Luthfi: Jangan Pernah Berhenti Belajar

11 months ago
Luthfi Hinelo

Hal-hal jadul generasi 90-an atau memori tentang jenis permainan, jajanan, dan hal-hal manis di zaman itu, punya tempat tersendiri di benak anak-anak yang besar di zamannya. Ingin menyimpan memori dan hah-hal unik, serta menjadi “mesin waktu” ke era 90-an, Generasi 90-an hadir membukukan memori masa kecil. Selain berupa buku, Generasi 90-an berkolaborasi dengan CIAYO Comics membuat komik Anak Kemaren Sore yang bisa dibaca secara gratis di CIAYO Comics. Di rubrik Chit-Chat kali ini, Maria Megayanti (MM) ngobrol-ngobrol dengan sang comic artist, Luthfi Hinelo (LH). Yuk, simak Chit Chat-nya!   

MM: Dari kapan suka gambar-gambar?

LH: Dari SD sih, cuman mikir mau jadiin gambar sebagai pekerjaan tetap sih mulai akhir SMA pas udah mau kuliah.

MM: Sejak kapan suka bikin komik?

LH: Suka bikin komik dari SMP, dulu pernah iseng bikin komik gitu tapi cuma fotokopian trus dijual ke temen-temen harga Rp 1.500-an, haha. Tapi baru dapat kesempatan untuk ngomik secara profesional baru akhir-akhir ini.

MM: Gimana ceritanya bisa jadi comic artist-nya Anak Kemaren Sore?

LH: Waktu itu komik The High yang saya kerjain bareng Thoma dan Novie udah masuk chapter-chapter akhir, jadi kita udah mulai nyiapin juga project komik apa yang bakal kita bikin selanjutnya.

The High (CIAYO Comics)

The High (CIAYO Comics)

Nah, kebetulan CIAYO sedang mempersiapkan kolaborasi bareng Generasi 90-an, dan dari pihak mereka, ada IP mereka yang ingin dibikinin komiknya di CIAYO, jadi kita deh yang ngerjain komiknya.

Anak Kemaren Sore (CIAYO Comics)

Anak Kemaren Sore (CIAYO Comics)

MM: Gimana proses pembuatan komik Anak Kemaren Sore dari konsep sampai final art?

LH: Prosesnya lumayan rumit sih, yaitu Novie bikinin script-nya, trus diajukan approval ke pihak Generasi 90-an. Abis itu diterusin ke saya, saya mulai bikin storyboard-nya, lanjut line-art, lanjut warna, background, text, sfx dan finishing. Setelah komik selesai, langsung masuk tahap editorial. Habis itu dikirim lagi ke pihak Generasi 90-an. Kalo mereka approve, langsung masuk queue tayang CIAYO. Kalo ada revisi, kita revisi dulu. Abis itu baru masuk queue tayang CIAYO.

Acel, Lala, Popi (Anak Kemaren Sore – CIAYO Comics)

Acel, Lala, Popi (Anak Kemaren Sore – CIAYO Comics)

MM: Dalam membuat komik ini, sama siapa aja kolaborasi atau diskusi yang Luthfi lakuin?

LH: Di komik ini saya berkolaborasi dengan Generasi 90-an dan Novie sebagai penulis, dalam proses pembuatan komiknya, kadang-kadang ada hal yang saya gak ngerti karna tahun 90an di daerah saya (Gorontalo) kadang-kadang berbeda dengan yang di Jakarta, jadi saya tanya-tanya ke orang Jakarta asli yang seumuran sama saya haha.

MM: Menurut Luthfi, gimana cerita Anak Kemaren Sore?

LH: Menurut saya konsepnya asik, bikin kita balik ke masa lalu, dan karna dibuat dengan gaya yang referensinya adalah Astro Boy (Osamu Tezuka) dan Doraemon (Fujiko Fujio) yang lucu, pembacanya sendiri tidak hanya anak 90-an yang sekarang umurannya udah 20-30 an, tetapi banyak juga pembaca anak-anak dan remaja.

Lala dan Game Watch-nya (Anak Kemaren Sore – CIAYO Comics)

Lala dan Game Watch-nya (Anak Kemaren Sore – CIAYO Comics)

MM: Selain komik Anak Kemaren Sore, komik apalagi yang selama ini udah dibikin?

LH: Sebelumnya saya dapat kesempatan ngerjain komik The High bersama Thoma dan Novie.

Buat yang punya fobia, pasti geli liat gambar ini (The High – CIAYO Comics)

Buat yang punya fobia, pasti geli liat gambar ini (The High – CIAYO Comics)

Trus sempet juga ngerjain komik One Shot yang judulnya “A Day Without Phone”.

"A Day Without Phone" (CIAYO Comics)

“A Day Without Phone” (CIAYO Comics)

MM: Kalo disuruh milih, lebih suka genre apa buat bikin komik?

LH: Hmmm apa ya, pengen bikin komik komedi sih, sama komik Islami, hehe.

MM: Selain ngomik, apalagi kesibukan atau hobi lain?

LH: Kesibukan lain? Hunting makanan kaki lima! kebetulan saya punya channel Youtube yang isinya tentang penyajian makanan pinggir jalan, namanya Chef Kaki Lima, di-subscribe ya, hahaha. Kalo hobi, paling ya main musik, ngerakit Gunpla sama main mini 4wd.

MM: Selama berkecimpung di dunia komik dan bidang kreatif, apa goals atau mimpi yang ingin dicapai?

LH: Suatu hari nanti saya ingin membuat karya yang betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh orang banyak.

"A Day Without Phone" (CIAYO Comics)

“A Day Without Phone” (CIAYO Comics)

MM: Kasih pesen donk, buat bro sis yang suka baca komik atau yang pengen terjun ke dunia komik!

LH: Tetap semangat, latihan terus, bahkan komikus sekelas Ardian Syaf saja masih terus latihan, dan jangan lupa stay humble dan jaga attitude.

Itu tadi ngobrol-ngobrol bareng comic artist asal Gorontalo, ya! Komik yang temanya cukup ringan, ternyata prosesnya nggak se-simple yang kita bayangin. Buat yang pengen nostalgia dan flashback ke era 90-an, cus baca Anak Kemaren Sore. Dukung terus karya-karya kreator Indonesia!

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

00-d-world-of-warcraft

Gold di Game World of Warcraft Nilainya 7 Kali Lipat Uang Venezuela!

Krisis moneter di Venezuela semakin memprihatinkan. Hiperinflasi menyerang mata uang Bolivar sampai-sampai mata uang Wor.. more

(Sumber: youtube.com)

Rencana Penerapan Teknologi VAR di Piala Dunia 2018 dengan Segala Kelemahannya

Katanya Piala Dunia tahun ini akan kedatangan sesuatu yang baru, yaitu teknologi VAR. Kira-kira akan seperti apa, ya?.. more

Sumber : CIAYO Comics

Spooky Sweetheart, Jatuh Cinta dengan Hantu Cantik?

Gak cuma di film-film aja, di komik hantu juga bisa jatuh cinta sama manusia, loh. Sama kayak di Spooky Sweetheart ini. .. more

Sumber gambar: money.cnn.com

Kontroversi Logan Paul: Sebuah Kebablasan Berekspresi Di Era Internet dan Media Sosial

Tapi apa yang dilakukan Logan Paul di akhir tahun 2017 untuk konten channel YouTube dia, melewati apa yang disebut “cr.. more

Game of Thrones (Sumber: giantbomb.com)

Banyak Pelajaran Yang Bisa Dipetik Dari Game of Thrones

Game of Thrones gak hanya seru untuk ditonton seriesnya, tapi ada pelajaran yang bisa diambil dari drama ini. Salah satu.. more