Kangen sama ASO? Ngobrol Bareng sama Author Komik ASO Dulu Yuk!

1 year ago
(Sumber : Koleksi Foto Dhiqi Hasbi)

Siapa yang kangen sama ASO? Seperti yang diketahui, komik ASO di CIAYO Comics sedang dalam masa hiatus. Nah, sebagai peredam kerinduan kamu, gimana kalau kita ngobrol-ngobrol bareng authornya? Tim CIAYO Blog Nanda (NA) berhasil mewawancarai Dhiqi Hasbi (DH) yang merupakan Comic Artist & Story dari komik ASO loh!

Sumber: CIAYO Comics Club

Sumber: CIAYO Comics Club

Pasti penasaran kan  apa aja isi obrolan dengan pemenang CIAYO Comics of the Year kategori Slice of the Year ini? Yuk intip di kolom chit-chat di bawah!

NA : Halo kak Dhiqi, sekarang lagi sibuk apa kak ?

DH : Masih sibuk kuliah nih, sembari lagi ngerjain penulisan dan tugas akhir dan jadi asisten lab. Tapi masih ngomik-ngomik juga.

NA : Jurusannya apa nih?

DH : Saya ambil jurusan teknik informatika, sama sekali gak ada hubungannya sama ngomik ya, haha.

NA : Nah, tertarik mulai gambar sejak kapan dan kapan mulai kepikiran untuk buat komik ASO?

DH : Kalau komik ASO dimulai dari saat menjadi mahasiswa tingkat satu. Kalau gambar sih, dari kecil saya udah suka gambar.

NA : Pertama kali buat komik kapan? Sebelum ASO pernah ada karya lain?

DH : Mulai ngomik itu dulu waktu SMA cuma ya sekedar ngomik iseng doang. Terus juga waktu awal liburan mau masuk kuliah  juga sempet bikin komik tapi gagal, hehe. Terus akhirnya waktu awal kuliah mulai rutin bikin komik ASO ini.

NA : Kalau boleh tau komik gagal kakak itu judulnya apa ?

DH : Namanya Komik Sederhana, jadi karakternya itu kayak Kariage Kun gitu.

(Sumber : hatena.com)

Kariage Kun. Sumber : hatena.com

NA : Siapa role model komikusnya?

DH : Saya suka komikusnya komik Oyasumi Punpun, namanya Inio Asano. Lalu ada juga 20 Century Boy. Tapi influence terbesar saya sih  datang dari Smile Brush karya Waroo. Saya terinspirasi dari style dan warnanya yang hangat.

Oyasumi Punpun karya Inio Asano. Sumber: fandom

Oyasumi Punpun karya Inio Asano. Sumber: fandom

Sumber: pinterest

Sumber: pinterest

NA : Ceritain dong pertama kalinya tercipta tokoh ASO ?

DH : Sebenarnya ASO itu awalnya buat curhat doang. Jadi saya itu kan dulu sering galau ya, haha. Jadi ASO saya jadikan sebagai tempat pelampiasan curhat dan sama sekali gak ada niatan buat ngomik. Tapi saat di post di facebook, lama kelamaan responnya bagus. Jadi serasa  ada temen curhat deh. Oh ya, dan juga terinsipirasi dari coretan harian komik, yang nyeritain kehidupan sehari-harinya. Maka lahirlah ASO. Dan gak nyangka bisa booming begini. haha

(Sumber : CIAYO Comics)

(Sumber : CIAYO Comics)

NA : Tokoh ASO itu sebenarnya cerminan dari Kakak bukan sih ? Dan bedanya Dhiqi Hasbi dan ASO apa?

DH : Gimana ya, mungkin ASO itu 80% adalah saya. Yang ngebedainnya adalah, ASO terlalu baik, saya masih lebih kotor, haha.

NA: Nah, ada pertanyaan titipan nih dari pembaca ASO. Banyak banget yang nanya, kisah ASO itu based on true story gak?

DH: Hmm, kasih tau gak ya… Pokoknya cerita ASO 80% adalah apa yang saya lihat dari kacamata saya sendiri.

(Sumber : CIAYO Comics)

(Sumber : CIAYO Comics)

Bro sis bisa banget nih ikutin caranya Kak Dhiqi Hasbi, yang menuangkan curhatan ke dalam bentuk komik, apalagi komiknya bisa jadi sepopuler sekarang ini. Dan untuk bro sis yang belum subscribe, langsung subscribe disini ya, biar bro sis gak ketinggalan sama update-nya karena, Psst, bocoran dari Kak Dhiqi, komik ASO bakal ada season 2 nya loh!

About Author

Nanda Agustin

Nanda Agustin

"A person who never make a mistake, never tried anything new" - Albert Einstein

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: psu.com

Remake Crash Bandicoot & Gosip Remake Trilogy Spyro, Game Lama Dilirik Kembali

Video game itu sama seperti fashion. Mereka sama-sama berputar. Menciptakan trend baru ke trend baru lainnya dan akhirny.. more

00-d-journal-of-terror

Journal of Terror – Komik Horror Sederhana Namun Bernuansa Mencekam

Journal of Terror berkisah tentang seorang anak bernama Prana yang mampu melihat apa yang tak selazimnya dilihat orang k.. more

00-daisuki-d

Daisuki! Japan Festival 2018 Bertabur Guest Star Lokal dan Mancanegara!

Akan ada berbagai pertunjukkan menarik yang dimeriahkan oleh  penampilan Guest Star mancanegara dan lokal... more

00-d-tips-gacha

7 Tips Bermain Gacha Mobage dengan Aman

Bermain gacha di mobage memang mengasyikkan, tapi kalau kebablasan bisa merugikan. Berikut adalah tips gacha yang nggak .. more

Manga lawas Itoshi no Irene Diadaptasi dalam Bentuk Live-Action

Manga besutan Hideki Arai ini akan segera hadir kembali dalam bentuk Live Action!.. more