Melisa: “People Tell the Most Amazing Story”

1 year ago
Melisa Oktorina dan karyanya

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Namun, menurut Melisa Oktorina, inspirasi terbaiknya berasal dari cerita orang-orang di sekitarnya. Berkat cerita-cerita itu, Melisa telah berhasil meniti karir menulisnya. Bahkan, salah satu karyanya, The Quirky Tale of April Hale telah dibaca oleh 39 juta orang lho.

Sekarang Melisa mencoba untuk mengaplikasikan bakat menulisnya di medium lain yaitu komik. Pengen tahu gimana perubahan dari penulis novel ke komik? Andreas Paskalis (AP) dari Tim Blog CIAYO Comics sudah nanyain Melisa Oktorina (MO) hal-hal yang kamu pengen tahu.

AP: Komik apa yang pertama kali dibaca?

MO: Sailor Moon nih. Dulu suka banget sama komik yang banyak cewek-cewek cantiknya.

AP: Boleh diceritakan kapan pertama kali bikin cerita untuk komik?

MO: Pertama kali bikin cerita buat komik itu untuk CIAYO Comics ini. Sebelumnya emang udah sering bikin cerita, tapi semuanya untuk novel.

AP: Ceritain juga dong tentang karya menulis secara online (wattpad, dapet feedback dari pembaca di luar Indonesia, dll)!

MO: Pertama kali baca Harry Potter dalam bahasa inggris, aku jadi suka banget sama gaya penulisannya. Beda sama versi terjemahannya, lebih luwes di baca dan karakter penulisnya lebih kelihatan (ya iya lah orang bahasa aslinya) Jadilah mulai nulis novel bahasa inggris.

Pertama kali sukanya nulis fanfiction di fanfiction.net, yang udah tua pasti tau deh. Setelah beberapa lama, akhirnya aku mencoba nulis novel original di wattpad. Ga di sangka-sangka sambutannya baik sekali. Total reads nya lebih dari 50juta.

The Quirky Tale of April Hale (wattpad.com)

The Quirky Tale of April Hale (wattpad.com)

Pernah mencoba di terbitkan via publisher kecil di Amerika, dan langsung masuk new and hot #2 di Amazon

Enaknya terbitin novel online itu, karena jadi bisa dapat feedback langsung dari pembaca. Kita bisa tahu apa yang di sukai dan apa yang tidak, dan ini membentuk insting untuk menulis novel berikutnya. Lagipula, writing is a lonely job, it’s nice to have supporters along the way.

AP: Selama karier menulis, cerita yang bertema apa yang biasanya dapet banyak respon dan lebih disukai pembaca?

MO: Romance, dong. Banyak yang suka di bikin baper.

Maid for Hire (wattpad.com)

Maid for Hire (wattpad.com)

AP: Selama menggarap komik di CIAYO Comics (Love Has Fangs), Melisa berkolaborasi dengan beberapa comic artist. Ada kesulitan ga? Apa biasanya yang cukup menyita waktu dan perhatian?

MO: Kesulitan sih ada. Apalagi kalau menulis novel khan terbiasa sendiri, jadinya awalnya kagok banget kalau harus ada kolaborasi dengan orang lain. Yang susah itu adalah menyamakan visi yang ada di kepalaku (si penulis), dan visi yang ada di kepala para ilustrator.

AP: Biasanya dapet inspirasi dari mana untuk menulis?

MO: Stories! People tell the most amazing stories. Aku suka banget bacain cerita orang-orang. Di antara teman-teman, aku yang jadi tong sampah (alias tempat curhat). Tapi kalau lagi butuh stok cerita, biasa aku main ke reddit atau quora.

Love has Fangs (ciayo.com)

Love has Fangs (ciayo.com)

AP: Kalau Love Has Fangs, dapet dari mana inspirasinya?

MO: Lagi mau bikin cerita vampir yang koplak aja.

AP: Sepanjang karier menulis, karya mana yang paling membuat Melisa puas dan happy?

MO: Semuanya bikin happy kok. Kalau selesai = happy.

AP: Dengan kesibukan yang dijalani, ada hobi lain yang disukai ga? Masih ada waktu untuk keluarga atau berkumpul dengan teman-teman kah?

MO: Sukaaaa. Aku suka nongkrong, ngopi, tidur, nonton, baca buku, sama dandan.

AP: Deskripsikan komik dalam satu kalimat.

MO: Cerita dengan medium yang paling mudah di cerna.

AP: Minta pesan-pesan untuk temen-temen yang baru pertama kali menulis, atau tips untuk menulis. Hal-hal apa yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang penulis?

MO: Jangan pernah berhenti aja. Banyak orang yang bisa mulai sesuatu, tapi menyelesaikannya itu susah. But in the end, it’s all worth it.

About Author

Andreas

Andreas

A guy from Surabaya who dislike travel but ironically been to a lot of places. dead-serious about movies, games and comics but lackadaisical to heavy-duty matters. Non-picky eater but exceptionally hated cucumbers. The writer of The Flying Cow comics.

Comments

Most
Popular

Sabrina – Chapter 8: Makan Malam di Jimbaran

Mobil Vincent berhenti di sebuah restoran pinggir pantai Jimbaran. Makan malam macam apa ini, pikir Sabrina... more

Dirga Deka

Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal in.. more

Sumber: athpod.com

Review Hostiles: Mata Christian Bale yang Banyak Bicara

Apa cerita paling masuk akal yang akan kalian bayangkan jika melihat film dengan genre western? Pastinya tidak jauh dari.. more

Sumber: www.gd05.tistory.com

Berbagai Ajang Penghargaan Musik Korea Selatan di Penghujung Tahun

Berbagai macam penghargaan terutama di bidang musik ada di Korea Selatan. Terutama di penghujung tahun. Gak heran kalau .. more

Sumber: youtube.com

Hari ini, Si Juki The Movie Akhirnya Dirilis!

Hari ini, 28 Desember 2017 Falcon Pictures akhirnya secara resmi merilis ‘Si Juki The Movie - Panitia Hari Akhir’!.. more