Osamu Tezuka, “The Godfather Of Manga”

1 year ago
Astro Boy dan Osamu Tezuka (dailygeekshow.com)

Sebagai pecinta komik sejati, Kamu perlu kenalan sama seorang sensei yang keren banget. Siapa dia? Tidak lain dan tidak bukan, Osamu Tezuka. Siapa sih beliau ini? Tezuka adalah kartunis, mangaka, seniman, animator, produser, dan dokter. Dewa banget kan, satu orang bisa jalanin banyak profesi. Terus apa yang spesial dari Tezuka, sampai dijuluki sebagai Bapak Manga atau “The Godfather of Manga”?

Jadi potensinya di dunia komik mulai terlihat sejak usia 18, saat ia masih berkuliah. Jangan kaget, Tezuka adalah seorang mahasiswa kedokteran kala itu. Ia memulai debutnya dengan komik strip berjudul ‘Ma-chan’s Diary’. Ternyata buku kumpulan karya-karyanya, seperti ‘New Treasure Island’, ‘Lost World’ dan ‘Next World’ mulai dikenal banyak orang dan terjual hingga 400.000 kopi. Hal itu membuat Tezuka terkenal seantero Jepang.

Osamu Tezuka sebagai mahasiswa kedokteran (popnerdtv.com)

Meski sudah mendapat otoritas sebagai dokter, Tezuka memilih berkecimpung di dunia komik. Bahkan, ia menjadi perintis penggunaan narasi dalam ratusan bahkan ribuan halaman. Tezuka membawa gaya sinematik dan plot novel ke dalam media komik/ manga. Serial Jungle Emperor Leo yang dilahirkan sekitar tahun 1950 juga membuat Tezuka menempati posisi mangaka paling berpengaruh pada zamannya.

Osamu Tezuka juga dikenal sebagai ‘ayah’ dari Astro Boy. Setelah itu, karya-karya lainnya mulai bermunculan dan dikenal banyak orang, seperti Princess Knight di tahun 1953, Ambassador Magma dan W3 (Amazing 3) di tahun 1965, Vampire di tahun 1966, dan Dororo di tahun 1967. Tak hanya menghasilkan karya-karya untuk pembaca muda, Tezuka juga membuat The Phoenix yang ditujukan untuk pembaca dewasa.

Osamu Tezuka dan Astro Boy (themovieblog.com)

Kalau ingin mengukur kemampuan, biasanya orang tertantang menggeluti bidang baru. Begitu pula Osamu Tezuka. Ia juga menciptakan anime. Pengaruhnya di dunia komik dan animasi Jepang sangat kuat. Makanya, karya Tezuka dianggap sebagai Walt Disney-nya Jepang.

Tezuka masih terus berkarya hingga ujung usia. Ia meninggal pada 9 Febuari 1989. Segala kontribusinya menjadi kebanggaan Jepang. Semua karyanya masih dikenang dan menjadi karya berpengaruh hingga saat ini.

Karakter buatan Osamu Tezuka (comicscube.com)

About Author

Mega

Mega

The dream to become a journalist started in junior high school. Graduating from college, she started a career in TV industry as a broadcaster, reporter, and script-writer. She loves to sing in the shower, dancing with the rain, and let her imagination run wild while reading novel. You can contact her by email: megakardono@gmail.com | Instagram @mariamegayanti | Medium https://medium.com/@megakardono

Comments

Most
Popular

Sumber: twitter.com

Bandung Strip Art, Komunitas Komikstrip Punya Bandung

Kalau ngomongin soal Bandung pasti langsung teringat sama makanannya. Tapi ternyata Bandung gak hanya punya itu saja, ad.. more

00-d-reverse-project

Reverse Project: Kisah Post Apocalypse Dalam Sajian Artwork dan Musik

Reverse Project menggabungkan elemen ilustrasi dan musik untuk menyampaikan cerita bertema post apocalypse... more

Kembalinya Sang Legenda dari Gua Hantu

Momen booming-nya industri komik digital saat ini tidak disia-siakan oleh Bumi Langit sebagai management IP yang konsist.. more

Mas Is, Teh Alti, dan Kang Ario di event Anime Matsuri (CIAYO Pictures)

Bagaimana Perkembangan Industri Komik Indonesia di Tahun 2018? Yuk, Simak Pendapat Para Kreator!

Perkembangan industri komik di Indonesia terus berkembang tiap tahunnya. Bagaimana perkembangan indutri komik Indonesia .. more

Sumber gambar: polygon.com

Apakah 2017 Adalah Tahun Terakhir Kejayaan Nintendo 3DS?

Tersimpan sebuah kecemasan, yaitu nasib Nintendo 3DS... more