Melisa: “People Tell the Most Amazing Story”

1 year ago
Melisa Oktorina dan karyanya

Inspirasi bisa datang dari mana saja. Namun, menurut Melisa Oktorina, inspirasi terbaiknya berasal dari cerita orang-orang di sekitarnya. Berkat cerita-cerita itu, Melisa telah berhasil meniti karir menulisnya. Bahkan, salah satu karyanya, The Quirky Tale of April Hale telah dibaca oleh 39 juta orang lho.

Sekarang Melisa mencoba untuk mengaplikasikan bakat menulisnya di medium lain yaitu komik. Pengen tahu gimana perubahan dari penulis novel ke komik? Andreas Paskalis (AP) dari Tim Blog CIAYO Comics sudah nanyain Melisa Oktorina (MO) hal-hal yang kamu pengen tahu.

AP: Komik apa yang pertama kali dibaca?

MO: Sailor Moon nih. Dulu suka banget sama komik yang banyak cewek-cewek cantiknya.

AP: Boleh diceritakan kapan pertama kali bikin cerita untuk komik?

MO: Pertama kali bikin cerita buat komik itu untuk CIAYO Comics ini. Sebelumnya emang udah sering bikin cerita, tapi semuanya untuk novel.

AP: Ceritain juga dong tentang karya menulis secara online (wattpad, dapet feedback dari pembaca di luar Indonesia, dll)!

MO: Pertama kali baca Harry Potter dalam bahasa inggris, aku jadi suka banget sama gaya penulisannya. Beda sama versi terjemahannya, lebih luwes di baca dan karakter penulisnya lebih kelihatan (ya iya lah orang bahasa aslinya) Jadilah mulai nulis novel bahasa inggris.

Pertama kali sukanya nulis fanfiction di fanfiction.net, yang udah tua pasti tau deh. Setelah beberapa lama, akhirnya aku mencoba nulis novel original di wattpad. Ga di sangka-sangka sambutannya baik sekali. Total reads nya lebih dari 50juta.

The Quirky Tale of April Hale (wattpad.com)

The Quirky Tale of April Hale (wattpad.com)

Pernah mencoba di terbitkan via publisher kecil di Amerika, dan langsung masuk new and hot #2 di Amazon

Enaknya terbitin novel online itu, karena jadi bisa dapat feedback langsung dari pembaca. Kita bisa tahu apa yang di sukai dan apa yang tidak, dan ini membentuk insting untuk menulis novel berikutnya. Lagipula, writing is a lonely job, it’s nice to have supporters along the way.

AP: Selama karier menulis, cerita yang bertema apa yang biasanya dapet banyak respon dan lebih disukai pembaca?

MO: Romance, dong. Banyak yang suka di bikin baper.

Maid for Hire (wattpad.com)

Maid for Hire (wattpad.com)

AP: Selama menggarap komik di CIAYO Comics (Love Has Fangs), Melisa berkolaborasi dengan beberapa comic artist. Ada kesulitan ga? Apa biasanya yang cukup menyita waktu dan perhatian?

MO: Kesulitan sih ada. Apalagi kalau menulis novel khan terbiasa sendiri, jadinya awalnya kagok banget kalau harus ada kolaborasi dengan orang lain. Yang susah itu adalah menyamakan visi yang ada di kepalaku (si penulis), dan visi yang ada di kepala para ilustrator.

AP: Biasanya dapet inspirasi dari mana untuk menulis?

MO: Stories! People tell the most amazing stories. Aku suka banget bacain cerita orang-orang. Di antara teman-teman, aku yang jadi tong sampah (alias tempat curhat). Tapi kalau lagi butuh stok cerita, biasa aku main ke reddit atau quora.

Love has Fangs (ciayo.com)

Love has Fangs (ciayo.com)

AP: Kalau Love Has Fangs, dapet dari mana inspirasinya?

MO: Lagi mau bikin cerita vampir yang koplak aja.

AP: Sepanjang karier menulis, karya mana yang paling membuat Melisa puas dan happy?

MO: Semuanya bikin happy kok. Kalau selesai = happy.

AP: Dengan kesibukan yang dijalani, ada hobi lain yang disukai ga? Masih ada waktu untuk keluarga atau berkumpul dengan teman-teman kah?

MO: Sukaaaa. Aku suka nongkrong, ngopi, tidur, nonton, baca buku, sama dandan.

AP: Deskripsikan komik dalam satu kalimat.

MO: Cerita dengan medium yang paling mudah di cerna.

AP: Minta pesan-pesan untuk temen-temen yang baru pertama kali menulis, atau tips untuk menulis. Hal-hal apa yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang penulis?

MO: Jangan pernah berhenti aja. Banyak orang yang bisa mulai sesuatu, tapi menyelesaikannya itu susah. But in the end, it’s all worth it.

About Author

Andreas

Andreas

A guy from Surabaya who dislike travel but ironically been to a lot of places. dead-serious about movies, games and comics but lackadaisical to heavy-duty matters. Non-picky eater but exceptionally hated cucumbers. The writer of The Flying Cow comics.

Comments

Most
Popular

Sumber: Okezone

JKT48: Seniman, Antara Karya dan Seniman itu Sendiri

“Kalau udah jadi orang terkenal, hidup lo bukan milik lo lagi. Hidup lo milik semua orang.” Begitu kata salah satu t.. more

Sebenarnya, Apa Sih Peran ‘Anti-Hero’ Dalam Sebuah Cerita Komik? [Part 2]

Kalau kita lihat sekilas, karakter anti-hero akan terlihat seperti orang jahat yang berlaku baik. Kebanyakan memang sepe.. more

5 Video Game Yang Dicekal Karena Alasan Konyol

Game dicekal karena konten kekerasan dan seksual sudah biasa. Tapi gimana kalau ada game yang dicekal karena menampilkan.. more

Sumber: Forbes

Rampage: Film Terbaru The Rock Punya Satu Masalah Kecil

Rampage, film adaptasi video game klasik dari Midway yang dibintang oleh The Rock, ternyata punya masalah kecil. .. more

Sejarah Sonic The Hedgehog Terungkap!

Tersembunyi sejak tahun 1991, sejarah Sonic the Hedgehog yang sebenarnya akhirnya terungkap. Ternyata kemunculan perdana.. more