Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

3 months ago
Dirga Deka

Bro sis waktu kecil pasti sering banget mengisi waktu luang untuk melepas kebosanan. Entah itu main sama temen, main games di rumah, jalan-jalan sama keluarga atau malah tidur. Tapi author yang satu ini punya kegiatan yang berbeda, loh. Dia ngakunya suka mengisi waktu luang dengan menggambar. Eh, gak taunya gambarnya bisa seterkenal sekarang.

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal ini memiliki banyak followers, bahkan dinobatkan menjadi salah satu Komik Strip Lucu 2017. Cerita yang simple, dibumbui unsur dark jokes dengan konsep gambar yang menggemaskan nyatanya bisa menarik perhatian banyak orang.

Dirga Deka pakai topeng

Dirga Deka pakai topeng

Kali ini, Chika dari CIAYO Blog berhasil ngobrol sama sang author, Dirga Deka. Bro sis yang mau tau kisah di balik Komikman, yuk simak obrolannya.

Chika: Bagaimana awal lahirnya Komikman di Instagram?

Dirga: Awal lahirnya sih, dulu saya sudah habis kontrak gitu di kantor saya sebelum ini. Karena bingung ngisi waktu mau ngapain, saya nyoba bikin komik strip, kebetulan lagi rame-ramenya di Instagram waktu itu. Jadi, saya buat deh akun bernama Komikman ini. Waktu SD dulu suka bikin komik juga sih, jadi ya lumayan semangat pas mulai bikin ini.

Chika: Apa motivasi awal dari Komikman? Bentuknya kan seperti golongan darah, kenapa memilih seperti itu?

Dirga: Konsep awalnya itu gak seperti sekarang. Dulu itu konsepnya Komikman adalah orang-orang yang sering kita bicarain. Kan suka tuh kita bicarain orang lain dengan nama si A, si B, si C, dan lainnya. Dari situ, saya berfikir buat karakter dengan nama begitu. Konsep Komikman ini kisah orang-orang yang ada di sekitar kita yang gak kita kenal. Makin ke sini dia berubah konsep jadi figuran. Kalau seperti golongan darah banyak yang bilang, tapi dibedain sih. Hehe.

Kurang menggemaskan apa coba?

Kurang menggemaskan apa coba?

Chika: Kenapa bisa tertarik buat bikin karakter yang lucu tapi sekaligus ngeselin?

Dirga: Awalnya sih gak niat bikin mereka selucu ini, tapi ke sini-sini saya buat supaya orang-orang juga suka bentukan dari karya saya ini. Lalu kalau ngeselin lebih ke otak saya sih dalam nyusun ide komiknya. Hahaha.

Chika: Ada kesulitan gak dalam membuat cerita Komikman ini?

Dirga: Banyak sih, lebih ke nyari idenya sekarang ini. Karena saya biasanya gak mau komiknya sama kayak orang lain. Minimal berubah lah di punchline nya.

Chika: Dulu pernah kepikiran gak Komikman bisa sampai sebesar ini?

Dirga: Waduh, dibilang besar juga gak besar ya, Haha. Tapi emang ga nyangka juga bisa sejauh ini. Karena dulunya cuma buat mengisi waktu/hobi dan sekarang malah jadi pekerjaan.

Komikman (Sumber: CIAYO Comics)

Komikman (Sumber: CIAYO Comics)

Chika: Tokoh utama di Komikman (D), kan kayaknya lucu dan sering tertindas, ini berdasarkan pengalaman bukan sih?

Dirga: Lucunya sih iya, kayak saya. Tertindasnya… iya kayak saya juga sih, tapi gak gitu-gitu amat juga. Hahaha. Saya biasanya pakai pengalaman pribadi dan di lebih-lebihkan biar ada komedinya. Jadi, jangan ngira kreatornya hidupnya sesedih itu ya.

Chika: Pernah ada tanggapan negatif atau protes gak dari pembaca Komikman? Kan ada aja orang yang gak ngerti dengan ceritanya tuh.

Dirga: Wah, ini sih jarang ya. Ada beberapa di Instagram yang suka protes, tapi saya diemin aja. Hahaha. Kebetulan kayaknya pembaca saya malah demen dengan tema-tema dark dan gore gitu. Saya juga heran kadang-kadang.

Instagram: @komikman

Instagram: @komikman

Chika: Apa harapan Mas Dirga dengan adanya Komikman ini?

Dirga: Harapan saya sih lebih ke banyaknya orang yang lebih berani memulai bikin komik, tanpa takut gambarnya bagus atau jelek. Karena itu bakal improve sendiri. Toh, gambar saya gak bagus-bagus amat, tapi lumayan juga rupanya yang suka ama ceritanya

Chika: Di Instagram sendiri, komikman ini kan dideskripsikan dengan “komik 18+ dark, receh, depressing, abnormal”. Kenapa memilih dark jokes?

Dirga: Iyap, mungkin saya emang suka aja ya humor yang agak kelam. Karena referensi komik saya juga yang seperti itu. Saya juga ingin menyaring pembaca supaya gak ada anak-anak yang baca. Biasanya mereka gak akan ngerti. Jadi ga akan follow komik saya.

Chika: Sekarang kan banyak bermunculan komik-komik lokal, bagaimana cara Mas Dirga menghadapi persaingan di industri ini?

Dirga: Kalau saya sih biasanya gak terlalu mengurusi. Karena bisa dibilang tiap genre ada pasarnya sendiri, makanya saya usahain bisa laku di genre saya dark humour ini aja.

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Chika: Selain Komikman, komik apa saja yang sudah dibuat?

Dirga: Selain Komikman, saya ada project bareng teman-teman saya. Tapi baru beres satu dan belum rilis, jadi gak bisa saya kasih tau dulu.

Chika: Mas Dirga kan tinggal di Bandung. Di sana ikut komunitas khusus komikus lokal gitu gak sih? Kalau iya, kegiatannya ngapain aja?

Dirga: Ada banget, namanya Bandung Strip Art. Kita gerak di bidang komik strip. Biasanya ada acara gambar bareng di taman tiap minggu. Kita juga aktif di acara-acara berbau komik, buat booth di sana dan biasanya cetak komik kompilasi kita bersama.

Chika: Boleh sebutin event-event komik apa yang sudah diikuti Komikman? Sering buka booth juga atau hanya sebagai guest star?

Dirga: Event yang pernah itu Popcon, Comicon, Pakoban, Padi, SMW, dan masih banyak lagi kayaknya tapi lupa. Kalau jadi guest star paling baru sekali di SMW (Social Media Week) Jakarta 2017. Untuk event lain biasanya buka booth bareng komunitas. Belum pernah sih kalau booth sendiri. Paling di Game Prime. Itupun bareng CIAYO 😀

Chika: Komikman sendiri ada merchandise yang suka dijual gak sih?

Dirga: Saya jual baju, komik cetak indie dan pin. Sticker pack juga, tapi biasanya dibuat tergantung event aja. Belum gencar banget nih kalau soal merchandise.

Merchandise Komikman

Merchandise Komikman

Chika: Apa harapan Mas Dirga ke depannya? Apakah nantinya akan ada cerita lain dari Komikman atau membuat komik lain?

Dirga: Rencana ke depan sih beralih ke website dan juga platform komik lainnya. Semoga bisa lancar tahun depan. Ada juga niatan versi Inggris. Semoga bisa terwujud dalam waktu dekat. Aamiin.

Chika: Boleh kasih pesan buat bro sis yang suka dengan dark jokes dan bingung mau ngelampiasin di mana?

Dirga:  Buat teman-teman yang doyan komik dengan humor yang agak gak pantas, boleh dicek komik saya, loh. Tapi jangan di report ya. Terus dukung saya supaya bisa selalu ngasih asupan dark jokes yang lebih oke lagi buat kalian. Terima kasih semua.

Wah, seru banget ya. Ternyata yang tadinya hanya buat mengisi waktu luang malah jadi pekerjaan. Bro sis yang suka iseng-iseng mengisi waktu luang, mending isi sama yang bermanfaat. Siapa tau bisa jadi pekerjaan juga kayak Mas Dirga. Buat yang belum tau sama Komikman, bisa langsung baca review-nya Komikman, Komik Terabsurd 2017 atau bisa langsung baca komiknya karena hari ini chapter terbarunya up di CIAYO Comics. Hati-hati kena dark jokes-nya, ya. Haha.

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

The Fate of the Furious (Fast and Furious 8) Hambar Tanpa Paul Walker

The Fate of the Furious yang tak lain merupakan seri dari Fast and Furious ke-8, kabarnya merupakan awal dari trilogy ya.. more

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Kepribadian Yandere, Is It Real?

kepribadian, kepribadian yandere, otaku, sasaeng fans, penyakit jiwa, attached, sakit jiwa, gila, ocd, yandere.. more

Cafe The Upside Down (Sumber: chicago.eater.com)

Yuk, Intip Suasana Café Bar yang Bertemakan Stranger Things. Penasaran?

Kamu salah satu penggemar dari drama series buatan Netflix yang berjudul ‘Stranger Things’? Ya, walaupun kehadiranny.. more

Thoma - Novie - Luthfi

Interview: “The High” Komik Horor Yang Bikin Geli Pembacanya

Nggak banyak yang bisa menyalurkan idealismenya lewat karya. Tapi comic writer satu ini bisa terus menuangkan imajinasin.. more

(Sumber : Facebook @theghiblifamily)

List Film Ghibli yang Tayang Tahun 2018

Ghibli Studio juga akan kembali menayangkan beberapa film animasi terbaik mereka di Indonesia. Bro sis pecinta film Ghib.. more