“Kudjo”, Karya yang Berawal dari Keisengan

4 months ago
Kudjo (CIAYO Comics)

Hai bro sis, di rubrik Chit Chat kali ini kita kedatangan Doni, author dari Komik Kudjo.

Ngomongin soal komik, pasti gak jauh – jauh dari yang namanya kreativitas. Semua yang ada dalam komik datang dari kreativitas dan pemikiran matang para pembuatnya. Tapi tau gak sih bro sis, kalau misalnya sosok “Kudjo” ternyata lahir dari keisengan Doni. Wah, iseng aja bisa bikin komik. Percaya gak sih? Dari pada bingung, yuk simak obrolan Chika dari CIAYO Blog bareng Doni.

Chika : Hai Doni, sekarang lagi sibuk apa sih?

Doni : Hai juga, saat ini lagi sibuk bersama 2 rekan untuk ngembangin Arkhan Studio ilustrasi yang berdomisili di Semarang. Selain itu juga harus kejar setoran bikin komik Kudjo untuk CIAYO. hehe..

Chika : Ngomongin tentang Komik Kudjo, dari mana sih kamu dapat inspirasinya?

Doni : Kalo ngomongin inspirasi sih, sama kayak yang lainnya juga. Inspirasi bisa datang dari mana aja. Dari pengalaman pribadi, dan hal-hal remeh sekitar kita.

Chika : Kenapa harus dengan sosok “Kudjo”?

Doni : Sebenarnya karakter Kudjo ini aku bikin berawal dari keisengan aja. pelarian saat kejenuhan menghinggapi diri. Corat-coret ga jelas gitu, eh kok kemudian jadi tertarik untuk ngembangin karakter itu dalam bentuk komik.

Chika : Komik Kudjo ini kan genrenya Comedy – Slice of Life, tapi apa sih sebenarnya pesan yang ingin disampaikan?

(Instagram @kudjokomik)

(Instagram @kudjokomik)

Doni : Awal mula bikin komik Kudjo ini sendiri adalah untuk sekadar ‘cermin’ aja buat aku pribadi, dan berharap orang lain juga mau ‘bercermin’.

Chika : Apakah antusiasme pembaca sesuai dengan harapan kamu?

Doni : Alhamdulillah sampai saat ini pembaca masih bisa menerima dengan baik, dan harapanku semoga pembaca bisa mengambil pelajaran dari apa yang ingin aku sampaikan di dalam komik Kudjo ini.

Chika : Komik Kudjo ini kan image-nya kayak anak baik gitu, menurut kamu sendiri gimana sih anak muda jaman sekarang yang suka lupa sekitar?

(CIAYO Comics)

(CIAYO Comics)

Doni : Hahaha.. Terlalu berlebihan kalo ini. Kudjo belum sebaik itu, cuma ingin jadi anak baik aja.

Chika : Boleh minta tips atau saran buat anak muda jaman sekarang?

Doni : Ini pertanyaan menjebak, seolah aku ini bukan anak muda lagi..KZL! hahaha

Chika : Sebelum membuat Komik Kudjo, ada gak sih karya kamu yang lain?

Doni : Kudjo ini karakter pertama yang aku buat untuk komik. Kemudian ada Mbok De. ada ‘Geng Bedug’ kerja bareng dengan Frankkomik. Juga komik cetak dengan judul ‘Islam is Me’. Terus kompilasi komik dengan para komikus yang tergabung dalam iQomic berjudul ‘LIQOMIK’. Dan Insya Allah tahun ini bisa terbit satu komik cetak lagi.

(Instagram @doniˍkudjo)

(Instagram @doniˍkudjo)

Chika : Apakah jadi Komikus memang udah cita − cita kamu dari kecil? Atau hanya selingan?

Doni : Ehmm, cita-cita waktu kecil sih ingin gantiin Bruce Wayne kalo dia pensiun jadi Batman. tapi nyatanya dia ga pernah serius untuk pensiun, padahal saya berharap banget tongkat estafet untuk jadi Batman diberikan ke saya. Hehe…. setelah putus asa, baru kemudian memutuskan untuk jadi komikus ajah.

Chika : Siapa role model kamu? Kenapa?

Doni : Kalo yang ini banyak sebenarnya, tapi ga serta merta saklek harus ngikutin siapa. Aku termasuk tipe orang yang suka belajar kepada siapa aja, kreator dunia atau bahkan kreator lokal. Dari situ setiap orang punya cara dan gaya yang berbeda dalam berkarya. Jadi kita punya banyak pilihan untuk bisa menyerap dari apa yang telah mereka lakukan.

(Instagram @doniˍkudjo)

(Instagram @doniˍkudjo)

Chika : Ada niat gak buat bikin versi lain dari Kudjo?

Doni : Versi lain mungkin animasi ya.

Chika : Apa rencana kamu ke depannya? Mungkin ada karya lainnya?

Doni : Dalam waktu dekat ini aku ingin fokus ngembangin Kudjo ke dalam bentuk merchandise. Karya lain? Lagi dalam tahap proses riset dan pendalaman konflik untuk bisa bikin komik dengan latar belakang jaman kolonial sekitar tahun 1830-an. CIAYO mau nerima ga ya kira-kira?? Hehehe…

Chika : Selain di media sosial dan CIAYO Comics, kiat atau usaha apa aja yang dilakukan untuk meningkatkan awareness pembaca?

Doni : Kalo aku mungkin tetep ningkatin skill ya, bisa cerita atau juga gambarnya. Biar karya ga monoton dan pembaca jadi semakin penasaran dengan cerita apa yang akan kita buat.

Chika : Apakah kamu punya pengalaman gak enak sama pembaca? Misalnya diberi komentar jelek?

Doni : Alhamdulillah, komentar yang biasa didapet adalah komentar-komentar yang memberi masukan berarti untuk pengembangan komik Kudjo sendiri.

(Instagram @kudjokomik)

(Instagram @kudjokomik)

Chika : Gimana cara kamu buat menghadapi haters dan kembali semangat?

Doni : Pernah nih aku duduk di teras rumah si Fulan. Di depan teras itu terdapat sebuah taman dengan rumput yang sudah gersang dan menguning. Tapi entah kenapa Fulan selalu menganggap bahwa rumputnya masih lebih hijau dibanding rumput tetangga.

Kemudian dia berkata, bahwa apa yang kita lakuin ga selamanya bisa membuat semua orang lain senang. Lakukanlah yang terbaik dan bisa bermanfaat untuk orang sekitarmu. Sesuai dengan adab dan ajaran di dalam agama yang kita yakini.

Duh, ngena banget ya nasihat dari Doni ini. Gak heran deh kalau bisa membuahkan sosok “Kudjo”. Tuh buat bro sis yang masih suka isengin orang apalagi isengin pacar orang, meding lakuin yang bermanfaat sedikit deh. Inget, sukses itu bukan ditunggu tapi diciptain. Jangan lupa juga baca update−an terbaru dari Komik Kudjo di CIAYO Comics. Psst, siap − siap disentil hatinya ya.

About Author

Chika21

Chika21

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 8: Makan Malam di Jimbaran

Mobil Vincent berhenti di sebuah restoran pinggir pantai Jimbaran. Makan malam macam apa ini, pikir Sabrina... more

Sumber: CIAYO Comics/ Bhurloka

Bhurloka: Mengungkap Keberadaan Roh Jahat (Nirjiva) di Bali

Menyambut Halloween yang akan tiba sebentar lagi, memang pas waktunya buat ngebahas segala sesuatu yang bersifat horor a.. more

Kolaborasi Square Enix dan Marvel Avengers (thenextweb.com)

Square Enix dan Marvel Akan Berkolaborasi Membuat Game

Kabarnya Square Enix, produsen game Jepang, dan Marvel, produsen komik dan film Amerika, akan berkolaborasi untuk membua.. more

Consilium: Petualangan Seru Dua Detektif Tampan

Bagaimana jadinya kalo bro sis tinggal di masa depan dan ketemu dengan dua detektif polisi tampan dengan dua kepribadian.. more

(Sumber: Google)

Rekomendasi Komik Korea yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

Korea Selatan memang saat ini sedang menunjukkan taringnya di bidang perkomikan. Industri komik di Korea Selatan ini mem.. more