Melinnie Angela Memberi Warna Pada Chammyland

9 months ago
Melinie: Cheers! (CIAYO Pictures)

Selalu ada momen pertama kali untuk mencoba sesuatu. Hal ini juga dialami sama Melinnie Angela. Meski udah suka bikin komik dari kecil, cewek pecinta anjing ini belum pernah menggeluti dunia komik secara profesional. Chammyland adalah pengalaman pertamanya di dunia komik. Maria Megayanti (MM) dari CIAYO Blog sempet ngobrol-ngobrol santai sama Melinnie Angela (MA), sang colorist Chammyland. Yuk, kenalan lebih deket sama cewek imut ini.

Groovy Estate - Chammyland (ciayo.com)

Groovy Estate – Chammyland (ciayo.com)

MM: Sejak kapan suka gambar?

MA: Gua dari SD sih, soalnya kakak gua suka gambar. Terus gua ikut-ikutan gambar, sampe sekarang kerja demennya gambar.

Duh, senyumnya manis banget deh :) (CIAYO Pictures)

Duh, senyumnya manis banget deh 🙂 (CIAYO Pictures)

MM: Dulu suka ikut lomba-lomba gambar gitu nggak?

MA: Dulu sih pas dari TK, SD, bahkan sampe SMP suka ikut lomba-lomba. SMA juga ngambilnya art. Jadi dari dulu emang pengennya ke arah situ.

MM: Pas awal-awal suka gambar, bikin ilustrasi apa?

MA: Gue suka gambar komik Jepang, suka baca komik Jepang. Tapi semenjak kuliah, lebih ke western sih. Lebih ke ilustrasi buat animasi barat.

Commision karya kanvas akrilik

Commision karya kanvas akrilik

MM: Ceritain dong, sebelum join di CIAYO Comics ngerjain apa?

MA: Sebelum di CIAYO, kerjaan gua bikin children’s book. Ngerjain buat buku anak-anak, lebih ke ilustrasi. Belom pernah sama sekali ngerjain komik secara profesional. Jadi ini bener-bener experience baru banget dan belajar banyak juga.

Personal project character design Madam Helga

Personal project character design Madam Helga

MM: Kalo sekarang kan jadi colorist nya Chammyland ya. Next nya, pengen bikin komik sendiri juga nggak?

MA: Pengen sih. Soalnya kalo sekarang kan kerjaannya Fahmi yang gambar, gua yang ngewarnain. Pengen kalo ada kesempatan buat bener-bener gambar gua sendiri, ide gua sendiri, dan style gua sendiri. Mungkin one shot dulu ya.

Chammyland (ciayo.com)

Chammyland (ciayo.com)

MM: Melinnie hobinya apa sih? Masih suka baca komik nggak?

MA: Baca komik sekarang udah jarang. Hobi, apa yah…ya paling gambar, nonton film, maen sama anjing di rumah.

Guguk pug bikinan Melinnie

Guguk pug bikinan Melinnie

Kalo lagi senggang, Melinnie leyeh-leyeh di ruang santai (CIAYO Pictures)

Kalo lagi senggang, Melinnie leyeh-leyeh di ruang santai (CIAYO Pictures)

MM: Suka film apa?

MA: Banyak sih. Marvel, DC suka. Apapun gua tonton sih, asal ceritanya menarik. Mau itu horor, komedi, drama, romance, asal ceritanya menarik. Film lokal juga gua tonton.

Serius bener, Mel...(CIAYO Pictures)

Serius bener, Mel…(CIAYO Pictures)

MM: Film apa yang terakhir ditonton dan suka sama jalan ceritanya?

MA: Into the Wild. Itu film lama, tapi gua baru nonton. Itu kan filmnya tentang jalan-jalan. Gua juga suka jalan-jalan, terus dapet banyak pelajaran dari film itu.

MM: Kesulitan ato tantangan apa yang dihadapi selama kerja?

MA: Mungkin deadline, nggak bisa diundur. Soalnya ngerjain komik emang harus gitu kan. Jadi kalo misalnya gua absen, sakit, ato hari libur, tetep harus selesai. Tapi emang harusnya begitu. Dulu sih sempet struggle soalnya masih adaptasi, apalagi chapter-chapter awal. Sekarang sih udah ketemu method sendiri yang lebih cepet. Jadi udah lumayan oke.

Kesibukan Melinnie di kantor (CIAYO Pictures)

Kesibukan Melinnie di kantor (CIAYO Pictures)

MM: Mimpi apa yang pengen Melinnie capai? (Hehe…berat banget, sis bahas mimpi! 😀 )

MA: Gua pengen buka toko sendiri, buat jualan merchandise. Tapi ilustrasinya hasil karya gua. Sama pengen release buku cerita anak.

MM: Film Disney apa yang paling Kamu suka?

MA: Lion King

MM: Film Indonesia yang paling Kamu suka?

MA: Film Indonesia? AADC kali yah…

MM: Princess yang paling Kamu suka?

MA: Moana

MM: Siapa yang cukup menginspirasi karya-karya Kamu selama ini?

MA: Banyak banget. Tapi yang paling gua suka namanya Lorelay Bove, dia concept artist di Disney, orang Spanyol.

MM: Pernah belajar bahasa asing selain bahasa Inggris nggak?

MA: Waktu itu pernah nyoba belajar bahasa Perancis sih. Ngambil kelas satu semester pas kuliah.

MM: Skill lain apa yang pengen Kamu gali dan pelajari?

MA: Mungkin pengen bisa animasi kali yah. Traditional painting juga pengen digali lagi.

MM: Komik menurut Kamu tuh apa sih?

MA: Komik itu menurut gua sama seperti art ​form​ yang lain (musik, film, painting, etc). It’s all about storytelling.  

MM: Ada pesan-pesan nggak buat temen-temen yang lagi belajar dan baru terjun ke dunia komik?

MA: Jangan berkecil hati atau minder kalo ngeliat kerjaan orang lain yang lebih bagus dari kalian, because all the good artist out there juga dulu mulai dari posisi yang sama seperti kalian kok.​ Keep doing what you’re doing!​

Apapun pekerjaannya, kalo dijalani sepenuh hati dan bersungguh-sungguh pasti berkah deh. Makasih udah mampir, bro sis! Sampe jumpa di Chit Chat selanjutnya bareng artist-artist yang nggak kalah kece.

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

Powedpuff Girls are back! Sumber: VS Battles Wiki

Ucapkan Selamat Datang Pada Anggota Baru The Powerpuff Girls!

Karena merupakan reboot, maka di serial The Powerpuff Girls terbaru ini akan menampilkan nuansa yang sedikit berbeda dib.. more

(japanesesearch.com)

Konsep Gacha dalam Mobile Game Online

Guys, pernahkah kalian bermain game gashapon? Sebenarnya di antara kalian pasti banyak yang udah pernah maen game ini, t.. more

Sumber: Vazurea Studio

Segera Hadir, Visual Novel Produksi Indonesia-Amerika, Our Feelings!

Dengan semakin banyaknya rilisan VN lokal di kancah internasional, membuktikan bahwa skena game indie lokal kita masih d.. more

Ryan Reynolds as Pikachu. Sumber: gizmodo

Ryan Reynolds Resmi Menjadi Pemeran Pikachu di Film Live Action Pokemon!

Terpilihnya Ryan Reynolds sebagai pengisi suara Pikachu tentu tidak sepenuhnya merupakan kabar positif bagi sebagian fan.. more

youtube.com

Fans Membuat Petisi Untuk Me-Remake Film Star Wars: The Last Jedi; Perlu Atau Tidak?

Petisi yang menuntut remake The Last Jedi demi menebus karakter.. more