Know Your Judges #1: Fajar Ghosty

3 months ago

Setelah penantian lama, CIAYO Comics Challenge Vol. 3 sudah dimulai! Para challenger sudah mulai melakukan submisi komik mereka dengan tema Rediscover. Memperebutkan hadiah lebih dari 450 juta Rupiah, para challenger mengerahkan seluruh kemampuan mereka untuk memenangkan challenge ini. Apa kamu salah satunya?

Seluruh komik submisi challenger akan melalui proses kurasi dari editor CIAYO Comics, serta penjurian dari para komikus terkenal Indonesia loh! Mereka adalah Faza Meonk, Sweta Kartika, Archie The Red Cat, Fajar Ghosty, Imansyah Lubis, dan Adel Maghfirare.

01-fajar-ghosty

Sumber: Joypixel

Dalam kesempatan kali ini, yuk kita mengenal lebih dekat para juri kita dalam Know Your Judges. Minggu ini, kita bakal kenalan dengan Fajar Ghosty. Fajar adalah komikus dari serial GHOSTY’s COMIC yang populer di media sosial. Komik buatannya menarik karena memiliki ilustrasi sederhana, serta mengangkat tema dunia perhobian. Kesuksesan GHOSTY’s COMIC pun menjalar ke media fisik – seperti dua buku kompilasi, berbagai merchandise, hingga board game!

Tanpa basa-basi lagi, yuk kita simak obrolan CIAYO Blog dengan Fajar Ghosty; tentang CIAYO Comics Challenge Vol. 3, dan arti Rediscover baginya.

02-fajar-ghosty

Sumber: Manikmaya Games

Bagaimana perasaan kamu terpilih sebagai juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Pertama mungkin bingung ya, kenapa author komik toples kue yang kerjanya buang duit terus ini bisa jadi juri salah satu kompetisi komik terbesar di Indonesia. Tapi setelah itu tentunya saya merasa sangat bangga dan terhormat dapat berpartisipasi sebagai juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3 ini. Saya mungkin belum punya pengalaman sebanyak juri-juri lainnya, tapi saya tetap akan beusaha semaksimal mungkin dalam peran sebagai juri ini.

Faktor apa saja yang jadi pertimbangan kamu dalam menilai sebuah komik/karya?

Bagi saya, yang paling penting dalam sebuah karya adalah kemampuan karya tersebut untuk menarik engagement dari sayaMaksudnya adalah karya tersebut dapat langsung menarik perhatian saya untuk membaca atau berinteraksi lebih lanjut. Bisa dari segi gambar, segi cerita, world building, atau kombinasi dari hal-hal tersebut yang dapat membuat saya berpikir, “Wah, ini sangat menarik, saya ingin baca lebih lanjut.” Mungkin sedikit ambigu, tapi jika teman-teman suka baca komik dan punya komik favorit yang selalu teman-teman tunggu episode selanjutnya, teman-teman pasti mengerti apa yang saya maksud.

Selain itu tentunya hal-hal teknis seperti kerapian dari gambar (tidak perlu bagus banget, yang penting mudah dan nikmat untuk dilihat), alur dialog, desain karakter, dan plot yang mudah diikuti. Memang banyak, tapi tidak usah khawatir, fokuskan saja untuk membuat komik terbaik sesuai kemampuan dan keinginan teman-teman.

Menurut kamu, apa kualitas/sifat yang harus dimiliki para challenger untuk jadi juara CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Yang selalu saya tekankan kepada teman-teman sesama artist yang saya temui adalah “Be professional.” Jadilah seorang challenger yang percaya diri namun tetap rendah hati. Hargai penilaian dari juri, karena kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk bersikap adil dan menilai karya-karya teman-teman secara imbang.

Lalu tetap semangat mempersembahkan karya terbaik teman-teman dari awal hingga akhir, agar konsisten dan usaha teman-teman tidak disesali.

03-fajar-ghosty

Sumber: Kaori Nusantara

Apa sih, arti “Rediscover” menurut kamu?

Arti “Rediscover” bagi saya adalah menemukan kembali tujuan saya untuk menekuni apa yang saya geluti pada profesi saya. Sebagai komikus, ini berarti mengingat kembali apa yang membuat kita semangat untuk membuat komik dan untuk siapa saja komik itu dibuat, apakah untuk diri sendiri, untuk para pembaca, untuk teman-teman dekat, atau lainnya. Dengan itu, kita akan selalu melangkah maju dan berkembang untuk mengejar tujuan tersebut.

Apa pengalaman “Rediscover” yang pernah kamu hadapi?

Dulu saya pernah galau, karena komik saya sendiri topik utamanya bersifat segmented (dunia perkhilafan), jadi sulit sekali untuk menembus khalayak publik. Ditambah dengan rasa panas terhadap komik-komik lain yang jauh lebih sukses karena topiknya yang mudah diterima banyak orang, saya pernah berpikir untuk melepas topik tersebut dan berpindah ke topik yang lebih umum.

Tapi setelah dipikir-pikir lagi, saya ingat tujuan pertama saya untuk mengembangkan komik saya, yaitu untuk menjadi suara bagi para hobbyist dan tukang khilaf, dan itulah yang membuat komik saya dikenal dan disukai selama ini. Sejak saat itu saya sudah tidak pernah berpikir untuk melepas tema perkhilafan sebagai topik utama dari komik saya.

04-fajar-ghosty

Sumber: GHOSTY’s COMIC

Challenge kali ini punya 5 genre berbeda. Genre mana yang menarik buat kamu, dan apa alasannya?

Pastinya yang paling menarik bagi saya adalah komedi, karena saya sendiri berkecimpung dalam dunia komedi. Saya juga sangat menghormati orang-orang yang mendedikasikan karyanya untuk membuat orang lain tertawa dan menghilangkan emosi-emosi negatif secara bersamaan.

Saya juga ingin melihat sebagaimana kreatifnya para challenger dalam mengeksekusi berbagai teknik komedi, seperti membangun buildup dan punchline, menggunakan berbagai jenis joke seperti slapstickself-referential, black comedy, dan sebagainya. Yang pasti saya akan siap-siap untuk tertawa.

Selain itu saya tertarik juga dengan komik fantasi yang memiliki aspek world building yang luas dan detil, karena saya sendiri merupakan penikmat lore dan selalu penasaran dengan hal-hal kecil yang muncul dalam sebuah komik.

05 fajar ghosty

Sumber: Wikiba Asia

Apa harapan kamu dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Harapan saya tentunya menemukan karya-karya yang unik dan engaging, serta memiliki potensi yang sangat banyak. Saya berharap para challenger untuk semangat dan memberikan 100% usaha untuk membuat karya terbaik dan menarik. Semakin banyak komik, semakin tinggi juga harapan industri komik untuk semakin berkembang ke depannya.

Punya pesan-pesan untuk para challenger CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Keep going, give your all, be humble, dan jangan lupa makan teratur setiap harinya.


Nantikan wawancara lainnya bersama juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3 di lain waktu!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: FilmBuffOnline

Steven Spielberg Akan Terlibat Di Film DC Comics; Tapi Tidak Seperti yang Dibayangkan

Untuk fans ataupun yang mengikuti karir perfilman Steven Spielberg tentu menyadari kalau ada dua tema besar yang boleh d.. more

Logo internasional game sepakbola ciptaan Konami Jepang. Sumber gambar: game-debate.com

Winning Eleven/Pro Evolution Soccer: Game Wajib Sejuta Umat Gamers PS Indonesia

Rasanya tidak akan ada yang komplain jika dikatakan kalau game sepakbola Winning Eleven/WE (atau dalam judul internasion.. more

00-ultra-space-battle-brawl

Ultra Space Battle Brawl Jadi Salah Satu Game Indonesia Pertama Yang Hadir di Switch

Toge Productions merilis game Mojiken Studio berjudul Ultra Space Battle Brawl yang sekarang bisa dibeli untuk Nintendo .. more

(from : wccftech.com)

Visceral Games Ditutup, Proyek Game Star Wars Tetap Jalan

Electronic Arts (EA) telah menutup studio Visceral Games-nya dan membuat perubahan besar pada proyek Star Wars, khususny.. more

00-d-ennichisai-2018

Ennichisai 2018 Peringati 60 Tahun Hubungan Jepang-Indonesia

Event Jejepangan terbesar Ennichisai kembali lagi. Ennichisai 2018 diadakan memperingati 60 tahun hubungan Jepang dan In.. more