Ngobrol Seru Dengan Kreator Komik Super O

1 year ago
CIAYO Comics

“Kita Yakin, komik lokal itu bisa jadi tuan di negeri sendiri, kita bisa go global” kata Borton Liew, CEO CIAYO Corp.

Dalam gelaran anniversary CIAYO Comics Club yang ke-1 pada 15 Desember lalu, puluhan komikus hadir di area rooftop The Dragon Building. Tidak sekedar have fun, acara ini juga jadi ajang tatap muka antar komikus dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Bagi kalian pembaca setianya CIAYO Comics, pasti sudah gak asing dengan komik Super O. Ya, komik  komedi ini memang sukses meramaikan CIAYO Comics sejak Oktober 2017 lalu. Mulai dari nyengir-nyengir sendiri sampai tertawa terbahak-bahak menjadi sensasi yang dirasakan pembaca saat baca komik Super O ini. Siapa sih gak bakal terhibur membaca komik Super O yang begitu kocak?

Sumber: CIAYO Comics

Sumber: CIAYO Comics

Super O alias Superhero Ongkos merupakan komik karya Agung Gunawan. Super O digambarkan sebagai sosok superhero yang justru bertolak belakang dengan karakter pahlawan pada umumnya. Selain jahil, Super O juga merupakan pahlawan yang pamrih.

Namanya juga pamrih, sosok Super O dikenal suka meminta imbalan pada orang yang ditolongnya. Tapi, dalam setiap alur ceritanya, Agung gak lupa menyempilkan secuil nilai positif yang bisa dicontoh para pembacanya.

Penasaran dengan sosok dibalik lucunya Super O, langsung aja yuk kita kenalan dan ngobrol-ngobrol seru bareng creator komik asal Bandung, Agung Gunawan.

Agung bersama Sagus dari Komik Lieur - Bolon (Sumber: CIAYO Pictures)

Agung bersama Sagus dari Komik Lieur – Bolon (Sumber: CIAYO Pictures)

Komikus berusia 27 tahun ini pun mau blak-blakan dengan Andara dari CIAYO Blog Team soal awal mula dirinya terjun ke dunia komik. Dimulai dari bakat yang kemudian diasah menjadi hobi, Agung akhirnya percaya diri merilis karya komiknya ke hadapan publik.

Andara: Sejak kapan kamu bikin komik?

Agung: Awal bikin komik itu November 2015.

Andara: Bagaimana awalnya kamu bisa jadi komikus?

Agung: Dulu sih bikin komik kecil jadi kenapa ga coba dipost di Instagram, biar banyak orang baca daripada cuma disimpan di rumah saja.

Meski sosok Super O begitu lekat dengan tokoh fiksi, Agung justru memadukan karakter Super O dengan alur cerita yang begitu realistis dengan kehidupan sehari-hari. Ide cerita inilah yang kerap menjadi hambatan Agung saat membuat komik. Namun, Inspirasi soal ide cerita pun nyatanya bisa datang kapan dan dimana saja. Tak terkecuali datang dari aktivitas Agung sehari-hari.

Andara: Dari mana sih datangnya ide cerita?

Agung: Kadang dari obrolan sehari-hari sama teman. Kalau lucu dimasukin.

Andara: Biasanya apa sih kesulitan kamu saat membuat komik?

Agung: Kesulitannya ide doang. kalau gambar kan relatif ya.

Instagram: @om.kus

Instagram: @om.kus

Andara: Siapakah karakter komik yang paling kamu sukai?

Agung: Karakter-karakter di One Piece mungkin ya.

Setelah 2 tahun menekuni hobinya membuat komik, Agung akhirnya memutuskan bergabung dengan CIAYO Comics. Tahu akan adanya platform komik digital buatan lokal  ini, karya Agung pun perlahan menemukan jalannya untuk semakin dikenal luas para penggemar komik. Segudang manfaat didapatnya pasca bergabung menjadi komikus di CIAYO.

Andara: Sebelumnya kamu tau CIAYO dari mana? 

Agung: Tahu dari instagram. CIAYO membuat platform bagus juga, soalnya ambilnya dari kreator lokal, jadi tertarik untuk gabung juga.

Andara: Bagaimana kesan kamu setelah bergabung dengan CIAYO?

Agung: Yang pasti nambah pengalaman dan teman lagi.

Andara: Kalau menurut kamu, bagaimana perkembangan dunia komik di Indonesia?

Agung: Menurut saya sih, lagi maju-majunya. Orang Indonesia lagi kreatif, terutama komik lagi kreatif. Jadi senang saja.

Super O (Instagram: @om.kus)

Super O (Instagram: @om.kus)

Andara: Kira-kira kamu akan jadi komikus seterusnya atau akan jadi sekedar sampingan aja?

Agung: Sekarang utamanya jadi komikus, ga tahu ke depannya akan ke animasi atau apa.

Andara: Apa harapan kamu tentang komik yang kamu buat?

Agung: Pengen buat orang-orang semakin kreatif lagi, daripada cuma komen gak jelas. Mari berkreasi!

Memasuki era digital seperti saat ini, hadirnya CIAYO sebagai platform komik digital di Indonesia praktis menjadi wadah bagi para komikus lokal. Agung Gunawan menjadi contoh author lokal yang tanpa biaya marketing besar tapi tetap bisa senantiasa menuangkan ide ceritanya di panel Komik CIAYO.

Kisah kreator komik Super O ini menjadi secuil potret, bahwa setiap manusia bisa menjadi sukses dimulai dari hal yang sederhana dan hal yang disukai. Semoga obrolan Andara dan Agung kali ini bisa memberikan inspirasi buat bro sis. Bro sis yang mau lebih jauh kenalan sama Agung bisa kepoin  akun Instagramnya @om.kus. Jangan lupa juga dukung Super O di CIAYO Comics, ya!

About Author

Andara Sahara

Andara Sahara

"No one has the power to shatter your dreams unless you give it to them" -Maeve Greyson-

Comments

Most
Popular

00-ide-d

Muncul Ide Baru, Seonggok Ide Lama Diselingkuhi. Ide Lama: “Aku Tuh Nggak Bisa Diginiin!”

Sedang menggarap satu ide tapi kemudian langsung menggarap ide baru lainnya, sementara ide lama ditinggalkan begitu saja.. more

(Vandaria Saga – Redfang)

Resensi Novel Redfang: Kakak Bunuh Adik, Dikubur, Eh Si Adik Malah Muncul Lagi

Kolaborasi CIAYO Comics dan Vandaria Saga membuahkan komik baru yang nantinya akan meramaikan hikayat Vandaria, lho. Kab.. more

00-d-promosi-deadpool-2

Promosi Nyeleneh Deadpool 2: Membeli MU Sampai Mengundang Wiro Sableng!

Apapun dilakukan si anti hero untuk promosi Deadpool 2. Mulai dari rekonsiliasi dengan David Beckham, tampil di game sho.. more

Review anime Mahou Shoujo Site: Seburuk-buruknya manusia, selalu ada yang lebih buruk

Dari puluhan anime yang ditayangkan pada musim semi 2018, ada beberapa anime yang bisa memberikan kesan mendalam kepada .. more

Maruko thumb

[Terbaru] Momoko Sakura, Komikus Chibi Maruko-chan Meninggal Dunia

Berita duka kembali datang dari dunia perkomikkan. Komikus serial Chibi Maruko-chan, Momoko Sakura meninggal dunia akiba.. more