Kenalan Dengan Studio 12pulang Yang Membuat Dua Komik CIAYO Comics Plus+

4 weeks ago
studio 12pulang

Di masa kini, komik bukan lagi pekerjaan satu-dua orang saja. Dalam membuat komik, kini membutuhkan banyak orang dengan peranan berbeda. Entah itu penulis cerita, storyboarder, penciler, colorist, hingga letterer. Tren ini awalnya populer digunakan di industri komik Amerika, namun kemudian merambah juga ke negara lain, termasuk Indonesia. Sekelompok tim komikus ini biasanya dikontak secara terpisah untuk mengerjakan sebuah komik, atau ada juga yang berasal dari satu studio komik yang sama.

Seperti apa sih kehidupan para komikus di studio komik? Untuk menjawabnya, yuk kita kenalan dengan Studio 12pulang! Studio komik ini mengerjakan beberapa judul komik di CIAYO Comics loh. Dua diantaranya: Theater of Life dan Lovely Demon, merupakan komik eksklusif CIAYO Comics Plus! CIAYO Blog berkesempatan untuk ngobrol bareng FairyDemon alias Mang Nono, komikusnya Rika si Preman Sekolah dan salah satu pentolannya Studio 12pulang. Langsung saja disimak!

Chit-chat Bersama Studio 12pulang

Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Halo! Boleh diceritakan apa itu Studio 12pulang?

Yo halo! Boleh banget dong. Studio 12pulang adalah studio pribadi yang memiliki fokus utama dalam mengerjakan komik/webcomic, ilustrasi lepasan, merchandising, dan kadang design grafis. Studio 12pulang ini terletak di wilayah Bandung Selatan. Tidak semua orang rutin di studio.

Bagaimana awalnya kalian membentuk studio ini?

Awalnya didirikan oleh Mang Nono saat mengerjakan Rika si Preman Sekolah. Kalo ngomongin soal tempat, kejadiannya adalah ketika asisten basenya saat itu (Yohanes) lagi rutin datang ke rumah Mang Nono untuk mengerjakan kerjaan. Karena saat itu lagi ga ada tempat, Yohanes ngerjainnya di kamar Mang Nono. Entah karena rasa kasihan atau bagaimana, akhirnya orang rumahnya Mang Nono memberikan bekas kamar adiknya yang sekarang tidak dipakai untuk dijadikan ruang studio. Mang Nono jadi tidur di tempat bekas garasi demi tersedianya 12pulang. ahaha :”)

Jam studio dibatasi sampai jam 12 malam, maka dari itu nama studio kami adalah studio 12pulang. haha. Seiring berjalannya waktu, anggotanya semakin bertambah. Sampai saat ini pun kami masih merekrut anggota untuk mengerjakan komik lain.

Devi, si succubus payah. Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Sebelum ada Studio 12pulang, seperti apa pengalaman para anggotanya dalam dunia perkomikan?

Kami ceritakan beberapa saja ya. Kalau untuk Mang Nono, dia cuman mahasiswa tingkat akhir yang sering bikin doujinshi sebelum akhirnya ditarik oleh Dewa Kecoa untuk ngomik di CIAYO Comics.

Untuk Itsumarin dan Vivi Len, mereka berdua pernah bekerja di tempat yang sama. Those kind of boring office who make comics. setelah 1-2 tahun disana, mereka memutuskan untuk keluar dari kantor tersebut demi mengerjakan Lovely Demon dan Theater of Life.

Kalau Dewa Kecoa, well… dia itu editor di CIAYO Comics, tapi karena komik Commuting Hearts miliknya ditangani oleh 12pulang di season 2 nya, maka doi juga officially anggota 12pulang. Banyak cerita kalau jadi editor. Pusing? banget. Tapi tetep doi nikmatin.

Apa saja komik yang sudah diterbitkan Studio 12pulang?

Untuk saat ini, sudah ada Rika si Preman Sekolah, Lovely Demon, Theater of Life, dan Commuting Hearts season 2. Selain itu, 12pulang juga membantu beberapa komik lain seperti Blue Serenade (ilustrasi special format 3), dan My Heart My Soul (kami mempersilakan authornya untuk menjadikan studio sebagai tempat bekerja dan bermainnya. huehue)

Novi dan Andre tak terpisahkan sejak kecil. Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Di antara komik-komik tersebut, komik mana yang proses produksinya paling menarik?

Rika si Preman Sekolah sih. Waktu itu anggota studio masih pada LDR (halah). Mang Nono dan Yohanes di Bandung, dan Itsumarin yang waktu itu bantuin di shade warna masih di Jakarta. Kami sering telfonan, kalau sudah kejar tayang, kami ga ada yang tidur. Yohanes sering ketiduran, tapi untung kerjaannya selesai. Itsumarin pun saat itu masih kerja di kantor dia yang sebelumnya, jadi lumayan hectic. Ajaibnya, komiknya masih bisa selesai.

Menurut kalian, apa keuntungan membuat studio khusus untuk ngomik?

Kalau kata Itsumarin, doi dapet makan siang gratis dari studio. Kalau kata Mang Nono…. eeee…. kami jadi sering mengkonsumsi Panad*l berjamaah, dan itu mungkin keuntungannya saya creditkan pada apotek terdekat.

Baca Juga: Author Rika dan My Heart My Soul Bicara Soal Komik Slice of Life

Apa saja suka-duka dalam mengurus sebuah studio komik?

Kayaknya duka-duka ya maksudnya mas? Hahahaha. Engga sih. Ada banyak banget, tapi saya ga bakal sebut semua. Sukanya itu ketika kami membahas skenario komik bersama, ini juga termasuk kegiatan mengurus studio selain bebersih. Dukanya itu saat kami mengerjakan komiknya. Membuat komik itu susah hhhhh

Sumber: CIAYO Comics
Sumber: CIAYO Comics

Apa tips dan pesan dari kalian untuk para author komik yang ingin membuat studio ngomik?

Ini tips kasar sih, semoga kalian tidak mencerna ini mentah-mentah.

Pertama, ngomik dulu deh. Kalau sudah ada produk komiknya, biasanya akan mempermudah ke tips selanjutnya. Komik dengan cerita dan gambar bagus itu akan menjadi nilai Plus+. Studio tidak akan lahir bila tidak ada produk yang ditawarkan.

Kedua, punya koneksi ke sesama artist, pegiat komik, penggemar komik dan platform komik . Koneksi-koneksi ini akan membantumu dalam mempromosikan komikmu sendiri ke potensi pasar komikmu maupun ke kontrak komik official di platform komik.

Ketiga, tempat. Sebuah “studio” tidak akan ada bila ia tidak memiliki tempat dan alamat pasti. Mulailah studio kecilmu dari tempat kecil, entah itu dari garasi tak terpakai maupun rumah kontrakan, yang penting tempat dimana anggota studiomu bisa bekerja bersama-sama. Biar begitu, mau punya tempat atau engga, sebuah studio itu bisa jalan kalo ada orang yang mau ngejalaninnya. Kalau mggak, apa bedanya sama tempat nongkrong?

Keempat, dapatkan dukungan dari orang sekitarmu. Dukungan orang sekitar itu penting untuk sebuah studio kecil seperti 12pulang ini supaya bisa berdiri dan perlahan menguasai platform komik di Indonesia. Hari ini CIAYO, besok-besok negara ini. Besok-besok sih, haha.   


Penasaran dengan karya Studio 12pulang lainnya? Kamu bisa cek langsung fanpage mereka di facebook.com/12pulang. Jangan sungkan untuk terus mendukung karya mereka dengan men-subscribe dan membaca komik mereka di CIAYO Comics dan CIAYO Comics Plus.  Hanya dengan 15 ribu Rupiah per bulannya, kamu bisa membaca berbagai komik eksklusif, baca chapter komik favorit lebih cepat dari yang lain, dan berbagai fitur lainnya!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

(duniaku.net)

BEKRAF Game Prime Tahun Ini Beda dari Tahun Lalu

Buat bro sis yang belum tahu, Game Prime adalah wadah bagi insan-insan di dunia kreatif. Berawal dari Game Developers Ga.. more

Sumber: Gamerant

Pokemon GO Genap Satu Tahun, Habis Ini Apa?

Pasti bro sis salah satunya yang pernah keranjingan muter-muter komplek buat main Pokemon GO kan? Game ini memang cukup .. more

Rayakan Kemerdekaan ke-72 Indonesia Seminggu Dengan Komik #ExtraordinaryWeek

Inget nggak bro sis, dulu kita ngerayain 17-an dengan upacara bendera di sekolah. Sering juga ada lomba-lomba. Kalo jama.. more

Sumber: money.cnn.com

Fenomena Overwork di Korea yang Semakin Parah

Liburan biasanya menjadin momok yang paling ditunggu oleh semua orang. Tapi beda dengan di negara ini. Masyarakatnya jus.. more

komik eksklusif ciayo comics plus

8 Komik Eksklusif CIAYO Comics Plus Yang Harus Kamu Ikutin

Pacaran sama anak mafia? Malaikat suka sama setan? Inilah berbagai komik eksklusif CIAYO Comics Plus yang ga boleh dilew.. more