupiah di Uganda. Meski kualitasnya di bawah rata-rata, .. more

the chef show

The Chef Show: Reuni Bintang MCU di Meja Makan

Jon Favreau dan Roy Choi bergabung dalam acara masak The Chef Show. Mereka mengundang teman-teman mereka dari MCU untuk .. more

Pinterest.com

7 Film Ini Punya Plot Twist yang Bakal Bikin Kamu Tercengang Di Akhir Film!

Bagi penikmat film, plot twist seperti ini bisa dibilang sebagai sensasi tersendiri. Bagaimana kita dibawa oleh alur cer.. more