Know Your Judges #6: Imansyah Lubis

1 week ago
Sumber: CIAYO Comics

Sudah satu minggu nih, sejak komik-komik para challenger CIAYO Comics Challenge Vol. 3 terbit. Kembali mengingatkan, kamu bisa membaca komik Mini Series dan One-shot para challenger lewat aplikasi CIAYO Comics yang bisa kamu dapetin di Google Play dan Apple App Store. Jangan lupa untuk update ke versi terbaru ya!

Kembali mengingatkan, masa submisi komik untuk CIAYO Comics Challenge Vol. 3 masih terbuka lebar hingga 8 November 2018. Manfaatkan waktu panjang ini untuk menyiapkan komik terbaik kamu dengan tema Rediscover!

Meski demikian, sayangnya rubrik Know Your Judges akan usai di minggu ini. Tapi jangan keburu sedih, karena biasanya yang terbaik selalu disimpan buat penghujung acara. Tanpa basa-basi lagi, ini dia juri ke-enam CIAYO Comics Challenge Vol. 3, Imansyah Lubis!

Sumber: Imansyah Lubis

Sumber: Imansyah Lubis

Kamu belum pernah dengar nama Imansyah Lubis? Katro ih! Tapi nggak apa-apa, karena beliau lebih suka bergerak di balik layar dunia komik Indonesia. Imansyah Lubis merupakan penggagas media jurnalistik komik Comicrewyuk, organizer Pasar Komik Bandung, serta sekjen dari Asosiasi Komik Indonesia.

Saat ini beliau cukup disibukkan dengan peran sentral di BumiLangit, rumah baru bagi karakter superhero klasik Indonesia. Selain menjadi editor komik Aquanus, ia juga tengah disibukkan dengan proyek film Gundala yang akan segera diproduksi! Kurang keren apa lagi coba?

Nah, dengan segala pengalaman dan ekspertisenya di balik layar komik Indonesia, apa saja sih skill yang harus dimiliki komikus menurut seorang Imansyah Lubis? Apa pula pendapatnya tentang tema challenge Rediscover? Langsung saja simak di sini!

Sumber: Imansyah Lubis

Sumber: Imansyah Lubis

 

Bagaimana perasaan kamu terpilih sebagai juri CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Terus terang kaget juga, karena tadinya saya pikir juri CIAYO Comics Challenge harus berprofesi sebagai komikus juga. Setelahnya, merasa terhormat atas kepercayaannya.

Faktor apa saja yang jadi pertimbangan kamu dalam menilai sebuah komik/karya?

Untuk komik, tentu saja tata tutur visual/visual story telling. Biar bagaimanapun kerennya visualisasi sebuah karya, jika konstruksi dramatiknya tidak tertata dengan rapih tentu saja akan mengurangi kenikmatan membaca. Akibatnya, bisa mengurangi engagement dengan pembaca.

Untuk submisi One-shot, tentu saja penyampaian yang singkat, padat, dan jelas menjadi penting. Sebuah cerita yang sederhana bisa jadi sangat menarik bila disampaikan dengan baik secara visual.

Menurut kamu, apa kualitas/sifat yang harus dimiliki para challenger untuk jadi juara CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Professional working attitude sebelum, selama, dan sesudah mengikuti lomba. Percuma punya skill melangit tanpa attitude yang membumi. Hormati keputusan dewan juri: menang tidak perlu sombong, kalah tidak perlu jadi drama king/queen. Ajang ini bukan tujuan akhir, tapi sebagai salah satu bagian dari proses berkarya secara keseluruhan untuk senantiasa menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sumber: Imansyah Lubis

Sumber: Imansyah Lubis

Apa sih, arti “Rediscover” menurut kamu?

Introspeksi dan retrospeksi secara bersamaan dan berkesinambungan. Meninjau kembali apa yang sudah terjadi seumur hidup kita, mengenali kelebihan dan kekurangan diri, serta bagaimana hal-hal tersebut membentuk karakter kita saat ini. Pada akhirnya, kita akan ‘menemukan kembali’ kesejatian kita dan apa yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kualitas diri di masa depan.

Apa pengalaman “Rediscover” yang pernah kamu hadapi?

Setelah berkarir di bidang sumber daya manusia, teknologi informasi, pendidikan tinggi, agensi periklanan, penulisan, dll… akhirnya kembali ke dunia yang saya anggap menjadi ‘fitrah’ saya: dunia komik. Walau saat ini lebih banyak berkecimpung dalam produksi film, namun dunia komik akan selalu menjadi tempat kembali yang dinamis dan menyenangkan.

Sumber: Imansyah Lubis

Sumber: Imansyah Lubis

Challenge kali ini punya 5 genre berbeda. Genre mana yang menarik buat kamu, dan apa alasannya?

Humor! Orang seringkali meremehkan genre ini, dan beranggapan bahwa genre humor adalah jalan pintas untuk cepat menjadi seorang superstar. Tentu saja hal ini keliru, karena tidak ada cara instan untuk menjadi ‘hebat’. Humor adalah sesuatu yang serius, dan ini seringkali tidak disadari sehingga kreator terjebak dalam situasi sok asyik sendiri. Saya berharap mendapatkan hiburan berkualitas dari genre ini, dan saya percaya para peserta juga akan berusaha menampilkan karya-karya terbaik untuk genre-genre lainnya.

Apa harapan kamu dari CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Saya berharap akan keragaman tema dan visualisasi dari tiap genre, bukan komik yang ‘begitu-begitu’ saja. Saya juga berharap jumlah peserta banyak secara kuantitas, dengan kualitas karya yang kompetitif untuk standar layak terbit industri komik. Semoga banyak karya-karya unik dan potensial dari para peserta.

Punya pesan-pesan untuk para challenger CIAYO Comics Challenge Vol. 3?

Pelajari baik-baik aturan main dan mekanisme CIAYO Comics Challenge Vol. 3. Jangan sampai gagal hanya karena ketidaktelitian kalian mempelajarinya. Jaga kesehatan fisik dan mental, buatlah karya keren dan unik dengan sepenuh hati dan segenap jiwa raga. Tetap rendah hati, senantiasa perluas wawasan dan pertajam keterampilan.


Wah, ternyata ada banyak sekali pengalaman yang bisa kita petik dari sosok Imansyah Lubis! Mudah-mudahan ada banyak hal yang bisa kamu ambil dan terapkan buat diri kamu sendiri dan utamanya dalam karya komik yang kamu buat.

CIAYO Comics Challenge Vol. 3 memperebutkan total hadiah 450 juta Rupiah. Ciptakan komik Rediscover-mu dan menangkan hadiah pen tablet, komputer laptop, konsol game, dan sepeda motor! Baca peraturannya di sini, dan tata cara submisi komik di sini. Good luck!

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

[Dragon Ball Super 128] Tersingkirnya Vegeta dan Harga Diri Bangsa Saiyan

Ada kejutan menarik buat para penggemar transformasi Super Saiyan loh!.. more

Sumber: alchetron.com

Gaya Tidak Biasa Saharil Hasrin Sanin Lewat Ilustrasi Sederhana Hingga Karya Sastra di Malaysia

Menjumpai karya Saharil Hasrin Sanin di Indonesia memang seperti menemukan sebuah mata air berbeda di dalam sebuah sunga.. more

Sumber: nianticlabs

Game Augmented Reality Harry Potter Akan Segera Dirilis Tahun Depan!

Masih mengusung tema Augmented Reality, Niantic Inc yang bekerja sama dengan Warner Bros akan membuat game Harry Potter .. more

Sumber: Destructoid

VA-11 HALL-A: Visual Novel dengan Gimmick Menarik

Selamat datang di VA-11 HALL-A, sebuah bar cyberpunk dimana hacker, tukang pukul, dan robot, minum di satu meja yang sam.. more

(Sumber : Koleksi pribadi)

Ketika Komik dan Seni Rupa Dipertemukan

Ada acara hits kekinian mengenai komik dan seni rupa di Jakarta, loh. .. more