Sagus: “Komik Lieur Terinspirasi dari Pengalaman Saya Waktu Kecil”

1 year ago
Komik Lieur-Bolon

Kalau disuruh nostalgia masa kecil, bro sis milih pas zaman apa? SD kali ya. Zaman mulai ngerti surat-suratan, cinta-cintaan sampai ngeledek temen. Nah, kalau di CIAYO Comics sendiri ada Komik Lieur – Bolon yang siap membawa bro sis nostalgia ke zaman SD. Bukan sekadar nostalgia, bro sis akan dihadapkan dengan Somad, bocah laki-laki yang gak pernah habis tingkahnya buat bikin kita ketawa.

Kali ini Chika dari CIAYO Blog berhasil ngobrol sama author dari komik unik yang satu ini, Kang Sagus. Pria Sunda ini namanya sudah mulai terkenal. Namanya mungkin belum seterkenal author lainnya, tapi karyanya “Komik Lieur” sudah terkenal di media sosial Instagram dan di platform komik digital, CIAYO Comics. Penasaran sama sosok di balik Komik Lieur – Bolon? Yuk, langsung aja ngobrol-ngobrol.

Chika: Sejak kapan suka membuat komik?
Sagus: Seinget saya dari SD.

Chika: Apakah menjadi komikus itu cita-cita Kang Sagus?
Sagus: Iya, semenjak tau yang namanya komik, saya jadi mutusin pengen jadi komikus.

Chika: Siapa sih role model Kang Sagus?
Sagus: Kalau di perkomikan mungkin Takehiko Inoue, yang bikin manga Slam Dunk sama Vagabond. Banyak sih, cuma kalo ada no.1, Takehiko Inoue orangnya.

Salah satu tokoh di Komik Lieur – Bolon

Salah satu tokoh di Komik Lieur – Bolon

Chika: Apakah keluarga mendukung cita-cita Kang Sagus?
Sagus: Alhamdulillah begitu. Mereka gak terlalu mengkotakan saya mau jadi apa juga. Selama itu positif, katanya “sok-sok aja.”

Chika: Selain membuat komik, apa saja kesibukan Kang Sagus?
Sagus: Kalo kegiatan yang menyibukkan sih sekarang cuma di komik aja, sisanya sama aja kayak yang lain. Hehe.

Chika: Di Bandung sendiri ikut komunitas khusus komikus lokal gitu gak sih? Kegiatannya ngapain aja?
Sagus: Ada. Kebetulan saya ikut komunitas Bandung Strip Art. Kegiatannya paling kumpul buat gambar komik bareng, kadang ngebedah karya orang bareng, atau nggak paling ya ketawa ngaler ngidul gitu aja sih, haha.

Agung & Agung – Komik Lieur

Anggun & Agung – Komik Lieur

Chika: Ngomongin soal komik, Komik Bolon sendiri terinspirasi dari mana?
Sagus: Kebanyakan dari pengalaman sendiri waktu kecil, pengalaman teman, banyak sih.

Chika: Kenapa harus ada khas daerah Sundanya?
Sagus: Tentu agar berbeda dari komik lain, kan? ^^

Chika: Ada kesulitan gak dalam membuat cerita Komik Bolon ini?
Sagus: Sejauh ini enggak ada sih.

Chika: Bagaimana tanggapan keluarga dan teman-teman soal Komik Bolon?
Sagus: Positif, mereka seneng-seneng aja. Mendukung malah.

Hati-hati kalau ketemu anak SD kayak Somad

Hati-hati kalau ketemu anak SD kayak Somad

Chika: Tokoh utama di Komik Bolon (Somad) ini kan tingkahnya nyeleneh, apa ini termasuk pengalaman pribadi?
Sagus: Kebanyakan sih gitu. Episode 25 salah satunya. Jadi ceritanya waktu SD saya sama temen pernah main ucing sumput (petak umpet) tuh, terus kita berdua ngumpet di bawah meja ibu guru dan sama kayak di Bolon, si Ibu datang ke kelas dan duduk gitu aja, sementara kita masih ada di bawah. Kita bingung gitu, mau keluar takut dimarahin, hehe. Tapi akhirnya kita keluar sih. Si ibu ngomel, tapi gak marah. Maklum Bolon hehe.

Chika: Apa harapan Kang Sagus dengan adanya Komik Bolon ini?
Sagus: Harapannya sih sederhana, semoga yang baca terhibur aja.

Aki Bagja, Kakek Gaul di Komik Lieur

Aki Bagja, Kakek Gaul di Komik Lieur

Chika: Sekarang kan sudah mulai bermunculan juga komik-komik dengan unsur kedaerahan, menurut Kang Sagus sendiri, apa sih istimewanya Komik Bolon dibanding komik lainnya?
Sagus: Saya sih berusaha “istimewa” dari kepolosan anak-anak SDN Cijangar. Jadi enggak hanya yang baik-baik saja, yang gak baik juga akan saya tampilkan, sebagai sebuah pembelajaran juga tentunya.

Chika: Selain Komik Bolon, komik apa saja yang sudah Kang Sagus buat?
Sagus: Banyak sih, tapi kalau karya yang sudah masuk profesional, ya baru Bolon ini. Selebihnya Komik Lieur itu sendiri yang biasa ada di social media.

Bae-bae mun keur maca Komik Lieur, bisi Lieur

Bae-bae mun keur maca Komik Lieur, bisi Lieur

Chika: Apa harapan ke depannya? Apakah nantinya akan ada cerita lain dari Komik Bolon atau membuat komik lain?
Sagus: Harapannya semoga Bolon bisa diterima oleh masyarakat dengan segala hitam-putihnya. Insya Allah ada, baik itu Bolon ataupun seri lain. Steycun ajalah.

Chika: Boleh kasih pesan untuk bro sis yang suka baca komik, apalagi yang sudah mulai tertarik dengan komik-komik lokal.

Sagus: “Hatur nuhun, tanpa kalian aku mah apa atuh?” hehe

Kayaknya unik ya masa kecilnya Kang Sagus sampai bisa dibuat jadi komik seperti ini. Buat bro sis yang mau berkarya dan bingung cari idenya, mungkin bisa inget-inget pengalaman masa kecil. Siapa tau bisa jadi kayak Kang Sagus dan Komik Lieur-Bolon. Kalau masih mau kepo, mending langsung aja baca Komik Lieur-Bolon di CIAYO Comics. Gak usah siapin kamus Bahasa Sunda, udah ada translate-nya dari author komik lucu ini.

About Author

Chika

Chika

"I'm a bowling pin, even when I fall, I'll always stand back up" - Jay Park

Comments

Most
Popular

meme qasidah desktop

Berkat Meme, Anak Muda Mulai Tertarik Dengan Musik Qasidah

Potongan video klip lagu qasidah menyebar meme. Media sosial dan grup chatting kini berhias meme qasidah. Kok bisa demik.. more

Film superhero yang kini berstatus klasik. Sumber gambar: theactionelite.com

Film X-Men Terkini Akan Berjudul ‘X-Men: Dark Phoenix’

Tak perlu lama menunggu, pihak Marvel dan 20th Century Fox sebagai pemegang lisensi film bertema X-Men baru-baru ini men.. more

pinterest.com

Otaku’s World, Mengoleksi Action Figure

Salah satu hobi yang biasa dimiliki oleh otaku adalah mengoleksi action figure dari karakter kesukaannya. Figures atau m.. more

00-d-call-of-duty-black-ops-4

4 Hal Ini Bikin Call of Duty Black Ops 4 Beda Dari CoD Sebelumnya!

Call of Duty Black Ops 4 punya fitur-fitur baru dan radikal yang membuat fans terkejut dan antusiasi di saat bersamaan... more

Sumber: youtube

[Review Dragon Ball Super Episode 124] Pengorbanan Gohan, Satu Lagi Justice Trooper yang Tersingkir

Pada episode 124 Dragon Ball Super kali ini berfokus pada pertarungan Song Gohan X Frieza untuk mengalahan Dyspo... more