Main Board Game Bisa Nular? Masa Sih?

6 months ago
(Facebook Monopolis Board Game Store)

Kalo dulu pas jaman SD, bro sis yang besar di era 90-an mungkin suka main ular tangga, monopoli, ato permainan papan lainnya. Permainan board game makin beragam jenis dan genre-nya. Nggak cuma buat refreshing, ada beberapa permainan yang butuh mikir sampe perlu strategi. Hobi main board game bisa nular, bahkan bisa ngebentuk komunitas.

Maria Megayanti (MM) dari CIAYO Blog sempet ngobrol-ngobrol sama Hadi (HD) salah satu player yang lumayan aktif di Monopolis Wonder Board Game Community. Langsung aja simak obrolannya.

MM: Hi Hadi, siapa pencetus komunitas ini?

HD: Ada tiga owner monopolis, yaitu Ko Robin, Luke, dan Yezky.

MM: Biasanya ngumpul di mana?

HD: Dulu di Cafe Red Snapper, tahun ini pindah ke Pluit Village dalam bentuk toko. Sekarang Monopolis Board Game Store namanya.

(Facebook Monopolis Board Game Store)

(Facebook Monopolis Board Game Store)

MM: Gimana sih awal gabung sama komunitas?

HD: Awal gabung komunitas ini karena ingin main macam-macam board games yang dibawa masing-masing player.

MM: Kalo board game yang pertama kali dimainkan apa?

HD: Pastinya monopoli. Setelah itu kenal sama yang namanya saboteur, permainan bluffing partygame digger yang mencoba menggali goldmine. Bisa dapat digger/orang baik yang meluruskan jalan atau saboteur/orang jahat yang membelokkan atau memblok orang baik untuk sampai ke gold.

(gamesandparty.com)

(gamesandparty.com)

MM: Ceritain donk pengalaman dan kesan selama aktif di Monopolis Wonder Board Game Community!

HD: Sesi pertama yang dimainkan itu galaxy trucker, permainan menyusun pesawat luar angkasa yang anehnya sewaktu main, semua pesawat itu jalannya mundur karena kebanyakan kartu event aneh. Big box, ada minis/mainan miniatur kecil2nya karya desainer terkenal boardgame, Vlaada Cvathil. Lama kelamaan diajak naik level ke tingkat medium heavy eurogames yang bisa memakan waktu main lebih dari 2 jam setiap pertemuan. Kadang bisa sampai jam 2 subuh baru pulang..

MM: Buat hobi ini, berapa sih biaya yang dikeluarkan?

HD: Biaya yang sudah dikeluarkan hampir mencapai 20 juta dari 3 tahun yang lalu, sejak terjun bebas ke hobi ini. Tentunya koleksi dan biaya tersebut akan terus bertambah.

MM: Sampe sekarang, koleksinya udah mencapai berapa game nih?

HD: Koleksi saat ini sudah mencapai 30 lebih. Rata-rata cukup merata genre-nya. Mulai dari ameritrash, partygames, sampai eurogames light medium dan heavy. Koleksi game terakhir adalah Captain Sonar, yang harganya boleh dibilang setara dengan harga eurogame heavy, tapi ini jenis partygame.

(Instagram hdicode)

(Instagram hdicode)

(Instagram hdicode)

(Instagram hdicode)

MM: Kenapa milih board game buat alternatif permainan?

HD: Ini adalah offline game, di mana kita diperbolehkan berinteraksi dan bersosialisasi di luar jangkauan handphone. Kadang handphone membuat kita menjadi zombie, board game melepaskan kita dari jerat itu.

MM: Apa yang dirasakan setelah gabung dengan komunitas board game?

HD: Saya cukup berterima kasih dengan adanya board games dan komunitas. Saya bisa kenal dengan cukup banyak orang hebat dan orang-orang yang bisa mempengaruhi saya seperti sekarang ini.

Buat bro sis yang pengen nyobain sensasi permainan offline, bisa jadiin board game sebagai pilihan. Atau kalo pengen lebih dalem mengenal berbagai macam permainan, langsung aja maen-maen bareng komunitas. Punya referensi lain tentang board game, atau punya jenis permainan seru dan menyenangkan lainnya? Comment di bawah sini ya!

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. Now she is a part of our team. She also loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel.

Comments

Most
Popular

Meet and Greet with Authors of Heartbeat & Love Has Fangs

CIAYO Comics bakalan ngadain meet and greet dengan authors di balik komik romance populer andalan CIAYO Comics!.. more

(Facebook Mangafest UGM)

Mangafest Mythophobia, Festival Budaya Populer Jepang Besutan HIMAJE UGM

Mangafest UGM adalah festival budaya populer Jepang yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (HIMAJE) UGM. Ta.. more

Sumber: thesun.co.uk

Kontroversi Film IT: Apakah Merusak Citra Badut?

Baru-baru ini diperilisan film IT, ratusan pekerja badut memenuhi jalanan di Kanada, mereka menganggap bahwa berkaitan d.. more

As Long As I Lived: Cewek Introvert Gone Wrong!

Komik yang berhasil mengantarkan Duta Pi menjadi pemenang ini berjudul As Long As I Lived. Kira-kira gimana ya ceritanya.. more

Boruto, (Sumber: hulu.com)

Teori-Teori Internet Seputar “Kematian” Naruto di Boruto: Naruto Next Generation

Komik saga karangan Masashi Kishimoto, Naruto, berakhir tahun 2014 di 72 tankobon/volume. “Fourth Great Ninja War”, .. more