Know Your Judges #4: Sweta Kartika

3 weeks ago
00-d-sweta-kartika

Nggak kerasa sudah 1 bulan CIAYO Comics Challenge Vol. 3 berjalan. Kita sudah memasuki bulan Mei, yang artinya komik-komik submisi para challenger akan segera tayang di website dan app CIAYO Comics! Gimana? Gak sabar kan, nunggu tanggal 8 Mei nanti? Sama dong.

Buat para challenger yang belum mensubmit komiknya, nggak usah takut terlambat karena kalian masih bisa submit komik setelah tanggal 8 Mei. Submisi komik CIAYO Comics Challenge Vol. 3 dibuka sampai tanggal 8 November 2018. Waktunya masih cukup banyak untuk nyiapin komik bertema Rediscover kamu.

Nah, di Know Your Judges minggu ini, kita punya juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3 lain yang bakal kita ajak ngobrol-ngobrol seru. Orangnya masih sama kece dengan juri-juri sebelumnya, plus orangnya juga aktif banget menelurkan komik karyanya sendiri. Apalagi komik-komik bikinannya keren-keren banget! Siapa lagi kalau bukan Sweta Kartika!

01-sweta-kartika

Sumber: CIAYO Pictures

Lulusan S2 FSRD ITB ini punya banyak banget komik yang dia ciptakan dalam berbagai media dan platform. Mengandalkan kerajinan dan kedisiplinan, Sweta Kartika mampu merilis berbagai judul komik dengan konsisten. Kata hiatus dan capek nggak ada dalam kamusnya! Perlu disebutkan lagi komik apa saja yang lahir dari tangan Sweta? The Dreamcatchers, Wanara, Nusa V, dan last but not least, Grey & Jingga!

02-sweta-kartika

Sumber: Ziliun

Kisah romansa antara dua orang dengan sifat kontras layaknya langit siang dan malam ini berhasil menyihir para pecinta komik karena chemistry karakter dan nuansa melankolis nan puitisnya. Kesuksesan Grey & Jingga pun bersambung dengan lahirnya komik sekuel, prekuel, spinoff, dan bahkan ada album musik dan serial kartunnya sendiri! Kamu juga bisa membaca salah satu spinoff Grey & Jingga, Lovebirds Diary di CIAYO Comics, loh!

Yuk, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai chit-chat bersama Sweta Kartika. Apa sih arti Rediscover baginya? Dan apa tips-trik dari Sweta untuk bisa menjuarai CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Mari disimak!

03-sweta-kartika

Sumber: Tempo

Bagaimana perasaan kamu terpilih sebagai juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Saya merasa bangga kembali dilibatkan sebagai anggota dewan juri. Keuntungan tersendiri bisa membaca komik-komik keren yang masuk ke meja submisi.

Faktor apa saja yang jadi pertimbangan kamu dalam menilai sebuah komik/karya?

Saya mencoba fokus pada cara tutur dan kedalaman nilai pada sebuah komik. Dua faktor itu bagi saya adalah penentu sebuah komik akan berkesan atau tidak.

Menurut kamu, apa kualitas/sifat yang harus dimiliki para challenger untuk jadi juara CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Semangat berbagi dan semangat berkarya.

04-sweta-kartika

Sumber: KAORI Nusantara

Apa sih, arti “Rediscover” menurut kamu?

Selama ini kita hidup dalam sebuah tata nilai yang sering kita terima begitu saja tanpa mau mendalami maknanya terlebih dahulu. Seharusnya, jika kita bertemu satu tata nilai yang dirasa tidak lagi relevan atau perlu dibenahi dan disesuaikan, hendaknya kita menelaah kembali substansi di belakangnya. Ini yang saya pahami dari konsep “Rediscover.”

Untuk mencapai penemuan inti tersebut, seorang komikus harus punya daya riset dan sifat kritis juga cerdas pada saat yang bersamaan. Akan terlihat nanti pada karya yang dibuat, siapa yang benar-benar paham konsep “Rediscover” ini.

Apa pengalaman “Rediscover” yang pernah kamu hadapi?

Menemukan inti dari komik itu sendiri. Selama ini, komik masih banyak diperdebatkan di bagian permukaannya saja, seperti meributkan style gambar atau meributkan target pembaca komik. Padahal, kalau mau me-rediscover, komik hakikatnya hanyalah “media penyampai konten”. Dia sama tinggi dengan film, game, animasi, atau novel. Yang membedakan calon pembaca komik itu tergantung pada kontennya.

Hal ini yang gagal dipahami. Makanya banyak yang ingin jadi komikus tapi hanya sibuk belajar menggambar ala manga Jepang, tapi mengabaikan belajar tulis-menulis dan storytelling. Ini terjadi karena komik sebagai media masih diterima secara mentah tanpa mau mencari kembali substansi dari komik itu sendiri.

Mas Sweta Kartika di event Mangafest 2017 (CIAYO Pictures)

Sumber: CIAYO Pictures

Challenge kali ini punya 5 genre berbeda. Genre mana yang menarik buat kamu, dan apa alasannya?

Aksi. Karena saya merasa dengan komik aksi itulah saya bisa melihat kekerenan adegan dan karakter.

Apa harapan kamu dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Baca komik submisi yang membuat saya kagum.

Punya pesan-pesan untuk para challenger CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Bikin komik sekeren mungkin, jangan bikin komik supaya dibilang “keren.”


Itu dia bincang-bincang cantik bersama Sweta Kartika. Adakah pesan-pesan yang bisa kamu ambil hikmahnya? Pastinya dong. Jangan lupa untuk menerapkannya di komik kamu, dan pantau terus CIAYO Blog tiap minggunya karena masih ada chit-chat bersama para juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 memperebutkan total hadiah 450 juta Rupiah. Ciptakan komik Rediscover-mu dan dapatkan hadiah pen tablet, komputer laptop, konsol game, dan sepeda motor! Baca peraturannya di sini, dan tata cara submisi komik di sini.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber: Instagram

Ditta Amelia, Penulis Blue Serenade, Komik Romantis yang Sanggup Bikin Hati Kamu Berceceran

Kata siapa membuat komik harus pintar gambar? Di CIAYO Comics, kamu bisa bikin komik sesuai keinginan kamu tanpa harus p.. more

Yayoi Kusama. (Sumber: highsnobiety)

Yayoi Kusama: Polkadot Queen Asal Jepang yang Mendunia

Kalau kamu dengar nama Yayoi Kusama, pasti teringat dengan polkadot. Yap, seniman asal Jepang ini termasuk sebagai salah.. more

(Source : animenewsnetwork.com)

Crayon Shinchan Akan Berkolaborasi dengan Momoiro Clover Z di Film Terbarunya!

Film yang berjudul Crayon Shinchan the Movie: Bakumori! Kung-Fu Boys Ramen Rebellion akan ditayangkan pada tanggal 13 A.. more

Member Cosuki Malang dengan kostum masing-masing

Cosuki, Basecamp-nya Cosplayer Malang

Ngoleksi kostum, gathering rutin, ikutan kompetisi, dandan pol dan pake kostum cosplay yang niat? Itulah aktivitas seru .. more

Tessa: Menjadi Komikus Bukan Panggilan Semua Orang

Tidak semua orang punya ketertarikan yang besar di bidang komik. Tapi bagi Tessa, menjadi penulis cerita komik adalah pa.. more