Know Your Judges #4: Sweta Kartika

1 year ago
00-d-sweta-kartika

Nggak kerasa sudah 1 bulan CIAYO Comics Challenge Vol. 3 berjalan. Kita sudah memasuki bulan Mei, yang artinya komik-komik submisi para challenger akan segera tayang di website dan app CIAYO Comics! Gimana? Gak sabar kan, nunggu tanggal 8 Mei nanti? Sama dong.

Baca Juga: Siap Menjajal CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Total Hadiahnya 450+ Juta Rupiah!

Buat para challenger yang belum mensubmit komiknya, nggak usah takut terlambat karena kalian masih bisa submit komik setelah tanggal 8 Mei. Submisi komik CIAYO Comics Challenge Vol. 3 dibuka sampai tanggal 8 November 2018. Waktunya masih cukup banyak untuk nyiapin komik bertema Rediscover kamu.

Baca Juga: Wajib Dicatat Challenger! Tanggal-tanggal Penting CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Nah, di Know Your Judges minggu ini, kita punya juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3 lain yang bakal kita ajak ngobrol-ngobrol seru. Orangnya masih sama kece dengan juri-juri sebelumnya, plus orangnya juga aktif banget menelurkan komik karyanya sendiri. Apalagi komik-komik bikinannya keren-keren banget! Siapa lagi kalau bukan Sweta Kartika!

Baca Juga: Know Your Judges #1: Fajar Ghosty

Baca Juga: Know Your Judges #2: Faza Meonk

Baca Juga: Know Your Judges #3: Adel Maghfirare

sweta kartika ciayo

Sumber: CIAYO Pictures

Lulusan S2 FSRD ITB ini punya banyak banget komik yang dia ciptakan dalam berbagai media dan platform. Mengandalkan kerajinan dan kedisiplinan, Sweta Kartika mampu merilis berbagai judul komik dengan konsisten. Kata hiatus dan capek nggak ada dalam kamusnya! Perlu disebutkan lagi komik apa saja yang lahir dari tangan Sweta? The Dreamcatchers, Wanara, Nusa V, dan last but not least, Grey & Jingga!

sweta kartika grey & jingga

Sumber: Ziliun

Kisah romansa antara dua orang dengan sifat kontras layaknya langit siang dan malam ini berhasil menyihir para pecinta komik karena chemistry karakter dan nuansa melankolis nan puitisnya. Kesuksesan Grey & Jingga pun bersambung dengan lahirnya komik sekuel, prekuel, spinoff, dan bahkan ada album musik dan serial kartunnya sendiri! Kamu juga bisa membaca salah satu spinoff Grey & Jingga, Lovebirds Diary di CIAYO Comics, loh!

Baca Juga: Interview Sweta Kartika: Membumi, Untuk Karya Komik Mendunia

Yuk, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai chit-chat bersama Sweta Kartika. Apa sih arti Rediscover baginya? Dan apa tips-trik dari Sweta untuk bisa menjuarai CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Mari disimak!

Know Your Judges #4: Sweta Kartika

sweta kartika pakoban

Sumber: Tempo

Bagaimana perasaan kamu terpilih sebagai juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Saya merasa bangga kembali dilibatkan sebagai anggota dewan juri. Keuntungan tersendiri bisa membaca komik-komik keren yang masuk ke meja submisi.

Faktor apa saja yang jadi pertimbangan kamu dalam menilai sebuah komik/karya?

Saya mencoba fokus pada cara tutur dan kedalaman nilai pada sebuah komik. Dua faktor itu bagi saya adalah penentu sebuah komik akan berkesan atau tidak.

Menurut kamu, apa kualitas/sifat yang harus dimiliki para challenger untuk jadi juara CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Semangat berbagi dan semangat berkarya.

sweta kartika workshop

Sumber: KAORI Nusantara

Apa sih, arti “Rediscover” menurut kamu?

Selama ini kita hidup dalam sebuah tata nilai yang sering kita terima begitu saja tanpa mau mendalami maknanya terlebih dahulu. Seharusnya, jika kita bertemu satu tata nilai yang dirasa tidak lagi relevan atau perlu dibenahi dan disesuaikan, hendaknya kita menelaah kembali substansi di belakangnya. Ini yang saya pahami dari konsep “Rediscover.”

Baca Juga: Rediscover: Inilah Maksud Dari Tema CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

Untuk mencapai penemuan inti tersebut, seorang komikus harus punya daya riset dan sifat kritis juga cerdas pada saat yang bersamaan. Akan terlihat nanti pada karya yang dibuat, siapa yang benar-benar paham konsep “Rediscover” ini.

Apa pengalaman “Rediscover” yang pernah kamu hadapi?

Menemukan inti dari komik itu sendiri. Selama ini, komik masih banyak diperdebatkan di bagian permukaannya saja, seperti meributkan style gambar atau meributkan target pembaca komik. Padahal, kalau mau me-rediscover, komik hakikatnya hanyalah “media penyampai konten”. Dia sama tinggi dengan film, game, animasi, atau novel. Yang membedakan calon pembaca komik itu tergantung pada kontennya.

Hal ini yang gagal dipahami. Makanya banyak yang ingin jadi komikus tapi hanya sibuk belajar menggambar ala manga Jepang, tapi mengabaikan belajar tulis-menulis dan storytelling. Ini terjadi karena komik sebagai media masih diterima secara mentah tanpa mau mencari kembali substansi dari komik itu sendiri.

Baca Juga: Komik Sweta Kartika, Kebanggaan Indonesia

sweta kartika tanda tangan

Sumber: CIAYO Pictures

Challenge kali ini punya 5 genre berbeda. Genre mana yang menarik buat kamu, dan apa alasannya?

Aksi. Karena saya merasa dengan komik aksi itulah saya bisa melihat kekerenan adegan dan karakter.

Apa harapan kamu dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Baca komik submisi yang membuat saya kagum.

Punya pesan-pesan untuk para challenger CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Bikin komik sekeren mungkin, jangan bikin komik supaya dibilang “keren.”


Itu dia bincang-bincang cantik bersama Sweta Kartika. Adakah pesan-pesan yang bisa kamu ambil hikmahnya? Pastinya dong. Jangan lupa untuk menerapkannya di komik kamu, dan pantau terus CIAYO Blog tiap minggunya karena masih ada chit-chat bersama para juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Baca Juga: Ini Dia Hadiah CIAYO Comics Challenge Vol. 3 Untuk Para Pemenang!

Baca Juga: Siap Ikut CIAYO Comics Challenge Vol. 3? Baca Dulu Aturan Mainnya!

Baca Juga: Ini Dia Cara Submit Komik Ke CIAYO Comics Challenge Vol. 3!

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 memperebutkan total hadiah 450 juta Rupiah. Ciptakan komik Rediscover-mu dan dapatkan hadiah pen tablet, komputer laptop, konsol game, dan sepeda motor!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Dua raksasa industri komik superheroes Amerika. Sumber gambar: medium.com

DC Comics VS Marvel Comics: Dua Tetangga Yang Jarang Akur

Kemiripan dan persamaan yang terjadi dalam komik-komik DC Comics vs Marvel Comics membentuk kubu-kubu fans garis keras y.. more

Sumber gambar: wareable.com

Smartwatch: Masihkah Mereka Relevan Untuk Dibeli?

Masihkah mereka relevan untuk dibeli saat ini?.. more

Sumber: medium.com

J-WORLD Tokyo, Indoor Theme Park Yang Wajib Di Kunjungi Oleh Para Penggemar Anime

Buat bro sis para penggemar anime maupun manga di Jepang, mending buruan nabung buat ke Jepang! Karena di sana terdapat .. more

00-steins-gate-0

Steins;Gate 0: Sekuel Yang lebih Gelap dan Menegangkan

Di Steins;Gate 0, Okabe Rintaro harus bertemu kembali dengan Makise Kurisu yang sudah mati. Kuris hidup kembali sebagai .. more

[KONTEN KHUSUS 18+] Apakah Fan Service di Anime Itu Dibutuhkan???

Pernahkah kalian mendengar istilah Fan Service di anime? Istilah ini sering muncul di forum-forum pecinta manga dan anim.. more