Jasmine Surkatty, Sosok Kartini Muda yang Menggugah Hati Lewat Komik

8 months ago
Jasmine Surkatty

“I don’t want to just make stories, I want to make history”. Begitulah yang dikatakan oleh Jasmine Surkatty, Seorang komikus muda saat ditanyai mengenai motivasinya dalam membuat komik oleh Tim CIAYO Blog. Perkembangan dunia komik digital yang sedang tumbuh-tumbuhnya tidak disia-siakan oleh perempuan kelahiran 22 Juli ini untuk menyalurkan bakat dan hobinya. Konsep ‘ga jelas’ yang diusungnya berhasil mengguncang dunia perkomikkan Indonesia. Hal ini terbukti dengan dicetak ulangnya “Komik Ga Jelas” karena cetakan pertama “SOLD OUT”. Wahhh keren ya!

Dalam rangka memperingati hari Kartini, Steffi (SF) dari Tim CIAYO Blog berhasil mewawancarai Kartini muda ‘Ga Jelas’, Jasmine Surkatty (JS) yang aslinya super duper ramah dan humble. Mau tau lebih dalam mengenai author Komik Ga Jelas ? Kira-kira orangnya ‘ga jelas’ juga ga ya? Yuk diintip kutipan wawancara di bawah ini!

SF : Hai Kak, sejak kapan sih mulai suka gambar?


JS : Aku sudah mulai menggambar sejak masih TK! Dulu seneng banget kalau sudah masuk kelas seni, karena kita diberikan kebebasan untuk menggambar atau membuat apapun.

SF : Kapan mulai suka baca komik, dan komik apa yang pertama kali dibaca?

JS : Sebenarnya pengalaman pertama kali aku membaca komik itu tidak terlalu bisa aku ingat, karena sebelum masuk TK, aku sudah sering baca buku bergambar dan menonton kartun-kartun. Namun, pengalaman membaca komik yang paling aku ingat ketika aku masih kecil itu ketika aku pertama kali membaca komik Smurf, Asterix & Obelisk, dan Doraemon

Komik Smurf (sumber : bacabloon.blogspot.com)

Asterix Obelix (sumber : bukalapak.com)

SF :  (Wah sama dong kayak aku…. aku juga suka Doraemon!) Kalau untuk komikus favoritnya siapa Kak? Mengapa?

JS : Agak susah sih untuk memilih yang terfavorit, tapi komikus 3 besar yang paling aku suka adalah Sean Gordon Murphy, Juanjo Guarnido, dan Satoru Noda karena ketegasan artwork mereka sangat menarik dan pas banget dengan cerita yang mereka kerjakan.

Salah satu karya Sean Gordon Murphy (sumber : pinterest.com)

 

Karya Juanjo Guarnido (Sumber: cartoonbrew.com)

 

Satoru Noda (Sumber : forum.egscans.com)

 

SF : Meskipun sudah membuat komik, tapi sampai sekarang Kakak masih suka baca komik ga? Komik apa yang lagi dibaca akhir-akhir ini?

JS : Masih banget! Aku koleksi berbagai macam komik sampai-sampai perpustakaan di rumah sudah nggak muat lagi. Akhir-akhir ini sih sedang membaca ulang ‘Black Sad’ karya Juan Diaz Canales dan Juanjo Guarnido, ‘Golden Kamui’ karya Satoru Noda dan mengikuti komik-komik kompilasi dari Re:On dan Kosmik. Kalau komik favorit, sekarang itu aku suka banget seri ‘American Vampire’ keluaran Dark Horse. Seri mereka paling juara karena walaupun mereka mengangkat tema generik “Vampire” yang sudah terlalu sering kita denger, mereka mengintegrasikan ceritanya ke sejarah dan dengan berbagai plot twist yang asik. Pokoknya beda banget sama genre vampir yang kita sering denger!

SF : Sejak kapan Kakak terinspirasi buat jadi komikus? Kok bisa?

JS : Sebenarnya dulu aku nggak kepikiran untuk menjadikan komik passion utamaku. Pas kecil aku berpikir menjadi pelukis karena hobi menggambar, tapi sebenarnya aku kepengen jadi petualang dan astronot ketika sudah besar nanti! Namun kebetulan ketika masih SD aku terdiagnosa mempunyai keadaan fisik, skoliosis progresif, yang memaksa aku untuk tidak bisa melakukan berbagai kegiatan yang super aktif, dan jadinya kehidupanku nggak jauh-jauh dari sekolah, rumah, terapi dan rumah sakit. Komik dan menggambar adalah dua hal yang sering menemaniku saat itu, dan ketika masuk SMP jadinya sering duduk bareng dengan kawan-kawan yang suka menggambar komik. Akhirnya kebawa sampai besar dan malah jadi passionku banget sekarang.

SF : Kakak jadi komikus latihan otodidak? Atau ada kursusnya?

JS : Kebanyakan hal yang aku pelajari itu dari komik-komik yang sering aku baca, dan bertanya-tanya dengan teman sesama komikus. Dulu sempat mengikuti kursus pribadi menggambar ketika aku masa pemulihan sehabis operasi tulang belakang juga.

SF : Apa yang memotivasi Kak Jasmine untuk jadi komikus?

JS : Menurutku komik itu tidak hanya sebatas hiburan saja. Kekuatan komik itu sangat besar, karena tidak hanya bisa menyampaikan cerita layaknya sebuah novel, tapi juga menyampaikannya dalam bentuk visualisasi yang kaya akan imajinasi. Motivasi terbesar menjadi komikus adalah ingin menggunakan medium komik sebaik mungkin untuk menyampaikan cerita kepada pembaca, yang aku harap bisa menggugah hati dan menginspirasi lebih baik lagi. I don’t want to just make stories, I want to make history.

SF : Menurut kakak, tantangan menjadi komikus di Indonesia itu apa? 

JS : Tantangan terbesarnya mungkin di segi bisnisnya ya, karena industri komik Indonesia masih bertumbuh kembang jadi masih ada banyak yang perlu diperbaiki lagi.

SF : Apa suka dukanya menjadi komikus di Indonesia?

JS : Karena industri komik masih bertumbuh kembang, jadinya lebih dinamis dan cukup asik juga, karena the possibility is endless. Kita masih dalam tahap di mana kita bisa coba bereksperimen dengan berbagai cara untuk ngomik dan mengiklankan komik tersebut. Namun kekurangannya kadang mungkin apresiasi dari pembaca, kesempatan komersil dan insentif untuk para komikusnya belum seperti di luar negeri saja.

SF : Boleh diceritain proses awal mula Kak Jasmine menggarap Komik Ga Jelas?

JS : Awal mula Komik Ga Jelas itu dari oret-oretanku jaman kuliah. Aku mempunyai janji dengan kedua orang tuaku untuk fokus lulus kuliah dulu sebelum diperbolehkan ‘ngomik’ secara serius. Jadi aku juga membuat Komik Ga Jelas sebagai hobi sampingan karena iseng saja. Tapi ternyata ketika di-upload di media sosial, respon pembaca bagus banget, jadi aku lanjutin sampai jadi seperti sekarang.

SF : Apa sih yang menginspirasi kakak dalam membuat Komik Ga jelas?

JS : Inspirasi Komik Ga Jelas itu kebanyakan dari kehidupan sehari-hariku sih. Biasanya paling banyak dapat ide setelah ngumpul bareng temen-temen, karena kita semua suka ngeguyon.

Komik Ga Jelas (Jasmine Surkatty)

SF : Ada rencana untuk menggarap komik baru, Kak?

JS : Ada! Selain sedang dalam masa pembuatan Komik Ga Jelas versi cetak, “Pembasmi Frustasi”, (sekuel dari buku pertama, Komik Ga jelas “Penghilang Stres”) aku juga ingin merambah ke komik bergenre lain. Sekarang sedang membuat komik genre thriller, dan action drama untuk dimasukkan ke penerbit-penerbit lokal. Salah satu yang sedang digarap diharapkan bisa di-greenlight kerjasamanya dengan lembaga pemerintahan.

Seri pertama Komik Ga Jelas – Penghilang Stres (Jasmine Surkatty)

SF : Ada ga sih bedanya jadi komikus perempuan dan laki-laki di Indonesia? Baik dalam hal kesempatan ataupun yang lain? Kalo ada, perbedaannya apa Kak dan bagaimana Kakak menyikapi hal tersebut?

JS : Pada dasarnya di Indonesia ada persepsi kalau komikus itu biasanya laki-laki. Saking mengakarnya, aku sudah terbiasa banget dipanggil mas/om di media sosial, dan malah kadang gak dikira sebagai komikus karyaku, padahal namaku sudah tertera di sana hehe. Tapi sekarang sudah mulai banyak bermunculan komikus perempuan yang nggak kalah keren dengan yang lainnya, dan pembaca pun semakin sadar akan keberadaan komikus perempuan. Menurutku sebagai komikus perempuan, kita malah punya keunggulannya tersendiri. Di industri komik, gaya penceritaan dan penggambaran didominasi komikus laki-laki, dan kita sebagai komikus perempuan bisa membawa perspektif baru yang mungkin gak dipikirkan oleh komikus laki-laki. Aku pernah melewati beberapa kejadian yang kurang enak karena aku seorang perempuan sih, tapi aku tetep maju terus saja. Karena menurutku mau gender kita apapun halangan itu tidak bisa dipungkiri.

SF : Berhubung sebentar lagi kita akan menyambut hari Kartini, apa sih makna hari Kartini bagi Kak Jasmine?

JS : Hari Kartini memberi kesempatan bagi aku untuk mengingat kembali perempuan-perempuan Indonesia yang sudah banyak berjasa demi negara dan keluarganya. Aku jadi lebih apresiatif dengan role perempuan di kehidupanku, terutama ibuku. Aku juga jadi tambah semangat untuk melanjutkan perjuangan para perempuan yang terdahulu maupun sekarang lewat karya-karyaku.

SF : Menurut pandangan kakak sebagai seorang komikus, hal apa yang perlu dikembangkan dari dunia komik di Indonesia?

JS : Menurutku, selama ada hubungan yang semakin membaik antara komikus, penerbit, dan pembaca, lambat laun industri kita akan semakin meroket dan bisa semakin sepadan lingkungannya seperti industri komik luar negeri.

SF : Boleh minta sarannya Kak, buat calon-calon komikus yang sedang merintis karirnya?


JS : Terus berkarya, terus belajar, dan tetap optimis. Kalau ada kritikan, kita harus belajar bagaimana cara memprosesnya. Apakah perlu didengarkan atau tidak. Menjadi komikus itu memang susah, tapi hasilnya akan sepadan dengan usaha kita.

Jasmine Surkatty sedang ngobrol dengan pembaca Komik Ga Jelas (Jasmine Surkatty)

Demikian hasil wawancara Steffi dengan Jasmine Surkatty. Kutipan ‘Yang Muda Yang Berkarya’ memang cocok disematkan kepada Jasmine Surkatty. Karya dan keberhasilannya tentu menginspirasi generasi muda agar terus bersemangat menggapai cita-citanya. Dan khususnya buat calon-calon komikus di luar sana, jangan takut untuk berkarya!

About Author

Steffi CIAYO

Steffi CIAYO

“All life is an experiment. The more experiments you make the better.” —Ralph Waldo Emerson

Comments

Most
Popular

Ada Lomba Menulis Hadiahnya Diadaptasi Komik. Penasaran?

Kini, giliran cerita-cerita berkualitas yang akan unjuk gigi di CIAYO Blog. CIAYO Blog menantang para penulis bertalenta.. more

(reddit.com)

9 Bentuk Transformasi Tony Tony Chopper di Anime One Piece

Karakter yang paling imut, ikonik dan super lucu di anime One Piece ini memang gak boleh kelewat untuk dibahas. Yups, si.. more

Komik Lieur-Bolon

Sagus: “Komik Lieur Terinspirasi dari Pengalaman Saya Waktu Kecil”

Kalau di suruh nostalgia masa kecil, bro sis milih pas zaman apa? Kali ini Chika dari CIAYO Blog berhasil ngobrol sama a.. more

source 1: pinterest.com

5 Drama Series Netflix yang Underrated! Yuk Ditonton!

Remaja atau anak muda gak cuma membahas film yang hadir di bioskop aja kalau lagi ngumpul, tapi sekarang udah banyak ora.. more

CIAYO Comics dan Pionicon Merilis Komik Si Juki & Mang Awung

CIAYO Comics, bekerjasama dengan Pionicon, merilis komik baru berjudul: Si Juki & Mang Awung.. more