Kiat-kiat Dari Andry Chang, Juara 3 CIAYO Short Story Challenge

1 year ago
CIAYO Pictures

Siapa yang masih inget sama event CIAYO Short Story Challenge? Di acara CIAYO Comics Club kemarin, salah satu pemenangnya berkesempatan hadir, loh! Andry Chang (A), penulis “Eversphere” dan juga juara 3 dari CIAYO Short Story Challenge, berhasil diwawancarai oleh Grad (G) dari CIAYO Blog. Andry memberikan tips-triknya mengenai cara membuat cerita yang asik. Penulis Everna Saga ini juga gak ragu untuk memberikan pesan kepada para pembaca CIAYO. Mending simak aja, deh.

G: Boleh diceritakan keunggulan ceritanya sehingga bisa terpilih untuk dikomikin?

A: Pertamanya mungkin pas saya buat ceritanya, saya pikirkan juga bagaimana jadinya nanti kalau dijadikan komik. Soalnya kan ada ketentuan, kalau yang bisa menang, tulisannya bisa jadi komik. Ditambah, saya juga sudah latihan bertahun-tahun lewat banyak cerpen, novel, dan juga ikut banyak kompetisi. Jadinya melatih bagaimana tulisan saya bisa mudah untuk divisualisasikan. Mulai dari tulisan, narasi, penokohan, semuanya lebih disederhanakan agar mudah divisualisaikan.

G: Jadi tulisan yang kak Andry buat harus bisa dituangkan dalam bentuk lain, tidak hanya cerita pendek saja?

A: Kadang-kadang kalau saya bikin cerita, saya juga mikir, nanti cerita itu bisa diadaptasi, nggak cuma jadi komik, tapi bisa juga jadi film ataupun game.

Sumber: CIAYO Blog

Sumber: CIAYO Blog

G: Lalu setelah diputuskan untuk dikomikin, sekarang prosesnya sudah sampai dimana?

A: Saya sedang menunggu follow-up dari pihak CIAYO Comics. Script-nya sudah jadi dan hanya tinggal menunggu kabar saja.

G: Kenapa waktu itu tertarik untuk mengikuti event CIAYO Short Story Challenge di CIAYO Blog?

A: Supaya eksis. Hehehe. Soalnya buat mengasah kemampuan sendiri. Sebagai penulis, apakah memandang sebagai profesi ataupun bisnis, yang paling penting dilakukan adalah tiga hal: latihan, latihan, latihan. Bukan sekadar latihan saja, tapi harus benar-benar serius. Tiap cerita yang kita buat, menang lomba ataupun tidak menang lomba, mungkin bisa saja di follow-up menjadi bentuk yang lain, jadi tidak langsung ditinggalkan begitu aja.

Andry Chang berfoto bersama Chips dan Crocket (Sumber: Grad)

Andry Chang berfoto bersama Chips dan Crocket (Sumber: Grad)

G: Kalau menulis, Kak Andry biasanya dapat inspirasi dari mana?

A: Awalnya saya lebih suka menggambar. Di novel pertama saya, justru idenya dapat dari mimpi. Di dalam mimpi, tokoh-tokoh yang sudah saya gambar tiba-tiba hidup dan minta untuk diceritakan. Setelah novel itu, saya lebih melakukan observasi, pengamatan. Misalnya dari berita-berita aktual, perkembangan teknologi. Seperti yang di Eversphere (Judul cerita yang akan dikomikin oleh CIAYO, red) itu dari visi game online ke depannya.

G : Jadi kita harus berpikir, ceritanya harus berkembang ke arah mana nantinya, benar nggak?

A: Nggak hanya dari ceritanya, kita juga harus menyampaikan visi, pesan. Ada pesan moral, ada juga hasil pemikiran, pendapat kita terhadap satu hal, dan dikemas dalam bungkusan dengan bumbu-bumbu yang diracik semenarik mungkin.

Sumber: CIAYO Pictures

Sumber: CIAYO Pictures

G: Ada pesan-pesan, mungkin untuk pembaca CIAYO Blog?

A: Saya rasa, CIAYO Blog udah cocok untuk hiburan, melegakan stress setelah bekerja, setelah belajar. Tapi kita harus lihat sebagai suatu platform hiburan, kita enjoy aja, nggak usah dikritisi sampai terlalu dalam. Apa yang kita mau, enjoy aja. Yang penting it’s worth your time. Kalau memang suka nongkrong di CIAYO, baca-baca komik dan artikelnya, komentarin, it’s okay. Mungkin bisa dapat inspirasi juga dari situ.

Kayak misalnya saya juga baca komik Red Deimos. Dapat inspirasi juga, begini mekanismenya, webcomic seperti ini. Saya bikin cerpen juga menurut mekanisme seperti itu. Jadi kadarnya, racikan bumbunya, plotnya, jangan terlalu kompleks. Strictly, komik di Indonesia masih sebatas hiburan aja, tidak untuk suatu eksplorasi yang lebih mendalam, filosofis, belum sampai ke sana. Jadi pelan-pelan kita bawa ke sana, tapi jangan langsung mengedukasi. Tapi menghibur terus, sambil sisipkan, sisipkan, sisipkan, baik pesan moral, detail, filosofi. Kalau komik yang bagus mungkin bisa mempengaruhi mindset, cara mereka memandang sesuatu, dan untuk kehidupan sehari-hari juga.

Eversphere (Sumber: CIAYO Blog)

Eversphere (Sumber: CIAYO Blog)

Nantikan Eversphere, cerita dari Andry Chang yang akan diadaptasi dalam bentuk komik. Sambil menunggu, baca juga komik lainnya di CIAYO Comics, ya. Buat yang belum baca ceritanya, bisa langsung aja klik menu CIAYO Stories di CIAYO Blog.

About Author

Saya Grad

Saya Grad

Menyukai May’n, anime, dan film Jepang. Bisa dihubungi melalui laman Facebook Saya Grad ataupun Twitter @grad_11

Comments

Most
Popular

(Sumber: youtube.com)

Album Terakhir Jonghyun Dirilis, Banyak Pesan Tersirat di Dalamnya

Sebulan setelah kepergiaanya, Jonghyun masih dapat menghibur di dunia entertainment,  karena sebelum kepergian Jonghyun.. more

Sumber: irishfilmcritic.com

A Fantastic Woman, Cinta Tidak Pernah Cukup Membuat Orang Lain Mengerti

“A Fantastic Woman”, film mengenai transgender yang sedang berkabung dan kehidupannya yang didiskriminasi. Film ini .. more

youtube.com

Biarpun Gak Terkenal, 6 Film Animasi Underrated Ini Ternyata Bagus dan Keren Banget, Lho!

Entah sadar atau tidak, film animasi yang selama ini kita tonton ternyata hanya berasal dari 2 atau 3 rumah produksi, lh.. more

Sumber: The Art of VFX

Film Ghost In The Shell Masuk Pertimbangan Nominasi Academy Awards

Kini, Ghost in the Shell bersiap-siap untuk nominasi terbarunya... more

Despicable Me 3 (Sumber: Universal Pictures)

DESPICABLE ME 3: Banyak Kejutannya!

Kegagalannya menangkap Balthazar Bratt, villain baru Despicable Me menyebabkan Gru (Steve Carell) dan Lucy (Kristen Wiig.. more