Know Your Judges #5: Archie the RedCat

2 months ago
00-d-archie-the-redcat

Setelah penantian satu bulan, akhirnya komik-komik buatan para challenger di CIAYO Comics Vol. 3 sudah bisa kita baca! Tinggal update aplikasi CIAYO Comics kamu, lalu tekan tab Challenge di menu utama untuk membaca komik Rediscover buatan para challenger terpilih.

05-archie-the-redcat

Sumber: CIAYO Comics

Bagi para challenger yang berhasil lolos kurasi editor, selamat dan lanjutkan komik Rediscover kalian! Para pembaca pastinya menantikan chapter terkini dari komik mini series kalian, atau bahkan komik one-shot baru. Bagi challenger yang belum lolos pun, jangan berkecil hati karena kalian masih berkesempatan untuk lolos dengan merevisi komik kalian.

Bagaimana dengan challenger yang belum sempat mensubmit komik mereka? Tenang saja, karena kesempatan submit komik untuk CIAYO Comics Challenge Vol. 3 masih terbuka lebar hingga 8 November 2018. Manfaatkan waktu panjang ini untuk menyiapkan komik terbaik kamu!

Di rubrik Know Your Judges minggu ini, kita bakal kembali kenalan dengan para juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Kali ini adalah giliran seorang komikus misterius yang nggak misterius-misterius amat sebenarnya, karena komik buatannya populer di kalangan fans komik muda dan tua. Siapakah dia? Jengjengjeng, dia adalah Archie the RedCat!

01 archie the redcat

Sumber: Archie the RedCat

Archie sudah menggambar komik di usianya yang sangat muda. Tercatat, debut profesionalnya sebagai komikus dimulai di tahun 2000 untuk sebuah majalah nasional. Sejak debutnya tersebut, sosok Archie yang lebih sering tampil sebagai sosok kucing merah ini sudah merilis puluhan komik, baik secara online maupun cetak.

Komik yang pernah dirilis Archie diantaranya adalah White Feathers, Luv, dan kompilasi Cinta Sang Fashionista. Saat ini Archie disibukkan dengan webtoon Eggnoid yang saat ini tengah memasuki season ketiganya.

Sebagai salah satu komikus veteran Indonesia, apa sih pandangan Archie tentang tema Rediscover di CIAYO Comics Challenge Vol. 3 ini? Seperti apa pula kriteria challenger sukses versi Archie? Tanpa berlama-lama, langsung simak obrolan seru dengan Archie the RedCat berikut ini!

02-archie-the-redcat

Sumber: Archie the RedCat

Bagaimana perasaan kamu terpilih sebagai juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Saya merasa terhormat dan berterimaksih atas kepercayaan yang diberikan oleh pihak CIAYO Comics, sehingga saya diminta menjadi juri lagi untuk CIAYO Comics Challenge Vol. 3.

Faktor apa saja yang jadi pertimbangan kamu dalam menilai sebuah komik/karya?

Yang paling saya perhatikan dari sebuah webtoon adalah keterbacaanya. Sekarang ini banyak komikus yang hebat dan mepunyai skill yang keren dalam membuat komik, tapi keterbacaan cerita lah yang membuat sebuah komik istimewa.

Keterbacaan yang saya maksud artinya dimana sebuah komik nyaman dibaca atau nggak, membuat pembaca ikut masuk ke dalam cerita dan alurnya, menyampaikan maksud dan cerita dengan baik kepada pembaca, dan mudah dimengerti isinya. Itulah yang saya nilai dalam sebuah komik/webtoon.

Menurut kamu, apa kualitas/sifat yang harus dimiliki para challenger untuk jadi juara CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Kedisiplinan yang tinggi untuk bisa terus update tepat waktu, dan ketahanan untuk menjaga kualitas webtoon/komik tetap stabil. Jangan awal-awal bagus, tapi keteteran di akhir.

03-archie-the-redcat

Sumber: Sandra and Woo

Apa sih, arti “Rediscover” menurut kamu?

Rediscover berasal dari bahasa Inggris yang artinya menemukan kembali. Kadang kadang seorang artist memiliki banyak keinginan, ide, dan project sampai kadang beralih dari satu hal kesatu lainya dengan cepat. Ada hal hal yang kadang terlupakan dan terlantar di masa lalu. Rediscover menyorot pada hal tersebut, menemukan kembali hal hal yang dulu terlupakan, dan memolesnya kembali menjadi lebih baik.

Apa pengalaman “Rediscover” yang pernah kamu hadapi?

Ada banyak pengalaman soal ini, terutama karena saya tidak pernah menghapus data gambar WIP yang saya kerjakan dan terlantar, atau komik-komik yang dulu tidak selesai pun masih saya simpan.

Madeg, buntu, artblock adalah hal yang wajar, tidak apa apa. Menunda atau meninggalkan sebuah project yang buntu, dan nanti suatu saat ketika skill dan mental sudah bertambah, kembali lagi untuk menyelesaikan hal hal tersebut.

04-archie-the-redcat

Sumber: Archie the RedCat

Challenge kali ini punya 5 genre berbeda. Genre mana yang menarik buat kamu, dan apa alasannya?

Semua genre mempunyai daya tarik dan kekuatannya masing masing, saya akan sangat tertarik untuk melihat para peserta tampil dengan karya-karya yang menakjubkan di berbagai genre. Apapun genrenya, yang penting enak dibaca.

Apa harapan kamu dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Muncul karya karya luar biasa dari peserta yang bisa disukai oleh pembaca dari berbagai macam kalangan. Bukan hanya sekedar menghibur, tapi menyampaikan hal-hal kecil dalam hidup yang terlewat dan kurang dihargai, sehingga ketika pembaca menikmati karya tersebut akan terpengaruh ke arah yang positif dalam kehidupan nyata mereka, sehingga menjadi pribadi yang lebih baik.

Punya pesan-pesan untuk para challenger CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Semoga challenger bisa tetap semangat dan mengikuti challenge ini dengan hati gembira, dan dengan niat untuk menambah skill serta pengalaman. Hadiah di ujung jalan memang bisa menjadi motivasi, tetapi proses menuju kesana lebih penting. Have fun and keep smiling, semangat!


Itu dia chit-chat bersama Archie the RedCat. Pastinya pesan-pesan darinya berguna banget buat kamu yang ingin sukses dalam jagat perkomikan. Iya nggak? Stay tune terus di CIAYO Blog karena masih ada satu juri lagi yang bakal kita kepoin tentang CIAYO Comics Challenge Vol. 3.

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 memperebutkan total hadiah 450 juta Rupiah. Ciptakan komik Rediscover-mu dan dapatkan hadiah pen tablet, komputer laptop, konsol game, dan sepeda motor! Baca peraturannya di sini, dan tata cara submisi komik di sini.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Chammyland - CIAYO Comics

Kangen Nggak Sama Coco, Chips, dan Crocket?

Hi Guys! Masih inget nggak sama Coco, Chips, dan Crocket? Yuk, kita inget-inget lagi karakter Coco, Chips, dan Crocket i.. more

(Sumber: www.ciayo.com)

Payung: Komik Viral yang Bikin Mewek

Hi guys! masih inget nggak sama komik Payung? Komik oneshot bikinan Thoma Prayoga ini adalah salah satu oneshot pertama .. more

00-d-ennichisai-2018

Ennichisai 2018 Peringati 60 Tahun Hubungan Jepang-Indonesia

Event Jejepangan terbesar Ennichisai kembali lagi. Ennichisai 2018 diadakan memperingati 60 tahun hubungan Jepang dan In.. more

Sumber: Glyphs.Co

Kerja Bareng Studio Ghibli Katanya Mirip Skripsi

Salah dikit langsung dicoret-coret. Kayak skripsi ya?.. more

Little Smile: Sebuah Komik Tentang Dilema Keluarga Jaman Sekarang

Bro sis ada yang uda pernah baca komik berjudul “Little Smile” ? Komik one shot menyentuh hati ini sempat viral di m.. more