Kenangan Manis Tatang Suhenra

10 months ago

“Salam manis tidak akan habis. Salam sayang tidak akan hilang, buat semua pencinta karya saya.” Kalimat itu mungkin familiar bagi generasi yang tumbuh di era 80-90an. Buat yang suka baca komik di kala itu, pasti tidak asing dengan karya-karya Tatang Suhenra. Kenapa harus kenal sama beliau sih?

Tatang Suhenra (mangaataukartun.blogspot.co.id)

Tatang Suhenra adalah komikus besar yang sangat berpengaruh pada masa itu. Tatang pernah berbenturan dengan rekan-rekan sesama komikus kala itu. Salah satu perseteruan yang cukup heboh di kalangan komikus kala itu yaitu saat Ganes TH, komikus yang tersohor dengan karya ‘Si Buta Dari Goa Hantu’ pindah dari sebuah penerbitan. Ternyata penerbit tidak terima dan cukup kecewa dengan kepindahan Ganes. Penerbit merekrut Tatang untuk menyaingi komik karya Ganes. Lahirlah ‘Si Gagu Dari Goa Hantu’. Tapi komik karya Tatang hanya beredar tiga edisi karena dibredel. Hancurlah karier Tatang di dunia komik silat.

Si Gagu Dari Gua Hantu (komik-antik.blogspot.co.id)

Tetapi tidak berhenti sampai di situ. Tatang pindah ke Jakarta dan kembali berkomik. Tahun 80an, banyak penerbit memilih menerbitkan komik terjemahan. Banyak komikus banting stir. Tatang tetap berkarya dengan target menengah ke bawah. Tatang membuat tokoh pahlawan versi pribumi (Punakawan: Gareng, Petruk, Semar, Bagong). Kala itu, komik-komik Tatang Suhenra dicetak dalam kertas hitam putih. Hanya halaman sampul yang berwarna. Setiap halaman komik umumnya hanya terdiri dari dua panel. Ada dua tema besar yang menjadi andalan Tatang dalam cerita komiknya, yaitu kisah mistis Petruk yang bertemu makhluk gaib atau Petruk dan Gareng yang menjadi pahlawan Tumaritis. Komiknya menyajikan cerita ringan, lucu, dan dijual dengan harga murah.

Selain komik Gareng-Petruknya, komik surga-neraka juga merupakan salah satu karya Tatang cerita-ceritanya menggambarkan kehidupan di surga dan neraka. Imajinasi Tatang tentang penyiksaan dunia akhirat kepada koruptor, merupakan wujud keprihatinannya terhadap situasi negeri ini pada masanya.

Karya Tatang Suhenra (mangaataukartun.blogspot.co.id)

Nama Tatang tidak banyak dibahas dalam studi budaya pop. Padahal karya-karyanya sangat mengena bagi generasi 80-90an. Setelah masa kejayaannya, Tatang masih sempat tinggal di Jakarta. Namun ia dikabarkan meninggal pada Maret 2003. Meski raga tak lagi ada, tetapi karyanya masih hidup dan bisa terus dikenang.

 

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. Now she is a part of our team. She also loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel.

Comments

Most
Popular

Sumber: solopos.com

Jangan Ngaku Punya Nyali Kalau Gak Berani Nonton Film Horror Klasik di Bawah Ini!

Setuju gak kalau film classic atau film jadul menampilkan sebuah asthetic yang gak bisa direpsentasikan ulang di jaman s.. more

Sumber: shutterstock.com

Menyambut Halloween, Berikut Rekomendasi Buku Genre Thriller yang Harus Kamu Baca!

Cerita thriller dan mystery gak cuma bisa bikin kamu penasaran aja, tapi juga mutar otak. Seru banget untuk dibaca saat .. more

Sumber: Detik.com

Brawl Stars: Game Top Down Shooter Besutan Supercell

Siapa nih penggemar Clash Of Clans atau Clash Royale disini?  Kedua game keluaran Supercell tersebut sempat mengguncang.. more

AOV

Serunya Grand Final Battle of Valor 2017

Kesuksesan Mobile Arena ini menjadi alasan digelarnya event game terbesar bertajuk “Battle of Valor”. Coba siapa yan.. more

Komik Strip Indonesia di Instagram. Haruskah Lucu?

Komik strip digital udah membanjiri Instagram. Di artikel ini, gua mau bahas "Komik strip macam apakah yang paling banya.. more