Ngobrol Bareng Komikus Cantik Bergenre Ganda

1 year ago

Ide cerita adalah hal inti yang perlu dipersiapkan sebelum membuat komik. Ada komikus yang berkolaborasi dengan writer, tapi ada juga komikus yang memang memiliki ceritanya sendiri. Dari berbagai genre yang ada, biasanya komikus punya genre andalan yang menjadi ciri khas atau signature karya-karya komiknya. Mending langsung aja kita ngobrol bareng komikus, yuk!

Maria Megayanti (MM) dari tim Blog CIAYO Comics punya kesempatan ngobrol-ngobrol dengan Nan Nan (NN), salah satu komikus CIAYO Comics yang memiliki dua genre andalan dalam komik-komiknya. Menariknya, dua genre tersebut sangat bertolak belakang dan membutuhkan feel berbeda di setiap proses pembuatannya.

MM: Halo Nan Nan, kamu dikenal dengan dua genre yang berbeda jauh dalam membuat karya-karya ilustrasi atau komik. Bisa diceritakan?

NN: Halo… Iya, betul. Komik atau ilustrasi yang biasanya gue buat ada dua genre, yaitu bernuansa horor / disturbing dan satu lagi yang cute dan romance. Dua-duanya gue suka. Dan dua sisi ini nggak bisa dipisahkan. Sisi gelap dan sisi terang. Dua hal tersebut sangat bertolak belakang, tapi dua-duanya sama-sama merepresentasikan diri gue.

MM: Wah, menarik ya. Memang dari mana sih sebenernya inspirasi cerita-cerita itu?

NN: Jadi gue tuh sering banget mimpi yang serem-serem gitu. Nah, ilustrasi atau cerita gore itu terinspirasi dari mimpi-mimpi gue. Kalo cerita cute dan romance itu dari keseharian dan pengalaman pribadi atau orang lain.

MM: Wew. Bisa gitu ya, mimpi bisa dijadiin inspirasi bikin karya. Terus kalau mulai suka bikin ilustrasi dan komik, dari kapan tuh?

NN: Kalau gambar ilustrasi iseng gitu, sejak TK. Jadi dari kecil emang suka bikin doodle-doodle. Terus waktu SD bikin-bikin komik Princess. Disimpen sendiri sih ceritanya, tapi kadang dibaca juga sama temen. Pas kuliah sempet ikutan lomba juga, terus suka upload-upload karya komik ke salah satu platform komik online.

MM: Dulu pas baca komik, yang pertama kali dibaca apa?

NN: Dendam Mariko by Atsuko Narumo.

Komik Dendam Mariko

MM: Tadi kan cerita proses latihan bikin ilustrasi dan komik dari kecil. Kapan mulai diseriusin?

NN: Tahun 2010 pernah ngajuin komik ke Koloni. Nah, tahun 2011 Koloni suka sama ceritanya, akhirnya dicetak sama M&C. Itu cerita tentang keseharian Nan Nan yang punya teman imajiner. Komik strip di satu buku gitu, judulnya Nan Nan’s Daily Life.

Nan Nan’s Daily Life Volume 1

Nan Nan’s Daily Life Volume 2

Nggak berhenti di situ, 2012 diterbitin episode 2 nya. Di tahun yang sama, harus bikin tugas akhir berupa komik super pendek. Waktu itu hasilnya diajuin ke re:ON, terus diterbitkan. Terus 2013 Lolita Love terbit di re:ON. Itu terbit 3 episode.

Art dari Lolita Love

Nah, 2017 Grandpa Is Here launching. Nanti akan terbit sampe volume 7. Ini salah satu karya bergenre gore dan pertama kali juga pake wacom.

Komik Grandpa is Here

MM: Wah, seru yah perjalanan Nan Nan sampe di tahap sekarang. Kalo style bikin karya, biasanya yang gimana sih?

NN: Gue suka pake style western sama manga.

MM: Sekarang kan udah mulai sibuk nih. Ada deadline, terus bikin buat komik cetak juga. Masih ada waktu buat hobi lain nggak? Atau buat refreshing gitu?

NN: Masih! Masih suka baca buku komik, yang ada gambarnya. Sama suka baca komik webtoon, kayak Tales of The Unusual, The Advanture of God, The Sound of Your Heart. Suka ngegambar-ngegambar iseng juga. Tapi belakangan nggak ada waktu. Kalau waktu untuk have fun, pasti disempetin supaya tetep fresh otaknya. Hahaha. Biasanya suka karaoke, jalan-jalan ke mall, dan suka juga punya waktu buat sendiri (daydreaming).

MM: Sepanjang karier di dunia komik, karya mana yang paling bikin Nan Nan puas dan happy?

NN: Ehmm, so far belum ada yang bener-bener udah puas karena gue merasa masih punya banyak kekurangan yang harus di-improve. Dan masih harus banyak belajar lagi buat menghasilkan komik yang bagus. Tapi cukup enjoy ngerjain komik James & Martha, karena komiknya full color dan style nya suka (western). Ceritanya juga simple karena tentang keseharian, tapi sweet aja. Hehe…

Buat yang suka baca komik romantis online, langsung aja cus.

James and Martha (ciayo.com)

MM: Kira-kira bakal bikin komik terus untuk dijadikan profesi, atau ada keinginan lain?

NN: Pengen juga sih kalau dapet job ilustrasi. Request dari klien, misalnya bikin-bikin cover novel atau games. Terus dari dulu juga pengen banget bikin gambar-gambar lucu untuk dicetak di merchandise.

MM: Coba deskripsikan komik dalam satu kalimat!

NN: Komik adalah sebuah pelarian yang menyenangkan.

MM: Ada pesen nggak nih, buat temen-temen yang suka komik-komik Nan Nan dan yang suka bikin komik juga?

NN: Tetap lakukan apa yang kamu suka. Jangan mudah menyerah. Kalau suka buat komik, buatlah sesuai feel dan murni dari dalam diri kamu.

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

Sumber: allkpop.com

Along With The Gods: Two Worlds, Film Korea Terlaris Kedua Sepanjang Masa

Kalau kamu termasuk orang yang emosional, siapin tissue yang banyak saat menonton filmnya ya!.. more

Sumber gambar: 2ch.hk

Shinji Mikami: Tokoh Dibalik Kesuksesan Genre “Survival Horror” Seperti Resident Evil

Dunia harusnya berterima kasih pada Shinji Mikami 三上 真司 ... more

HOTARU ITB: CIAYO Comics Datang Lagi ke Bandung!

Setelah mendatangi Bandung minggu lalu, CIAYO Comics akan balik lagi ke Bandung buat menghadiri HOTARU 6!.. more

Menyeberang dengan rapi dan teratur di Jepang. Sumber gambar: videoblocks.com

Kebiasaan-Kebiasaan Orang Jepang yang Akan Sulit Dilakukan oleh Bangsa Lain

Jepang merupakan negara yang unik dengan kebiasaan-kebiasaan warganya yang boleh dibilang ‘monoton’, dan bahkan cend.. more

00-d-isao-takahata

Sutradara Ghibli Isao Takahata Meninggal Dunia

Dunia anime kembali berduka. Sutradara kesohor Isao Takahata meninggal dunia. Ia merupakan otak di balik Grave of the Fi.. more