Know Your Judges #3: Adel Maghfirare

5 months ago
00-d-adel-maghfirare

Sudah tiga minggu loh, sejak CIAYO Comics Challenge Vol. 3 berjalan. Semakin banyak challenger yang mulai mensubmit komik bertema Rediscover mereka. Ada pula challenger yang lagi memikirkan konsep komik yang akan mereka submit selanjutnya. Tapi, ada juga challenger yang belum submit apa-apa. Kamu challenger yang mana?

Baca Juga: Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

Kalau kamu masih belum sempat submit komik ke CIAYO Comics Challenge Vol. 3, jangan panik karena kamu masih bisa mensubmit komik kamu sampai tanggal 8 November 2018. Tapi ingat, orang bijak pernah berkata, “Aku menunda, maka deadline ada.” Jadi sebaiknya jangan ditunda lebih lama lagi!

Seperti minggu-minggu sebelumnya, minggu ini kita masih akan kenalan dengan juri-juri di CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Tapi… ada yang sedikit berbeda. Apakah itu? Nggak ding, masih sama. Tapi kalau minggu sebelumnya kita sudah kenalan dengan beberapa juri cowok, di minggu ini gilirannya juri cewek. Perkenalkan juri yang akan kita ajak ngobrol minggu ini: Adel Maghfirare!

Baca Juga: Know Your Judges #1: Fajar Ghosty

Baca Juga: Know Your Judges #2: Faza Meonk

maghfirare - selfie

Sumber: Adel Maghfirare

Muda, kreatif, cantik dan independen (100 persen!). Adel sudah populer lewat komik strip Maghfirare yang ia terbitkan sendiri lewat Facebook. Komik-komiknya menelisik dinamika anak muda dalam nuansa komedi. Adel mengangkat tema kegalauan anak muda tentang sekolah, persahabatan, dan percintaan. Kemudian disajikan dalam sudut pandang humor yang lepas pakem dan nggak jaim.

maghfirare - komik strip

Sumber: Adel Maghfirare

Makin penasaran kan sama juri kita yang satu ini? Di artikel Know Your Judges kali ini, kita akan mengupas tuntas sosok Adel Maghfirare. Mulai dari pandangannya tentang seorang komikus yang baik sampai cerita Rediscover miliknya. Markicus, mari kita cus!

Know Your Judges #3: Adel Maghfirare

maghfirare - foto

Sumber: Adel Maghfirare

Bagaimana perasaan kamu terpilih sebagai juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Jujur aja aku nggak nyangka ya, soalnya waktu ditawari jadi juri obrolannya bener-bener sebercanda itu, “Del, mau jadi juri CIAYO Comics Challenge ga?” Terus aku jawab, “Wah? Boleh-boleh.” Terus tahunya beneran, hahahaha. Tapi aku senang banget sih, sungguh sebuah kehormatan buat aku untuk terpilih menjadi juri dari ajang bergengsi ini.

Faktor apa saja yang jadi pertimbangan kamu dalam menilai sebuah komik/karya?

Kalau bicara soal komik, yang pertama aku lihat tentu saja segi visualnya. Buatku, gambar yg bagus adalah gambar yang ‘eye-catching.’ Nggak harus gambar dengan proporsi sempurna, background realistis, atau warna complex yang bisa aku bilang ‘eye-catching,’ melainkan gambar yang memiliki keseimbangan antara simplicity dan complexity di dalamnya.

Baru yang kedua adalah cerita. Aku menyukai cerita yang memliki sense of reality, atau gampangnya realistis. Realistis dalam arti, segala situasi, kejadian, konflik, dan perasaan yang tertuang dalam cerita tersebut dapat kita rasakan sepenuhnya, karena memang sesuai dengan realita. Cerita dengan tokoh yang tidak hanya ‘hitam’ atau ‘putih,’ alur yang natural dan tidak terburu buru, juga konflik yang sewajarnya, adalah tipe cerita favoritku.

Karya yg memiliki segala aspek yang aku sebutkan di atas contohnya adalah Oyasumi Punpun karya Asano Inio, Spirit Fingers karya Kyoungchal Han, dan Strobe Edge karya Sakisaka Io. Tapi seperti apapun komik kalian akan aku baca kok, karena emang aku suka komik aja pada dasarnya, hahahaha.

maghfirare - strip komik adel

Sumber: Adel Maghfirare

Menurut kamu, apa kualitas/sifat yang harus dimiliki para challenger untuk jadi juara CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

  1. Rendah hati

Rendah hati dalam artian dia harus percaya diri akan karyanya, namun tidak sampai ‘mendewakan’ dirinya. Dia harus bisa menghormati pesaingnya, juga dirinya sendiri.

  1. Optimis namun realistis

Berkarya sebaik mungkin dan harapkan yang terbaik. Kalau kata pepatah mah, “usaha keras tidak akan mengkhianati.” Namun jangan putus asa kalau tidak mendapat hasil yang terbaik, mungkin usahamu sebelumnya belum 100%.

  1. Sabar

Sabar adalah kunci untuk berkarya di platform digital. Berkarya di dunia maya memungkinkan kita untuk berinteraksi langsung dengan pembaca. Segala komentar dari pembaca bisa langsung kita baca dan tanggapi. Nah, karena sabar itu penting, jangan sampai image kita hancur cuma karna kepancing emosi. Jangan pedulikan komentar orang dan terus berkarya.

maghfirare - gambar

Sumber: Adel Maghfirare

Apa sih, arti “Rediscover” menurut kamu?

Rediscover menurutku adalah menemukan kembali sesuatu yang hilang, mengingat kembali sesuatu yang penting, menemukan kembali tujuan yang terlupakan. Tema yang sangat menarik dan emosional, aku nggak sabar liat karya luar biasa teman-teman yang mengulik tema ini.

Apa pengalaman “Rediscover” yang pernah kamu hadapi?

Aku besar di keluarga yang tidak terlalu kaya, semakin besar aku menyadari bahwa aku harus bekerja keras agar hidupku dan keluargaku menjadi lebih baik. Cita-cita masa kecilku untuk menjadi komikus aku lupakan karena kurasa profesi itu tidak menjanjikan masa depan untukku.

Hingga suatu hari aku mulai membuat komik lagi atas saran temanku. Awalnya iseng sih, komiknya pun komik strip komedi yang aku upload di Instagram. Tak disangka-sangka komikku disukai banyak orang dan aku mulai dikenal banyak orang. Rejeki pun datang sendiri tanpa harus aku cari.

Disitu aku tersadar bahwa menjalani sesuatu yang aku cintai memang semenyenangkan itu buatku. Cita-cita masa kecilku pun terwujud tanpa aku sadari. Keputusanku untuk berkarya lagi hari itu tidak akan pernah aku sesali. Itulah pengalaman Rediscover aku. Rada drama ya, hahahaha.

maghfirare - nulis

Sumber: Adel Maghfirare

Challenge kali ini punya 5 genre berbeda. Genre mana yang menarik buat kamu, dan apa alasannya?

Romance dan Comedy. Romance mungkin genre paling umum untuk dibuat, tapi untuk membuat cerita romance yang bagus tidaklah semudah keliatannya. Romance dengan chemistry kuat antar dua tokoh utama, konflik yang unik, dan bumbu-bumbu manis yang membuat hati deg-degan, aku rasa nggak gampang untuk membuat cerita dengan spesifikasi seperti itu.

Lalu comedy. Sama dengan romance, comedy juga sudah jadi genre yang umum untuk dibuat. Salah eksekusi aja, cerita yang harusnya lucu bisa jadi garing lho. Karena itu aku pengen tau temen-temen challenger bisa ngga ya bikin komik komedi yg anti mainstream dan bikin ngakak?

Apa harapan kamu dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Aku menantikan karya luar biasa dari teman-teman yang mengikuti challenge ini. Dengan berbagai genre yang ada, aku harap bisa menarik lebih banyak minat masyarakat Indonesia untuk membaca komik-komik CIAYO. Dan siapapun yg menang nantinya, aku harap dia bisa terus berkarya dan berjuang bersama komikus lainnya untuk memajukan perkembangan industri komik di Indonesia.

maghfirare - foto bersama

Sumber: Adel Maghfirare

Punya pesan-pesan untuk para challenger CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Surprise us! Tunjukkan kami karya-karya keren yang gak pernah ada sebelumnya. Berusahalah dengan 100% kemampuan agar hasil yang datang padamu 100% juga. Semangat terus dan jangan cepat down ya.


Itu dia wawancara bersama Adel Maghfirare. Sukses terus ya! Pantau terus CIAYO Blog karena masih ada wawancara bersama juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3 lainnya! 

Baca Juga: Ini Dia Hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Untuk Para Pemenang!

Baca Juga: Siap Ikut CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Baca Dulu Aturan Mainnya!

Baca Juga: Ini Dia Cara Submit Komik Ke CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 memperebutkan total hadiah 450 juta Rupiah. Ciptakan komik Rediscover-mu dan dapatkan hadiah pen tablet, komputer laptop, konsol game, dan sepeda motor!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

CIAYO Comics

Mengenal Oryza, Sosok Wanita Tangguh di Balik Consilium

Bro sis pasti udah gak asing sama film “Transformers” kan? Apalagi untuk penggemar adegan action atau genre sci−fi.. more

(Sumber: wildheartwithasoftspot)

Kepercayaan dan Mitos Kebudayaan Jepang yang Patut Kamu Ketahui

Pernah nonton film ‘Memoirs of Geisha’ ? Yap, film yang berkisah tentang Geisha ini memang sangat menyentuh dan mem.. more

Doujin ero Naruto. Sumber gambar: stikyfinkaz-003.deviantart.com

Trend Doujin Ero Dari Manga Yang Bukan Ero

Trend doujin bernuansa erotis dari manga yang bukan erotis semakin tahun terlihat semakin marak tanpa ada tanda-tanda ak.. more

Sumber gambar: wibw.com

Akan Ada 10 Sekuel Film Yang Akan Rilis Di 2018!

Berikut beberapa film-film sekuel yang akan muncul di bioskop-bioskop dunia di tahun 2018 ini... more

Omotenashi, Sumber: japantimes.co.jp

Omotenashi, Pelayanan Ramah-Tamah ‘Plus-Plus’ di Jepang

Omotenashi. Jepang dikenal sebagai negara dengan pelayanan pelanggan terbaik, termasuk pelayanan terhadap turis yang da.. more