Ockto Baringbing: Menulis Cerita Komik Sampai Luar Negeri

2 years ago

Sempat naik di kancah internasional, pria jebolan DKV ITB ini akhirnya tidak lelah melahirkan karya-karya barunya. Ockto Baringbing sempat mengharumkan namanya di Jepang dan Jerman dengan karya komiknya. 5 menit sebelum tayang adalah karya yang mengangkat namanya dan juga nama komik Indonesia di kancah internasional. Kali ini rubrik Chit Chat akan mengangkat kisah profil Ockto Baringbing di kancah komik di Indonesia. Berikut wawancara Ramadhan (RM) dengan Ockto Baringbing (OB).

RM: Hallo Ockto, apa kabar. Sedang sibuk apa akhir-akhir ini?

OB: Lagi sibuk, sibuk dengan beberapa judul komik yang terbit reguler di re:ON dan ada yang mau terbit lagi sama KOSMIK. Tapi saya baik-baik saja kok. (tertawa)

RM: Bagaimana sih kok bisa menyukai komik?

OB: Soalnya seru bisa dinikmati kapan saja, di mana saja waktu kecil. Soalnya dulu komik cetak adalah hiburan portabel dibanding game. Walau jaman udah berubah dengan era smartphone, tapi saya masih suka komik karena… KEREN AJA ADA GAMBARNYA YANG KEREN ATAU LUCU GITU!!

RM: Komik apa saja yang pernah dibaca dan apa yang paling disukai?

OB:Dragon Ball adalah komik yang membuat saya ingin menggambar komik, lalu ada SHOOT sama Legenda Naga. Dan sekarang suka sama 20th Century Boys dan Monster.

RM: Mengapa sangat menyukai komik tersebut?

OB: Ya itu, karena Dragon Ball bikin saya jadi suka gambar komik. Terus semakin dewasa jadi butuh cerita yang berat kayak 20th Century Boys, dll. Legenda Naga bikin saya tertarik sama sejarah dan jadi inspirasi bikin komik sejarah juga.

RM: Sejak kapan dan mengapa kepikiran untuk jadi penulis cerita komik?

OB:Sejak kuliah ngeliat temen DKV saya kok gambarnya jago-jago amat, saya minder bikin komik jadinya. Terus akhirnya malah diajak temen bikin komik bareng, Seta namanya. Awalnya dia gambar, saya warnain terus akhirnya saya bikin cerita. Dia gambar, saya warnain. lama-lama saya fokus bikin cerita aja.

Komik Kosmik (Ockto Baringbing)

Komik Kosmik (Ockto Baringbing)

RM: Punya cita-cita membuat sebuah project komik sebelumnya atau cuma asal coba awalnya?

OB: Pingin bikin komik terkenal kayak Dragon Ball. Cobain, semoga jadi terkenal komiknya kayak Dragon Ball.

RM: Bagaimana komentar orang terdekat tentang kegiatan membuat komik? Pernah menawari mereka membaca komik yang dibuat? Apa tanggapan mereka?

OB: Ada yang ngedukung, ada yang ngejelekin, ada yang nanyain emang ada duitnya? Ada yang ngiri gambar doang bisa dapet duit, ada yang suka komiknya. Ada yang biasa aja. Ada yang gak baca walau dikasih. Pokoknya macem-macem, tapi yang penting saya tetap ngomik.

RM: Bisa ceritakan sedikit tentang kostkomik?

OB: Wah, kok bisa tahu? Itu awalnya saya sama Seta bikin studio-studioan jaman kuliah. Kita sama-sama nge-kost di Bandung, ngomik di kostan. Ya sudah, namanya kostkomik.

Beberapa komik karya Ockto Baringbing

Beberapa komik karya Ockto Baringbing

 

RM: Boleh tolong sebutin, apa saja komik yang disukai dan menjadi salah satu inspirasi dari cerita-cerita komik yang dibuat?

OB: Waktu SMP bikin komik terinspirasi Great Saiyaman dari Dragon Ball tapi udah hilang dan lupa judulnya. Kalau yang masih kelihatan sih, mungkin komik Merdeka saya. Itu sebetulnya terinspirasi dari Legenda Naga. Tarung Legenda yang tayang di re:ON terinspirasi dari Shaman King. Suryaraka sebetulnya terinspirasi dari 300 Frank Miller, kalau Galauman dari Kamen Rider.

Galauman terinspirasi dari Kamen Rider

Galauman terinspirasi dari Kamen Rider

RM: Apa cerita komik yang dirasa paling menarik selama terjun ke dunia produksi komik?

OB: Cerita yang saya bikin? Semuanya menarik sih. Galauman itu cukup menarik karena cuman 7 halaman komik di re:ON tahu-tahu lumayan booming waktu itu, terus ampe dapet surat fans yang panjang. Tapi yang paling banyak cerita sih Komik Merdeka, soalnya itu bikin sejak jaman indie, distribusi sendiri dll, CUAPEK. Makanya abis itu ga mau indie lagi. Kalo cerita paling seru sih gara-gara komik 5 Menit saya jadi bisa ke Jepang gratis.

RM: Untuk saat ini sedang fokus produksi komik apa? Bisa ceritakan sedikit tentang proyek komik itu?

OB: Nggak bisa fokus, ada banyak soalnya. Galauman, Rajasa, Tarung Legenda, 5 Menit Sebelum Tayang, sama nanti bentar lagi harusnya ada judulnya BARA : The Dark Age of Banda sama pingin ngelanjutin komik Merdeka. Saya senang sama proyek baru karena bersentuhan dengan sejarah lagi.

5 menit sebelum tayang, komik yang mengharumkan nama Indonesia

5 menit sebelum tayang, komik yang mengharumkan nama Indonesia 

RM: Setelah lima menit sebelum tayang, ada rencana bikin komik yang bisa ngangkat nama komik Indonesia di kancah internasional lagi?

OB: Sebetulnya semua komik yang saya bikin ini berharap berhasil di kancah internasional, kayak waktu saya cosplayin Galauman di pasar Hamburg ternyata cukup menarik perhatian orang sana. Sampai sempat dibahas di 4chan. Tapi kalau untuk tema-tema seperti 5 menit, pingin tapi saya sadar butuh waktu banyak untuk riset. Kalau ada yang mau invest saya untuk meriset seperti 5 menit.

RM: Bagaimana perasaannya pas cerita tentang Bima Satria Garuda akhirnya berhasil masuk di televisi, bahkan menjadi inspirasi film Bima X, Satria Heroes?

OB: Sebetulnya saya bikin adaptasi Bima Satria Garuda dari TV ke komik. Tapi tetap seneng sih waktu itu, soalnya bisa bersinggungan langsung dengan studio yang membuat hero masa kecil saya, Ksatria Baja Hitam.

Octo Baringbing, membuat sketsa

Octo Baringbing, membuat sketsa

RM: Apa kesulitannya kalo mau bikin sebuah cerita komik?

OB: Kalo lagi mentok ide dan pinginnya leyeh-leyeh nonton series, baca komik, atau maen DOTA dan Overwatch.

RM: Apa yang disarankan kepada para pemula yang berniat bikin story buat sebuah komik?

OB: Jangan cuman baca komik!! Keluar!! Begaul sama yang di luar lingkup hidup lo selama ini. Atau paling simpel, baca buku-buku yang menambah wawasan supaya karya lo lebih bermakna, beda, dan ga dibilang mirip ini mirip itu!!

Nah! Kan sudah dikasih tahu tips bagaimana cara bikin cerita, susah dan asiknya jadi penulis cerita komik dari yang sudah berpengalaman dan berprestasi. Kamu juga bisa jadi kayak Ockto lho dengan mengikuti #CIAYOSTORIES dengan kirimin cerita kamu ke CIAYO Blog. Kalo cerita Kamu menarik, bisa kita bikinin komiknya. Oiya, ada CIAYO One-Shot Challenge juga lho. Nggak cuma ngasah kemampuan bikin cerita, Kamu juga bisa berkesempatan memenangkan hadiah dengan total lebih dari 100 juta rupiah. CIAYO!

About Author

Ramadhan

Ramadhan

Happiness is a warm gun, bang-bang shoot shoot - John Lennon

Comments

Most
Popular

Sumber gambar: sonicstadium.org

Denuvo: Pelindung Game PC Dari Pembajakan Yang Selalu Kalah Melawan Cracker

Sampai kemudian sebuah program ‘anti piracy’ bernama Denuvo muncul... more

(Source : Facebook @WelcomeSapporo)

“Sapporo Snow Festival” Festival Salju Terbesar di Jepang

Festival musim dingin terbesar di Jepang bernama Sapporo Snow Festival sudah dibuka lho... more

Sumber: twitter.com

5 Film Di Bulan Januari Yang Wajib Ditonton

Memasuki 2018, fokusnya pada bulan Januari, beberapa film unggulan pun dirilis. Animo penonton atas film-film unggulan i.. more

Final Fantasy paling fenomenal dalam sejarah Final Fantasy. Sumber gambar: thenerdstash.com

Final Fantasy VII, Bukan Final Fantasy yang Terbaik Tapi Paling Fenomenal

Baru tiga hari di rilis di Jepang, FF VII sudah terjual melebihi 2,3 juta unit. .. more

Koe no Katachi (A Silent Voice): Kesempatan Kedua dan Persahabatan

Koe no Katachi (A Silent Voice) adalah anime terbaru yang masuk ke Indonesia pada awal Mei ini, tidak terlalu jauh dari .. more