Know Your Judges #2: Faza Meonk

1 month ago
Print faza

Sudah seminggu nih, sejak CIAYO Comics Challenge Vol. 3 bergulir. Para challenger sudah mulai mensubmit komik bertema Rediscover mereka. Kamu sendiri, sudah jadi challenger dengan mensubmit komik kamu? Atau kamu sedang merancangnya? Tak perlu terburu-buru karena kamu masih bisa mensubmit komik kamu sebelum 8 November 2018.

Di minggu sebelumnya, kita sudah mengenal salah satu juri dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3, yaitu komikus Fajar Ghosty. Kali ini, kita akan kenalan dengan juri lainnya, yaitu Faza Meonk!

01 faza meonk

Sumber: Kabar Film

Siapa sih yang nggak kenal sama Faza Meonk? Dia adalah pencipta Si Juki yang katanya sih karakter komik anti mainstream. Faza berhasil mengembangkan Si Juki hingga menjadi salah satu IP komik tersukses di Indonesia. Nggak terhitung berapa judul komik Juki yang sudah Faza terbitkan, entah itu dalam bentuk cetak maupun online. Salah satunya ada komik Si Juki & Mang Awung yang bisa kamu baca di CIAYO Comics!

Tak hanya sukses di komik, Si Juki juga mulai merambah ke media lain seperti animasi, video game, dan bahkan film layar lebar! Kamu bisa menilik pandangan Faza tentang Si Juki: The Movie dalam chit chat berikut ini.

02-faza-meonk

Sumber: Viva

Dalam wawancara Know Your Judges kali ini, kita akan mengenal lebih dekat sosok Faza Meonk lewat pandangannya tentang seorang komikus yang baik, serta cerita Rediscover miliknya. Yuk langsung disimak!

03-faza-meonk

Sumber: Ganlob

Bagaimana perasaan kamu terpilih sebagai juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Saya merasa bangga karena bisa menjadi saksi dan kontribusi dalam menilai banyak komik-komik yang potensial di kompetisi ini. Di challenge sebelumnya saya juga menjadi juri dan melihat banyak ‘hidden gem’ yang membuat saya semakin optimis melihat industri komik Indonesia

Faktor apa saja yang jadi pertimbangan kamu dalam menilai sebuah komik/karya?

Bagi saya, komik yang bernilai adalah komik yang ‘tepat sasaran’. Tepat sasaran disini berarti, visual yang disajikan cocok dengan cerita yang disampaikan. Cerita yang disampaikan masuk dengan target pembacanya sehingga membuat pembacanya ingin terus membaca. Berarti sebenarnya banyak faktor yang menentukan agar komik tersebut ‘tepat sasaran.’

Menurut kamu, apa kualitas/sifat yang harus dimiliki para challenger untuk jadi juara CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Ajang CIAYO Comics Challenge ini adalah kesempatan untuk teman-teman komikus unjuk gigi, mencari pengalaman baru, dan berproses. Yang pasti tetaplah jadi peserta yang profesional, bagaimanapun hasil dari challenge ini harus bisa disikapi secara profesional. Bila belum waktunya untuk juara, terus semangat, dan jadiin ajang ini batu loncatan untuk ke stage berikutnya!

04-faza-meonk

Sumber: NET.Z

Apa sih, arti “Rediscover” menurut kamu?

Bagi saya, Rediscover adalah menemukan kembali apa yang sebenarnya saya cari dalam berkarya. Pernah ada masanya ketika saya berkarya hanya untuk kesenangan pribadi. Namun pada akhirnya saya kembali menyadari kalau sebuah karya yang berarti adalah karya yang bisa memberi impact terhadap sekitar kita, banyak orang, banyak hal, apapun itu.

Dari situlah saya kembali mempertimbangkan dan berkompromi banyak hal dalam berkarya, semata-mata bukan hanya untuk kepentingan pribadi, tapi kepentingan banyak orang, sehingga dapat menciptakan perubahan. Secara spesifik, saya ingin industri kreatif bisa bergerak maju sehingga bisa menggerakan ekonomi kreatif dan memberi dampak ke banyak hal.

05-faza-meonk

Sumber: Kumparan

Apa pengalaman “Rediscover” yang pernah kamu hadapi?

Waktu kecil dulu, saya bercita-cita menjadi komikus. Ketika mulai tumbuh besar saya mulai berpikir untuk ‘menggeser’ cita-cita sebagai komikus karena saat itu saya anggap tidak begitu menjanjikan, kemudian saya mulai mengejar cita-cita saya sebagai animator sejak masuk SMK jurusan animasi sampai akhirnya berkuliah di jurusan animasi juga.

Namun saat kuliah saya menemukan lagi ‘kesenangan’ masuk ke dunia komik, dan mulai menemukan potensi besar di komik indonesia kedepannya, yang akhirnya membentuk diri saya yang sekarang. Berkat ‘Rediscover’ dunia komik saat itu, apa yang saya cita-citakan sejak kecil dan remaja bisa diraih, bahkan melebihi ekspektasi. Hal itu yang menjaga semangat saya berkontribusi terhadap industri animasi, komik, dan lainnya.

06-faza-meonk

Sumber: Liputan6

Challenge kali ini punya 5 genre berbeda. Genre mana yang menarik buat kamu, dan apa alasannya?

Genre Horror selalu menarik bagi saya karena menurut saya cara mengkomunikasikan cerita horror di komik gampang-gampang susah. Saya selalu menunggu-nunggu komikus yang bisa bereksperimen di genre Horror ini.

Selain itu tentunya genre komedi yang punya tantangan tersendiri karena komik komedi di Indonesia cukup banyak, sehingga saya selalu mengapresiasi komik-komik genre komedi yang bisa tampil beda.

Apa harapan kamu dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Harapan saya tentunya lewat CIAYO Comics Challenge, bermunculan talenta-talenta baru yang dapat menambah keragaman komik indonesia.

07-faza-meonk

Sumber: Bintang

Punya pesan-pesan untuk para challenger CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Selain skill, persiapkan mental dan attitude dengan baik bila ingin terjun ke industri komik. Semangat, CIAYO Comics Challenge bisa dijadikan pintu gerbang untuk masuk industri ini!


Itu dia wawancara bersama Faza Meonk. Tetap pantau CIAYO Blog karena masih ada wawancara bersama juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3 lainnya!

Setelah membaca chit-chat dengan Faza barusan, apa kamu siap untuk menyajikan komik Rediscover kamu untuk dilihat dunia? Jadilah challenger di CIAYO Comics Challenge Vol. 3 dengan mensubmit komik kamu ke submit.ciayo.com! Tutorial cara submit komik bisa kamu baca di sini.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

(www.blmangafest.com)

Rumah Animasi Budi Luhur, Pelopor “Budi Luhur Manga Fest 2017”

Bro sis yang suka manga, Budi Luhur mengadakan Manga Festival 2017. Ini adalah kompetisi membuat manga online. Ada apa a.. more

Mas Is, Teh Alti, dan Kang Ario di event Anime Matsuri (CIAYO Pictures)

Bagaimana Perkembangan Industri Komik Indonesia di Tahun 2018? Yuk, Simak Pendapat Para Kreator!

Perkembangan industri komik di Indonesia terus berkembang tiap tahunnya. Bagaimana perkembangan indutri komik Indonesia .. more

Astro Boy dan Osamu Tezuka (dailygeekshow.com)

Osamu Tezuka, “The Godfather Of Manga”

Sebagai pecinta komik sejati, Kamu perlu kenalan sama seorang sensei yang keren banget. Siapa dia? Tidak lain dan tidak .. more

(CIAYO Pictures)

Volt dan Setan Jalanan Menyerbu CIAYO Comics

Bro sis udah pernah denger Volt sama Setan Jalanan belom? Kalo yang ngikutin karya-karya dari Skylar Comics atau Frank K.. more

Franchise science fiction terpopuler. Sumber gambar: en.wikipedia.org

Trilogi Berikutnya Dari Star Wars Tidak Lagi Soal Skywalker?

Star Wars tanpa Skywalker? Will it work?.. more