Maggio: Cosplayer yang Bangkitkan Sosok Duke Nukem

6 months ago
Maggio Phil

Bro sis masih ingat sama Duke Nukem? Itu loh, serial video games yang namanya diambil dari nama si tokoh utama. Duke Nukem adalah salah satu video games yang terbilang sangat sukses di zaman dulu. Gimana enggak, video games satu ini mengusung desain karakter super maskulin namun mempunyai sifat konyol. Gak heran kalau Duke Nukem mampu merebut hati para gamer dengan mudah. Apalagi berbagai aksi membasmi alien mampu ditampilkan dengan apik.

Instagram: @phildukemaggio

Instagram: @phildukemaggio

Nah, pas di Indonesia Comic Con 2017, CIAYO Blog Team berhasil bertemu dengan cosplayer Duke Nukem. Gak usah membayangkan sosok ganteng, tegap, macho layaknya Arnold Schwarzenegger. Justru sosok Duke Nukem yang hadir di Indonesia Comic Con 2017 sangat mirip dengan sang tokoh asli. Bernama asli Maggio, cosplayer Duke Nukem ini tipe-tipe sugar daddy gitu, deh. Rasanya kalau punya kakek kayak Maggio udah sesenang punya superhero. Penasaran kan seperti apa obrolan sama cosplayer berbadan kekar ini? Yuk, simak Chit Chat CIAYO Blog Team (C) sama Maggio (M)!

C: Sudah berapa lama kamu menjadi cosplayer?

M: 4 Tahun.

C: Boleh ceritakan bagaimana awal kamu jadi cosplayer?

M: Ketika saya berkunjung ke kota Baltimore, saya bertemu dengan sekumpulan cosplayer di sepanjang tepi pelabuhan yang sedang berfoto dan makan-makan. Saya sangat tertarik karena saya tidak pernah menemukan hal seperti itu sebelumnya. Saya akhirnya memutuskan untuk mencari tahu acara mereka berkumpul, lalu tahun depannya saya pun mengikuti acara mereka, tapi hanya untuk foto-foto saja. Baru tahun depannya lagi saya memutuskan untuk cosplay Duke Nukem sampai sekarang.

C: Apa yang membuat kamu tertarik dalam dunia cosplayer?

M: Saya senang bertemu orang-orang baru, membuat orang tertawa dan berteman dekat dengan siapa saja.

C: Kamu kan terkenal sebagai cosplayer Duke Nukem, apa sih alasan kamu memilih karakter tersebut?

M: Saya dulu suka memainkan gamenya. Duke Nukem adalah perintis game bergenre shooter dan saya sangat menyukai gameplay dan narasinya.

Maggio sebagai Duke Nukem (Facebook: Sebastian Chance)

Maggio sebagai Duke Nukem (Facebook: Sebastian Chance)

C: Selama menjadi cosplayer, pernah menjadi karakter apa saja?

M: Duke Nukem original, Forever, Colonel Guile dari Street Fighter, Terminator, dan sekarang saya mencoba jadi Johnny Bravo.

C: Apa detail yang paling kamu perhatikan saat men-cosplay-kan suatu karakter?

M: Semua detil saya perhatikan. Tiap kostum saya usahakan akurat.

C: Benda-benda apa saja sih yang kamu bawa saat ber-cosplay di sebuah acara? Mengingat adanya kemungkinan wardrobe malfunction saat mengenakan kostum cosplay.

M: Biasanya saya ad lib (improvisasi) saja. Hal-hal buruk pasti sering terjadi tapi saya gak terlalu memusingkannya. 

C: Apa tanggapan orang di sekitar kamu?

M: Bervariasi. Kebanyakan teman mendukung saya dan menyukainya, tapi keluarga saya menganggap saya gila.

Maggio bersama para penggemarnya (Instagram: @phildukemaggio)

Maggio bersama para penggemarnya (Instagram: @phildukemaggio)

C: Di usia yang sekarang ini, pernah merasakan “jenuh” menjadi cosplayer?

M: Ya, dan saya sudah berencana untuk berhenti kapan-kapan.

C: Dengan pengalaman kamu yang sudah lama menjadi cosplayer, pernah gak kepikiran untuk berhenti? Pernah gak kamu berpikir sejenak “Wah, ternyata lelah juga ya”!

M: Ya ini sudah saatnya saya berpikiran untuk berhenti secepatnya. Ini memang sangat melelahkan dan juga sangat mahal. Hanya dengan 1 minggu, saya bisa mengeluarkan sekitar 1500 dollar Amerika Serikat. Itu cukup jadi halangan.

C: Apa tantangan terbesar yang kamu hadapi saat menjadi cosplayer?

M: Tantangan terbesarnya adalah untuk membuat semua orang tersenyum dan tertawa, serta bertahan in character. Susah untuk memprediksi sifat dan ekspektasi orang baru yang kita temui, jadi setiap orang tentu berbeda-beda caranya supaya membuat mereka tertawa meskipun hanya sekejap.

Maggio sebagai Johnny Bravo (Fanpage Facebook: Sebastian Chance)

Maggio sebagai Johnny Bravo (Fanpage Facebook: Sebastian Chance)

C: Pernah ikut event apa saja? Mana yang paling berkesan?

M: Event internasional biasanya paling menarik. Orang-orangnya santai dan cosplayernya selalu menyenangkan, rendah hati, dan kebanyakan mereka membuat sendiri kostumnya. Jadi kostum mereka selalu spesial di mata saya.

C: Pernah gak kepikiran untuk menjadi karakter lain?

M: Sampai saat ini masih menimbang-nimbang. Biasanya saya mencari karakter yang cocok dengan bentuk tubuh dan sifat saya.

C: Selain jadi cosplayer, apa kegiatan kamu?

M: Saya menyukai travelling. Sampai saat ini hanya kurang 2 negara di Asia yang belum saya kunjungi, yaitu Laos dan Jepang. Sisanya sudah pernah saya jelajahi semua.

Maggio menyempatkan waktu untuk jalan-jalan di Jakarta, loh. (Instagram: @phildukemaggio)

Maggio menyempatkan waktu untuk jalan-jalan di Jakarta, loh. (Instagram: @phildukemaggio)

C: Kalau ada seseorang yang mengkritik cosplaymu, apa yang akan kamu lakukan?

M: Saya akan mendengarkan dan berusaha supaya saya bisa jadi lebih baik lagi. Saya tahu beberapa hal dalam cosplay saya kurang sempurna, tapi ada banyak aspek juga yang jelas gak bisa diubah (misalnya tinggi badan atau aspek lainnya). Ada beberapa orang yang suka mendengar suara karakter cosplay, jadi saya juga sedang mendalami itu.

C: Apa project cosplay paling mahal yang pernah kamu pakai?

M: Sejauh ini Duke Nukem. Kostumnya terbuat dari kulit handmade dan saya mendetilkan tiap bagian kostumnya dengan bahan itu, yang berarti koceknya juga mahal.

C: Sebenarnya apa yang membuat kamu mencintai cosplay? Saat ini apakah kamu menganggap cosplay adalah sebuah hobi atau hanya pekerjaan?

M: Bagi saya cosplay dimulai sebagai hobi yang (setelah ditambahi investasi dan mengembangkan fanbase) bisa dibawa jadi pekerjaan yang menjurus karir. Banyak uang yang sudah dihabiskan untuk mendukung hobi ini, tapi sponsor atau revenue dari cosplay masih tidak bisa menutupinya. Jadi bagi saya cosplay masih bertahan sebagai hobi.

C: Seperti yang kita tahu, cosplay merupakan salah satu hobi mahal. Apakah revenue-nya setimpal dengan biaya yang kita keluarkan?

M: Revenue cosplay hampir nihil, kecuali kalau kamu cewek. Itu pun biaya cosplay-nya sering berupa harga dirimu sendiri. Inilah faktanya, hal-hal seperti itulah yang menjual dan saya gak akan menutup-nutupinya. Saya selalu percaya, hanya butuh 1 orang berduit tebal yang melihat seorang cosplayer dan berpikir, ‘Saya bisa menghasilkan lebih banyak uang dengan memanfaatkan dia,’ baru setelah itu karirmu bisa menanjak. Saya masih mencari orang seperti itu.

Instagram: @phildukemaggio

Instagram: @phildukemaggio

C: Kemarin kan sempat datang ke Indonesia Comic Con 2017, bagaimana tanggapan kamu?

M: Event yang bagus dan orang-orangnya hebat. Saya amat terkesan dengan penyambutan mereka dan betapa bagusnya respon orang terhadap karakter saya. Saya ingin mengunjungi event ini lagi di tahun depan kalau uang mengijinkan.

C: Apa rencana kamu ke depannya?

M: Masih mencari-cari karakter baru untuk di-cosplay. Seseorang menyebutkan Brock Samson dari Venture Brothers. Bukan pilihan pertama saya, tapi kelihatannya oke.

C: Apa pesan kamu untuk para cosplayer pemula?

M: Lakukan saja dengan hati senang. Jangan sampai kegiatan ini membuatmu besar kepala. Fokuslah dengan apa yang kamu butuhkan di kehidupan, yaitu pendidikan dan pekerjaan yang baik. Jika ada kesempatan baik yang datang, ambil saja, tapi tetap konsentrasi saja dengan kehidupanmu sendiri.

Wah, keren banget ya. Buat bro sis yang penasaran sama Maggio bisa langsung kunjungi Instagramnya di @phildukemaggio atau fanpage Facebook @Sebastian Chance. Gak usah malu-malu buat sapa Maggio. He’s so humble!

Ternyata jadi seorang cosplayer itu gak semudah yang kita kira. Gak hanya mengandalkan kostum dan modal dandan, pastinya waktu, tenaga dan biaya juga berbicara. Makanya kita harus menghargai gimanapun usaha orang. Namanya juga jadi orang kreatif, gak melulu soal uang yang kita hasilkan. Cukup dengan respon orang yang melihat aja pasti sudah senang. Masih tertarik untuk jadi cosplayer?

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: youtube.com

Game Nintendo Switch & 3DS Yang Akan Menyerbu Pasar Tahun 2018

Game-game baru Switch & 3DS untuk tahun 2018 antara lain adalah:.. more

(from : jurnalotaku.com)

3 Cosplayer Imut dari China Ini Bikin Heboh Comifuro 9

Bagi kalian nih guys, yang demen banget sama video game ataupun film bertema anime, pastinya udah gak asing lagi dong de.. more

Sumber: nyblueprint.com

Call Me By Your Name: Kisah Cinta yang Dinodai Setetes Tinta Abu-Abu

Diadaptasi dari novel Ande Aciman dengan judul yang sama, “Call Me by Your Name”, berhasil menciptakan ruang-ruang a.. more

Sumber gambar:Destructoid

“Castlevania – Grimoire of Souls” Hijrah Ke Smartphone?

Kalau sebuah game pindah ke smartphone, mungkin sudah biasa. Tapi gimana kalau hal itu terjadi pada game Castlevania: Gr.. more

Logan dan Laura (jposters.com.ar)

Udah Nonton Logan tapi Bingung sama Laura? Nih Penjelasannya

Di saat Wolverine dan Profesor X bersembunyi di Meksiko dan menjalani hidup tuanya, muncul seorang mutan cilik yang memp.. more