Plant Lily, Chit Chat Bareng Cosplayer Dari Vietnam

2 months ago

Jika ada yang bertanya “Eh gimana sih rasanya bertemu idola secara langsung, bisa duduk bareng dan ngobrol dalam suasana friendly dan familiar?”, sekarang saya sudah tahu jawabannya.

Rasanya luar biasa!

Saya sejak lama ngefans dan follow media sosial banyak cosplayer, baik lokal maupun internasional. Tapi dari begitu banyak mereka, hanya ada satu cosplayer yang punya karakter ‘super friendly’, yaitu Plant Lily.

Plant Lily cosplaying sebagai Honoka Dead Or Alive. Sumber gambar: facebook.com/plantlilycosplayer

Plant Lily cosplaying sebagai Honoka Dead Or Alive. Sumber gambar: facebook.com/plantlilycosplayer

Plant Lily, yang menurut saya perfect banget kalau memakai wig pink, selalu merespon para fans nya di media sosial dengan jawaban yang menyenangkan, cute dan hampir selalu disertai emoticon yang lucu-lucu. Karakter seperti ini nyaris tidak pernah saya temui di cosplayer manapun yang saya tahu. Hal itu yang membuatnya istimewa bagi saya.

Ciri khas Plant Lily di media sosial adalah respon dengan menggunakan emoticon. Sumber gambar: facebook.com/plantlilycosplayer

Ciri khas Plant Lily di media sosial adalah respon dengan menggunakan emoticon. Sumber gambar: facebook.com/plantlilycosplayer

Karena berasal dari luar negeri, dan cosplay scene bertaraf internasional biasanya hanya ada di pulau Jawa, berharap untuk jumpa Plant Lily adalah sebuah impian mewah buat fans dari luar pulau Jawa dan bermodal cekak seperti saya hehehe.

Tapi kemudian keajaiban datang dalam bentuk event bertajuk Little Akihabara Medan 2017 yang digelar oleh GLOW Enterpise; EO berpengalaman di kota Medan provinsi Sumatera Utara (domisili saya). Plant Lily adalah salah satu Guest Star yang diundang mereka untuk meramaikan acara.

Setelah sebelumnya menghubungi Plant Lily via media sosial untuk meminta waktu/ijin interview singkat, dan difasilitasi dengan baik oleh GLOW Enterprise (walaupun sebelumnya saya salah karena tidak ‘kulonuwun’ dulu dengan mereka sebagai penyelenggara acara), akhirnya saya Harry Rezqiano (HR) berhasil melakukan wawancara singkat dengan Plant Lily (PL) di hari kedua event Little Akihabara Medan 2017.

Plant Lily cosplaying sebagai Tohsaka Rin. Sumber gambar: facebook.com/plantlilycosplayer

Plant Lily cosplaying sebagai Tohsaka Rin. Sumber gambar: facebook.com/plantlilycosplayer

Berikut petikan wawancara ekslusif yang dilakukan di ruangan staff acara pada tanggal 10 September 2017:

HR : Terima kasih banyak untuk kesempatan ini, Plant Lily. Saya akan mulai bertanya. Dapatkah kamu memperkenalkan diri kamu kepada pembaca CIAYO Blog?

PL : Oke. Nama saya Plant Lily, saya cosplayer yang berasal dari Vietnam dan saat ini saya sedang menjalani study di Singapore. Nice to meet you!

HR : Saya juga! Baiklah. Apakah kamu punya makanan favorit?

PL : Makanan favorit ya…. Saya rasa makanan favorit saya adalah pudding. I love pudding.

HR : Nice. Good one. Okay, apakah kamu punya binatang peliharaan? Kucing atau anjing, begitu?

PL : Binatang peliharaan yah… Saya punya seekor anjing.

HR : Oh ya? Siapa namanya?

PL : Trouble *tertawa*

HR : Trouble?? Okay… Itu nama yang keren. Baiklah kita ke pertanyaan selanjutnya. Sudah berapa lama kamu berada di cosplay pro ini?

PL : Sekitar dua tahun.

HR : Cukup lama juga. Apa yang jadi pengaruh utama kamu hingga jadi cosplayer pro seperti sekarang?

PL : Pengaruh utama ya… Saya pikir karena saya selalu suka anime dan manga, dan saya sering mendatangi convention dan event-event manga/anime sehingga mendapatkan gambaran soal cosplay. Saya melihat cosplayer di event seperti itu dan berpikir “itu terlihat keren” karena kita bisa berpenampilan seperti karakter yang kita sukai di manga/anime.

HR : Ada anime/manga spesifik yang jadi pengaruh juga?

PL : Saya suka genre psychological dan shojo juga…..

Plant Lily. Sumber: Google Images

Plant Lily. Sumber: Google Images

HR : Oke baik. Kemudian apa yang jadi kesulitan utama saat kamu memasuki cosplay pro scene seperti sekarang ini?

PL : Pertama saya harus lebih banyak belajar dan mengetahui soal makeup karena awalnya saya tidak banyak mengerti soal ini. Kemudian bagian styling wig juga. Dan cara menjahit kostum sendiri. Jadi saya banyak menonton video YouTube yang berkaitan dengan hal-hal tersebut.

Tapi yang terpenting adalah belajar menerima diri sendiri, accept yourself, dan membangun rasa percaya diri di depan banyak orang. Cosplay membentuk hal-hal demikian menurut saya.

HR : Kemudian mengenai cosplay lagi. Apa yang membuat kamu nyaman, atau tidak nyaman, saat melakukan cosplay?

PL : Ummm…. Saya rasa tidak ada yang nyaman jika seseorang ‘goes overboard’, bertindak berlebihan. Seperti menyentuh tanpa permisi atau tetap menyentuh walau tidak diberi ijin untuk melakukannya. Juga akan lebih baik jika meminta ijin dengan sopan terlebih dahulu sebelum mengambil foto cosplayer atau ingin berfoto bersama mereka.

HR : Saya dapat mengerti hal itu dan mendukung. Kemudian apakah kamu sering bepergian ke luar negeri untuk menghadiri event cosplay seperti sekarang ini?

PL : Oh saya sudah pernah ke Thailand. Saya juga pernah hadir di convention di kota Batam, Indonesia. Dan tentu saja di Medan, Indonesia ini. Jadi saya rasa ini kali ketiga saya berada di luar negeri untuk menghadiri event.

HR : Apakah kamu punya idola di coslay scene ini?

PL : Saya suka Ellie dari Taiwan dan Ying Tze dari Malaysia.

HR : Kemudian apa yang menginspirasi kamu dari mereka dalam cosplay?

PL : Saya suka jahitan yang dihasilkan oleh Ying Tze dan juga dia sangat interaktif dengan fans. Saya sangat mengagumi sifat tersebut.

HR : Pertanyaan selanjutnya. Kita tahu kalau kamu menjahit kostum kamu sendiri. Sudah berapa banyak kostum yang kamu hasilkan sampai saat ini?

PL : Sepertinya sudah lebih dari duapuluh….

Plant Lily. Sumber: propsops

Plant Lily. Sumber: propsops

HR : Lebih dari 20 ya? Wow… Kamu menjahit semuanya sendirian? Tanpa bantuan?

PL : Saya melihat banyak video menjahit dan ‘prop making’ juga walau saya tidak begitu bagus di bagian itu jadi terkadang teman-teman ada membantu saya. Tapi untuk kostum saya lebih suka menjahitnya sendiri.

HR : Dari begitu banyak kostum kamu, apa ada bagian yang paling disukai?

PL : Saya suka bagian frills. Aksen dan renda. Saya suka detil-detil kecil seperti itu walaupun tidak banyak orang yang melihatnya *tertawa kecil*

HR : Karena kamu mostly menjahit kostum kamu sendiri, apakah kamu masih bersedia memakai kostum buatan orang lain misalnya?

PL : Oh.. Iya saya tidak ada masalah di bagian itu. Apalagi saya juga punya dua kostum yang saya beli dari Taobao *tertawa* Jika harganya terjangkau dan waktu untuk membuatnya tidak ada menurut saya tidak ada masalah.

HR : Saya paham itu. Kemudian karena kamu menjahit kostum kamu sendiri, apakah ada kemungkinan kalau kamu akan membuat kostum untuk orang lain?

PL : Saya rasa belum saatnya, karena saya merasa hasil jahitan saya masih belum begitu bagus. Jika saya semakin baik berkembang, maka mungkin saya akan mulai menjual kostum juga ke depannya.

Plant Lily dan Guest Stars lain di Maid Café Little Akihabara Medan 2017. Sumber gambar: facebook.com/plantlilycosplayer

Plant Lily dan Guest Stars lain di Maid Café Little Akihabara Medan 2017. Sumber gambar: facebook.com/plantlilycosplayer

HR : Bagaimana rasanya kunjungan ke Indonesia hingga saat ini? Khususnya di kota Medan ini?

PL : Saya senang sekali. Semuanya sangat ramah dan friendly.

HR : Sudah mencoba makanan di Medan? Ada kesan?

PL : Sepertinya semua orang suka durian tapi sayangnya saya tidak suka *tertawa*

HR : Baiklah. Ada kesan lain untuk kota Medan? Saya harap panas ataupun macetnya tidak sampai mengganggu kamu selama disini.

PL : Saya rasa Singapore juga panas. Dan jalanan macet juga terjadi di Vietnam jadi boleh dibilang saya tidak terlalu kaget disini.

HR : Seperti yang kamu sudah lihat, ada banyak cosplayer bagus di kota Medan. Ada saran buat mereka agar dapat goes international seperti kamu juga? Ada pengalaman yang bisa di-sharing ke mereka?

PL : Saya lihat banyak cosplayer yang cantik dan ganteng serta mengerti makeup. Dan itu hal bagus. Tapi yang sangat penting menurut saya adalah bagaimana interaksi dengan fans. Karena hal itulah yang akan membedakan kamu dari yang lainnya. Differentiate yourself dari cosplayer lainnya.

Kamu juga perlu menerima diri kamu apa adanya dan belajar mengekspresikan diri kamu dengan tepat dan proporsional. Serta having fun! Karena dengan begitu orang lain juga merasakan hal yang sama dengan kamu.

Harry dan idolanya, Plant Lily. Sumber: Harry Rezqiano

Harry dan idolanya, Plant Lily. Sumber: Harry Rezqiano

HR : Baiklah sepertinya waktu saya sudah hampir habis. Ada komentar penutup untuk cosplayer dan cosplay scene di Medan (dan Indonesia pada umumnya)?

PL : Enjoy what you do. Nikmati apa yang kamu lakukan.

HR : Baiklah, sebagai penutup. Saya sangat senang dan merasa terhormat bisa bertemu dan melakukan interview singkat ini. Terima kasih. Apa ada kemungkinan kalau kamu akan kembali ke kota ini, atau ke kota lain di Indonesia? Karena ada juga pembaca CIAYO Blog yang berasal dari kota lain dan merupakan fans kamu dan bertanya-tanya “apakah Plant Lily akan datang mengunjungi kami?”

PL : Oh iya. Saya mendengar ada yang dari kota Bandung dan kota Jakarta juga yang menanyakan hal ini. Saya tidak dapat menjanjikan apa-apa saat ini tapi saya bisa katakan kalau saya tentu saja berminat dan berniat mendatangi kota-kota lain di Indonesia dalam rangka cosplay jika saya diundang.

HR : Okay Lily. Terima kasih. Ini benar-benar “life experience” buat saya. Terima kasih untuk waktu dan kesempatan berharga ini.

PL : Terima kasih kembali. Dan terima kasih untuk para pembaca juga. Terus dukung cosplay saya ya.

Idola dan fansnya XD Sumber gambar: facebook.com/HarryRezqiano

Idola dan fansnya XD Sumber gambar: facebook.com/HarryRezqiano

*Saya ingin mengucapkan terima kasih untuk Christine S. & Caryn Tan serta para staff GLOW Enterprise EO atas bantuan dan kesempatan yang diberikan pada saya untuk dapat mewawancarai Plant Lily di sela-sela event Little Akihabara Medan 2017.

About Author

Harry Rezqiano

Harry Rezqiano

Seimbangkan hidup. Tiap orang beda-beda caranya. Tapi semua orang perlu melakukannya. *Disclaimer: Tulisan ini adalah opini & pendapat pribadi serta bukan merupakan pandangan maupun kebijakan Ciayo Corp beserta afiliasinya. Penulis dapat dihubungi melalui media sosial, Facebook: /HarryRezqiano | Twitter: @HarryRezqiano | Wattpad: /HarryRezqiano *

Comments

Most
Popular

Komik-Komik Kocak Ini Dijamin Bisa Menghibur Kamu

Ada yang bilang kalau tertawa itu adalah dan akan selalu jadi terapi yang paling baik. Yang bisa bikin kita tertawa pun .. more

Logo internasional game sepakbola ciptaan Konami Jepang. Sumber gambar: game-debate.com

Winning Eleven/Pro Evolution Soccer: Game Wajib Sejuta Umat Gamers PS Indonesia

Rasanya tidak akan ada yang komplain jika dikatakan kalau game sepakbola Winning Eleven/WE (atau dalam judul internasion.. more

La’komfest 2017 digelar di Kafe Potret Medan. Sumber gambar: facebook.com/HarryRezqiano

La’komfest 2017, Saat Anak Medan Semakin Serius Ngomik Digital

Kali ini khusus untuk yang menggemari komik, terutama komik webtoon. Komik webtoon merupakan format komik yang sedang po.. more

Rikka, Love, Chunibyo & Other Delusions – Take On Me. Sumber: rightstuffanime

Pasangan Chunibyo Bertemu Dalam Anime Love, Chunibyo & Other Delusions – Take on Me

Berjudul Love, Chunibyo & Other Delusions – Take On Me, film ini akan rilis pada tanggal 6 Januari 2018. Film ini meru.. more

Dirga Deka

Komikman, Pengisi Waktu Luang yang Sekarang Terkenal

Siapa yang gak tau sama “Komikman”? Di Instagram sendiri nama Komikman udah bukan hal asing. Komik strip terkenal in.. more