Mengenal Oryza, Sosok Wanita Tangguh di Balik Consilium

11 months ago
CIAYO Comics

Bro sis pasti udah gak asing sama film “Transformers” kan? Apalagi untuk penggemar adegan action atau genre sci−fi. Kurang lengkap kayaknya kalau gak nonton film – film sejenis ini. Eits, tapi jangan salah, CIAYO Comics juga punya komik seru loh! Mungkin bro sis bakal tertarik juga dengan komik yang satu ini. Consilium, komik ber−genre sci−fi mengenai kakak beradik yang tampan.

CIAYO Comics

CIAYO Comics

Gak cuma menegangkan tapi juga bikin deg−degan hati kaum hawa deh pokoknya. Consilium ini sudah masuk season ke 2 loh! Buat yang belum baca, tim CIAYO Blog (CB) mau kasih kesempatan buat bro sis untuk bisa kenalan dulu nih dengan sang author, Oryza Kathleen (OK). Perempuan ini tinggal di Bali dan mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual – Animasi di Sekolah Tinggi Desain Bali.

CB : Sejak kapan suka gambar-gambar dan bikin komik?

OK : Sejak saya TK, orang tua saya suka membiarkan saya mencorat-coret dinding kamar hehehe. Sampai SMA senang menggambar. Kalau buat komik, setelah lulus SMA baru mau buat komik, belajar dan baru fokus setelah lulus kuliah.

CB : Dapet dari mana inspirasi bikin Consilium?

OK : Inspirasinya dari film-film barat atau game tema sci-fi seperti Transformers, Terminator, Deus Ex dan beberapa film kriminal action dari Hongkong dan Korea. Karena saya senang banget dengan cowok keren dan cerita robot manusia gitu, jadinya kerennya dobel hahaha. Saya juga senang dengan cerita-cerita thriller-action-crime, karena bagi saya cowok keren tak hanya dari tampang saja tapi cara mereka action dan berkelahi.

Poster Film "Transformers" (www.superherohype.com)

Poster Film “Transformers” (www.superherohype.com)

CB : Sejak kapan mulai membangun awareness Consilium?

OK : Consilium ini sebenarnya sudah dirancang dari tahun 2014, dan baru di−publish di salah satu platform comic webtoon tahun 2016. Sekitar 2 tahun, saya mempersiapkan cerita, konsep karakter, ide, tema, dan sebagainya serta mempertimbangkan peluang dan kerugian yang akan muncul saat komik ini tayang.

CB : Boleh ceritain sedikit nggak, tentang karakter utama di Consilium?

OK : Karakter utama dalam cerita ini adalah kakak adik bernama Crevan Dewayne sebagai kakak dan Tyreece S. Dewayne sebagai adik. Si kakak dulunya adalah agen polisi dan adiknya sebagai partner kerjanya. Namun setelah mendapatkan kehidupan kedua, Crevan malah tak memiliki ingatan sama sekali tentang kehidupannya dulu dan mengapa ia bisa menjadi robot. Ia bahkan tak mengetahui kalau dirinya sebenarnya dulu sudah tewas. Dan Tyreece, adiknya, karena rasa dendam terhadap teroris, ia berubah jadi bagian dari inspektur polisi dan menjadi cyborg.

Instagram : @consiliumofficial

Instagram : @consiliumofficial

CB : Itu kan dari sisi karakter, boleh ceritain juga dong tentang Consilium 2: the Rebellion secara keseluruhan?

OK : Consilium arc 2 ini akan menceritakan tentang konflik kedua belah pihak antara ALICE dan kepolisian, serta adanya pihak tertentu yang ternyata dari belakang menjadi biang kerok dan mengadu domba kedua pihak ini. Serta Crevan yang semakin gencar mencari jati dirinya yang sebenarnya.

Cosplayer Consilium (Facebook : Oryza Kathleen)

Cosplayer Consilium (Facebook : Oryza Kathleen)

CB : Gimana sih cara mempertahankan IP, seperti yang kita tahu bahkan Consilium ada cosplay nya juga ya?

OK : Untuk mempertahankan IP itu sebenarnya hal tersulit, karena butuh promosi, menjalin relasi dan marketing IP ini sendiri. Perlunya hal pertama yaitu mem-promosikannya, jika ada event dengan tema industri kreatif atau tema Jepang, IP ini dipromosikan lewat pembagian flyer, kartu nama atau sticker ke pengunjung dan menjual merchandise Consilium.

Iya, Consilium ada cosplay−nya, untuk pertama kalinya oleh cosplayer Bali Takashinreisa. Berawal karena menjalin relasi dan berkenalan di dunia cosplay dan mengenalkan komik lokal ke komunitas cosplay, sampai akhirnya peminat Consilium jadi cukup banyak dan ini salah satu strategi promosi kami yang berhasil. Satu lagi, harus konsisten dan tekun menjalankan komiknya supaya saat selesai dipromosikan, barang tetap jalan dan pembaca akan tetap bisa mengikuti terus.

CB : Selain bikin komik, apa hobi lain Oryza?

OK : Hobi lain saya adalah berenang, bermain game, nonton bioskop, nonton drama Korea, Hongkong atau film serial barat dan maen kucing atau anjing hahaha.

Merchandise Consilium (Instagram : @consiliumofficial)

Merchandise Consilium (Instagram : @consiliumofficial)

CB : Kalau lagi stuck atau nggak ada ide bikin komik, biasanya ngapain buat refreshing?

OK : Kalau lagi bete dan kehabisan ide untuk membangkitkan mood, biasanya jalan-jalan ke tempat dingin seperti ke mall, cafe atau nonton bioskop dan ngumpul bareng teman − teman sambil sketching ide-ide untuk komiknya. Bisa sambil ngemil es krim atau minum-minuman dingin dan segar.

CB : Apa mimpi kamu yang belum kesampaian, misalnya kolaborasi atau pencapaian lain gitu?

OK : Mimpi saya ingin banget Consilium ada versi animasi 3D dan 2D. Di tim kami, Consilium sendiri akan direncanakan semoga kesampaian untuk membuat game mobile/android.

CIAYO Comics

CIAYO Comics

CB : Boleh minta pesan buat temen-temen yang baru mau terjun menggeluti dunia komik?

OK : Pesan – pesan saya untuk teman – teman yang mau terjun ke dunia komik: buat komik karena senang dan karena ingin sangat boleh, tapi pikirkan juga cara mengembangkan komiknya agar tidak berhenti di tengah jalan, good luck 😉

Bermanfaat banget ya, bro sis. Jadi intinya kalau punya cita – cita, kita juga harus tau cara mewujudkannya. Bukan cuma di mimpi aja, jadi gak sia – sia deh. Selalu percaya kalau usaha gak akan mengkhianati hasil.

Buat yang penasaran, Consilium baru aja rilis chapter terbaru loh! Langsung aja bro sis baca ceritanya disini. Dijamin bikin ketagihan. Psst, buat kaum hawa siapin mental. Jangan sampai jatuh cinta sama dua bersaudara maut itu.

About Author

CIAYO Blog Team

CIAYO Blog Team

Terdiri dari bro sis yang doyan nulis. Beberapa bro yang nyumbang tulisan udah cukup lama malang melintang di dunia perkomikan. Penulis lainnya udah jadiin nulis sebagai lifestyle. Blog ini jadi basecamp buat tulisan seputar komik, pop culture, dan game. Enjoy ya bro sis!

Comments

Most
Popular

Powedpuff Girls are back! Sumber: VS Battles Wiki

Ucapkan Selamat Datang Pada Anggota Baru The Powerpuff Girls!

Karena merupakan reboot, maka di serial The Powerpuff Girls terbaru ini akan menampilkan nuansa yang sedikit berbeda dib.. more

Sumber gambar: money.cnn.com

Kontroversi Logan Paul: Sebuah Kebablasan Berekspresi Di Era Internet dan Media Sosial

Tapi apa yang dilakukan Logan Paul di akhir tahun 2017 untuk konten channel YouTube dia, melewati apa yang disebut “cr.. more

Source: weheartit.com

5 Langkah Murah Meriah Untuk Mengurangi Stress

Bangun pagi, siap-siap berangkat sekolah atau kerja, pulang, terus tidur. Setiap weekday melakukan kegiatan yang sama. S.. more

Sumber: idownloadblog

iPhone X: Saat Apple Tidak Bermain (Lagi) Di Kekuatan Hardware Smartphone Premium

Jadi, apakah iPhone X tidak layak dimiliki karena hardware, dan bahkan desain, yang ditawarkan tidak lebih baik dari sej.. more

5 Langkah Bikin Komik Ala Komikus Profesional

Ada banyak aspek dan poin penting untuk bikin komik, kali ini CIAYO Comics berusaha memberikan tips mudah kepada pembaca.. more